18 Penyebab Bibir Hitam Dan Pecah-Pecah Serta Cara Mengatasinya

Minder dan gak pede dengan bibir yang hitam? Meskipun tidak berbahaya, memiliki warna bibir yang hitam dapat menurunkan rasa percaya diri, terutama pada kaum hawa. Sebelum mengatasinya, sebaiknya ketahui dulu penyebab bibir hitam dan pecah-pecah. Karena nantinya akan lebih gampang solusinya setelah mengetahui penyebabnya.

Bibir merupakan bagian tubuh yang melambangkan sensualitas. Memiliki bibir merah merona tentu menjadi dambaan setiap orang. Warna bibir yang merah terlihat lebih menggairahkan dan bahkan senyuman akan terlihat sempurna dengan pancaran bibir merah menyala.

Kecantikan seorang wanita bukan hanya disebabkan oleh faktor dari dalam saja, atau biasa disebut inner beauty, tapi juga cantik dari luar. Salah satu hal yang dapat menunjang kecantikan wanita tersebut adalah bentuk dan warna bibir yang merah tersebut. Namun jika tidak dirawat dengan baik, lambat laun warna bibir akan berubah menjadi gelap.

loading...

Penyebab Bibir Hitam Dan Pecah-Pecah

Jika kulit memiliki lapisan sel hingga 16 buah, bibir cuma terdiri dari 3-5 lapisan sel. Jadi karena tipisnya lapisan bibir ini maka pembuluh darah yang berada di dalam bibir terlihat dengan jelas. Inilah yang menyebabkan bibir berwarna merah. Bibir juga tidak memiliki kelenjar keringat dan minyak, jika tidak dijaga dengan baik maka rentan kering, pecah-pecah dan bahkan berubah menjadi hitam.

Inilah beberapa penyebab bibir hitam atau tidak lagi menampakkan warna aslinya, yaitu :

1. Sinar Matahari

sinar matahari
Source https://zidbits.com

Penyebab bibir hitam yang pertama adalah karena seringnya terkena pancaran sinar matahari. Paparan sinar ultraviolet secara terus menerus maka akan membuat perubahan pada warna bibir dan akhirnya pecah-pecah. Ini disebabkan karena sinar UV dapat meningkatkan produksi pigmen melanin pada bibir. Jika Anda sering beraktifitas di luar ruangan maka sebaiknya memakai pelindung bibir seperti lip balm.

2. Lipstik Berlebihan

Memakai lipstick yang berlebihan maka akan merubah warna alami bibir, dari warna merah menjadi hitam. Ada beberapa kandungan dalam lipstik yang dalam jangka panjang dapat merubah bibir menjadi hitam. Penggunaan lipstik dalam waktu lama atau bahkan sisa lipstik yang tidak dibersihkan pada malam hari sebelum tidur dapat memicu warna bibir menjadi hitam dan pecah-pecah.

3. Hidrasi

Tubuh yag kekurangan konsumsi air akan mengalami dehidrasi. Kondisi ini turut mempengaruhi perubahan warna bibir yang menjadi gelap, kering dan pecah-pecah. Minumlah 2-3 liter air setiap hari supaya bibir tetap sehat dan lembab.

4. Merokok

Kebiasaan buruk merokok sudah pasti menjadi penyebab bibir hitam. Kandungan nikotin dalam rokok berdampak negatif bagi bibir dan bahkan bagi kesehatan tubuh. Asap yang keluar masuk melewati bibir ini memberikan hawa panas pada bibir dan lama kelamaan membuat bibir berwarna hitam.

Kandungan tar pada rokok juga dapat menyempitkan pembuluh darah, sehingga aliran darah akan terganggu. Jika bibir tidak mendapatkan aliran darah yang cukup maka akan menggelap dan lama-kelamaan menjadi hitam.

5. Bibir Kering

bibir kering
Source https://www.scienceabc.com

Bibir sama halnya dengan kulit wajah yang harus terus dijaga kelembabannya. Kandungan minyak pada bibir berperan penting untuk menjadikannya tidak pecah-pecah dan berwarna hitam kusam.

Lapisan kulit bibir yang sangat tipis ini sering membuat bibir hilang kelembabannya. Akibatnya bibir akan kering dan pecah-pecah. Dan jika terus terjadi maka dapat merubah warna alami bibir, dari merah menjadi hitam gelap.

6. Menggigit Bibir

Terkadang kita sering membasahi bibir yang kering dengan air ludah dan tidak jarang juga menggigit bibir di saat-saat tertentu. Ini memberikan dampak buruk bagi bibir yaitu bisa menjadikan bibir pecah-pecah dan menghitam. Ini disebabkan oleh air liur yang dapat menyebabkan bibir kering lebih cepat. Rubahlah kebiasaan menggigit bibir dan membasahi bibir dengan ludah.

7. Minum Kopi Dan Teh

minum kopi dan teh
Source http://www.diversifiedhealth.ca

Dalam minuman teh dan kopi terdapat kandungan kafein yang juga dapat menyebabkan bibir hitam. Kurangilah konsumsi kopi dan teh. Sebaiknya konsumsilah teh hijau karena itu juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Atau Anda juga bisa perbanyak minum air putih setelah mengkonsumsi kopi dan teh.

8. Kurang Vitamin C

Salah satu manfaat vitamin C adalah untuk menjadikan bibir tetap sehat dan tidak terkena sariawan. Jika tubuh kekurangan vitamin C maka bibir akan cepat kering, pecah-pecah dan menghitam. Perbanyaklah mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran agar kebutuhan vitamin C dalam tubuh bisa terpenuhi.

