Menu Diet Nasi Merah Terbukti Ampuh Menurunkan Berat Badan

Cara menurunkan badan dengan beras merah merupakan salah satu cara atau tips yang paling di searching dalam dunia maya atau internet. Terutama oleh para pejuang diet sehat yang menginginkan bentuk tubuh yang ideal dan proporsional. Lalu apa benar menu diet nasi merah ini terbukti ampuh untuk menurunkan berat badan?

Beras merah memang identik dengan kaum papa atau menengah ke bawah. Karena nasi beras merah memiliki rasa yang kurang cocok di lidah, tidak pulen dan berasa pera. Tapi itu jaman dahulu kala, saat belum ada orang yang meneliti tentang kandungan dan keunggulan dari nasi beras merah.

Saat ini, nasi beras merah sudah berubah menjadi idola. Dan bahkan banyak kalangan papan atas yang sudah beralih dari mengkonsumsi nasi beras putih menjadi nasi beras merah. Ada apa gerangan kok mereka suka dengan beras merah? Padahal rasanya bisa dikatakan tidak enak dan kurang gurih bila dibandingkan dengan beras putih? Dan juga harga beras merah ini lebih mahal dari beras putih.

Nasi Beras Merah Vs Nasi Beras Putih

Beras merah merupakan salah satu jenis beras yang tinggi akan nutrisi karena proses produksi beras merah tidak melalui penggilingan atau pembuangan kulit. Inilah sebabnya mengapa beras merah kaya akan serat dan juga rendah kalori jika dibandingkan dengan beras putih.

Nasi beras merah sering dijadikan menu diet sehat karena kandungan seratnya sangat tinggi sehingga membuat pencernaan tidak mudah lapar dan merasa kenyang lebih lama bila dibandingkan mengkonsumsi beras putih. Dan yang tidak kalah penting adalah kandungan kalori dalam beras merah berjumlah sedikit sehingga membantu menurunkan berat badan dengan efektif.

Kandungan vitamin pada beras merah sangatlah banyak, seperti thiamine, niacin dan vitamin B6. Begitu juga dengan kandungan mineralnya yang beraneka ragam, seperti magnesium, kalsium dan fosfor. Mineral ini sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan ginjal dan tulang agar tidak keropos (osteoporosis).

Menu Diet Nasi Merah Untuk Menurunkan Berat Badan

menu diet nasi merah
Via https://www.pinterest.com

Rata-rata manusia berupaya agar memiliki berat badan yang ideal sesuai keinginannya dan memiliki tubuh yang atletis. Meskipun kadangkala yang dilakukan kurang sesuai dengan keinginannya. Perlu kita ketahui cara untuk menurunkan berat badan yang baik adalah dengan menjaga pola makan yang benar.

Terkadang orang salah persepsi tentang diet. Ada yang menjalani program diet dengan mengurangi porsi makan. Bahkan ada yang ekstrim dengan sama sekali tidak makan, hanya mengkonsumsi jus dan air putih saja. Ini adalah cara diet yang salah dan tidak baik bagi kesehatan. Dan bahkan bisa berujung pada sakit yang berakhir dengan kematian.

Salah satu cara sederhana untuk menurunkan berat badan dengan mudah yaitu cuma mengganti menu nasi putih yang biasa di konsumsi sehari-hari dengan mengonsumsi nasi merah. Selain itu, beras putih terlalu banyak mengandung gula dan tinggi kalori yang tidak baik bagi kesehatan tubuh. Berbeda dengan beras merah yang rendah kalori dan kaya akan serat yang berfungsi baik sebagai menu diet sehat.

nasi beras merah
Via https://www.matajurnal.com

Kita semua harus mengakui bahwasanya konsumsi masyarakat Indonesia yang paling utama adalah nasi putih. Maka dari itu, kita tak perlu extreme untuk tidak mengkonsumsi nasi agar bisa mendapatkan tubuh yang ideal. Akan tetapi kita juga harus mengerti cara untuk menyiasatinya dengan beralih dari mengkonsumsi beras putih menjadi beras merah karena beras merah itu jauh lebih menyehatkan ketimbang beras putih.

Beras merah juga memiliki indeks glikemik yang lebih rendah ketimbang nasi putih biasa. Tahukah Anda bahwasanya beras merah tidak melalui proses penggilingan atau pengelupasan kulit. Lapisan kulit inilah nantinya yang memiliki kandungan nilai gizi, nutrisi dan serat yang penting bagi kesehatan Anda. Hal ini sangat berbeda dengan nasi putih yang melalui proses penggilingan yang menyebabkan seratnya terbuang.

