Segudang Manfaat Vitamin C Bagi Kesehatan Tubuh Serta Sumbernya

manfaat vitamin c bagi kesehatan tubuh serta sumbernya

Untuk menjaga kesehatan tubuh, tentunya harus ditunjang dengan berbagai asupan gizi. Salah satu zat gizi yang dapat menjaga kesehatan tubuh adalah vitamin. Bahkan vitamin sendiri memiliki banyak jenisnya, seperti Vitamin A, B, C, D, E dan K.

Masing-masing vitamin tentunya memiliki manfaat tersendiri bagi tubuh. Seperti halnya manfaat vitamin C yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Untuk mendapatkan vitamin C yang berguna pada tubuh, tentunya sangat mudah, karena banyak bahan-bahan alami baik sayuran atau buah-buahan yang mengandung vitamin C.

Vitamin C memiliki peranan penting bagi kesehatan tubuh yang dapat berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas agar tubuh bisa terhidar dari ancaman beragam penyakit. Seperti melawan sel kanker, mencegah stroke, meminimalisir serangan jantung dan masih banyak lagi yang lainnya.

loading...

Khasiat Dan Manfaat Vitamin C Bagi Kesehatan

Apa saja manfaat vitamin C untuk tubuh? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini segudang manfaat vitamin C bagi tubuh.

1. Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Salah satu penyakit yang sering diderita oleh banyak orang adalah tekanan darah tinggi. Dan jika penyakit ini dibiarkan maka akan sangat vital karena bisa menyebabkan stroke yang berakibat pada kematian.

Sehingga untuk mencegah terjadinya penyakit tekanan dari tinggi maka konsumsilah vitamin C setiap hari secara rutin. Karena menurut sebuah penelitian, salah satu manfaat vitamin C bagi kesehatan adalah untuk mencegah darah tinggi. Seperti pepatah mengatakan lebih baik mencegah dari pada mengobati.

2. Menurunkan Resiko Terkena Serangan Jantung

Di Indonesia sendiri, banyak kematian yang disebabkan karena serangan jantung. Dan penyakit ini tidak mengenal usia. Bahkan orang yang terlihat sehat pun bisa terkena serangan jantung yang berujung pada kematian.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka rajinlah mengkonsumsi vitamin C, karena banyak pakar yang menyebutkan bahwa manfaat vitamin C salah satunya adalah untuk menurunkan resiko terkena serangan jantung. Sebab vitamin C dapat meningkatkan dan menyetabilkan pembuluh darah pada arteri.

3. Memperbaiki Sel Kulit

Perlu Anda ketahui bahwa vitamin C mengandung zat antioksidan yang dibutuhkan bagi kesehatan. Dimana antioksidan ini berfungsi untuk menangkal dan menghilangkan radikal bebas yang terdapat pada sel kulit.

Ketika melakukan aktivitas di luar ruangan tentunya banyak udara bebas yang mengandung racun menempel pada kulit, ditambah lagi dengan paparan sinar matahari yang mengenai kulit.

Sehingga untuk menghilangkan racun serta memperbaiki sel kulit yang disebabkan paparan sinar matahari, maka rajinlah mengkonsumsi Vitamin C. Karena salah satu manfaat vitamin C adalah untuk menjaga kesehatan kulit.

4. Melawan Sel Kanker

Kanker merupakan penyakit yang paling berbahaya, karena bisa membunuh setiap pengidapnya. Perlu Anda ketahui, salah satu manfaat vitamin C adalah untuk melawan penyakit kanker. Karena dalam vitamin C mengandung zat antitoksin, sehingga akan membantu untuk mencegah perkembangan sel kanker.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Tak hanya vitamin A saja yang bermanfaat untuk kesehatan mata, sebab salah satu manfaat vitamin C juga untuk kesehatan mata. Misalnya mencegah terjadinya beberapa penyakit mata seperti, rabun, katarak, tumor serta lainnya.

Baca Juga : Buah Yang Mengandung Vitamin A Untuk Kesehatan Mata

6. Mengurangi Komplikasi Pilek

Jika penyakit pilek diabaikan saja, maka bisa menyebabkan komplikasi yang akan menyebabkan terjadinya gangguan paru-paru. Manfaat vitamin C ini bukan hanya mengatasi pilek saja, namun juga mengatasi komplikasi yang disebabkan oleh pilek. Sehingga tak heran jika banyak yang menganjurkan agar mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C ketika sedang pilek.

7. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat vitamin C telah populer untuk menjaga kecantikan. Sehingga tak heran banyak produk kecantikan yang menggunakan vitamin C sebagai bahan dasar pembuatannya. Karena memang nutrisi yang terkandung dalam vitamin C sangat berguna bagi kulit.

