Yuk, Intip Perbedaan Sunscreen Dan Sunblock Ditinjau Dari 3 Hal Ini!

perbedaan sunscreen dan sunblock

Banyaknya jenis produk kecantikan bagi wanita memang kadang membuat Anda tak mudah membedakan antara satu dengan yang lain. Terlebih bagi Anda yang memang tak begitu suka menggunakan make-up.

Salah satu perbedaan yang paling sering dibicarakan oleh masyarakat adalah perbedaan sunscreen dan sunblock yang memang sekilas sama. Namun, sebenarnya dua krim ini memiliki karakteristik dan juga manfaat yang sangat berbeda sekali.

Nah, bagi Anda yang belum mengetahui perbedaan sunscreen dan sunblock secara lebih mendetail. Yuk, telusuri hingga rampung artikel berikut ini!

Pengertian

Hal paling mendasar dari perbedaan dua benda dapat Anda lihat dari pengertiannya. Apa itu sunscreen? Dan apa itu sunblock? Sunscreen atau biasa dikenal sebagai tabir surya adalah salah satu produk kecantikan yang berfungsi melindungi bahaya sinar matahari dengan “menyaring”nya terlebih dahulu.

Lotion cair ini akan meresap ke dalam kulit dan menyerap sinar ultraviolet yang dapat merusak kulit Anda. Sunscreen memiliki tekstur yang lebih tipis daripada sunblock dan akan menyatu dengan kulit sehingga menjadi tak terlihat ketika digunakan.

Sedangkan sunblock merupakan produk kecantikan yang mengandung mineral zinc oxide ataupun titanium dioxide yang membangun lapisan di atas kulit dan berperan sebagai dinding pelindung kulit dari cahaya matahari.

Perbedaan sunscreen dan sunblock juga terdapat pada teksturnya. Sunblock memiliki tekstur lebih kental, warnanya putih susu dan ketika diaplikasikan di wajah maka akan terlihat jelas.

Manfaat

Meskipun sama-sama digunakan sebagai pelindung kulit dari efek buruk matahari, sunscreen dan sunblock juga memiliki perbedaan pada kegunaannya masing-masing. Sunscreen berperan sebagai penyaring atau filter yang dapat menyaring efek buruk sinar ultraviolet terhadap kesehatan kulit.

1. Kandungan SPF

Pada umumnya, produk sunscreen pasti mengandung SPF (Sun Protector Factor). Apa itu SPF? SPF adalah salah satu indikasi yang akan memberitahu Anda seberapa lama dan seberapa baik produk kecantikan itu akan melindungi Anda dari paparan sinar matahari.

Hal tersebut dapat Anda lihat melalui angkanya. Jika pada produk kecantikan tertulis SPF 30, artinya produk tersebut dapat melindungi kulit Anda dari sengatan sinar matahari selama 30 kali lipat dari waktu normal kulit biasanya terbakar.

Jadi, semakin tinggi angka pada SPF, maka hal tersebut mengindikasikan bahwa produk kecantikan tersebut dapat melindungi wajah semakin lama. SPF 10 memiliki fungsi perlindungan yang sama dengan SPF 20 maupun SPF 30, perbedaannya hanya terletak pada durasinya saja.

Jika Anda menggunakan produk dengan SPF rendah untuk melakukan aktivitas di luar ruangan, maka itu berarti Anda harus sering mengoleskan produk berSPF itu ke wajah Anda. Sehingga perlindungan yang diberikan dapat bertahan lama.

Meskipun produk yang memiliki kandungan SPF tinggi dapat melindungi kulit Anda lebih lama, namun hal tersebut tentu tak menjamin bahwa kulit Anda akan terlindungi sepenuhnya.

Namun, produk kecantikan yang memiliki kandungan SPF tinggi dikenal mampu memberikan perlindungan terhadap kulit dari resiko penyakit kulit yang berjangka panjang, contohnya kanker kulit.

Nah, kembali kepada perbedaan sunscreen dan sunblock. Kandungan SPF yang ada pada sunscreen biasanya hanya berfungsi menyaring sinar UVB (Ultraviolet Burning) saja. Sedangkan untuk paparan sinar UVA (Ultraviolet Aging) belum mampu disaring oleh sunscreen.

Namun, penggunaan sunscreen tentu dapat mengurangi resiko kulit Anda terkena paparan sinar ultraviolet yang sangat berbahaya bagi kulit. Menggunakan sunscreen secara teratur juga dapat mengurangi proses penuaan dini yang lebih cepat.

Coba, bandingkan dengan teman Anda yang tak menggunakan sunscren? Biasanya kulit mereka lebih mudah terbakar apabila melakukan aktivitas di luar ruangan bukan?