Alasan Kenapa Nasi Beras Merah Sangat Cocok Untuk Diet

menu diet beras merah
Via http://www.nutritiffood.com

Berikut ini ada beberapa alasan mengapa anda harus memperhatikan menu diet dengan nasi beras merah :

1. Membuat Kenyang Tahan Lama

Mengkonsumsi beras merah sangat dianjurkan apabila Anda yang ingin melakukan diet alami. Ini dikarenakan beras merah mengandung karbohidrat komplek yang bisa menambah energi lebih lama. Karbohidrat kompleks itu dikenal baik bagi kesehatan. Selain terdapat pada beras merah, karbohidrat kompleks juga terdapat pada gandum dan oatmeal, jadi Anda pun bisa mengkonsumsinya juga.

Selain itu kandungan serat dalam nasi beras merah juga sangat tinggi karena beras merah tidak melalui proses pengelupasan. Pencernaan dalam tubuh membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memproses beras merah sehingga kita akan merasakan kenyang yang lebih lama bila dibandingkan dengan nasi putih.

2. Baik Bagi Pencernaan

Sudah kita ketahui bersama bahwa makanan yang mengandung serat tinggi sangat cocok dijadikan menu diet menurunkan berat badan. Beras merah mempunyai kandungan serat 6 kali lebih tinggi daripada nasi putih. Berikut ini manfaat beras merah :

  • Melancarkan pencernaan
  • Mengurangi resiko kanker pada kolon
  • Mencegah timbunan plak kolesterol jahat
  • Mengendalikan insulin dan gula darah
  • Mengurangi resiko wasir dan iritasi pada usus
  • Nilai GI yang lebih rendah

3. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Tidak dipungkiri sistem imun yang baik juga mempengaruhi kualitas diet yang sedang Anda jalani. Dengan daya tubuh yang baik maka akan lebih mudah menjalani program diet. Kandungan dalam beras merah ini terdiri dari zat besi, mangan dan zinc.

Zat besi berguna dalam proses pembentukan sel darah merah yang membuat kita terhindar dari anemia. Zinc berfungsi untuk meningkatkan daya tubuh, sementara mangan berfungsi untuk mengaktifkan enzim penting dalam pembentukan tulang.

4. Memproduksi Sel-Sel DNA

Dengan diet yang baik dan benar serta bermanfaat bagi kesehatan, maka dipastikan program cara menurunkan berat badan anda menjadi lebih berkualitas. Anda tidak hanya mempunyai tubuh yang indah saja tetapi juga kesehatan yang prima.

Cara Memasak Nasi Beras Merah

tips memasak beras merah
Via https://mikadanriri.wordpress.com

Kandungan glukosa pada beras merah tidak sebanyak beras biasa, itulah yang menjadikan rasa nasi beras merah agak hambar, pera, tidak pulen dan kurang disukai oleh kebanyakan orang. Warna beras merah juga terlihat kusam sehingga kurang menarik untuk diolah menjadi nasi.

Namun pagi para pejuang diet, ini tentu tidak menjadi masalah. Berikut dibawah ini akan dijelaskan cara memasak beras merah supaya bisa menjadi menu diet yang menggugah selera.

  1. Cuci beras merah pada air yang mengalir hingga bersih dari kotoran
  2. Sebelum dimasak maka rendam terlebih dahulu dalam air bersih selama 30 menit
  3. Rebus beras merah pada air mendidih dan tunggu hingga airnya habis. Anda bisa menggunakan perbandingan 3 gelas air dan 1 gelas beras merah
  4. Setelah itu masukkan beras merah pada rice cooker dengan cara dikukus. Anda bisa menambahkan alas daun pisang dalam rice cooker.
  5. Tambahkan daun pandan dan daun salam masing-masing 1 lembar
  6. Aduk beras merah supaya tekstur rasanya lebih pulen
  7. Diamkan hingga nasi beras merah matang
  8. Hidangkan dalam keadaan hangat bersama lauk favorit
  9. Anda juga bisa memasak beras merah yang dicampur dengan beras putih supaya citarasanya lebih lezat dan nikmat. Yaitu dengan mencampur beras merah dan beras putih 1:1 atau 2:1.

Selain dimasak menjadi nasi, Anda juga bisa berkreasi mengolah beras merah menjadi aneka kue dan makanan lainnya. Caranya adalah dengan membuat tepung dari beras merah. Semua makanan yang berbahan dasar tepung maka bisa dibuat menggunakan tepung beras merah ini.

