Jual Sarang Semut Papua Asli (Ekstrak Kapsul, Teh Celup, Lempengan)

sarang semut papua asli

Ada sebagian masyarakat yang sudah tau mengenai sarang semut Papua, namun juga tidak sedikit yang belum mengetahui tentang obat herbal yang satu ini. Meskipun namanya sarang semut, yang akan kita dibahas disini bukanlah sarang tempat tinggal hewan semut.

Sarang semut asli Papua adalah sejenis tanaman atau tumbuhan berlubang-lubang yang cara hidupnya tumbuh pada dahan atau batang pohon. Dalam bahasa Yunani disebut “genus myrmecodia” atau dalam arti bahasa Indonesianya adalah “dikerubung semut” atau “mirip dengan semut”.

Manfaat sarang semut papua untuk kesehatan tubuh sangatlah banyak dan beragam. Namun sayangnya, cara pengobatan tradisional menggunakan sarang semut ini masih belum begitu populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Jika kita telisik lebih dalam, sebenarnya pemakaian herbal sarang semut ini sudah cukup lama digunakan oleh masyarakat suku Papua dan sudah berlangsung secara turun temurun. Khasiatnya adalah untuk mengobati dan mencegah berbagai macam jenis penyakit, baik itu penyakit ringan maupun yang mematikan.

Kandungan Sarang Semut Papua

Pada tahun 1995, seorang dokter ahli gizi yang bernama Mien Karmini pernah melakukan kunjungan ke pedalaman Papua dalam rangka untuk melakukan penelitian. Dokter tersebut menyebutkan bahwa mayoritas masyarakat Papua selalu terlihat sehat meskipun sudah berusia lanjut.

Ternyata, masyarakat pedalaman Papua tersebut terbiasa mengkonsumsi tanaman sarang semut sebagai campuran olahan masakan. Dan setelah dilakukan penelitian lebih lanjut, ternyata dalam sarang semut ditemukan senyawa yang berkhasiat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Lembaga Penelitian Indonesia (LIPI) menyebutkan beberapa kandungan yang terdapat dalam sarang semut tersebut adalah polifenol, tannin, flavonoid dan beberapa jenis mineral seperti kalsium, zinc, natrium, magnessium, fosfor, vitamin C dan vitamin E.

Ada penelitian yang pernah dilakukan oleh beberapa mahasiswa dari Universitas Gadjah Mada dan mengungkapkan bahwa salah satu keajaiban dari sarang semut asli papua adalah untuk membasmi sel kanker payudara dan mengurangi pertumbuhannya hingga 50%.

Penelitian lain pernah dilakukan oleh Qui Kim Tran dan beberapa temannya dari University National of Ho Chi Min City menyimpulkan bahwa ekstrak sarang semut papua juga dapat mengatasi hepatitis, malaria dan rematik.

Manfaat Sarang Semut Bagi Kesehatan Tubuh

Banyak orang yang percaya bahwa khasiat sarang semut papua ini bisa menyembuhkan beragam jenis penyakit kronis. Diantaranya adalah :

1. Mencegah kanker dan tumor

Di dalam herbal sarang semut terdapat kandungan flavonoid yang cukup tinggi. Nah, kandungan flavonoid inilah yang sangat efektif untuk membunuh sel kanker dan sel tumor. Flavonoid juga memiliki sifat antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari serangan radikal bebas.

Beragam jenis kanker dan tumor ganas dapat diatasi dengan sarang semut papua. Diantaranya adalah kanker otak, kanker paru-paru, kanker kulit, kanker liver, kanker leukimia, kanker usus, kanker hidung dan kanker prostat. Jadi hampir semua jenis kanker dapat disembuhkan dengan pengobatan herbal memakai sarang semut, kecuali kanker mulut dan kanker tenggorokan.

2. Sebagai penambah stamina

Dengan aktifitas yang padat, baik karena kesibukan kerja atau hal lainnya, membuat stamina tubuh terus berkurang. Tubuh akan mudah lelah dan capek disaat melakukan aktifitas sehari-hari.

