9 Scrub Untuk Wajah Yang Berjerawat Dan Berminyak Serta Cara Pemakaiannya

scrub untuk wajah yang berjerawat dan berminyak

Memiliki wajah berjerawat memanglah amat sangat mengganggu dan menjengkelkan. Terdengar sederhana memang karena ada banyak sekali orang yang mengalaminya, namun tetap saja memberikan beban tersendiri bagi orang yang mengalaminya.

Oleh karena itu, jangan heran jika seseorang terlebih seorang wanita rela melakukan segala macam usaha untuk bisa mengusir jerawat secepatnya. Dari banyaknya cara yang bisa dilakukan, mencoba scrub untuk wajah yang berjerawat bisa menjadi salah satu solusi utama.

Scrub merupakan salah satu produk kecantikan yang biasanya hasilnya terlihat cukup cepat, sehingga masih banyak sekali orang yang menggunakannya hingga saat ini. Ada banyak bahan alami yang bisa dijadikan scrub wajah untuk mengusir jerawat.

Scrub Alami Untuk Wajah Berjerawat

Untuk Anda yang sedang merasa sangat terganggu dengan masalah satu ini, berikut beberapa scrub untuk wajah yang berjerawat yang bisa Anda coba di rumah.

1. Scrub Air Jeruk Lemon

Untuk urusan kecantikan dan kesehatan kulit, lemon memang seperti menjadi salah satu bahan alami yang tiada habisnya disebut. Salah satunya yakni bisa digunakan sebagai scrub untuk wajah yang berjerawat.

Cara membuatnya juga cukup mudah dan tidak membutuhkan bahan tambahan yang sulit ditemukan.

  • Pertama, campurkan dulu garam laut sebanyak 2 sendok makan dengan air perasan jeruk lemon sebanyak setengah sendok makan, juga putih telur sebanyak satu butir.
  • Jika sudah tercampur seluruhnya, Anda hanya tinggal mengaplikasikannya pada seluruh wajah Anda.
  • Jika sudah dirasa cukup merata, biarkan dulu scrub untuk wajah yang berjerawat ini beberapa menit di wajah Anda.
  • Anda bisa membilasnya dengan air hangat yang bersih ketika merasa scrub ini sudah kering di

2. Scrub Baking Soda

Pemakaian scrub baking soda ini tidak cocok untuk semua jenis kulit, jadi sebelum pemakaian Anda harus mencoba mengoleskan ke tengkuk leher terlebih dahulu. Jika dirasa tidak menimbulkan perih dan iritasi maka Anda boleh mengoleskannya ke wajah yang berjerawat.

Manfaat baking soda ini tidak hanya berkhasiat untuk menghilangkan jerawat saja, tapi juga mengatasi masalah kulit yang berminyak dan membersihkan sel kulit mati sehingga wajah akan tampak lebih segar dan awet muda.

Caranya adalah campurkan baking soda dengan air secukupnya lalu oleskan pada permukaan wajah yang terkena jerawat. Diamkan selama beberapa menit lalu bersihkan dengan air.

3. Scrub Havermut

Tidak hanya bisa menghilangkan jerawat yang selama ini sering muncul, hilang sebentar dan muncul lagi, scrub untuk wajah yang berjerawat yang satu ini juga bisa mengurangi minyak berlebihan pada wajah.

Sekali lagi, membuat scrub dengan Havermut juga bisa dibilang sangat mudah. Caranya :

  • Pertama, ambil dulu havermut sebanyak dua sendok dan campurkanlah dengan air secukupnya saja.
  • Jika sudah tercampur dan teksturnya menjadi seperti yang Anda butuhkan, gosokan scrub tadi pada wajah Anda.
  • Kini, saatnya Anda mendiamkan scrub untuk wajah yang berjerawat ini pada wajah setidaknya 5 hingga 6 menit.
  • Jika sudah, hal terakhir yang perlu Anda lakukan ialah membilas wajah dengan air yang bersih.

Jika memang ingin hasil yang bagus dan cepat, mau tidak mau Anda harus menggunakan scrub havermut ini dengan rutin dan telaten. Hasilnya? Wajah Anda akan bersih dari jerawat dan menjadi lebih bercahaya.

4. Scrub Tepung Jagung

Siapa yang menyangka sebelumnya jika tepung jagung juga bisa digunakan sebagai scrub untuk wajah yang berjerawat yang alami? Tidak hanya ampuh untuk mengusir jerawat, scrub ini juga sekaligus akan membuat wajah Anda menjadi lebih halus.

Untuk membuatnya, siapkan dulu tepung jagung sebanyak 2 sendok makan, yoghurt sebanyak 1 sendok teh dan air dari perasan jeruk lemon sebanyak 1 sendok makan. Kemudian, Anda hanya perlu mencampurkan ketiga bahan tadi sehingga menjadi scrub untuk wajah yang berjerawat yang siap untuk digunakan.