Lauk Yang Cocok Dimakan Dengan Beras Merah

Agar program diet dengan menu nasi merah ini bisa berjalan dengan lancar, maka Anda bisa mengkonsumsi beras merah dengan beberapa lauk dibawah ini :

1. Sayur Bening

sayur bening
Via https://food.detik.com

Siapkan beberapa sayuran untuk membuat sayur kuah bening. Diantaranya adalah bayam, brokoli, jagung muda, kangkung, tomat dan yang lainnya. Sayur bening ini sangat cocok dikonsumsi dengan beras merah. Selain itu, sayur bening ini memiliki nutrisi yang sangat lengkap karena memang terdiri dari campuran beberapa sayuran.

2. Ikan Bakar

ikan bakar
Via http://www.bearnakedfood.com

Jika Anda menyukai lauk ikan, maka sebaiknya jangan di goreng. Karena kandungan minyak tidak baik untuk kesehatan tubuh serta menyebabkan penumpukan lemak yang dapat mengganggu pada proses diet. Konsumsilah ikan dengan cara di bakar atau diasapi. Ikan bakar ini sangat lezat bila dimakan dengan nasi beras merah.

3. Telur Rebus

telur rebus
Via https://www.merdeka.com

Ubahlah kebiasaan menggoreng telur karena semua masakan yang digoreng tersebut tidak menyehatkan. Sebaiknya ada merebus telur tersebut karena dapat membantu memaksimalkan program diet sehat. Menu diet nasi merah dan telur rebus ini sangat ampuh menurunkan badan.

4. Lalapan Sayur

lalapan sayur
Via https://cookpad.com

Lalapan sayur ini sangat cocok dijadikan lauk pendamping nasi beras merah. Pada sayuran ini juga terdapat kalori yang juga masih dibutuhkan oleh tubuh untuk melakukan aktifitas sehari-hari.

5. Cabe Rawit

Ini tentu kabar gembira bagi Anda yang suka sambal atau makanan rasa pedas. Kandungan capsaicin dalam cabe merah atau cabe rawit mampu meningkatkan metabolisme dalam tubuh sehingga lemak dalam tubuh juga akan ikut terbakar. Anda bisa membuat olahan aneka sambal dengan cabe rawit dan dimakan dengan nasi merah.

6. Tahu Dan Tempe

tahu tempe
Via http://waspada.co.id

Kandungan protein pada tahu dan tempe sangat baik bagi kesehatan tubuh. Namun sebaiknya jika ingin menggoreng tahu dan tempe maka pakai minyak yang sedikit saja.

Aneka Minuman Jus Untuk Menurunkan Berat Badan

Untuk mendukung menu diet nasi merah tersebut, Anda juga bisa melanjutkan dengan mengkonsumsi minuman yang baik pula. Berikut ini beberapa minuman yang juga berguna untuk menurunkan berat badan. Anda patut mencobanya, antara lain:

1. Jus Jeruk

Kandungan vitamin C dalam buah jeruk juga terbukti ampuh untuk menurunkan berat badan. Menu diet nasi merah yang Anda konsumsi sangat pas jika diakhiri dengan mengkonsumsi jus jeruk sebagai minuman penutup.

2. Jus Apel

Buah apel memiliki kandungan serat yang cukup tinggi dan membuat kita merasakan kenyang lebih lama. Kandungan dalam jus buah apel juga berkhasiat untuk memperlancar pencernaan sehingga akan membersihkan lemak yang menumpuk dalam tubuh.

3. Jus Cranberry

Buah cranberry juga rendah kalori dan banyak mengandung serat pangan, vitamin C dan karbohidrat yang memiliki peran penting untuk menurunkan berat badan. Untuk membuat jus cranberry ini maka Anda bisa menambahkan madu didalamnya.

4. Jus Anggur Merah

Buah anggur merah sangat direkomendasikan oleh ahli kesehatan karena kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh dan juga berfungsi baik untuk menurunkan berat badan. Anda bisa mengolahnya menjadi minuman jus dan dikonsumsi setelah makan nasi merah.

5. Jus Tomat

Tomat memang sudah populer berkhasiat untuk menurunkan berat badan. Selain diolah menjadi minuman jus, Anda juga bisa mengkonsumsi buah tomat yang masih segar untuk membantu diet sehat.

Di samping itu, yang perlu diperhatikan dalam proses diet adalah menjaga gaya hidup sehat Anda. Termasuk di dalamnya melakukan aktivitas fisik, seperti berolahraga. Ini sangat penting dilakukan. Aktivitas fisik sendiri tidak perlu yang berat, cukup yang ringan namun secara rutin. Seperti jalan kaki cepat, renang, relaksasi dan lainnya.

Dengan cara-cara seperti ini maka bukan mustahil berat badan anda akan turun dan memiliki bentuk tubuh yang ideal serta tentunya kesehatan tubuh yang baik. Silahkan buktikan sendiri keampuhan menu diet nasi merah ini di rumah. Salam sukses.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*