Teh Celup Daun Kelor K-LOR Darusyifa 100% Herbal

teh celup daun kelor
loading...

Anda pastinya pernah mendengar istilah “dunia tidak selebar daun kelor” kan? Ini dikarenakan ukuran daun kelor yang sangat kecil dan mungil. Tapi meskipun ukuran daun kelor terbilang kecil, daun ini memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh.

Tidaklah heran jika para pakar kesehatan menyebut daun kelor sebagai Miracle Tree (pohon ajaib). Bentuk sayur daun kelor adalah bulat agak lontong dan tersusun rapi pada tangkainya. Biasanya daun kelor ini dimasak sebagai olahan sayur bening atau kuah bening.

Tapi seiring dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih, ditemukanlah beberapa manfaat daun kelor yang berfungsi untuk menyembuhan beragam jenis penyakit mematikan. Penelitian pertama kali terhadap daun kelor dilakukan pada tahun 1980 dan menemukan beberapa kandungan yang mengagumkan.

Pada tahun 1999, salah seorang peneliti yang bernama Fuglie LJ mengeluarkan buku hasil penelitian tentang tumbuhan kelor yang berjudul “The Miracle Tree: Moringa Oleifera: Natural Nutrition for the Tropics”. Dalam buku tersebut ia menyebutkan bahwa daun kelor mengandung beragam nutrisi yang tinggi yang mudah dicerna oleh tubuh.

Di dalam 100 gram daun kelor mengandung potassium yang banyaknya 3x lipat dibandingkan buah pisang. Kandungan vitamin C pada daun kelor setara dengan 7 buah jeruk. Sedangkan kandungan kaliumnya 4x lipat lebih banyak dibandingkan susu. Kadar vitamin A pada daun kelor sama dengan 4 buah wortel dan kandungan proteinnya 2x lipat lebih tinggi dari susu.

Itulah sebabnya organisasi kesehatan dunia (WHO) memberi gelar Miracle Tree pada tanaman kelor tersebut. Bukan hanya bagian daunnya saja, tapi beragam khasiat juga bisa didapatkan pada bagian batang, buah dan bijinya.

Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan

1. Menjaga Berat Badan

Salah satu cara untuk menjaga berat badan agar ideal, serta terbebas dari kegemukan dan obesitas maka minumlah teh daun kelor secara rutin. Di dalam segelas teh daun kelor ini terdapat kandungan polifenol yang sangat tinggi.

Fungsinya adalah untuk mengatasi masalah pada pencernaan dan membakar kalori yang berlebih di dalam tubuh. Manfaat teh daun kelor juga dapat meningkatkan sistem metabolisme tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

2. Penambah Energi

Bagi yang memiliki mobilitas tinggi dan pro aktif sepanjang hari, maka disarankan mengkonsumsi segelas teh daun kelor pada pagi hari sebelum melakukan aktifitas. Tubuh pun tidak akan mudah lelah dan memiliki stamina yang baik.

3. Mencegah Kanker

Ada banyak penelitian yang menyimpulkan bahwasanya daun kelor memiliki dampak yang positif terhadap pertumbuhan sel kanker dan tumor. Manfaat daun kelor untuk kanker bekerja dengan efektif untuk mencegah perkembangan sel kanker di dalam tubuh. Herbal daun kelor ini berfungsi sebagai pencegahan alami dan meningkatkan kualitas hidup kepada para pasien kanker.

Selain itu, dalam daun kelor terdapat kandungan 40 jenis antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari dampak radikal bebas. Salah satunya adalah senyawa isothiocyanate benzil yang terbukti secara ilmiah dapat mengusir sel kanker dan memperlambat pertumbuhannya.

Kiranya julukan Miracle Tree tersebut tidaklah berlebihan disandang oleh daun kelor. Sebab khasiatnya bukan hanya untuk menyembuhkan penyakit ringan tapi ternyata juga ampuh mengatasi penyakit mematikan seperti kanker.

