Penyebab Rambut Rontok Pada Pria Di Usia Muda

penyebab rambut rontok pada pria di usia muda

Permasalahan pada rambut yang seringkali dialami oleh sebagian besar orang adalah rambut rontok. Kerontokan rambut ini bisa menyerang siapa saja, baik pria maupun wanita, usia tua maupun usia muda. Tentunya kondisi ini tidak boleh dibiarkan saja, sebab jika sudah parah dapat menyebabkan kebotakan. Kita harus mengetahui penyebab dan cara mengatasinya.

Ada sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa masalah kerontokan rambut yang berakhir pada kebotakan ini lebih dominan diderita oleh para kaum pria dibandingkan wanita. Dan yang perlu diwaspadai, kebotakan ini tidak hanya menimpa para pria yang sudah berusia lanjut saja, tapi juga banyak pria di usia muda yang sudah mengalami masalah dengan kerontokan rambut.

Coba Anda perhatikan di sekitar, tidak sedikit remaja di usia 20 hingga 30-an yang sudah mengalami kerontokan berat dan mulai terlihat tanda-tanda terjadinya kebotakan. Masalah rambut rontok ini harus segera diketahui penyebabnya sejak dini agar bisa tertangani dengan cepat dan tepat.

loading...

Ada sebuah studi yang menyebutkan bahwa 62 persen pria yang mengalami kebotakan akan mengalami penurunan rasa percaya diri secara drastis. Sebab rambut ini adalah mahkota kebanggaan dan juga terkait dengan maskulinitas.

Fakta Menarik Seputar Rambut

Sudahkah Anda tau bahwasanya rambut pada setiap orang itu berjumlah kurang lebih 100.000 helai? Dan fakta menariknya adalah hampir setiap orang mengalami kerontokan 100 helai rambut setiap harinya.

Bila kita jumlahkan dalam 1 tahun maka rata-rata jumlah rambut yang rontok itu mencapai 36.500 helai, lalu kalau 5 tahun, 10 tahun atau 20 tahun kemudian? Ini harus menjadi pertimbangan agar kita tidak memperlakukan rambut seenaknya. Perlu perawatan yang lebih serius agar rambut kita tidak terlalu banyak rontoknya.

Sebab, fakta penelitian menyebutkan bahwa pertumbuhan rambut setiap bulannya hanya 0,5 inci saja. Jadi proses pertumbuhan rambut ini jauh lebih lambat bila dibandingkan dengan jumlah helai rambut yang rontok setiap harinya.

penyebab rambut rontok pada pria muda
Gambar via https://www.hilalorganics.co.uk

Faktor Penyebab Rambut Rontok Pada Pria

1. Hormon Yang Tidak Seimbang

Salah satu penyebab kebotakan yang dialami oleh pria di usia muda adalah karena perubahan hormon yang ada di dalam tubuh. Hormon yang berperan dalam kerontokan rambut tersebut adalah dihydrotestosterone (DHT) yang membuat folikel rambut menyusut dan lama kelamaan akan rontok.

Gejala awal pola kerontokan rambut pada pria usia muda ini berbentuk lengkungan pada pelipis kanan dan kiri, sehingga lama kelamaan tepian rambut akan berbentuk huruf “M”. Setelah itu akan diikuti kerontokan rambut pada bagian tengah dan akhirnya botak secara keseluruhan.

2. Menderita Suatu Penyakit

Ada sebagian orang yang mengalami kerontokan rambut karena sedang menderita suatu penyakit tertentu, seperti typus, diabetes dan hipertiroidisme. Kondisi ini disebut alopecia areata dan biasanya ditandai dengan pitak berbentuk lingkaran yang ukurannya lebih besar dari koin. Tapi biasanya setelah satu tahun rambut tersebut akan tumbuh kembali.

Artikel Lain : Penyebab Penyakit Diabetes Di Usia Muda Dan Cara Mencegahnya

3. Dampak Obat-Obatan Dan Zat Kimia

Rambut rontok pada pria juga disebabkan oleh obat yang dikonsumsi untuk mengatasi penyakit depresi, hipertensi, arthritis dan penyakit jantung. Selain itu, rambut yang terlalu sering melakukan perawatan ke salon dan dibaluri obat kimia seperti meluruskan dan mewarnai akan membuat rambut mudah patah dan rontok.

4. Asupan Gizi

Kurangnya asupan gizi pada tubuh juga dapat menyebabkan rambut rontok secara perlahan yang lama kelamaan rambut akan semakin tipis karena terlalu rapuh. Hindari makanan cepat saji karena itu rendah akan nutrisi.

5. Faktor Keturunan

Faktor genetika atau keturunan juga menjadi salah satu penyebab rambut rontok pada pria di usia muda. Jika orang tua mengalami kebotakan karena rambut rontok maka ada kemungkinan nanti keturunannya akan mengalami keadaan yang sama.

6. Pengaruh Stres

Mengalami stres yang berlebihan juga dapat mengakibatkan rambut rontok pada pria. Tapi kondisi ini hanya bersifat sementara karena nantinya jika stres sudah menghilang maka rambut akan tumbuh kembali.

7. Kemoterapi

Sistem pengobatan kemoterapi, imunoterapi dan radioterapi juga dapat menyebabkan kerontokan rambut secara menyeluruh. Namun keadaan ini hanya bersifat sementara dan akan pulih kembali ketika sudah selesai menjalani kemoterapi.

cara mengatasi rambut rontok
Gambar via http://www.stylecraze.com

Cara Mengatasi Dan Mencegah Rambut Rontok

Pakai Shampoo Yang Berkualitas

Banyak iklan shampo yang mengklaim dapat membuat rambut tebal dan kuat serta bebas ketombe, tapi hingga saat ini yang terbukti ampuh hanyalah shampo yang mengandung Ketoconazole.

Kandungan ini bersifat antijamur dan antibakteri yang dapat menghilangkan ketombe dan menstabilkan kadar testosteron pada folikel rambut. Fakta menyebutkan, hanya dengan memakai shampo yang mengandung ketoconazole selama 3 minggu maka dpaat mengurangi resiko kebotakan hingga 17 persen.

Konsumsi Makanan Sehat

Hindari makanan yang dapat memicu peningkatan hormon testosteron, contohnya gorengan. Dengan melakukan diet sehat juga dapat membersihkan toksin dan racun di dalam tubuh sehingga dapat mengurangi sebum yang berlebihan.

Operasi Transplantasi

Seiring dengan berkembangnya ilmu kedokteran, saat ini sudah ada cara praktis untuk mengisi kepala yang botak yaitu dengan operasi transplantasi. Yaitu dengan cara menanam rambut pada kulit kepasa pada setiap titiknya.

Perawatan Alami

Ini bisa diterapkan jika kerontokan rambut belum terlalu parah dan tentunya cara ini tidaklah instan. Anda bisa menggunakan minyak zaitun atau minyak kemiri yang dihangatkan lalu oleskan pada kulit kelapa. Lakukan pijatan lembut agar minyak bisa meresap ke akar rambut.

Itulah sedikit informasi penting tentang penyebab rambut rontok pada pria di usia muda dan cara pencegahannya. Mulai sekarang rawatlah rambut Anda seperti layaknya merawat tubuh agar bisa tumbuh sehat dan lebat

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*