10 Tanaman Herbal Untuk Diabetes Yang Terbukti Ampuh

tanaman herbal untuk diabetes yang terbukti ampuh
loading...

Diabetes merupakan penyakit yang tidak bisa dianggap sepele karena dapat mengakibatkan kematian. Untuk pengobatannya, penyakit tersebut dapat disembuhkan dengan jalan medis ataupun menggunakan ramuan tradisonal.

Ya, di Indonesia tersendiri banyak sekali terdapat tanaman herbal namun pemanfaatannya belum maksimal. Keberagaman ramuan alami ini bisa kita manfaatkan sebagai metode alternatif untuk menyembuhkan penyakit diabetes tersebut.

Dengan menggunakan tanaman tradisional yang dapat mengobati penyakit diabetes, dalam kurun waktu yang singkat kadar gula dalam tubuh menjadi normal dan pankreas dapat berfungsi seperti semula.

Tanaman Herbal Untuk Mengobati Penyakit Diabetes

Nah, apa saja tanaman herbal untuk diabetes? Berikut ulasan menarik yang telah dirangkumkan untuk Anda.

1. Brotowali

Tanaman ini memang terkenal dapat meningkatkan nafsu makan, namun dibalik itu ternyata tanaman brotowali dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit diabetes. Tanaman herbal untuk diabetes ini sudah teruji klinis dan banyak yang telah membuktikannya. Brotowali memiliki rasa yang pahit namun bersifat menyegarkan.

Dari hasil sebuah penelitian, ditemukan bahwa brotowali mempunyai efek hipoglimik yaitu zat yang dapat menurunkan kadar gula di dalam tubuh. Penuruanan kadar gula darah dapat terlihat sekitar dua sampai tiga jam setelah meminum ekstrak air dari batang brotowali.

Berikut adalah cara mengolah brotowali agar berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit diabetes.

  • Cuci batang brotowali kemudian potong-potong menjadi 6 cm
  • Tambahkan dengan 1/3 daun kumis kucing dan 1/3 genggam daun sambiloto
  • Tambahkan air sebanyak 3 gelas, kemudian rebus sampai airnya tersisa 2 gelas saja
  • Minumlah ramuan ini setelah Anda selesai makan, selamat mencoba

2. Lidah buaya

Lidah buaya tidak hanya dapat digunakan sebagai shampo atau masker saja, lebih jauh dari itu ternyata lidah buaya terbukti berkhasiat untuk menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh.

Cara menemukan tanaman ini pun tidak sulit, bahkan Anda bisa menanamnya sendiri di pekarangan rumah. Tanaman lidah buaya menjadi obat alternative bagi masyarakat yang menderita diabetes dan tidak memiliki cukup uang untuk berobat ke dokter.

Cara mengolah tanaman ini agar menjadi obat diabetes pun cukup mudah, yuk simak ulasannya berikut.

  • Cuci 1 batang lidah buaya sampai bersih
  • Buanglah bagian yang tidak digunakan seperti duri dan bagian ujungnya, kemudian potong-potong menjadi beberapa bagian
  • Rebuslah lidah buaya dengan menggunakan 3 gelas air sampai tersisa 1,5 gelas air saja
  • Minumlah 3×1,5 gelas sehari setiap selesai makan

3. Teh Hijau

Teh hijau tidak hanya berkhasiat untuk merawat kecantikan kulit Anda saja, teh ini juga bisa digunakan untuk menurunkan kadar gula darah bahkan dapat menyembuhkan penyakit diabetes sampai tuntas.

Kandungan polifenol yang ada di dalam teh hijau terbukti dapat meningkatkan sensitifitas sel terhadap kandungan insulin.

Dengan mengonsumsi teh hijau secara rutin setiap hari, terbukti dapat menstabilkan gula darah serta memperbaiki fungsi dari pankreas dalam memproduksi insulin.

4. Biji Alpukat

Biji alpukat biasanya dianggap sepele dan dibuang begitu saja, namun ternyata biji ini dapat digunakan untuk mengobati penyakit diabetes. Hal tersebut disebabkan karena biji buah alpukat mengandung asam lemak tak jenuh.

Cara membuat ramuan herbal untuk diabetes dari biji alpukat pun mudah sekali yaitu dengan memperhatikan cara-cara berikut ini :

  • Kupas buah alpukat, kemudian ambil bijinya. Panggang biji tersebut selama kurang lebih 5 menit sampai biji menjadi lunak
  • Potonglah kecil-kecil biji buah alpukat tersebut dan tambahkanlah 2 gelas air
  • Rebus sampai airnya berubah menjadi berwarna coklat
  • Dinginkan dan saring ramuan tersebut, minumlah secara rutin setiap harinya sampai penyakit diabetes Anda sembuh.

5. Kayu Manis

Bumbu penyedap rasa yang satu ini merupakan tanaman herbal yang sangat baik untuk mengobati penyakit diabetes di dalam tubuh.

Bagi Anda yang memiliki penyakit diabetes tipe 2, tanaman ini sangat cocok sekali untuk digunakan sebagai obat karena terbukti dapat merespon hormon insulin dan membuat kadar gula darah menjadi normal kembali.

Berikut adalah cara mengolah kayu manis agar berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit diabetes. Agar lebih praktis, alangkah lebih baik Anda membeli kayu manis yang sudah menjadi bubuk, kemudian konsumsi obat herbal ini sebanyak 1,5 teh setiap harinya.