4. Mengobati Diabetes

Bagi yang sedang mengalami diabetes sangat dianjurkan mengkonsumsi teh daun kelor setiap hari secara rutin dan teratur. Terutama bagi Anda yang memiliki riwayat keturunan dengan penyakit diabetes. Di dalam daun kelor terkandung vitamin D dan asam askorbat yang cukup tinggi.

Journal of Diabetes pernah melakukan uji coba ilmiah pada tahun 2012 dan mengambil kesimpulan bahwasanya ekstrak daun kelor sebanyak 150 miligram berfungsi sebagai anti diabetes yang sangat efektif.

Timbulnya penyakit diabetes adalah dikarenakan tubuh kekurangan vitamin D dan menurunnya hormon insulin. Nah, khasiat daun kelor untuk diabetes adalah untuk meningkatkan produksi hormon insulin sehingga menjadikan jumlah kadar gula darah di dalam tubuh tetap dalam keadaan normal.

5. Menyembuhkan Asam Urat

Kandungan daun kelor yang berfungsi untuk menghambat pembentukan asam urat adalah senyawa alkaloid dan flavonoid. Keduanya berfungsi untuk meredakan rasa sakit akibat radang persendian.

Selain itu, khasiat daun kelor untuk asam urat adalah sebagai anti inflamasi dan anti peradangan. Fungsinya untuk menghambat kinerja sel darah putih saat melakukan proses phagositosis. Dengan begitu maka timbulnya bengkak merah  pada persendian dapat dihindari dengan mudah.

Jadi bila Anda merasakan sakit persendian karena asam urat, maka minumlah teh daun kelor supaya rasa sakit tersebut berkurang. Jika dibandingkan obat-obatan kimia, tentu daun kelor ini lebih aman karena tidak memiliki efek samping negatif sama sekali.

6. Mengatasi Alergi

Kegunaan daun kelor yang selanjutnya adalah untuk menghilangkan alergi. Caranya adalah dengan menyiapkan 3 tangkai daun kelor, 1 siung bawang merah dan pulosari secukupnya. Rebus ketiga bahan tersebut dengan 3 gelas air sampai mendidih dan sisakan 1,5 gelas saja. Setelah dingin saring dan minum ramuan herbal daun kelor tersebut. lakukan secara rutin dan teratur.

7. Mengobati Liver

Semenjak dahulu, orang-orang Eropa sudah menggunakan daun kelor sebagai bahan alami untuk membersihkan organ hati atau liver. Daun kelor memiliki sifat phycotherapy yang berfungsi untuk melindungi organ hati dari beberapa penyakit, seperti sirosis dan hepatitis.

Beberapa ilmuan dari Jerman juga pernah meneliti dan menyatakan bahwa daun kelor mengandung senyawa silymarin yang berguna untuk membersihkan racun dalam hati agar terhindari dari infeksi penyakit.

Kandungan senyawa aktif dalam daun kelor juga bermanfaat untuk meremajakan sel hati yang telah rusak dan diganti dengan sel yang masih baru. Jadi agar hati tetap sehat maka jangan ragu mengkonsumsi teh daun kelor secara teratur.

8. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem imun tubuh merupakan hal penting yang harus diperhatikan dengan baik agar tubuh tidak mudah terserang penyakit. Sebab setiap harinya ada bahaya yang selalu mengancam kesehatan tubuh, seperti radikal bebas, racun berbahaya, kuman dan bakteri.

Sebagai sayuran hijau, tentunya daun kelor mengandung zat hijau daun (klorofil) yang berfungsi untuk memaksimalkan pembuangan racun di dalam tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan klorofil pada daun kelor jauh lebih tinggi bila dibandingkan sayuran hijau lainnya.

Tidak hanya itu, senyawa polifenol didalamnya berperan baik untuk memperkuat sistem imun tubuh agar virus dan bakteri tidak mudah masuk ke dalam tubuh.

9. Mengobati Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi ini disebabkan oleh bertumpuknya kolesterol dalam tubuh sehingga mengakibatkan penyempitan pembuluh arteri. Jika terus dibiarkan maka dapat menyebabkan penyakit stroke dan serangan jantung.