Manfaat vitamin C bagi perawatan kecantikan, misalnya untuk wajah yaitu mencegah terjadinya keriput, menghilangkan flek hitam, menghilangkan bekas jerawat, mengatasi masalah jerawat, mencerahkan kulit wajah, melembabkan kulit wajah serta lainnya.

Jika Anda ingin mengaplikasikan manfaat vitamin C pada wajah, maka Anda bisa menggunakan berbagai jenis bahan alami yang mengandung vitamin C, dengan mengaplikasikannya menjadi masker wajah.

Artikel Terkait : Manfaat Masker Putih Telur Bagi Wajah Dan Cara Membuatnya

8. Mencegah Terjadinya Stroke

Salah satu manfaat vitamin C adalah untuk melancarkan perdaraan darah. Sehingga jika perdaraan darah Anda lancar, tidak akan mengalami penyumbatan darah yang bisa menyebabkan terjadinya penyakit stroke.

9. Mencegah Resiko Penyakit Kardio

Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa salah satu manfaat vitamin C bagi kesehatan adalah untuk mencegah terjadinya resiko penyakit kardio. Sehingga tak heran banyak pakar kesehatan yang menyarankan agar setiap harinya asupan vitamin C pada tubuh harus seimbang.

Sumber Vitamin C Paling Tinggi

Vitamin C atau asam askrobat banyak ditemukan di berbagai bahan alami, baik sayuran maupun buah-buahan. Sehingga untuk mendapatkan manfaat vitamin C sangat mudah dilakukan. Berapa bahan yang banyak mengandung vitamin C, yaitu:

1. Jeruk

Jika mendengar kata vitamin C tentunya akan langsung teringat dengan jeruk. Memang benar, salah satu kandungan yang terdapat dalam buah jeruk adalah vitamin C. Dengan kandungan vitamin C ini, maka jeruk sangat dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin setap hari. Salah satu manfaatnya adalah untuk mengatasi sariawan dan bibir pecah-pecah.

2. Brokoli

Salah satu jenis sayuran yang mengandung vitamin C adalah sayur brokoli. Kandungan vitamin C dalam brokoli berguna untuk mencegah penyakit kanker, gangguan lambung, serangan jantung serta berperan sebagai detoksifikasi bagi tubuh.

3. Kelengkeng

Tak heran jika buah kelengkeng memiliki harga yang mahal. Sebab buah kelengkeng tidak hanya enak saja, namun juga memiliki banyak manfaat. Salah satu kandungan dalam kelengkeng adalah vitamin C yang berfungsi untuk mencegah insomnia.

4. Kiwi

Tentunya Anda tak asing lagi dengan buah kiwi. Selain rasanya yang enak, manfaatnya pun banyak. Vitamin C yang terkandung dalam buah kiwi bermanfaat untuk mencegah serta mengobati berbagai macam penyakit seperti tekanan darah tinggi, serangan jantung, stroke serta penyakit berbahaya lainnya.

Bahkan buah kiwi juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, menjaga stamina tubuh, menjaga kekebalan tubuh serta lainnya. Perlu Anda ketahui, ibu hamil sangat dianjurkan mengkonsumsi buah kiwi setiap harinya.

5. Jambu Biji

Perlu Anda ketahui, bahwa kandungan vitamin C dalam jambu biji 2 kali lebih banyak dari pada jeruk. Dimana manfaat vitamin C yang terkandung dalam jambu biji yaitu untuk menurunkan berat badan, merawat kulit wajah, mencegah timbulnya jerawat serta menurunkan kadar kolesterol pada tubuh.

6. Tomat

Tomat merupakan sayuran yang mengandung kadar vitamin C sangat banyak. Dimana beberapa manfaat vitamin C dalam tomat yaitu untuk membantu menjaga kesehatan mata serta menghilangkan sel kanker yang bersarang di tubuh.

7. Cabai

Meskipun rasanya pedas, namun cabai juga memiliki kandungan vitamin C yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Manfaat vitamin C yang terkandung dalam cabai yaitu untuk menyembuhkan sariawan.

8. Strawberry

Meskipun terkadang rasanya sangat asam, namun ternyata kandungan vitamin C dalam strawberry tidak terlalu banyak. Sehingga dalam sehari dianjurkan minimal mengkonsumsi strawberry sebanyak 7 buah.

Manfaat vitamin C dalam buah strawberry yaitu untuk memutihkan gigi serta mengatasi sariawan. Dan untuk kecantikan, strawberry berkhasiat untuk mengatasi masalah jerawat dan komedo.

Dengan segudang manfaat vitamin C yang sangat berperan penting bagi kesehatan tubuh ini, sehingga sangat dianjurkan setiap harinya mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C. Dengan banyaknya serta mudahnya Anda menemukan bahan makanan yang mengandung vitamin C tersebut, tentunya akan memudahkan Anda dalam mendapatkan manfaat vitamin C.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*