Penyebab Gatal Karena Alergi Kulit Dan Cara Mengobatinya

penyebab gatal karena alergi kulit dan cara mengobatinya

Sebelum membahas lebih mendalam tentang cara mengobati alergi kulit, sebaiknya kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu pengertian alergi kulit dan apa saja yang menjadi penyebab alergi kulit. Ini berguna agar langkah penanganannya lebih mudah dan tepat.

Alergi kulit adalah jenis penyakit ringan yang biasa terjadi pada kulit. Ini adalah bentuk reaksi penolakan tubuh pada benda asing. Rasa gatal tersebut merupakan bentuk respon kulit karena tidak menyukai zat baru tersebut. Penyakit kulit ini bisa menimpa pada siapa saja karena setiap orang memiliki jenis kulit dan sensitifitas yang berbeda-beda.

Gejala dan dampak sering dialami oleh orang yang mengalami alergi kulit berupa gatal-gatal, pembengkakan, kulit memerah, benjol-benjil dan jika digaruk akan menyebabkan luka. Meskipun alergi kulit tidak termasuk penyakit yang berat, orang yang mengalaminya pasti akan terganggu.

Penyebab Alergi Kulit

Secara umum, ada banyak sekali faktor pemicu timbulnya alergi pada kulit seseorang. Seperti gigitan serangga, obat yang dioleskan, virus, eksim, bakteri, anemia, perubahan hormon dan yang lainnya. Berikut kami rangkum beberapa penyebab penyakit alergi kulit yang sering dialami seseorang.

1. Makanan

Jika Anda mengalami gatal-gatal atau ruam pada kulit setelah mengkonsumsi makanan tertentu, maka bisa dipastikan Anda sedang mengalami alergi terhadap makanan yang dikonsumsi tersebut.

Secara umum, makanan memang menjadi penyebab paling utama dari penyakit alergi kulit. Diantara makanan yang dapat menyebabkan alergi antara lainseafood, telur, susu, kacang-kacangan dan yang lainnya.

Jadi kesimpulannya, tidak semua jenis makanan menjadi pemicu alergi kulit. Namun bila Anda merasakan gejala yang telah disebutkan diatas, maka sebaiknya Anda tidak mengkonsumsi makanan penyebab alergi tersebut.

2. Cuaca

Ada sebagian orang yang mengalami alergi kulit yang disebabkan oleh perubahan cuaca yang drastis. Misal perubahan suhu ruangan yang hangat menjadi dingin karena hujan.

3. Bahan kimia

Penyebab alergi kulit juga disebabkan oleh bahan-bahan kimia. Seperti misal bahan kimia yang terdapat pada produk kecantikan yang dipakai oleh para kaum hawa. Seperti contoh, bedak wajah.

Jika Anda merasa gatal setelah memakai produk kosmetik seperti bedak, maka sebaiknya Anda tidak memakainya lagi karena itu bisa jadi kulit Anda tidak cocok dengan bahan-bahan kimia yang terdapat didalamnya sehingga menimbulkan alergi kulit.

4. Perhiasan

Menggunakan perhiasan terkadang juga dapat menimbulkan alergi kulit. Entah itu perhiasan dari emas atau jenis perhiasan dari bahan lainnya.

Rasa Gatal Karena Alergi

Gejala yang paling umum dari reaksi alergi adalah rasa gatal yang menyengat, mulai dari gatal yang ringan hingga yang berat. Tapi perlu diketahui bahwasanya tidak semua gatal adalah bentuk respon dari alergi.

Ada sebagian orang yang mengeluh bahwa semua gejala gatal disebabkan oleh alergi. Padahal belum tentu. Gejala gatal yang diakibatkan oleh alergi biasanya diikuti gejala lain, seperti ruam dan kemerahan.

Memang agak sulit untuk membedakan gatal karena alergi atau gatal biasa. Sebab tidak semua gejala gatal alergi kulit langsung dirasakan ketika terjadi kontak dengan alergen (zat penyebab alergi). Zat alergen ini dianggap berbahaya oleh sistem imun tubuh, pada sebenarnya tidak.

Cara Mengobati Alergi Kulit Secara Alami

Salah satu cara alternatif untuk menyembuhkan alergi kulit bisa dilakukan secara alami menggunakan bahan-bahan tradisional. Berikut beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan :

1. Daun salam

Cara menggunakannya adalah ambil beberapa lembar daun salam dan kemudian cuci sampai bersih. Setelah itu tumbuk daun salam tersebut dan kemudian oleskan pada bagian kulit yang mengalami alergi.

Senyawa yang terdapat di dalam daun salam memiliki kemampuan untuk menyembuhkan gatal-gatal dan ruam merah yang disebabkan oleh alergi kulit.

2. Jahe

Bahan alami berikutnya yang dapat digunakan untuk pengobatan alergi kulit adalah rimpang jahe. Siapkan 20 gram jahe yang sudah dikupas, kemudian rebus dengan 2 gelas air dan tunggu sampai mendidih. Setelah air rebusan jahe tersisa setengahnya maka angkat dan saring. Minum ramuan jahe tersebut dengan rutin dan teratur.