Dengan kandungan kaliumnya, fungsi daun kelor adalah dapat memperlebar pembuluh darah dan mengontrol tekanan darah. Daun kelor juga tinggi kandungan manessium yang berguna untuk merangsang relaksasi otot pada pembuluh darah.

10. Mencegah Serangan Jantung

Serangan penyakit jantung bisa menghantui siapa saja, tidak memilih usia, baik yang tua maupun muda. Biasanya penyakit ini menyerang secara tiba-tiba. Faktor penyebab penyakit jantung sangatlah banyak, bisa karena kolesterol yang berlebihan di dalam tubuh atau bisa juga disebabkan oleh kurangnya asupan asam lemak.

Para ahli kesehatan menganjurkan untuk memperbanyak mengkonsumsi asam lemak omega 3 untuk menurukan kadar kolesterol jahat yang berada di dalam tubuh sehingga kesehatan sel jantung tetap terjaga dengan baik. Anda bisa mendapatkan senyawa tersebut pada daun kelor. Kandungan asam lemak omega 3 pada daun kelor 10 lipat lebih banyak dibandingkan dengan ikan salmon.

11. Memperbanyak Produksi ASI

Khasiat daun kelor yang selanjutnya adalah untuk meningkatkan produksi ASI bagi ibu menyusui. Tapi sayangnya hanya sedikit orang yang mengetahui akan manfaat ini. Di dalam daun kelor terdapat kandungan senyawa galactagogues yang berfungsi untuk merangsang produksi hormon prolaktin. Hormon ini berperan aktif untuk meningkatkan produksi ASI.

Ibu tersebut dianjurkan mengkonsumsi daun kelor setelah 3 hari pasca melahirkan. Selain berfungsi untuk memperbanyak ASI, daun kelor juga dapat dikonsumsi oleh ibu yang kesulitan mengeluarkan ASI dan yang ingin memberikan ASI berkualitas kepada buah hatinya tanpa campuran susu formula.

12. Mengobati Batu Ginjal

Adanya akumulasi zat sisa yang tidak dapat disaring oleh organ ginjal dapat mengakibatkan batu ginjal. Jika hal ini terus dibiarkan maka dapat mengakibatkan gagal ginjal atau terjadinya kerusakan pada ginjal.

Untuk menghancurkan batu yang bersarang dalam ginjal maka konsumsilah daun kelor. Sebab dalam daun kelor terdapat kandungan alkalid moringin, pterigospermin dan moringinan yang berfungsi untuk membersihkan zat-zat tersebut serta merangsang produksi urine untuk membuang batu yang mengendap di dalam kandung kemih.

13. Mencegah Anemia

Kurang darah atau penyakit anemia dapat terjadi pada seseorang dikarenakan tubuh kekurangan sel darah merah. Biasanya ini disebabkan oleh kurangnya produksi hormon hemoglobin.

Untuk mengatasi masalah tersebut maka dibutuhkan asupan zat besi yang cukup. Anda bisa mendapatkannya pada daun kelor. Kandungan zat besi pada daun kelor jauh lebih tinggi dibandingkan sayur bayam dan dapat digunakan untuk mengobati penyakit anemia.

14. Menjaga Kesehatan Mata

Perlu Anda ketahui bahwasanya kandungan vitamin A dan beta karoten pada daun kelor 4 kali lebih banyak dibandingkan dengan wortel. Tentunya semua kandungan tersebut sangat baik untuk kesehatan mata.

Manfaat daun kelor untuk mata adalah dapat memaksimalkan kinerja sel retina, mengatasi rabun serta menjadikan penglihatan tetap normal.

15. Mengobati Sakit Kuning

Ciri-ciri pasien penyakit kuning adalah ditandai dengan perubahan warna menjadi kuning pada mata, kuku dan organ tubuh lainnya. Faktor penyebabnya adalah dikarenakan pembengkakan hati.

Cara mengatasi penyakit kuning adalah dengan menyiapkan 5 tangkai daun kelor segar dan tumbuk hingga halus. Kemudian tambahkan satu gelas air kelapa hijau dan 1 sendok makan madu. Konsumsi ramuan alami ini sehari sekali secara rutin dan teratur.

