Manfaat Vitamin B Kompleks Sangat Baik Untuk Otak Dan Kesehatan Tubuh

manfaat vitamin b kompleks

Pastinya Anda pernah mendengar vitamin B kompleks kan? Lalu sebenarnya apa sih manfaat vitamin B kompleks tersebut. Ini adalah kumpulan jenis vitamin B yang masing-masing memiliki keistimewaan khasiat.

Pada awalnya vitamin B ini diketahui dalam bentuk tunggal seperti vitamin A, vitamin E dan yang lainnya. Namun setelah dilakukan penelitian lebih lanjut, ternyata bentuk tunggal vitamin B ini terdiri dari beberapa unsur yang kesemuanya berjumlah 8.

Vitamin B kompleks ini terdiri dari Vitamin B1 (tiamin), Vitamin B2 (riboflavin), Vitamin B3 (niacin), Vitamin B5 (asam pantotenat), Vitamin B6 (pyroxidine), Vitamin B7 (biotin), Vitamin B9 (asam folat), Vitamin B12 (cyanocob).

Masing-masing vitamin B tersebut saling mengisi antara yang satu dengan yang lainnya, dan akhirnya menjadi sempurna menjadi vitamin B kompleks. Jika tubuh kekurangan salah satu dari vitamin B yang disebutkan diatas maka menyebabkan ketidakseimbangan.

Vitamin B kompleks termasuk jenis vitamin esensial, yang artinya tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri dan juga tidak bisa menyimpannya. Ini disebabkan karena sebagian besar vitamin B tersebut bersifat larut dalam air dan jika berlebihan mengkonsumsinya akan ikut terbuang bersama air urine.

Setiap harinya tubuh manusia sangat membutuhkan vitamin B ini, gunanya adalah merubahnya menjadi energi dalam menjalani aktifitas sehari-hari.

Ada berbagai makanan yang banyak mengandung vitamin B, seperti nasi putih atau gandum yang mengandung vitamin B1, jagung dan biji-bijian lainnya yang mengandung vitamin B6, kacang kedelai termasuk vitamin B2, olahan hewani seperti ayam, ikan, daging, susu yang mengandung vitamin B12 dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sumber Makanan Yang Mengandung Vitamin B Kompleks

1. Sayuran

Sumber vitamin B banyak sekali ditemukan pada sayuran, seperti jagung, bayam, sawi hijau, asparagus, sayur brokoli, daun seledri dan yang lainnya.

Tidaklah heran jika setiap hari kita sangat dianjurkan mengkonsumsi sayur-sayuran karena memang didalamnya terkandung vitamin B yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

2. Buah-Buahan

Ada banyak sekali buah-buahan yang kaya akan kandungan vitamin B kompleks, diantaranya adalah buah pisang, apel, blueberry, alpukat dan melon.

Untuk mendapatkan vitamin B ini Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung atau juga bisa dijadikan minuman jus agar lebih nikmat.

3. Makanan Hewani

Produk hewani juga menjadi sumber vitamin B kompleks yang sangat menyehatkan tubuh. Manfaatnya adalah untuk mensupply energi, memperbaiki sel otak, mencegah cacat mental dan memberi gizi bagi tubuh.

Diantara makanan hewani tersebut adalah daging sapi, telur, dada ayam, susu, ikan salmon dan ikan sarden.

4. Kacang-Kacangan

Jenis kacang-kacangan juga ditemukan vitamin B kompleks, seperti kacang kedelai, kacang tanah, kacang almont, kacang mente.

Jadi Anda sangat dianjurkan mengkonsumsi jenis kacang-kacangan ini agar asupan vitamin B komplek terpenuhi dengan baik.

Manfaat Vitamin B Kompleks Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Pada umumnya, kita lebih sering mengenal jenis vitamin A dan vitamin C yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Tapi jangan salah, vitamin B kompleks juga tidak kalah pentingnya dengan kedua vitamin tersebut. Lalu apa saja manfaat vitamin B bagi kesehatan tubuh kita?

Berikut beberapa peran vitamin B kompleks bagi tubuh manusia, diantaranya adalah :

1. Penghasil Energi

Setiap harinya tubuh akan melakukan aktifitas dari pagi hingga malam hari menjelang tidur, baik itu untuk bekerja, sekolah atau kegiatan lainnya.

Pastinya tubuh membutuhkan banyak energi agar semua aktifitas sehari-hari tersebut bisa berjalan dengan lancar.

Nah, salah satu bagian yang dapat memproduksi energi tersebut adalah vitamin B. Manfaat dari vitamin B kompleks disini adalah untuk mengatasi lelah dan lesu sehingga tubuh sanggup beraktifitas seharian.

Makanan yang masuk ke dalam tubuh dapat diubah menjadi glukosa sehingga dapat memberi energi bagi tubuh.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Yang Lemah Agar Kebal Penyakit

2. Memperkuat Sistem Saraf

Khasiat vitamin B kompleks yang berikutnya adalah untuk menunjang kesehatan sistem saraf di dalam tubuh. Ini diperoleh dari vitamin B5 yang berfungsi untuk memproduksi hormon dan zat yang sangat diperlukan oleh kelenjar adrenal.