Agar lebih mudah, tambahkanlah bubuk kayu manis pada makanan Anda ataupun tambahkan sedikit pada kopi ataupun teh yang Anda minum agar rasanya tidak terlalu kentara

6. Bawang Merah

Bawang merah memiliki kandungan quercetin yang merupakan zat penurun gula darah. Bawang merah juga dapat mencegah retinopati yang biasanya menyertai penyakit diabetes saat stadium akhir.

Cara mengonsumsi ramuan ini adalah dengan memasak bawang merah sampai berbentuk gel dan saring bawang merah tersebut kemudian konsumsi secara rutin sampai diabetes Anda dinyatakan sembuh.

7. Air Tebu

Tanaman herbal untuk diabetes ini mungkin belum banyak yang mengetahuinya karena banyak yang beranggapan bahwa tanaman yang manis justru akan menambah kadar gula darah di dalam tubuh.

Namun justru sebaliknya, tanaman ini dapat menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh. Efek anti diabetic yang ada pada air tebu bila diminum dapat menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh.

Yang menjadikan air tebu berbahaya adalah setelah diolah menjadi gula karena telah mengalami berbagai proses. Kapan lagi Anda bisa mengonsumsi obat yang rasanya manis kalau bukan dengan air perasan tebu ini. Konsumsilah air tebu ini secukupnya saja.

Baca Juga : Daftar Makanan Yang Dianjurkan Untuk Penderita Diabetes

8. Mahkota Dewa

Mahkota dewa merupakan tanaman yang telah dikenal lama dapat mengobati berbagau penyakit, termasuk diabetes. Ya, tanaman ini dapat menghilangkan gejala yang tidak mengenakkan pada penderita penyakit diabetes karena di dalamnya terdapat zat anti radang.

Ramuan tanaman herbal untuk diabetes ini pun dapat dibuat dengan mudah di rumah yaitu dengan cara menyiapkan 5 sampai 7 iris buah mahkota dewa. Kemudian seduh menggunakan air panas sebanyak 200 cc. Tutup dan biarkan sampai larut, kemudian minumlah secukupnya saja.

9. Daun Sirsak

Jika Anda bertanya ke toko obat atau apotik maka disana banyak sekali ditemukan obat herbal asam urat yang terbuat dari ekstrak daun sirsak. Dan memang kenyataannya ekstrak daun sirsak tersebut sangat ampuh untuk mengatasi masalah asam urat.

Namun Anda tidak perlu mengeluarkan kocek untuk membeli obat herbal asam urat dari daun sirsak karena Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan merebus daun sirsak tersebut.

  • Siapkan 10 lembar daun sirsak yang tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda
  • Kemudian rebus dengan 3 gelas air dan tunggu hingga air rebusan tersisa setengahnya
  • Minum air rebusan daun sirsak tersebut 2x dalam sehari hingga keluhan asam urat sudah sembuh

10. Daun Kelor

Menurut hasil penelitian, terbukti bahwa daun kelor dapat menyembuhkan radang pada sendi, menyembuhkan penyakit diabetes, memperbaiki nafsu makan, serta mengandung nutrisi yang dianggap lengkap jika dibandingkan dengan tanaman yang lainnya.

Penasaran bagaimana cara membuat ramuan ini? Yuk langsung saja simak informasinya berikut ini :

  • Ambillah segenggam daun kelor, kemudian cuci sampai daunnya bersih dari debu, kotoran, kuman, dan bakteri
  • Tambahkanlah 3 gelas air putih bersih
  • Rebuslah sampai airnya tersisa satu gelas saja, saring air rebusan tersebut dan buanglah daun yang masih tersisa
  • Ambil bagian airnya dan minumlah air rebusan tersebut sebanyak 3 kali dalam sehari dan dalam waktu yang singkat diabetes Anda akan sembuh
  • Minumlah ramuan ini sampai Anda benar-benar dinyatakan sembuh dari penyakit diabtes.

Beberapa tanaman herbal untuk diabetes yang disebutkan diatas tersebut dapat menjadi pengobatan alternative yang murah dan aman bagi Anda dalam mengobati penyakit diabetes yang notabenya sulit untuk disembuhkan.

Dengan adanya tanaman tersebut, Anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk pergi ke dokter guna menghilangkan penyakit diabetes. Jadi, jangan menunggu lama lagi, segera dapatkan tanaman tersebut dan mengolahnya menjadi ramuan berkhasiat.

loading...

1 Komentar

  1. Minum jamu yang dibuat dari brotowali? Huhh,, pahitnya bukan main. Tetapi, saya sangat suka karena bisa menyembuhkan banyak penyakit, termasuk diabetes.

    Ya, kita tahan sebentar saat minum jamu brotowali. Yang terpenting adalah khasiatnya bisa mengobati penyakit kita. Obat tradisional dari tanaman brotowali juga bisa untuk mencegah terjadinya diabetes.

    Minum ramuan brotowali juga bisa untuk mencegah berbagai penyakit lain. Minum saja secara berkala, apakah satu minggu sekali, 5 hari sekali, dsb. Yang penting minum ramuan brotowali biar selalu sehat dan tidak mudah dihinggapi penyakit.

    Jika tidak ingin membuat ramuan sendiri, ya kita bisa beli ramuan jadi berupa obat herbal dari brotowali. Terima kasih, semoga selalu sehat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*