Manfaat Daun Kelor Bagi Kecantikan

1. Menjadikan Awet Muda

Salah satu manfaat daun kelor untuk wajah adalah dapat meremajakan sel kulit mati dengan cepat dan menggantinya dengan sel kulit yang baru sehingga wajah akan terhindar dari penuaan. Daun kelor mengandung hormon sitokinin yang dapat mempercepat pertumbuhan sel dan bertindak sebagai anti aging di dalam tubuh.

Tidak hanya itu, kandungan vitamin C dalam daun kelor juga dapat memperbanyak produksi kolagen sehingga kekencangan dan kekencangan kulit tetap terjaga dengan baik. Adanya kerutan halus yang muncul seiring dengan bertambahnya usia dapat diminimalisir sehingga wajah akan tampak awet muda selalu.

2. Menghilangkan Flek Hitam

Menurut Tribunnews.com, ada beberapa negara yang menggunakan ekstrak daun kelor sebagai bahan baku kecantikan kulit wajah. Dan yang digunakan pada tanaman kelor tersebut bukan hanya daunnya saja, tapi bagian biji, bunga dan batangnya juga dijadikan bahan dasar pembuatan kosmetik.

Salah satu manfaatnya adalah untuk menghilangkan flek hitam yang terdapat di wajah. Caranya adalah dengan menumbuk halus daun kelor yang masih muda dan langsung bisa diaplikasikan sebagai masker wajah. Dengan pemakaian yang teratur maka kulit wajah akan lebih putih dan cerah.

Selain itu, daun kelor juga dapat mengatasi jerawat, menghilangkan keriput, melembabkan wajah dan lain sebagainya. Manfaat masker daun kelor untuk kecantikan kulit wajah sangatlah banyak.

Cara Membuat Teh Daun Kelor Sendiri Di Rumah

Ada sebuah penelitian menyatakan bahwasanya semua kandungan gizi dan nutrisi yang terdapat di dalam daun kelor akan mengalami peningkatan (kecuali vitamin C) jika dikonsumsi dengan cara dikeringkan terlebih dahulu.

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda mengolah daun kelor tersebut menjadi minuman teh. Berikut cara mengolah daun kelor agar kering dan siap diseduh menjadi minuman teh.

  • Ambil beberapa tangkai kelor dan pilihlah daun kelor yang sudah cukup tua dan berwarna hijau (bukan yang berwarna kuning).
  • Pisahkan daun kelor dari tangkainya dan letakkan dalam sebuah wadah
  • Keringkan daun kelor dengan cara diangin-anginkan selama beberapa hari. Jangan lakukan pengeringan dengan sinar matahari karena dikhawatirkan mengurangi nutrisi yang terkandung didalamnya.
  • Setelah daun kelor kering, maka kemudian tumbuk hingga halus. Bubuk daun kelor kering tersebut nantinya bisa diolah menjadi minuman teh

Dan jika ingin yang praktis dan cepat, Anda bisa memesan ekstrak daun kelor yang sudah dikemas dalam bentuk teh celup, kapsul daun kelor atau daun kelor kering.

Efek Samping Daun Kelor

Walaupun tanaman kelor ini banyak memberikan manfaat untuk penyembuhan penyakit, sebaiknya Anda menghindari bagian akarnya. Sebab ada beberapa kasus yang menunjukkan bahwa akar kelor ini mengandung racun yang dapat menyebabkan kelumpuhan.

Bagi ibu yang sedang hamil juga tidak disarankan mengkonsumsi semua olahan yang terbuat dari daun kelor karena ditakutkan terjadi kontraksi rahim dan dapat mengakibatkan keguguran.

Dari sekian banyak manfaat yang telah disebutkan diatas, tentunya kita tidak boleh menganggap sepele akan khasiat teh daun kelor bagi kesehatan tubuh, terutama sebagai obat herbal mencegah penyakit dan membantu proses penyembuhannya.

Anda bisa mengkonsumsi olahan daun kelor yang dimasak menjadi sayuran atau juga bisa mengkonsumsi ekstrak daun kelor yang berupa teh atap kapsul daun kelor.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*