Buah Dan Sayuran Penurun Darah Tinggi Yang Mudah Cara Pengolahannya

sayuran penurun darah tinggi

Saat kita sedang menderita sakit tertentu dan melakukan pemeriksaan ke dokter, maka biasanya dokter akan mengecek tensi darah kita.

Ini adalah salah satu tindakan yang dilakukan oleh dokter untuk mengetahui tekanan darah dan juga upaya untuk mengambil langkah penyembuhan.

Para penderita hipertensi yang sedang mengalami tekanan darah tinggi tidak akan mengetahui dengan pasti apa penyebabnya. Salah satu penyebab hipertensi ini adalah karena faktor keturunan.

Dan tentunya tekanan darah tinggi ini harus ditangani dengan segera, karena hipertensi ini bisa menjadi awal timbulnya penyakit yang lainnya, seperti stroke dan jantung.

Ada berbagai macam cara untuk mengatasi atau menurunkan tekanan darah tinggi. Para penderita bisa mengkonsumsi obat-obatan yang diperoleh dari resep dokter atau juga bisa membuat obat darah tinggi alami yang dibuat sendiri di rumah.

Sebenarnya Indonesia ini sangat kaya akan hasil alamnya yang juga menjadi solusi untuk pengobatan herbal, salah satunya adalah untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Ada berbagai jenis makanan, buah-buahan dan sayuran yang dipercaya ampuh menjadi obat penurun tensi darah tinggi.

Jenis Sayuran Penurun Darah Tinggi Dengan Cepat

Pada kesempatan kali ini, kami hanya akan membahas tentang sayuran apa saja yang bisa dikonsumsi oleh para penderita hipertensi agar tekanan darah tingginya menurun. Diantaranya adalah :

1. Tomat

Entah tomat ini tergolong sayuran atau buah-buahan, tapi yang pasti di dalam tomat terkandung vitamin dan mineral yang sangat banyak dan beragam. Diantara kandungan tersebut adalah vitamin C, kalsium, kalium dan magnesium.

Ada sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwasanya mengkonsumsi tomat setiap hari selama 4 bulan berturut-turut, maka dapat membantu menurunkan tekanan darah diastolik sebanyak 4 point dan tekanan darah sistolik sebanyak 10 point.

2. Brokoli

Brokoli dikenal sebagai jenis sayuran yang kaya akan manfaat. Salah satu manfaat sayur brokoli adalah untuk menjaga tekanan darah agar bisa stabil dan normal. Kandungan kalium dan magnesium dalam sayur hijau brokoli dapat membantu penderita hipertensi agar tekanan darahnya bisa normal.

3. Mentimun

Jenis sayuran penurun tekanan darah tinggi yang berikutnya adalah mentimun atau ketimun. Mentimun ini sangat kaya akan kandungan potassium sehingga cukup ampuh untuk menurunkan darah tinggi pada penderita hipertensi.

Anda bisa mengkonsumsi mentimun ini sebagai sayuran lalapan. Jadi jangan lupa untuk selalu menambahkan mentimun pada menu makanan Anda setiap hari.

4. Bayam

Bayam merupakan jenis sayuran yang tinggi serat. Selain itu, di dalam sayur bayam juga terdapat kandungan kalium yang berguna sebagai zat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

5. Kentang

Kentang merupakan jenis sayuran yang menjadi sumber karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, di dalam kentang juga terdapat magnesium dan potassium yang berfungsi sebagai senyawa untuk penurun tensi darah tinggi.

6. Bawang Putih

Salah satu manfaat bawang putih adalah untuk mengatasi pembekuan darah di dalam tubuh. Para penderita hipertensi sangat cocok untuk mengkonsumsi bawang putih ini agar tekanan darah tingginya cepat menurun.

7. Buncis

Buncis juga bisa menjadi sayuran alternatif penurun darah tinggi. Kandungan vitamin dan mineral yang terdapat di dalam sayur buncis dapat mengobati para penderita hipertensi dengan cepat.

8. Kedelai

Untuk menstabilkan tekanan darah tinggi agar kembali normal, para penderita hipertensi bisa mengkonsumsi kacang kedelai secara rutin.

Di dalam kacang kedelai ditemukan magnesium dan kalsium yang ampuh untuk mengendalikan tekanan darah.

9. Daun Seledri

Jenis sayuran yang satu ini memang sudah banyak yang mengetahui akan khasiatnya yang sangat baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Daun seledri merupakan jenis sayuran penurun darah tinggi yang sangat ampuh dan tergolong cepat.

Buah-Buahan Penurun Darah Tinggi

Selain sayuran, ada juga jenis buah-buahan yang mampu menurunkan tekanan darah tinggi dengan baik. Jenis buah penurun darah tinggi tersebut antara lain :

1. Buah Mengkudu

Sudah banyak yang mengetahui jikalau buah mengkudu memang memiliki khasiat untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Salah satu manfaat buah mengkudu tersebut adalah untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Buah mengkudu ini mampu memperlancar peredaran darah dan juga mengeluarkan toksin jahat dalam tubuh.