Agar tubuh tetap fit dan bugar saat dalam mobilitas yang tinggi, maka Anda bisa mengembalikan stamina tubuh yang hilang dengan mengkonsumsi herbal asli papua ini, baik yang berupa kapsul sarang semut ataupun yang berupa teh sarang semut.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Khasiat sarang semut yang berikutnya adalah untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Di dalam sarang semut terdapat kandungan mineral berupa tokoferol, polifenol dan flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan untuk melindungi tubuh dari serangan beragam jenis penyakit.

4. Menyembuhkan maag

Bagi Anda yang sering menderita sakit maag dan perut merasa terlilit karena maag, maka cobalah mengkonsumsi sarang semut papua asli secara rutin. Penyebab nyeri dan perih tersebut dikarenakan produksi asam klorida yang berlebihan. Selain itu, maag juga disebabkan oleh infeksi bakteri pada organ lambung.

Para pakar kesehatan telah melakukan penelitian dan membuktikan bahwa sarang semut jenis myrmecodia pendans sangat ampuh mengatasi sakit maag yang sering kambuh. Sarang semut memiliki sifat antibakteri yang dipercaya sangat efektif mengobati maag yang disebabkan oleh bakteri.

5. Menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi)

Hipertensi atau darah tinggi juga bisa diatasi dengan minum teh herbal sarang semut secara rutin dan teratur. Penyebab hipertensi biasanya dikarenakan adanya penggumpalan darah di dalam tubuh dan dapat menyebabkan timbul masalah kesehatan lainnya seperti serangan jantung dan stroke.

Nah, kegunaan sarang semut dengan kandungan zat flavonoid dan tokoferolnya adalah untuk mencegah terjadinya penggumpalan darah tersebut. Reaksi setelah minum rebusan sarang semut menjadikan tekanan darah akan kembali normal seperti sediakala.

6. Mencegah penyakit jantung koroner

Khasiat sarang semut asli papua berikutnya adalah untuk mencegah jantung koroner. Kandungan kalium, magnesium dan kalsium di dalam sarang semut berfungsi untuk memaksimalkan kinerja jantung dengan baik.

Perpaduan ketiga zat alami tersebut membuat irama jantung menjadi stabil dan membuat jantung mudah berkontraksi.

7. Mengobati migrain

Bila Anda sering mengalami sakit kepala sebelah (migrain) maka cobalah mengkonsumsi olahan herbal sarang semut papua. Didalamnya terdapat kandungan natrium, magnesium dan kalsium yang sangat efektif meredakan sakit kepala sebelah.

8. Mengatasi stroke

Salah satu penyebab stroke adalah karena penggumpalan darah sehingga dapat menjadikan tekanan darah menjadi tinggi dan pembuluh darah di otak menjadi pecah, sehingga berakhir dengan stroke dan kelumpuhan.

Kandungan senyawa tokoferol pada sarang semut berguna untuk mengencerkan darah agar tekanannya kembali normal, sehingga stroke akan teratasi dengan sendirinya.

9. Mengobati rematik

Penyebab utama timbulnya penyakit rematik dikarenakan adanya enzim xantin oksidase (xanthine oxidase) yang produksinya berlebihan di dalam tubuh. Biasanya penyakit ini dialami oleh masyarakat yang sudah berusia lanjut dengan merasakan sakit pada punggung.

Untuk menghambat produksi enzim tersebut maka tubuh harus mengkonsumsi makanan yang mengadung zat flavonoid, salah satunya bisa ditemukan dalam sarang semut asli.

10. Menyembuhkan diabetes mellitus

Kelebihan gula darah di dalam tubuh dapat menyebabkan penyakit diabetes mellitus. Cara mengatasinya adalah dengan memaksimalkan kerja pankreas agar bisa memproduksi hormon insulin. Dengan hormon inilah gula darah yang berlebihan akan mudah diserap sehingga akan terbebas dari penyakit diabetes mellitus.

Sarang semut papua berfungsi secara maksimal untuk mengoptimalkan kerja pankreas supaya bisa memproduksi hormon insulin, sehingga diabetes atau kencing manis akan teratasi dengan mudah.

