Manfaat Tomat Untuk Kulit Wajah Sungguh Sangat Fantastis

Pastinya Anda sudah tidak asing lagi kan dengan tomat. Iya, sebab makanan yang satu ini memang sering dijadikan bumbu masakan di dapur.

Selain rasa yang enak, tomat memiliki peran penting untuk kesehatan kulit wajah kita. Bila Anda makan tomat setiap hari, bisa membantu menangkal radiasi matahari dan antioksidan alami.

Manfaat tomat untuk kulit wajah memang tidak diragukan lagi. Sering digunakan untuk masker wajah alami, sehingga bisa menghilangkan berbagai masalah di kulit.

Kandungan Di Dalam Tomat

Tomat mengandung berbagai nutrisi yang baik buat tubuh kita. Tomat berfungsi antioksidan alami yang mampu mendetoksifikasi semua racun di dalam tubuh, sehingga sistem metabolisme baik dan mempengaruhi kesehatan kulit.

Di dalam buah tomat mengandung vitamin E, vitamin C, betakaroten, mineral mangan, fitonutrien karotenoid dan masih banyak lainnya.

Kandungan lycopene di dalam tomat, berperan sebagai agen antioksidan yang mengatasi kerusakan kulit dari dalam. Kulit terlebih lebih lembab dan bersih.

Konsumsi tomat tidak hanya baik untuk kesehatan kulit wajah, tetapi bagus untuk kesehatan Anda, karena mampu mengendalikan kadar kolesterol serta menjaga kesehatan jantung.

Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Kulit Wajah

Kandungan nutrisi yang berlimpah, membuat tomat baik bagi kulit wajah, mampu melindungi kulit wajah dari berbagai gangguan.

Tomat dapat dijadikan perawatan alami yang murah meriah. Berikut ini manfaat buah tomat untuk kulit wajah yang harus diketahui.

1. Mengecilkan pori-pori

Masalah pori-pori besar memang sangat menjengkelkan. Bisa menyebabkan berbagai masalah kulit lain, seperti kulit berjerawat, berminyak dan kusam.

Pori-pori yang besar akan membuat kulit terlihat tidak halus. Oleh karena itu, Anda harus mengatasinya segera mungkin.

Gunakan tomat untuk mengecilkan pori-pori kulit. Campurkan jus tomat dengan air perasan jeruk nipis. Jus tomat tidak perlu ditambah gula atau bahan lainnya, cukup haluskan tomat dengan blender sampai halus.

Cucilah wajah dan tangan Anda terlebih dahulu, sebelum mengaplikasikan masker tomat jeruk nipis ke wajah.

Oleskan secara merata ke seluruh wajah. Kemudian diamkan selama 15 menit. Bilas wajah sampai bersih dengan air dingin. Lakukan perawatan ini minimal 3 kali dalam seminggu.

2. Mencegah jerawat

Manfaat tomat untuk kulit wajah selanjutnya adalah mencegah jerawat. Bagi pemilik wajah berminyak, kemungkinan muncul jerawat sangat tinggi.

Oleh karena itu harus rajin membersihkan wajah dan menggunakan masker tomat. Kandungan vitamin A dan vitamin C di dalam tomat, bisa membantu membunuh bakteri penyebab jerawat.

Selain itu, tomat bisa mengurangi peradangan jerawat dan mengempeskan jerawat. Caranya adalah :

  • Ambilah dua buah tomat yang sudah matang, kemudian haluskan
  • Tambahkan dua sendok makan madu, lalu aduk
  • Oleskan secara merata ke seluruh wajah
  • Diamkan selama 20 menit kemudian cuci bersih dengan air dingin

3. Mencerahkan kulit wajah

Memiliki kulit wajah kusam bisa mengganggu penampilan Anda. Membuat penampilan kurang menarik dan make up tidak bisa menempel sempurna. Oleh karena itu, Anda harus segera mengatasi kulit kusam dengan buah tomat.

Kandungan vitamin c di dalam buah tomat bisa membantu mencerahkan dan memutihkan kulit wajah, mengangkat sel kulit mati dan memproduksi sel baru yang lebih baik sehingga kulit tampak lebih cerah sehat alami.

4. Melindungi kulit dari sinar UV

Sinar ultra violet dari matahari sangat berbahaya, bisa menyebabkan kanker kulit dan ruam merah. Bila anda sering melakukan aktivitas di luar rumah, harus bisa melindungi kulit dengan baik.

