Menu Makanan Diet Sehat Yang Efektif Menurunkan Berat Badan

menu makanan diet sehat yang efektif menurunkan berat badan

Kebanyakan dari kaum wanita pasti menginginkan badan yang proporsional. Mulai dari ujung kaki sampai ujung kepala ingin terlihat sempurna dan cantik pastinya. Hal itu menjadi sebuah masalah bagi yang memiliki badan dengan ukuran yang besar. Pasti bagi Anda yang memiliki masalah tentang berat badan akan merasa kacau dan sampai ada yang stres.

Kebanyakan wanita akan melakukan segala cara untuk bisa mendapatkan bentuk badan yang proporsional. Ada yang melakukan diet ketat yang sampai tidak makan apapun, padahal hal tersebut malah akan membuat tubuh menjadi sakit. Kemudian ada juga yang melakukan cara yang instan yaitu dengan melakukan sedot lemak. Padahal sedot lemak ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan membuat orang yang melakukannya merasakan sakit.

Hal-hal tersebut dilakukan karena kurangnya pengetahuan para wanita tentang makanan diet sehat yang baik untuk dikonsumsi saat program diet. Oleh karena itu, perlulah Anda membaca mengenai ulasan berikut ini.

loading...

Menu Makanan Diet Sehat Sehari-Hari

1. Sayuran

Jenis makanan diet sehat yang pertama adalah sayuran. Sayuran memang memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. Sehingga dengan mengonsumsi sayuran maka akan membuat badan menjadi sehat. Selain itu, sayuran juga tidak memiliki lemak seperti daging sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi ketika program diet.

Ketika program diet sebaiknya pilihlah sayuran yang banyak mengandung serat dan vitamin sehingga akan membuat tubuh tetap segar. Anda dapat mengonsumsi sayuran ini dengan dua cara yaitu dengan langsung dimakan dalam keadaan mentah dan ada juga dengan cara dimasak terlebih dahulu seperti misalnya tomat. Tomat ini memiliki kandungan yang bernama lycopene yang mudah diserap ketika sudah dalam keadaan matang atau dimasak.

2. Buah-Buahan

Buah-buahan merupakan jenis makanan diet sehat selanjutnya yang baik untuk dikonsumsi. Karena buah memiliki kandungan seperti serat, vitamin dan juga mineral yang baik untuk kesehatan tubuh dan juga untuk melancarkan saluran pencernaan Anda. Buah-buahan ini bisa Anda konsumsi dengan berbagai cara.

Anda bisa mengonsumsinya dengan cara langsung, atau mungkin bagi Anda yang tidak begitu menyukai buah yang dimakan secara langsung, Anda bisa mengonsumsinya dengan dibuat sebagai jus atau salad buah. Dalam membuat salad bisa Anda mencampurnya dengan sayuran yang membuat makanan ini menjadi lebih optimal.

Jika Anda membuatnya sebagai jus maka sebaiknya jangan gunakan gula dalam jumlah besar karena hal tersebut dapat membuat kalorinya bertambah sehingga diet yang dilakukan dapat gagal.

3. Daging Yang Tidak Berlemak

Tubuh memang memerlukan protein untuk melengkapi asupan nutrisi. Sumber protein yang paling baik bisa didapatkan dengan mengonsumsi daging. Namun, memang protein hewani ini bisa berdampak buruk bagi tubuh terutama ketika sedang menjalankan program diet. Hal tersebut bisa terjadi karena banyaknya lemak pada daging yang ikut dikonsumsi.

Maka dari itu, sebaiknya untuk memenuhi asupan protein ketika diet, pilihlah daging yang tidak mengandung lemak. Sehingga asupan protein untuk tubuh terpenuhi, diet pun tetap lancar. Konsumsilah dalam jumlah yang secukupnya saja dan tidak berlebihan.

Selain itu, jangan olah daging dengan menggunakan minyak dan mentega karena hal tersebut akan menambah lemak jahat pada daging tersebut.  Makan daging tidak berlemak ini bisa menjadi makanan diet sehat yang disarankan.

4. Beras Merah

Nasi beras merah salah satu jenis makanan yang sangat ampuh untuk membantu menurunkan berat badan. Beras merah sangat kaya akan serat dan rendah kalori sehingga sangat cocok dikonsumsi sehari-hari saat sedang menjalankan progam diet menurunkan berat badan.

Namun rasa nasi beras merah sedikit pera dilidah dan tidak selezat rasa nasi putih. Oleh karena itu, Anda harus pintar memasak beras merah agar bisa pulen dan menggugah selera. Anda bisa mengolahnya menjadi aneka masakan seperti nasi goreng, nasi bakar dan disuguhkan dengan lauk pauk yang penuh gizi dan nutrisi.

5. Biji-Bijian Yang Utuh

Biji-bijian ini banyak mengandung zat-zat yang berguna bagi kesehatan tubuh seperti vitamin, serat dan juga protein. Sehingga biji-bijian ini bisa menjadi makanan diet sehat yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Jenis  biji-bijian yang baik untuk kesehatan dan juga cocok untuk diet adalah seperti gandum, kacang-kacangan dan juga jagung.

