Pola Makan Dan Makanan Pencegah Kanker Paling Efektif

pola makan dan makanan pencegah kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit yang berbahaya dalam tubuh, sebab beberapa kasus, penyakit kanker dapat menyebabkan kematian. Selain itu penyakit kanker juga memiliki cara penyembuhan yang lama, serta membutuhkan biaya yang mahal.

Dengan demikian maka perlu pencegahan terhadap risiko terkena penyakit kanker. Salah satunya adalah dengan ditunjang oleh nutrisi. Tentunya nutrisi dihasilkan dari beberapa sumber makanan yang baik bagi tubuh. Banyak makanan pencegah kanker yang bisa anda konsumsi setiap harinya untuk menunjang kesehatan tubuh.

Penyakit kanker, sebenarnya dapat dicegah dengan pola makan yang sehat. Dalam hal ini tentunya Anda harus menghindari makanan cepat saji. Karena dalam beberapa makanan cepat saji memiliki kandungan zat kimia yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

loading...

Mengatur Pola Makan Sehat Untuk Mencegah Kanker

Sebelum Anda mengetahui tentang makanan pencegah kanker, maka berikut ini pola makan pencegah kanker yang perlu anda perhatikan.

1. Mengatur Komposisi Makanan

Untuk mencegah terjadinya penyakit kanker, American Institute for Cancer Research menganjurkan agar mengatur pola makan dengan dua pertiga porsi makanan. Dan juga menambahkan bahan makanan seperti buah-buahan, sayur dan serella, sedangkan sepertiga lainnya dengan menambahkan ikan atau daging.

2. Memperbanyak Warna Masakan

Bukan hanya makanan pencegah kanker saja yang perlu anda perhatikan, dalam menyajikan makanan juga harus memperhatikan sumber makanan yang digunakan. Agar dapat mencegah kanker secara efektif, maka gunakan beberapa bahan makanan dengan berbagai warna.

Buah-buahan dan sayuran tentunya memiliki pigmen warna yang bukan hanya mempercantik tampilannya, namun juga memiliki manfaat yang baik bagi tubuh.

3. Jangan Melewatkan Waktu Sarapan

Banyak pakar kesehatan yang menganjurkan setiap orang untuk tidak melewatkan sarapan. Sebab sarapan memang diperlukan bagi tubuh. Dengan mengkonsumsi makanan dan minuman seperti jus melon, jus jeruk, asparagus dan gandum utuh membuktikan dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit kanker p4yud4ra, kanker usus besar, kanker rectum serta jenis kanker lainnya.

Daftar Makanan Pencegah Kanker Paling Efektif

Setelah memperhatikan beberapa pola makan yang baik untuk mencegah kanker, lalu apa makanan pencegah kanker? Berikut penjelasannya :

1. Buah Tomat

Selain memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, buah tomat juga memiliki kandungan antioksidan yang digunakan untuk mencegah terjadinya penyakit kanker. Makanan pencegah kanker ini dapat dikonsumsi menjadi jus atau dikonsumsi secara langsung.

2. Kol

Baik kol, kubis ataupun sayur brokoli memiliki kandungan indole 3 carbinol yang bermanfaat untuk melawan sel kanker. Makanan pencegah kanker ini berperan dalam mengubah hormon estrogen menjadi pelindung dari sel kanker.

3. Teh

Salah satu manfaat mengkonsumsi teh adalah membantu mencegah terjadinya kanker. Apalagi teh hijau yang memiliki antioksidan yang bermanfaat untuk melawan radikal bebas yang menyebabkan serangan kanker. Beberapa manfaat teh hijau untuk penyakit kanker yaitu mencegah kanker kulit, kanker kemih, kanker p4yudara, kanker jantung dan lainnya.

4. Sayur Bayam

Sayur bayam terkenal memiliki zat besi yang sangat baik bagi tubuh. Selain itu sayur bayam juga memiliki kandungan karotenoid yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Makanan pencegah kanker ini berperan dalam melawan sel-sel kanker yang tumbuh di dalam tubuh.

5. Buah Jeruk

Buah jeruk terkenal memiliki kandungan vitamin C yang berguna bagi tubuh. Namun selain itu, buah jeruk juga memiliki beberapa kandungan seperti beta karoten dan asam folat yang berguna sebagai pencegah penyakit kanker.

Anda bisa mengkonsumsi air perasan jeruk nipis hangat di malam hari sebelum tidur. Dengan mengkonsumsi secara rutin maka ini bukan hanya mencegah penyakit kanker, tapi juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh agar terhindar dari berbagai resiko penyakit.