11. Menyembuhkan alergi

Reaksi alergi yang dialami oleh manusia disebabkan oleh beberapa hal. Seperti debu, makanan, spora tanaman dan yang lainnya. Selain itu, timbulnya alergi juga disebabkan oleh rangsangan histamin.

Untuk menghambat produksi histamin pada tubuh maka minumlah sarang semut asli, sebab didalamnya terdapat beragam zat aktif untuk meredakan alergi.

12. Mengobati wasir / ambeien

Hemoroid atau wasir adalah terjadinya pendarahan pada saat BAB dan menimbulkan rasa nyeri. Para penderita wasir atau ambeien sangat kesulitan untuk duduk berlama-lama. Manfaat sarang semut dengan kandungan flavonoid dan tokoferolnya dapat meringankan dan menyembuhkan luka akibat wasir.

13. Mengobati mimisan

Mimisan atau keluarnya darah dari hidung bisa terjadi akibat pecahnya pembuluh darah pada bagian hidung. Untuk meredakan mimisan tersebut maka Anda bisa mengkonsumsi sarang semut asli Papua secara rutin dan teratur.

14. Menyembuhkan TBC

Untuk mempercepat proses penyembuhan TBC atau Tuberculosis maka konsumsilah sarang semut setiap hari secara teratur. Esktrak tumbuhan ajaib ini mengandung zat tannin yang berkhasiat untuk menekan pertumbuhan bakteri penyebab TBC.

15. Menyehatkan ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ penting yang terdapat di dalam tubuh. Bila ginjal tidak berfungsi dengan baik maka dapat menyebabkan masalah serius bagi kesehatan. Agar fungsi ginjal berjalan normal maka mengkonsumsi sarang semut bisa menjadi jalan alternatifnya.

16. Menyembuhkan asam urat

Bertumpuknya asam laktat di persendian tubuh dapat mengakibatkan penyakit asam urat. Anda bisa menghancukan asam laktat yang menggumpal tersebut dengan sarang semut papua. Dan juga kandungan flavonoid didalamnya berguna untuk menghambat produksi enzim pembentuk asam urat.

Keunggulan Sarang Semut Dibandingkan Obat Herbal Lainnya

Alasan mengapa sarang semut sangat ampuh dan efektif mengobati beragam jenis penyakit, rahasianya terletak pada kandungan yang terdapat didalamnya. Ada beragam senyawa penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

  1. Polifenol

Senyawa polifenol memiliki peran penting bagi kesehatan tubuh. Fungsinya adalah sebagai antioksidah yang dapat menangkal radikal bebas, sehingga tubuh dapat terlindungi dari penyakit berbahaya seperti kanker dan jantung.

Bahkan ada penelitan yang mengungkapkan bahwasanya zat polifenol berfungsi untuk mengurangi ancaman penyakit alzheimer dan menurunkan tekanan darah tinggi.

  1. Tokoferol

Zat yang satu ini biasa disebut vitamin E dan tentunya juga mengandung antioksidan alami. Manfaatnya bagi tubuh adalah untuk menghilangkan rasa lelah, memperlancar peredaran aliran darah dan mengobati beragam penyakit, seperti jantung dan kencing manis.

  1. Flavonoid

Salah satu manfaat penting dari flavonoid adalah untuk memaksimalkan kinerja vitamin C yang masuk ke dalam tubuh. Seperti kita ketahui bersama bahwasanya vitamin C juga memiliki sifat antioksidan untuk meningkatkan sistem imun tubuh supaya tidak mudah sakit.

Zat flavonoid secara mandiri juga dapat mengobati penyakit kanker, diabetes, menyembuhkan asma, sakit kepala sebelah dan masih banyak lagi yang lainnya.

  1. Tanin

Zat tanin memang biasa ditemukan pada tumbuh-tumbuhan. Salah satu manfaat zat tanin bagi kesehatan tubuh adalah untuk menyembuhkan penyakit diare dan wasir (ambeien).