Sebaiknya dalam mengonsumsi biji-bijian tersebut jangan diolah dengan menggunakan minyak, mentega, garam, gula atau bahan lain yang akan menambah lemak. Hal itu dilakukan agar program diet yang Anda lakukan dapat berjalan lancar dan tetap terjaga dengan baik.

6. Oatmeal

Oatmeal ini merupakan jenis makanan yang memiliki banyak kandungan yang sangat bermanfaat. Kandungan tersebut seperti vitamin, mineral dan juga serat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan dan cocok untuk dikonsumsi oleh orang yang sedang dalam program diet. Oatmeal ini sangat cocok dikonsumsi pada pagi hari untuk mengisi perut kosong Anda namun tidak menimbulkan kegemukan.

Agar oatmeal ini bisa bermanfaat bagi untuk Anda yang sedang diet tanpa menambah kalori maka hindari penambahan gula ketika mengonsumsi oatmeal ini. Anda bisa menggantinya dengan mencampur oatmeal ini dengan buah-buahan atau susu yang rendah lemak. Sehingga diet Anda tetap terjaga dengan baik dan asupan nutrisi terpenuhi dengan baik. Jadi oatmeal ini bisa menjadi makanan diet sehat yang sangat dianjurkan.

7. Ikan

Sumber protein hewani bisa Anda dapatkan juga dari ikan. Banyak yang sudah mengetahui bahwa ikan memiliki banyak kandungan seperti protein, lemak, dan juga kandungan omega 3 yang sangat baik dan bermanfaat bagi tubuh. Namun, lemak yang terkandung dalam ikan ini bukanlah lemak jahat melainkan lemak baik yang sangat berguna bagi kesehatan dan juga bisa melawan dan memerangi lemak jahat dalam tubuh.

Namun, untuk mengoptimalkan manfaat dari kandungan ikan tersebut maka sebaiknya jangan mengolahnya dengan menggunakan minyak karena hal tersebut akan membuat lemak baik dalam ikan menjadi lemak jahat yang dapat menggangu kesehatan dan juga menggagalkan program diet Anda. Maka disarankan agar mengolahnya dengan cara lain seperti direbus, dipanggung atau dikukus sehingga ikan ini bisa menjadi makanan diet sehat.

Beberapa Jenis Diet Yang Ampuh Menurunkan Berat Badan

Sebenarnya program diet itu banyak jenis dan namanya. Hal itu dibedakan dari program diet dan juga makanan yang dikonsumsi. Berikut ini penjelasannya.

1. Diet Mayo

Diet mayo ini merupakan diet yang dilakukan dengan cara menghindari konsumsi garam dan juga makanan yang digoreng. Karena seperti yang diketahui bahwa garam dan juga minyak dapat menyebabkan kalori bertambah. Dalam diet ini disarankan mengonsumsi makanan diet sehat yang diimbangi olahraga yang cukup dan minum air putih yang dianjurkan yaitu sebanyak delapan gelas per hari.

2. Diet Vegan

Diet vegan dilakukan dengan tidak mengonsumsi makanan yang berasal dari hewan seperti daging, madu, yogurt, telur dan sebagainya. Jika melakukan diet ini maka dianjurkan untuk mengonsumsi jenis makanan diet sehat seperti sayuran, buah-buahan dan lain-lain yang intinya tidak berkaitan dengan hewan.

3. Diet Keto

Diet keto ini menggunakan lemak sebagai sumber energi. Karena hal tersebut diterjadi akibat dari diet ini yang tidak mengonsumsi makanan diet sehat yang tidak memiliki kandungan karbohidrat atau rendah karbohidrat. Sehingga efek yang ditimbulkan adalah gula dalam darah menjadi drop sehingga hal itulah yang membuat lemak dijadikan sebagai sumber energi sebagai pengganti karbohidrat. Diet ini cocok diterapkan oleh orang yang memiliki masalah obesitas.

4. Diet Paleo

Diet paleo meniru sistem pola makan orang-orang terdahulu yang banyak mengkonsumsi bahan makanan hasil dari alam. Seperti sayuran segar dan ikan segar. Proses memasaknya juga dengan cara tradisional yaitu dengan cara direbus, dikukus dan dibakar. Untuk jenis buah, Anda bisa memilih mengkonsumsi buah zaitun karena buah ini dinilai memiliki kandungan yang sangat menyehatkan badan.

Ketika Anda melakukan program diet sebaiknya pilihlah diet yang memang efektif tetapi juga tidak menyiksa diri. Untuk melakukan diet yang sehat sebaiknya konsumsi makanan diet sehat seperti sayuran, buah-buahan, oatmeal, biji-bijian dan makanan lain yang bermanfaat bagi tubuh. Selain itu, olahlah bahan makanan tersebut dengan benar karena jika pengolahannya salah, mau bahan tersebut sehat bisa menjadi tidak sehat dan menjadi gangguan untuk tubuh.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*