Selain itu, vitamin B1, vitamin B6 dan vitamin B12 juga sangat penting bagi sistem saraf otak.

Vitamin B6 juga bermanfaat sebagai penghasil sel darah merah dan berfungsi untuk mencegah terkena penyakit anemia.

Dan juga manfaat vitamin B6 adalah untuk membantu tubuh menghasilkan hormon khusus di dalam otak yang biasa dikenal dengan sebutan neurotransmitter.

3. Menyehatkan Pencernaan

Untuk memperlancar sistem pencernaan maka dibutuhkan vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3 dan vitamin B6.

Manfaat vitamin B kompleks ini berfungsi untuk membantu menghancurkan lemak, protein dan karbohidrat yang terdapat di dalam tubuh.

Fungsinya adalah untuk melepaskan asam lambung dan menyerap vitamin yang lainnya. Jika tubuh kekurangan vitamin yang disebutkan diatas ini maka akan menyebabkan timbul gangguan pencernaan sebab tubuh kekurangan nutrisi yang sangat penting.

4. Mencegah Penyakit Anemia

Yang bertindak untuk mencegah penyakit anemia adalah vitamin B12 dan folat. Manfaat keduanya adalah untuk penyuplai karbon ke dalam sel darah merah.

Fungsinya adalah untuk mencegah agar tidak masuk ke dalam pembuluh darah kecil. Sebab jika itu terjadi maka dapat menyebabkan kerusakan sel pada dinding sehingga akan menimbulkan penyakit anemia.

Manfaat vitamin B12 dan folat disini sangat penting untuk mencegah penyakit anemia tersebut.

5. Kesehatan Ibu Hamil

Para ibu hamil juga sangat disarankan mengkonsumsi vitamin B9 (golat). Fungsinya adalah untuk menghindari penyakit anemia dan cacat lainnya pada bayi yang sedang berada dalam kandungan.

Dengan cukup mengkonsumsi vitamin B ini maka dapat meminimalisir cacat, kelainan struktural pada bayi sehingga kehamilan tidak akan mengalami gangguan.

6. Merawat Rambut Dan Kuku

Manfaat vitamin B kompleks yang berikutnya adalah untuk mereproduksi sel kulit tubuh yang mati serta sangat penting bagi DNA.

Selain itu, vitamin ini juga sangat baik untuk pertumbuhan rambut dan kuku. Vitamin B yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan rambut dan kuku adalah vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B9, vitamin B12 dan kolin.

Jika tubuh kekurangan vitamin tersebut maka kulit akan menjadi kering, rambut mudah rontok dan patah serta kuku menjadi pecah.

7. Mencegah Batu Ginjal

Jika Anda mengkonsumsi pyridoxine yang dicampur dengan magnesium maka dapat berfungsi untuk mengatasi pembentukan batu ginjal.

Cara kerjanya adalah dengan mengendalikan oksalat di dalam urine yang berperan dalam pembentukan batu pada ginjal.

8. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Di dalam tubuh manusia terdapat 2 macam kolesterol, yang pertama adalah kolesterol yang baik dan yang kedua adalah kolesterol jahat.

Untuk menurunkan kadar kolesterol jahat yang bersarang di dalam tubuh maka Anda harus mengkonsumsi vitamin B3 atau hiasin.

Selain berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat, vitamin B3 tersebut juga mampu meningkatkan kadar kolesterol yang baik bagi tubuh.

Dengan begitu maka tubuh akan terhindar dari penyakit yang mematikan yang selalu mengancam, seperti jantung, stroke dan darah tinggi.

Artikel Terkait : Waspada! Berikut Daftar Makanan Yang Mengandung Kolesterol Sangat Tinggi

Perhatian

Meskipun manfaat vitamin B kompleks ini sangat baik bagi kesehatan tubuh, jika Anda berlebihan mengkonsumsinya maka akan menimbulkan efek samping yang tidak baik, diantaranya adalah :

  • Jika tubuh mengkonsumsi vitamin B kompleks secara over dosis maka dapat menyebabkan gula darah tinggi, asam urat, penyakit jantung, komplikasi hati dan timbul masalah pada kulit.
  • Tubuh juga akan mengalami mual, muntah, timbul sakit maag dan terganggu penglihatan jika kelebihan vitamin B3.
  • Saat sedang menjalani kemoterapi maka sebaiknya jangan berlebih mengkonsumsi vitamin B9 karena dapat mengganggu proses pengobatan kemoterapi yang sedang Anda jalani.

Oleh karena itu, meskipun manfaat vitamin B kompleks sangat banyak bagi kesehatan tubuh, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter sebelum mengkonsumsinya.

Tanyakan dengan jelas dosis yang tepat agar kondisi tubuh menjadi semakin sehat, bukan malah sebaliknya.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*