Masker tomat menjadi cara ampuh untuk melindungi kulit dari sengatan sinar matahari. Antioksidan yang tinggi akan membantu kulit menangkal radikal bebas yang berbahaya.

5. Mengontrol kadar minyak di wajah

Produksi minyak berlebih akan menyebabkan berbagai masalah di wajah. Kulit mudah berjerawat, kusam dan make up mudah luntur.

Tentunya Anda tidak ingin hal ini terjadi kan? Untuk mengatasinya, gunakan masker tomat secara rutin setiap harinya.

Tomat mampu menyerap kelebihan minyak dan membuat kulit tetap normal. Anda bisa menghaluskan tomat atau mengirisnya tipis-tipis, kemudian tempel di wajah secara merata.

6. Menjaga kelembaban kulit

Tomat merupakan jenis buah yang mengandung air tinggi. Kandungan air dan vitaminya mampu melembabkan kulit. Penggunaan masker tomat secara rutin, akan membuat kulit lembab alami.

Pemilik kulit kering bisa mencoba treatment ini, sehingga kulit terasa lebih lembab. Untuk hasil lebih sempurna, dinginkan masker tomat terlebih dahulu sehingga ada sensasi cooling di kulit wajah.

7. Menghaluskan kulit

Tomat juga bisa membantu menghaluskan kulit. Tomat mampu menghilangkan sel kulit mati di wajah, sehingga kulit lebih halus.

Untuk menghaluskan kulit, jangan membuat masker tomat terlalu halus. Biarkan tersisa butiran, sehingga mampu mengangkat sel kulit mati.

Anda bisa menambahkan garam dapur atau gula, sebagai scrub alami menghaluskan kulit wajah.

8. Mengurangi flek hitam dan noda hitam di wajah

Manfaat tomat untuk kulit wajah memang banyak sekali, termasuk menghilangkan flek hitam dan noda hitam di wajah.

Noda hitam bisa disebabkan oleh luka, bekas jerawat atau kotoran di dalam tubuh. Noda hitam akan membuat kulit Anda terlihat tidak cerah dan warna kurang merata.

Untuk mengatasinya, gunakan masker tomat yang dicampur perasan jeruk nipis. Oleskan merata ke seluruh wajah, diamkan selama 20 menit. Bilas sampai bersih dengan air dingin.

Baca Juga : Cara Paling Ampuh Untuk Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat

9. Mengatasi mata panda

Terlalu sering begadang, akan membuat mata panda atau kantung mata. Kantung mata yang besar akan membuat penampilan kurang menarik, Anda terlihat lesu dan kurang bertenaga.

Menghilangkan mata panda bisa menggunakan jus tomat yang dibekukan. Buatlah jus tomat kemudian masukan ke kotak cetakan es batu.

Bekukan di lemari pendingin, kemudian gunakan untuk mengompres bagian bawah mata yang membengkak. Perawatan rutin setiap pagi, akan menghilangkan kantung mata lebih cepat.

10. Mengatasi peradangan kulit

Pemilik wajah sensitif lebih mudah terkena peradangan atau iritasi, bisa dikarenakan paparan sinar matahari, penggunaan produk tertentu dan lainnya.

Kulit akan muncul ruam merah karena iritasi. Daripada menggunakan bahan kimia, lebih baik menggunakan bahan alami yang aman.

Bekukan jus tomat, kemudian gunakan untuk mengompres bagian kulit yang mengalami peradangan. Dinginnya es batu dan nutrisi di dalam tomat, akan membuat kulit lebih rileks dan peradangan hilang.

Cara Menggunakan Masker Tomat Yang Benar

Masih banyak orang yang tidak bisa menggunakan masker tomat dengan benar. Akhirnya manfaat yang didapatkan tidak maksimal.

Saat membuat masker tomat, tidak perlu ditambah bahan lainnya. Cukup blender tomat tanpa ditambah gula atau air. Untuk mengecerkannya lebih baik gunakan susu segar.

Ini akan membuat masker tomat lebih berkhasiat di kulit. Tambahan bahan lain, seperti madu, lemon, minyak zaitun, oat dan lainnya untuk hasil sempurna.

Sebelum mengoleskan masker tomat ke kulit, bersihkan wajah dan tangan terlebih dahulu. Sehingga bebas dari bakteri dan tidak menyebabkan iritasi.

Oleskan masker merata ke seluruh wajah. Diamkan selama 20 menit. Kemudian bilas sampai bersih dengan air dingin. Dengan begitu manfaat tomat untuk kulit wajah bisa lebih efektif.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*