Pengertian Pola Hidup Sehat Yang Baik Untuk Investasi Kesehatan Masa Depan

pengertian pola hidup sehat yang baik

Di dunia ini, siapa yang tak mendambakan memiliki tubuh yang sehat dan tak bermasalah dengan penyakit? Tak ada bukan. Kesehatan memang menjadi harta dan juga anugerah yang paling berharga yang harus disyukuri dan dijaga.

Bahkan banyak orang yang rela merogoh kocek jutaan rupiah untuk melakukan perawatan tubuh agar selalu sehat. Namun, sebenarnya untuk menjaga tubuh agar selalu sehat dan kebal terhadap berbagai penyakit, Anda dapat memulainya dengan kebiasaan sehari-hari secara rutin dan teratur. Kebiasaan tersebut sering dikenal dengan pola hidup sehat.

Nah, apa sih pengertian pola hidup sehat itu sendiri? Apa manfaat menerapkan pola hidup sehat untuk tubuh Anda? Dan bagaimana cara menerapkannya? Ulasan di bawah ini akan menjawab rasa penasaran Anda.

Pengertian Pola Hidup Sehat

Secara umum, pengertian pola hidup sehat dapat diartikan sebagai rangkaian aktivitas hidup atau gaya hidup yang mengutamakan kesehatan, baik kesehatan jasmani maupun rohani. Dan gaya hidup tersebut dimulai dari makanan, minuman, maupun perilaku sehari-hari yang rutin dilakukan.

Namun pada kenyataannya, pengertian pola hidup sehat sendiri memiliki artian yang sangat banyak dan juga luas. Nah, disini akan disajikan beberapa pengertian pola hidup sehat menurut beberapa sumber.

1. World Health Organization (WHO)

WHO menyebutkan bahwa pengertian pola hidup sehat adalah keadaan dimana segala sesuatu berjalan dengan normal sebagaimana mestinya dan sesuai fungsinya.

Keadaan sehat disini berarti kesehatan yang meliputi kesehatan jasmani, rohani, spiritual, dan juga kesejahteraan sosial.

2. UU Kesehatan No.23 Tahun 1992

Undang-undang kesehatan yang berasal dari Indonesia ini mengartikan pengertian pola hidup sehat sebagai suatu keadaan sejahtera dari badan, jiwa dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis.

Namun, ada juga sebagian masyarakat yang mengambil pemahaman bahwa sepanjang tubuh merasa bahagia dan baik-baik saja, maka itulah pengertian pola hidup sehat. Padahal pemahaman seperti itulah yang sebaiknya dihindari.

Hidup sehat adalah gaya hidup dengan memperhatikan berbagai pola makan, pola istirahat, maupun pola beraktivitas yang sesuai dengan standar kesehatan.

Jangan sampai Anda hanya mengutamakan kesehatan emosional namun melupakan kesehatan fisik yang juga berperan penting dalam melindungi tubuh. Segala sesuatunya harus seimbang dan tak boleh berlebihan. Itulah pola hidup yang baik.

Manfaat Menjalankan Pola Hidup Sehat

Jika Anda membiasakan tubuh dengan berbagai gaya hidup yang sehat dan baik, maka kebiasaan tersebut pasti akan memberikan timbal baliknya kepada tubuh. Apa saja manfaat menerapkan pola hidup sehat bagi kesehatan tubuh?

1. Melindungi Tubuh Dari Penyakit

Pola hidup sehat akan mengantarkan Anda menjadi seseorang yang memperhatikan segala aspek aktivitas dan kegiatan yang akan dilakukan. Baik itu pola makan, pola olahraga, gaya hidup, lingkungan sekitar, maupun hal-hal lainnya yang sangat berpengaruh terhadap kesehatan.

Dengan menerapkan pengertian pola hidup sehat yang baik dan benar, tentu tubuh akan semakin kuat dalam melawan radikal bebas maupun racun-racun yang merusak sistem kerja tubuh.

2. Meningkatkan Semangat Dalam Bekerja Dan Beraktivitas

Memiliki tubuh yang sehat tentu dapat meningkatkan tingkat kebugaran maupun kesegaran badan dalam melakukan berbagai aktivitas, tak terkecuali bekerja. Tubuh yang segar dan bugar biasanya dapat memberikan efek positif terhadap apa yang Anda lakukan sehari-hari.