Sebenarnya, selain untuk kesehatan tubuh, manfaat sarang semut papua juga bisa berfungsi untuk perawatan wajah. Manfaat sarang semut papua untuk kecantikan adalah menghaluskan kulit wajah dan membuat wajah jadi semakin awet muda.

Cara Mengolah Sarang Semut Yang Benar

Sebenarnya diluaran sana sudah banyak toko yang jual sarang semut dalam bentuk kemasan praktis yang berupa teh celup, kapsul ekstrak sarang semut maupun yang berbentuk serbuk. Tapi juga ada sebagian yang dijual dalam bentuk irisan.

Khusus untuk sarang semut yang masih berbentuk irisan, supaya khasiat dan manfaatnya bisa bekerja secara optimal, maka kita harus tau cara mengolahnya dengan benar. Sebab jika salah cara mengolahnya, maka khasiatnya akan sia-sia saja atau kurang manjur.

Saat memasak, usahakan gunakan panci yang terbuat dari tanah liat agar kemanjuran dari sarang semut tidak berkurang. Sebab logam pada panci alumunium mudah terkikis dan bisa bercampur ke dalam air rebusan.

Cara mengolahnya adalah :

  1. Siapkan irisan/lempengan sarang semut dan kemudian potong kecil-kecil menggunakan tangan
  2. Haluskan potongan sarang semut tersebut menggunakan blender, lalu tumbuk sampai halus
  3. Rebus satu sendok makan sarang semut (sekitar 20 gram) menggunakan 2 gelas air
  4. Diamkan selama 15 menit, hingga sisa airnya menjadi 1 gelas saja. Air rebusan tersebut juga akan berubah seperti warna teh
  5. Diamkan hingga dingin dan saring. Air rebusan sarang semut papua sudah siap diminum

Cara pengolahan lainnya adalah dengan merebus 100 gram sarang semut dengan 3 liter air. Tunggu sampai mendidih dan tersisa air hingga setengahnya saja. Nah, air rebusan sarang semut tersebut bisa Anda konsumsi. Sisa rebusansarang semut tersebut jangan dibuang, karena bisa Anda rebus berulang-ulang hingga menghasilkan air rebusan berwarna putih.

Cara minum sarang semut :

Khusus orang dewasa, untuk pencegahan, setiap hari minum 3 gelas pada pagi, siang dan malam. Dan untuk penyembuhan, minum 8 gelas setiap hari secara rutin dan teratur sampai penyakit sembuh.

Khusus anak dibawah 10 tahun, untuk pencegahan, minum 1-2 gelas setiap minggu secara teratur. Dan untuk penyembuhan, minum 2-3 gelas setiap hari, yaitu pada pagi, siang dan malam hari.

Agar rasa teh sarang semut lebih nikmat maka Anda bisa mencampurnya dengan madu asli. Cara pengobatan dengan sarang semut papua tidak dianjurkan untuk wanita yang sedang hamil.

Efek Samping Sarang Semut Papua

Meskipun sarang semut banyak memberikan manfaat bagi kesehatan dan kecantikan, ada beberapa efek samping sarang semut yang bisa saja dialami oleh orang yang mengkonsumsinya. Seperti mengalami suhu panas pada tubuh, kadar gula darah menurun dan sel darah merah berkurang.

Jadi sebelum Anda mengkonsumsi sarang semut, sebaiknya konsultasi ke dokter atau ahli kesehatan terlebih dahulu. Khususnya bagi Anda yang sering mengalami alergi, karena dapat menimbulkan rasa gatal-gatal.

Dan jika Anda serius ingin mencoba minum sarang semut sebagai cara alternatif untuk pengobatan herbal, maka pastikan produk tersebut adalah sarang semut asli. Harga sarang semut per kg sekitar 100.000 rupiah. Dan harga sarang semut papua kemasan kapsul isi 60 biji berkisar 60.000 rupiah saja.

Dengan begitu banyaknya khasiat dan manfaat yang ditawarkan sarang semut, tentu sangatlah rugi jika kita tidak mencoba mengkonsumsinya. Ini merupakan tanaman ajaib yang harus diketahui oleh semua orang, agar mereka bisa menikmati khasiat ajaib dari sarang semut papua tersebut.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*