9. Alergi

Terkadang ada sebagian orang yang mengalami alergi pada bibir jika menggunakan lipstik atau lip gloss yang tidak tepat. Ada beberapa kandungan dalam lipstik yang dapat membuatnya menjadi hitam dan pecah-pecah, seperti mercury, wax dan timbale. Pilihlah lipstik yang tepat dan cocokkan dengan kondisi bibir Anda.

10. Kurang Nutrisi

Kurangnya asupan nutrisi dan vitamin pada tubuh juga mengakibatkan bibir hitam, kering dan pecah-pecah. Biasanya ini sering dialami oleh para pejuang diet yang dengan dipaksakan mengurangi asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Akibatnya malah membuat bibir hitam dan gelap.

11. Bertambahnya Usia

Seiring dengan umur yang semakin tua maka sel dalam tubuh banyak yang mati dan tidak bisa meregenerasi lagi, termasuk juga meregenerasi kulit bibir. Tubuh tidak bisa memproduksi hormon yang dapat menjaga kelembaban dan melindungi bibir. Sehingga pada akhirnya bibir akan berubah berwarna hitam kusam.

12. Pengaruh Obat

Terkadang orang yang sedang sakit dan mengkonsumsi obat berlebihan juga menjadi penyebab bibir hitam dan kering, bahkan ada juga yang pecah-pecah. Ini dikarenakan kandungan dalam obat tidak cocok dengan tubuh dan mengakibatkan bibir berubah warnanya.

13. Faktor Gen

penyebab bibir hitam
Source http://www.shefinds.com

Ini salah satu penyebab bibir hitam yang tidak mungkin bisa dihindari. Yaitu faktor keturunan dari kedua orang tua. Namun jangan berkecil hati, karena bibir hitam yang disebabkan oleh faktor gen tetap bisa dibuat merah dengan menggunakan bahan alami.

14. Konsumsi Alkohol

Salah satu pola hidup yang tidak baik bagi kesehatan adalah mengkonsumsi alkohol secara berlebihan. Ini dapat menyebabkan kerusakan pada fungsi tubuh bagian dalam, sehingga pada akhirnya juga dapat menyebabkan bibir hitam dan pecah-pecah.

15. Narkoba

Salah satu dampak negatif tercepat dari mengkonsumsi narkoba adalah perubahan pada warna bibir yang menghitam dan kusam secara permanen. Bahaya narkoba memang sangat buruk bagi kesehatan tubuh, termasuk juga untuk kesehatan kulit bibir.

16. Sianosis

Ini adalah suatu keadaan dimana warna kulit berubah menjadi kebiruan yang disebabkan karena rendahnya konsentrasi oksigen dalam darah. Gejala sianosis ini biasanya terlihat jelas pada perubahan warna bibir dan kuku. Keadaan ini sering terjadi di cuaca yang dingin menyengat.

17. Eksim

Eksim adalah suatu kondisi dimana kulit mengalami peradangan. Salah satu sebab yang menjadikan kulit meradang adalah lipstik atau lip gloss yang tidak cocok. Salah satu dampak negatifnya adalah dapat membuat bibir berubah menjadi gelap dan hitam, serta timbul gejala gatal-gatal.

18. Anemia

Bagi para penderita penyakit anemia atau kekurangan darah, maka warna bibir cenderung membiru dan menghitam. Ini sudah lumrah terjadi kepada para penderita anemia. Oleh karena itu sebaiknya perbanyak konsumsi makanan yang dapat menambah darah agar bibir kembali berwarna normal.

Cara Mengatasi Bibir Hitam Dan Pecah-Pecah

cara mengatasi bibir hitam dan pecah-pecah
Source http://www.searchhomeremedy.com

Setelah mengetahui apa saja penyebab bibir hitam dan pecah-pecah, maka kita dengan mudah mencari solusi untuk mengatasinya. Yaitu dengan menghindari semua kebiasaan buruk yang disebutkan diatas.

Selain itu, ada beberapa tips yang bisa dicoba untuk membuat bibir merah alami. Yaitu :

1. Memijat Bibir

Melakukan pijatan perlahan ini berfungsi untuk memperlancar aliran darah di area bibir agar bisa terlihat cerah. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka pakailah es batu atau minyak almont disaat memijat bibir tersebut.

2. Membersihkan Sel Kulit Mati

Untuk mengkikis sel kulit mati di bibir maka cara pengelupasannya bukan secara manual diambil begitu saja. Gunakanlah madu murni yang dicampur dengan gula pasir dan oleskan pada bibir secara merata. Diamkan selama 3 menit lalu bersihkan. Setelah itu lembabkan bibir dengan lip balm.

3. Memakai Bahan Alami

Cara tradisional untuk memerahkan bibir secara alami adalah menggunakan bahan-bahan yang biasa ditemukan di rumah. Seperti air perasan jeruk nipis, lemon, mentimun, minyak zaitun, gula pasir, madu asli, es batu, air mawar dan masih banyak lagi yang lainnya. Ini bisa anda coba untuk mengembalikan warna bibir dan dijamin aman tanpa efek samping negatif sama sekali.

Untuk mendapatkan bibir merah merekah sebenarnya sangatlah mudah, kita cuma perlu menghindari semua yang menjadi penyebab bibir hitam dan lakukan perawatan yang benar. Selain berfungsi untuk kecanitakn dari luar, tubuh juga akan ikut sehat dengan menerapkan gaya hidup sehat sehat tersebut.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*