2. Segi Manfaat

Selanjutnya, Anda akan melihat perbedaan sunscreen dan sunblock dari sisi manfaat sunblock itu sendiri. Seperti yang telah disebutkan, sunblock memiliki kandungan mineral seperti titanium dioksida dan juga seng oksida yang sangat bermanfaat dalam menangkal paparan negatif sinar matahari terhadap kulit, yaitu sinar UVA dan juga UVB.

Sunblock juga memiliki kandungan mineral alami yang aktif melindungi kulit sehingga sinar matahari otomatis tak akan berkontaminasi langsung dengan kulit wajah Anda.

Baca Juga : Manfaat Masker Kulit Pisang Untuk Kecantikan Wajah

Cara Penggunaan

Perbedaan sunscreen dan sunblock selanjutnya adalah melalui cara penggunaannya. Yang pertama adalah cara mengaplikasikan senscreen di wajah Anda jika dibarengi dengan makeup.

1. Cara Menggunakan Sunscreen Pada Wajah

Langkah paling awal dalam memakai produk kecantikan, tentunya harus mencuci wajah terlebih dahulu agar kotoran tak menempel pada produk kecantikan yang Anda pakai.

Selanjutnya, oleskan krim senscreen secara merata pada kulit wajah. Aplikasikan sunscreen sebelum Anda menggunakan makeup atau produk kecantikan lain seperti pelembap. Selain melindungi bahaya sinar matahari, sunscreen juga dapat menjaga kulit Anda agar tak kering seharian.

Akan lebih baik jika Anda juga mengaplikasikannya di sekitar telinga dan juga leher. Kemudian tunggu sekitar 3 hingga 5 menit agar kandungan sunscreen dapat meresap di kulit wajah.

Jangan terlalu sering menggunakan tabir surya jika Anda beraktivitas di luar ruangan. Waktu yang paling baik adalah 2 jam setelah penggunaan terakhir. Oleh karena itu, pilihlah produk tabir surya yang memiliki kandungan SPF tinggi.

2. Cara Menggunakan Sunblock Pada Wajah

Perbedaan sunscreen dan sunblock sebenarnya tak begitu menonjol pada cara pengaplikasiannya. Hampir sama seperti sunscreen, Anda juga harus membersihkan wajah Anda sebelum menggunakan sunblock untuk melindungi paparan sinar matahari.

Oleskan sunblock sebelum Anda menggunakan makeup, dan tunggu selama kurang lebih 15 hingga 30 menit untuk penyerapan yang maksimal. Jangan aplikasikan sunblock pada bibir. Akan tetapi gunakanlah lip balm sebagai pelindung bibir agar tak kering.

Untuk perlindungan yang lebih maksimal, gunakanlah sunblock setiap hari meskipun cuacanya tak panas. Jika Anda ingin mengaplikasikannya lagi, disarankan untuk menggunakan sunblock dalam bentuk spray agar lebih mudah dan lebih praktis.

Meskipun sering terdengar rumor-rumor buruk tentang penggunaan sunscreen maupun tabir surya, sebenarnya hal tersebut tak benar sepenuhnya. Contoh, penggunaan sunscreen menyebabkan kanker. Jawabannya adalah tidak. Sunscreen tak akan masuk ke dalam organ dalam tubuh Anda.

Sunscreen hanya meresap hingga permukaan kulit. Terlebih, kandungan tabir surya juga akan menghilang bersamaan dengan aktivitas Anda di luar ruangan. Bahkan, kandungan mineral aktif yang ada pada sunblock juga dapat mengurangi resiko terjadinya penyakit kulit.

Menggunakan sunscreen maupun sunblock juga tak akan menghalangi asupan vitamin D yang diberikan oleh sinar matahari. Karena pada dasarnya, sunscreen dan sunblock memiliki fungsi yang hampir sama dengan lapisan ozon, yaitu menyaring dan melawan sinar ultraviolet.

Artikel Lain : Cara Mengatasi Kulit Terbakar Sinar Matahari Dengan Mudah

Untuk penggunaan yang lebih aman, pilihlah produk sunscreen maupun sunblock yang memiliki kandungan antioksidan seperti tomat, teh hijau, maupun buah berry yang sudah banyak beredar di pasar kosmetik. Sehingga, produk tersebut juga dapat menangkal pengaruh buruk radikal bebas yang berasal sinar UV.

Nah itulah beberapa perbedaan sunscreen dan sunblock ditinjau dari kandungan, manfaat maupun cara penggunaannya. Meskipun memiliki peranan yang berbeda, namun penggunaan dua produk pelindung ini tentu akan sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan kulit wajah Anda.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*