2. Buah Alpukat

Banyak yang mengira jika kandungan vitamin E dalam buah alpukat hanya bisa untuk menghaluskan kulit wajah saja saat dijadikan masker.

Padahal jika kita rajin mengkonsumsinya, buah alpukat ini sangat ampuh untuk menstabilkan tekanan darah tinggi.

Selain vitamin E, di dalam buah alpukat juga terkandung vitamin C dan serat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia. Penderita hipertensi sangat disarankan mengkonsumsi buah yang satu ini.

3. Buah Semangka

Buah penurun darah tinggi yang berikutnya adalah semangka. Di dalam buah semangka terdapat asam amino yang terbukti efektif menurunkan tekanan darah tinggi.

Selain itu, ada kandungan vitamin A, licopene, kalium dan serat yang sangat baik bagi penderita hipertensi.

4. Buah Jeruk

Kandungan vitamin C dalam buah jeruk sangatlah tinggi. Selain itu, dalam buah jeruk juga ditemukan kandungan kalium, potassium dan asam amino yang efektif untuk memperlancar peredaran darah dan membuat tekanan darah menjadi normal atau stabil.

5. Buah Pisang

Pisang juga termasuk jenis buah penurun darah tinggi yang efektif. Selain itu, buah pisang juga dapat menstabilkan kerja organ ginjal dengan kandungan mineralnya.

6. Buah Blewah

Blewah termasuk buah yang banyak mengandung potassium. Senyawa inilah yang berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi pada penderita hipertensi.

7. Buah Melon

Melon termasuk buah penurun tekanan darah tinggi yang cukup ampuh. Selain dikonsumsi secara langsung, Anda juga bisa mengkonsumsi buah melon dengan cara dijadikan minuman jus. Anda bisa menambahkan gula asalkan jangan terlalu banyak.

8. Buah Kiwi

Ini adalah jenis buah yang disarankan oleh pakar kesehatan untuk menstabilkan tekanan darah tinggi. Di dalam buah kiwi juga terkandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang mengancam kesehatan tubuh.

Makanan Penurun Darah Tinggi

Selain buah dan sayuran yang disebutkan diatas, ada beberapa jenis makanan lain yang juga manjur untuk menstabilkan tekanan darah. Diantaranya adalah ubi, singkong, roti gandum, minyak zaitun, yogurt dan oatmeal.

Selain itu, para penderita hipertensi juga bisa mengkonsumsi daging sapi, ayam, ikan, telur, tahu dan tempe. Intinya adalah pilihlah makanan yang banyak mengandung kalium, kalsium, magnessium dan potasium karena kandungan-kandungan tersebut sangat ampuh untuk menstabilkan tekanan darah.

Selengkapnya : 6 Makanan Yang Bisa Menurunkan Darah Tinggi Ini Terbukti Ampuh

Dan yang paling penting adalah biasakanlah menjalani pola hidup sehat serta menjauhi hal-hal yang dapat merugikan tubuh. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Hindari kebiasaan buruk seperti begadang, merokok dan mengkonsumsi alkohol.

Bagi para penderita hipertensi sebaiknya selalu kontrol tekanan darah kepada dokter secara berkala. Ini berfungsi untuk mengetahui perkembangan tekanan darah yang dialaminya. Sebab penyakit hipertensi ini bisa menjadi awal mula timbulnya penyakit mematikan yang lainnya. Jadi harus ditangani dengan segera.

loading...

1 Komentar

  1. Saya punya darah tinggi sudah 26 tahun. Saya selalu mengonsumsi buah dan sayuran penurun darah tinggi. Dari 8 buah yang disebutkan dalam artikel di atas, yang paling nyata khasiatnya adalah buah mengkudu.

    Saya pernah mengonsumsinya beberapa bulan. Tensi saya bisa turun. Cuma efek sampingnya saat itu adalah berat badan saya naik. Dengan minum ekstrak mengkudu, nafsu makan bertambah sehingga badan tambah gemuk.

    Tetapi setelah muncul produk herbal buatan pabrik dari bahan buah mengkudu, saya belum pernah mencobanya. Mungkin lebih baik dan lebih nyaman rasa ataupun baunya. Saya dulu membuat sendiri, sehingga bau dan rasanya kurang nyaman dan menusuk hidung.

    Jika Anda ingin mengonsumsi buah mengkudu, beli saja obat herbal mengkudu di toko online atau toko obat herbal biasa. Merek terserah Anda sesuai dengan keinginan. Ada minuman dan ada dalam bentuk kapsul.

    Tetapi, yang lebih utama untuk menurunkan darah tinggi adalah diet. Yaitu menghindari makanan minuman penyebab darah tinggi. Misalnya makanan banyak garam, makanan minuman tinggi gula (roti manis, sirup), jeroan hewan, kulit ayam, kuning telur, udang, belut, telur puyuh, makanan dalam kaleng, jus (sari buah) dalam kaleng, dsb.

    Dengan cara ini, kini tensi darah saya cenderung stabil. Artinya, sangat jarang kambuh. Tahun 2017 lalu setahun tidak pernah kambuh. Padahal, dulu tensi darah pernah naik sampai 190/110 mmHg.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*