Artikel Terkait : Manfaat Minum Air Perasan Jeruk Nipis Hangat Sebelum Tidur

6. Cokelat

Cokelat memang dapat menyebabkan kegemukan, namun ternyata manfaat cokelat bagi kesehatan tubuh adalah sebagai pencegah penyakit kanker. Makanan pencegah kanker ini mengandung antioksidan yang akan membantu melawan sel-sel kanker dalam tubuh.

7. Buah Berry

Berapa buah yang masih keluarga berry yaitu strawberry, blueberry dan ceri. Semuanya mengandung anthocyanin. Dimana kandungan tersebut merupakan senyawa yang membantu untuk memperlambat terjadinya penuaan. Bahkan makanan pencegah kanker ini juga berfungsi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker.

8. Bawang Putih

Selain digunakan sebagai bumbu dapur, ternyata bawang putih memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan. Manfaat bawang putih adalah untuk mencegah risiko terkena penyakit kanker. Hal ini karena dalam bawang putih mengandung antioksidan yang sangat tinggi.

Makanan pencegah kanker ini memiliki manfaat untuk membunuh sel tumor. Bahkan manfaat bawang putih lainnya adalah untuk melindungi komponen pada tubuh yang rentan terserang penyakit kanker.

9. Pomegranate

Pomegranate merupakan salah satu buah yang termasuk dalam jenis buah delima. Kandungan anti oksidan dalam buah pencegah kanker ini dapat digunakan untuk mengatasi radikal bebas serta pemicu kerusakan DNA.

Selain itu pomegranate juga memiliki kandungan lainnya seperti quercetin, antosianin, flavonoid, polifenol dan tanin yang bekerja sama untuk mencegah terjadinya penyakit kanker.

10. Anggur

Tak hanya memiliki rasa yang enak dan manis, ternyata anggur juga memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Hal tersebut karena kandungan yang ada di dalam buah anggur serta bijinya berperan sebagai anti kanker.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh The Journal of Agricultural and Food menyatakan bahwa anggur memilki kandungan polifenol yang sangat efektif dalam mengatasi penyakit kanker dengan menghambat pertubuhan sel kanker dalam tubuh.

11. Noni

Banyak yang mengenal buah noni sebagai makanan pencegah kanker, sebab buah tropis ini memiliki manfaat sebagai anti kanker yang mampu menghambat pertumbuhan sel kanker secara efektif. Hal tersebut dikarenakan di dalam buah noni memiliki kandungan quecretin, scolopetin dan pinoresinol yang bermanfaat untuk mempertahankan kondisi DNA.

Menambahkan noni juice pada menu harian Anda sangat dianjurkan, sebab akan memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh seperti menyegarkan dan menutrisi tubuh. Bahkan antioksidan yang ada di dalam buah noni mampu untuk mengatasi pembentukan sel abnormal.

12. Nanas

Nanas memiliki bromelain yang bukan hanya berfungsi mengatasi sakit batuk saja, namun juga dapat berperan sebagai anti kanker dengan membunuh sel kanker dalam tubuh. Bahkan menurut penelitian, makanan pencegah kanker ini mampu bekerja secara efektif setara dengan kemoterapi kanker.

Hal ini karena kandungan pada buah nanas mampu bekerja untuk mengaktifkan sistem kekebalan tubuh sebagai toksin untuk mengatasi kerusakan DNA yang menjadi awal pembentukan sel kanker.

13. Sirsak

Kemampuan buah sirsak untuk menghentikan sel kanker setara dengan kemoterapi kanker. Hal ini dikarenakan buah sirsak memiliki berbagai senyawa yang aktif dalam menghentikan pertumbuhan sel kanker. Bahkan bukan hanya buah sirsak saja yang bisa digunakan sebagai makanan pencegah kanker, tapi manfaat daun sirsak ternyata juga sangat efektif dalam mengatasi penyakit kanker.

14. Buah Naga

Tentunya Anda tak asing lagi dengan buah naga bukan? Buah yang memiliki banyak jenis ini ternyata memiliki khasiat yaitu mencegah kanker. Hal tersebut karena buah naga memilki kandungan antosianin yang sangat tinggi, sehingga berkhasiat secara efektif dalam melawan pertumbuhan sel abnormal.

15. Kunyit

Salah satu obat tradisional penyembuh penyakit kanker adalah kunyit. Hal ini karena kunyit merupakan obat kanker yang sangat efektif dalam menghambat perkembangan sel kanker.

Berbagai sumber makanan tersebut merupakan makanan pencegah kanker yang sangat efektif bekerja dalam tubuh. Bila Anda ingin memiliki tubuh yang sehat terbebas dari segala penyakit, maka konsumsilah makanan-makanan tersebut untuk menunjang kesehatan. Semua makanan yang disebutkan diatas bukan hanya makanan pencegah kanker saja, namun juga mencegah terjadinya penyakit lainnya yang akan menyerang tubuh.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*