6 Manfaat Tanaman Purwoceng Yang Jarang Diketahui Orang

manfaat tanaman purwoceng yang jarang diketahui orang
loading...

Eksistensi purwoceng sebagai herbal yang mempunyai khasiat luar biasa memang sudah dikenal banyak orang selama beberapa tahun belakangan ini.

Terlebih mengingat banyaknya produk-produk siap konsumsi berbahan dasar porwoceng, sehingga konsumen pun tak perlu repot membuat ramuan.

Mereka tinggal membelinya di apotek atau toko jamu herbal terdekat, kemudian dinikmati dengan cara diseduh atau diminum dalam bentuk kapsul.

Nilai plus purwoceng  ini memang kerap diandalkan dalam pengobatan tradisional, terutama di kalangan para pria. Hal ini tidak lepas dari kegunaannya yang mampu mengembalikan keperkasaan dan tenaga dalam kehidupan bahtera rumah tangga.

Banyak orang sengaja menggunakan kapsul purwoceng maupun kopi purwoceng  mengingat khasiatnya yang mampu membangkitkan gelora pria serta lebih aman untuk dikonsumsi dalam jangka panjang.

Ciri-Ciri Tanaman Purwoceng

Purwoceng (Pimpinella pruatjan) yang dibekali dengan zat aprosidiak ini bisa dengan mudah dijumpai di daerah dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah.

Namun tumbuhan yang kaya akan segudang efek menguntungkan ini pertama kali ditemukan di Swiss dengan ketinggian 2000-3000 meter di atas permukaan laut, tepatnya di pegunungan Alpen. Di Indonesia, purwoceng dapat ditemukan di Pegunungan Lyang dan Gebangan Depok Gunung Tengger.

Kapsul purwoceng dikatakan sangat berkhasiat bagi kesehatan tentu bukan sembarang anggapan. Hal ini didasarkan pada sejumlah bahan kimia yang terkandung dalam purwoceng.

Sebut saja anisketone, asam kafeat, stigmasterol dan alkoloid serta flavonoia. Tak hanya itu saja, purwoceng juga didukung dengan takaran mineral dalam jumlah yang melimpah. Beberapa diantaranya adalah Fosfor (0,70%), Kalium (4,53%), Kalsium (1,90%), Sulfur (0,52%), Magnesium (0,27%) dan Seng (79,83% ppm).

Data-data di atas tentu semakin menambah keakuratan purwoceng sebagai ramuan tradisional yang sampai saat ini layak untuk dipertahankan.

Bahkan terus dilakukan penelitian mengenai purwoceng dan kegunaannya yang lain. Kepiawaannya dalam menangani masalah hubungan intim juga menjadikan tanaman yang satu ini dijuluki sebagai vi4gra van java.

Studi yang dilakukan oleh Institut Pertanian Bogor (IPB) pada tahun 2007 lalu menyebutkan bahwa semua bagian purwoceng  memiliki fungsi sebagai obat tradisional.

Namun bagian yang paling manjur terdapat pada akarnya. Badan Pengembangan Kehutanan juga membenarkan bahwa di dalam tanaman yang kini juga diolah menjadi kapsul purwoceng ini tersimpan sifat diuretika dan aprosidiak yang mampu menambah stamina.

Baca Juga : Manfaat Rumput Mutiara Bagi Kesehatan Tubuh

Beragam Manfaat Dari Tanaman Purwoceng

Nah, bagi Anda yang masih penasaran dengan manfaat purwoceng ini, berikut merupakan nilai plus pada tanaman dataran tinggi tersebut yang sayang sekali untuk Anda lewatkan begitu saja.

1. Menghangatkan Tubuh

Belum banyak orang yang tahu kalau purwoceng  juga punya kelebihan yang hampir serupa dengan jahe, yaitu mampu menghangatkan badan. Saat Anda berlibur ke dataran tinggi Dieng, Anda bisa dengan gampangnya menemukan purwoceng terpampang dengan rapi disana.

Jika selama ini tanaman purwoceng kondang lantaran mampu penambah stamina pria, bagi para wanita, Anda pun sebenarnya bisa membuktikan manfaatnya untuk menghangatkan badan.

Bukan jenis kapsul purwoceng, untuk diseduh menjadi minuman, umumnya akan digunakan kopi atau semacam teh kemudian dihidangkan selagi hangat. Purwoceng  juga handal mencegah masuk angin

2. Menambah Stamina Pria

Jika selama ini Anda dan pasangan masih disibukkan dengan masalah yang hampir diderita oleh banyak orang mengenai stamina yang tidak bergairah, tak ada salahnya Anda beralih pada ramuan yang satu ini ini.