3. Minyak goreng dan garam

Kombinasi antara minyak goreng dan garam sangat efektif mengobati alergi kulit. Cara membuat dan menggunakannya juga sangat mudah. Tinggal campur kedua bahan tersebut, aduk hingga merata dan oleskan pada area kulit yang mengalami alergi.

4. Lemon dan minyak kelapa

Air perasan lemon yang dicampur dengan minyak kelapa juga sangat ampuh mengatasi alergi kulit. Anda cukup mengoleskannya pada kulit yang merasakan gatal dan biarkan hingga mengering.

5. Kunyit

Bumbu dapur kunyit juga bisa digunakan sebagai herbal alami pengobatan alergi kulit. Pilihlah kunyit yang sudah tua karena senyawa didalamnya lebih ampuh mengatasi gatal dan kemerahan pada kulit.

Ambil 3 ruas kunyit yang sudah tua dan daun sambiloto segar secukupnya. Tumbuk kedua bahan tersebut hingga halus dan kemudian balurkan pada kulit agar alergi cepat hilang.

6. Minyak zaitun

Di dalam minyak zaitun terdapat kandungan antioksidan dan vitamin E yang sangat bagus bagi kesehatan kulit. Kombinasi campuran antara minyak zaitun dan madu bisa digunakan untuk mencegah gatal dan ruam pada kulit.

7. Es batu

Timbulnya gatal dan ruam yang disebabkan oleh alergi juga dapat diatasi dengan cara dikompres menggunakan es digin. Ruam kemerahan akan menghilang dan gatal pun akan reda. Setelah mengkompres, keringkan kulit dengan cara ditepuk-tepuk.

8. Lidah buaya

Manfaat lidah buaya tidak hanya bagus untuk kesehatan rambut saja, tapi gel lidah buaya juga bisa digunakan untuk menyembuhkan alergi kulit. Aloe vera ini memiliki sifat anti jamur, anti bakteri dan anti inflamasi. Caranya adalah dengan mengambil gel lidah buaya dan oleskan pada kulit.

9. Tanah liat

Cara mengobati alergi kulit dengan tanah liat ini sudah sejak dulu dipraktekkan oleh para nenek moyang kita. Racun penyebab gatal dapat dibersihkan dengan mudah oleh tanah liat.

Cara pemakaiannya hampir sama dengan lulur, yaitu campur tanah liat dengan air secukupnya. Setelah diaduk rata, aplikasikan pada kulit dan diamkan hingga mengering.

10. Daun sirih

Siapkan 10 lembar daun sirih dan petai cina secukupnya. Rebus kedua bahan tersebut dengan 2 gelas air hingga mendidih matang. Sari rebusan daun sirih tersebut bisa Anda gunakan untuk mengobati alergi dengan cara dioleskan pada kulit yang gatal.

11. Daun mint

Sensasi dingin pada daun mint berkhasiat untuk mengatasi ruam dan gatal pada kulit. Tumbuk halus daun mint secukupnya dan kemudian balurkan pada kulit yang alergi. Diamkan selama 20 menit dan kemudian bersihkan.

12. Madu

Madu memiliki sifat antiseptik alami yang dapat mengatasi masalah alergi kulit. Dengan mengoleskan madu pada kulit yang memerah dan gatal-gatal, maka dengan sendirinya gejala alergi kulit akan menghilang.

Obat Gatal Alergi Kulit Di Apotik

1. Hydrocortison

Produk ini berupa krim. Manfaatnya adalah untuk mengatasi rasa gatal yang disebabkan oleh zat kimia dan serangga. Cara pakainya adalah dengan mengoleskan pada area kulit yang alergi dengan menggunakan cotton bud.

2. Protopic

Bentuknya juga berupa krim yang dapat mengurangi gatal dengan signifikan. Cara pemakaiannya, bersihkan area kulit yang merasakan gatal dan kemudian oleskan krim penghilang rasa gatal ini. Diamkan hingga mengering

3. Elidel

Krim yang satu ini sangat ampuh untuk menghilangkan gatal yang ringan, termasuk gatal dan bengkak karena alergi kulit. Dengan pemakaian yang teratur, maka penyakit alergi kulit akan reda dengan optimal.

4. Cetirizine

Obat gatal karena alergi yang satu ini berbentuk pil. Cara mengkonsumsinya adalah dengan diminum. Manfaat cetirizine adalah dapat mengurangi produksi senyawa histamin yang menjadi penyebab rasa gatal. Alergi kulit yang disebabkan oleh makanan, cuaca dan obat kimia dapat diobati dengan cetirizine.

5. Loratidine

Khasiat loratidine hampir sama dengan cetirizine. Pil penyembuh gatal ini juga dapat mengurangi kandungan histamin yang terdapat di dalam tubuh.

Cara Mencegah Alergi Kulit

  • Jagalah kebersihan rumah dengan baik jangan ada debu dan kotoran yang masuk
  • Hindari makanan yang dapat menyebabkan alergi kulit
  • Bila alergi pada bulu binatang, maka sebaiknya jauhkan binatang penyebab alergi tersebut

Sebaiknya Anda jangan sampai menggaruk gatal yang disebabkan oleh alergi tersebut. Dan gunakan pakaian yang longgar ketika Anda mengalami alergi kulit.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*