Kini, Anda tinggal menggunakannya pada wajah dan digosokkan perlahan. Ketika selesai digunakan, berilah pijatan pelan setidaknya 2 hingga 3 menit. Lalu, diamkan lagi selama sekitar 5 menit. Terakhir, Anda tinggal membilasnya saja.

5. Scrub Pepaya Dan Nanas

Bahan alami lainnya yang juga sangat mungkin untuk dibuat sebagai scrub untuk wajah yang berjerawat ialah pepaya dan nanas. Anda bisa menyisakan kedua buah tadi sedikit saja setelah menyantapnya. Sehat untuk tubuh dan wajah Anda juga bukan?

Kedua buah tadi juga bisa menghilangkan sel-sel kulit yang sudah mati dari wajah ketika Anda menggunakannya sebagai scrub. Untuk membuatnya, haluskan dulu kedua buah tadi dan campurkan dengan gula halus sebanyak 1 sendok makan.

Ketika menggunakannya pada wajah, gosokkanlah sedikit sehingga bisa langsung mengenai permukaan kulit. Jika sudah didiamkan sebentar, maka Anda hanya perlu membersihkan scrub untuk wajah yang berjerawat tadi dengan air.

6. Scrub Buah Berry

Suka mengonsumsi buah berry? Anda yang sedang mengalami masalah dengan jerawat ternyata juga bisa mengandalkannya sebagai pembasmi jerawat alami. Bukan hanya sebagai scrub untuk wajah yang berjerawat, buah berry ternyata bisa untuk mencerahkan kulit wajah.

Jika ingin membuatnya, haluskan dulu beberapa buah berry, jika masih bingung menggunakan buah berry yang mana, salah satu buah berry yang paling sering dipilih ialah strawberry. Lalu Anda tinggal menggosokkannya pada wajah, dan seperti biasa gosokan sedikit pada wajah Anda. Setelah didiamkan, bersihkan dengan air bersih.

7. Scrub Garam

Sebagian dari Anda mungkin berpikir bahwa bahan-bahan alami yang disebutkan untuk membuat scrub untuk wajah yang berjerawat tadi tidak selalu ada di rumah. Namun, bahan yang satu ini pasti selalu ada di rumah Anda, sehingga tidak perlu membelinya terlebih dahulu.

Ya, Anda bisa menggunakan garam dan menambahkan sedikit minyak zaitun dan minyak esensial. Scrub untuk wajah yang berjerawat dari bahan ini juga bisa untuk memperbaiki sel-sel kulit wajah yang sudah mati.

Takaran yang dianjurkan ialah air garam sebanyak satu cangkir, minyak esensial sebanyak 5 tetes dan minyak zaitun secukupnya. Jika semua bahan alami tadi sudah dicampurkan, kini Anda tinggal mengoleskannya pada wajah dan sesekali memberikan pijatan lembut.

Lalu, biarkan dulu seluruh scrub untuk wajah yang berjerawat tadi terserap oleh wajah, barulah terakhir bersihkan wajah dengan air yang hangat.

8. Scrub Bubuk Kopi

Pecinta kopi memang cukup banyak di Indonesia, namun masih belum banyak yang menyadari bahwa bubuk kopi juga bisa digunakan sebagai scrub untuk wajah yang berjerawat.

Scrub ini juga bermanfaat untuk meminimalisir munculnya minyak yang berlebihan. Anda sepertinya juga perlu tahu bahwa scrub kopi ini bisa membuat wajah menjadi lebih bersih dan putih. Cara membuatnya adalah :

  • Campurkanlah bubuk kopi sebanyak 1 sendok makan, minyak zaitun sebanyak 1 sendok teh dan terakhir air secukupnya saja.
  • Jika seluruh bahan tadi sudah tercampur menjadi scrub untuk wajah yang berjerawat, kini saatnya Anda untuk mengoleskannya.
  • Setelahnya, diamkan dulu scrub pembasmi jerawat tadi selama 10 menit dan barulah dibilas.

Baca Juga : Jangan Dibuang! Ini Dia 10 Manfaat Ampas Kopi Untuk Kecantikan Kulit Wajah Yang Jarang Diketahui

9. Scrub Madu

Tidak ada yang bisa meragukan khasiat dan kegunaan madu, baik untuk kesehatan tubuh maupun bagi kecantikan kulit dan wajah. Terbukti kali ini madu juga bisa digunakan sebagai scrub untuk wajah yang berjerawat. Asam amino, magnesium dan Vitamin C yang ada padanya yang membuatnya demikian bermanfaat.

Anda membutuhkan tambahan gula pasir sebanyak 2 sendok teh untuk dicampurkan dengan 2 sendok teh madu pula. Setelah Anda oleskan, biarkan scrub untuk wajah yang berjerawat ini cukup lama pada wajah Anda, yakni sekitar 20 menitan. Barulah kemudian bisa Anda bersihkan kembali dengan air bersih.

Dengan 9 scrub untuk wajah yang berjerawat yang sudah diberikan dan dijelaskan tadi, semoga saja permasalahan Anda dengan jerawat bisa segera berakhir, sehingga penampilan Anda bisa menjadi lebih mulus dan percaya diri.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*