Selain dibanderol dengan harga yang murah, Anda pun akan merasakan manfaatnya tanpa harus merogoh kocek berlebih. Namun Anda tentu harus mengetahui merk serta spesifikasi mengenai herbal purwoceng yang akan Anda beli.

Lebih baik lagi jika Anda mau berkonsultasi dengan apoteker atau mengeruk info yang lebih akurat mengenai tanaman yang satu ini. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mengatasi kesalahan info yang selama ini masing simpang siur di kalangan masyarakat.

Pahami juga seberapa banyak dosis yang harus Anda minum. Sebab tidak menutup kemungkinan meskipun diracik dari bahan yang alami dan berkualitas, di dalam tanaman herbal tetap terdapat zat kimia yang punya batas konsumsi dan mampu diterima oleh tubuh manusia.

3. Melancarkan Sistem Peredaran Darah

Penderita hipertensi mungkin bisa dikatakan sebagai orang dengan tingkat waspada yang sangat tinggi. Wajar saja, terlebih kalau menilik bahayanya yang bisa mengarah ke penyakit stroke. Batasan mengenai takaran makanan pun harus mereka terima.

Berbahagialah anda karena manfaat tanaman purwoceng mampu menjadi solusi bagi Anda yang selama ini diribetkan dengan darah tinggi.

Anda bisa mengkonsumsi herbal alami tersebut secara teratur. Pastikan Anda juga telah mengkomunikasikan hal ini dengan dokter.

Selain untuk menangkal kemungkinan buruk, Anda juga tak dapat mencampurkan dua metode pengobatan sekaligus, yaitu medis dengan tradisional. Kapsul purwoceng ini telah dibuat dengan praktis sehingga Anda bisa membawanya kemana-mana.

Baca Juga : Manfaat Daun Sambung Nyawa Bagi Kesehatan Tubuh

4. Antibakteri

Apa jadinya jika tanaman yang kerap dijuluki sebagai masternya peningkat stamina ini juga ditopang dengan kehebatan lainnya seperti mampu menumpas habis semua kuman yang merugikan tubuh?

Maka jangan ada keraguan dalam diri Anda untuk membiarkan kesempatan menikmati purwoceng  ini. Dengan begitu, Anda tak hanya piawai dalam hal membahagiakan pasangan saja namun juga pintar menjaga kesehatan tubuh.

Tanaman purwoceng juga berkhasiat dalam menghambat pertumbuhan sel tumor dan kanker. Hal ini tidak terlepas dari keberadaan zat antikanker yang tersemat di dalam tumbuhan khas Dieng ini.

Keampuhan lain yang terdapat di dalam purwoceng ini ialah mampu meluruhkan seni dan melancarkan saluran kemih.

5. Menghilangkan Rasa Capek

Siapa bilang jika relaksasi hanya bisa dilakukan dengan meminum teh? Buktinya purwoceng juga bisa mengatasi hal ini.

Tentu di samping kemampuan terhebatnya dalam meningkatkan performa pria di depan pasangannya, tak ada salahnya jika anda juga mengkonsumsi purwoceng ini untuk mengusir rasa capek dan pegal linu yang mendera tubuh tiba-tiba.

Dulu purwoceng biasa diolah dengan sendirinya oleh masyarakat setempat untuk menyembuhkan pegallinu selepas bekerja selama seharian penuh di ladang.

Kehebatan ini juga tidak terlepas dari zat analgetik yang terkandung di dalam purwoceng. Dimana zat tersebut mampu meredam rasa nyeri dan sakit.

6. Obat Cacing

Metode tradisional dengan purwoceng ini sudah tak asing lagi bagi sebagian besar orang. Terutama para ibu-ibu yang sengaja meracik ramuan khusus untuk mengeluarkan cacing-cacing yang ada di dalam tubuh anak-anak.

Tanaman purwoceng selain mampu dijadikan andalan bagi pria, juga menyimpan senyawa turunan seperti saponin, alkoloid, tanin dan senyawa lain yang berkhasiat dalam melancarkan peredaran darah.

Untuk cara pemakaiannya sendiri, Anda cukup merebusnya menjadi minuman teh dan dikonsumsi setelah makan. Jangan lupa untuk menyimpannya di tepat yang sejuk dan terhindar dari jangkauan panas sinar matahari secara langsung.

Bagaimana? Anda tertarik untuk membuktikan keampuhan yang dimiliki oleh tanaman herbal purwoceng ini?

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*