Selain itu, tubuh yang sehat juga memicu otak untuk bekerja lebih maksimal sehingga dapat membantu Anda menyelesaikan tugas kantor maupun tugas lainnya dengan baik. Dengan pola hidup sehat, energi positif juga dapat Anda tularkan dengan rekan di sekitar sehingga lingkungan kerja lebih kondusif.

Pernahkah Anda bertanya, mengapa hari Anda terasa lelah dan tak menyenangkan? Sebenarnya itu adalah dampak dari pengertian pola hidup sehat yang tak dilakukan dengan baik.

Contohnya Anda tak mengonsumsi makanan bergizi maupun membiarkan tubuh bekerja di bawah tekanan. Hal tersebut tentu dapat menurunkan produktivitas organ dalam bekerja sehingga dampaknya timbul pada apa yang Anda rasakan.

3. Tidur Menjadi Lebih Berkualitas dan Memaksimalkan Penampilan

Jika Anda merasa tidur menjadi lebih nyenyak dan segar ketika bangun di pagi hari, itu artinya manfaat menerapkan pola hidup sehat telah Anda rasakan. Tidur yang berkualitas juga dapat membantu menjalani aktivitas dengan baik dan juga bersemangat.

Penampilan yang baik juga dapat diperoleh dengan menerapkan pengertian pola hidup sehat yang baik pula. Dengan menjaga pola makan, pola istirahat dan juga pola beraktivitas yang teratur bukan tak mungkin, Anda akan terhindar dari berbagai masalah penampilan seperti mata panda, kulit kusam, obesitas dan lain sebagainya. Hal itu tentu akan meningkatkan kepercayaan diri bukan?

Cara Menerapkan Pola Hidup Sehat Yang Benar

Anda kini telah memahami pengertian pola hidup sehat dan juga manfaatnya. Nah, langkah selanjutnya adalah menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari Anda. Apa saja dan bagaimana cara menerapkan pola hidup sehat yang menjadi tujuan semua orang? Check it out.

1. Atur Pola Makan sehat

Yaps. Langkah pertama ini perlu menjadi perhatian besar bagi Anda yang mendambakan tubuh sehat. Hampir sebagian besar penyakit dan racun yang ada di dalam tubuh memang dibawa dari makanan yang di konsumsi.

Hindari terlalu banyak makan makanan yang mengandung karbohidrat dan juga lemak tinggi. Terlebih makanan yang mengandung pengawet maupun pemanis buatan yang sangat memicu timbulnya sel-sel penyakit berbahaya. Konsumsilah banyak sayuran dan juga buah-buahan yang memiliki kandungan nutrisi dan serat yang tinggi.

Perbanyak minum air putih dan hindari konsumsi junk food, rokok, kafein terlebih alkohol. Hal-hal tersebut merupakan pemicu munculnya berbagai penyakit seperti jantung, kanker, hipertensi, penyakit hati dan bahkan yang paling berbahaya adalah dapat menyebabkan kematian. Mengerikan bukan?

2. Atur Pola Istirahat

Istirahat merupakan hal penting bagi tubuh yang harus tercukupi kebutuhannya. Menurut ahli kesehatan, tubuh manusia membutuhkan setidaknya 7 jam waktu istirahat dalam sehari.

Waktu istirahat tersebut akan digunakan oleh organ tubuh sebagai kesempatan untuk memperbaiki sel-sel yang rusak dan juga pembersihan organ. Waktu istirahat yang sangat baik untuk menjaga pola hidup sehat adalah mulai dari jam 21.00 hingga jam 05.00.

Istirahat tak hanya dilakukan dengan aktivitas tidur saja, namun Anda juga dapat melakukannya dengan bercengkerama bersama keluarga, menyalurkan hobi dan lain sebagainya. Dengan beristirahat, diharapkan segala tekanan maupun beban lain yang Anda rasakan, dapat menjadi hilang sehingga pikiran akan fresh kembali.

3. Atur Jadwal Olahraga

Pengertian pola hidup sehat juga mencakup aktivitas fisik. Olahraga adalah salah satunya. Untuk menjaga tubuh tetap sehat, Anda harus mengatur jadwal olahraga secara rutin. Tak perlu melakukan olahraga berat seperti fitness, Anda dapat melakukan olahraga dengan cara jogging, renang, maupun jenis olahraga ringan lainnya.

Cukup luangkan waktu selama kurang lebih selama satu jam. Dan lakukan olahraga rutin ini minimal dua kali dalam seminggu. Maka, tubuh pasti akan terasa lebih segar dan sehat kembali.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*