Sebelum Dikonsumsi, Ketahui 11 Manfaat Sayur Brokoli Bagi Kesehatan

manfaat sayur brokoli bagi kesehatan

Kesehatan merupakan nikmat yang tidak bisa tergantikan oleh apapun. Ya, semua orang pastinya menginginkan tubuh yang sehat agar semua aktivitas bisa dijalankan dengan lancar tanpa adanya penyakit bersarang dalam tubuh. Salah satu cara agar tubuh selalu sehat yakni dengan mengonsumsi sayur dan lauk pauk secara seimbang.

Sayuran mempunyai banyak manfaat yang beragam sesuai dengan jenisnya. Dan setiap sayuran juga mempunyai fungsinya masing-masing sesuai dengan kandungan nutrisi di dalamnya. Anda bisa mendapatkan nutrisi-nutrisi tersebut pada sayur brokoli.

Sayuran hijau yang satu ini mempunyai bentuk seperti kol dan rasanya tidak begitu sedap, sehingga banyak anak kecil yang tidak menyukainya. Namun, dibalik rasanya yang kurang disukai oleh anak-anak banyak sekali kandungan gizi yang terkandung didalamnya.

loading...

Manfaat Sayur Brokoli Bagi Kesehatan Tubuh

Berikut, beberapa manfaat sayur brokoli yang perlu Anda ketahui.

1. Mengontrol Kolesterol

Saat Anda mengonsumsi brokoli yang dimasak dengan cara direbus maka akan mempunyai efek yang baik untuk kesehatan jantung, sehingga dapat menghindarkan dari gejala penyakit jantung.

Bukan hanya itu saja, kandungan serat yang terdapat pada sayuran brokoli juga dapat mengatasi masalah adanya penumpukan kolesterol dalam tubuh. Dengan Anda rutin mengonsumsi brokoli, tentu akan membuat aliran darah menjadi lancar dan terhindar dari serangan penyakit jantung.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat sayur brokoli lainnya yaitu untuk mencegah penyakit macula dan katarak. Hal ini dikarenakan brokoli mengandung lutein karotenoid. Selain kandungan tersebut, sayuran yang satu ini juga mengandung vitamin A yang sejak dulu dikenal untuk menjaga kesehatan mata juga dapat mempertajam penglihatan.

Baca Juga : Buah Dan Makanan Yang Banyak Mengandung Vitamin A

3. Menjaga Sistem Pencernaan

Kandungan serat yang tinggi pada brokoli ternyata dapat membantu sistem pencernan untuk menjalankan fungsinya dengan baik. Perlu diketahui bahwa manfaat sayur brokoli juga dapat mencegah sembelit karena adanya kandungan serat yang baik.

Bukan hanya itu saja, brokoli juga mengandung sulforaphane yang berfungsi untuk meningkatkan produksi enzim pada organ hati. Enzim yang yang diproduksi tersebut dipengaruhi oleh sulfarophane yang mampu mengeluarkan zat penyebab gejala kanker. Bahkan sulfarophane juga bisa membantu mengurangi resiko adanya masalah di pencernaan seperti infeksi lambung atau maag.

4. Mengontrol Tekanan Darah

Dengan mengonsumsi brokoli Anda juga dapat membantu dalam menjaga tekanan darah. Hal ini dikarenakan brokoli juga mengandung magnesium dan kalium yang diketahui dapat mengontrol tekanan darah tinggi. Sehingga ketika Anda mengonsumsi sayuran hijau yang satu ini dengan rutin, maka dapat menjadikan tekanan darah Anda menjadi normal dan terhindar dari tekanan darah tinggi sebagai penyebab adanya penyakit kronis.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat sayur brokoli tidak hanya di bidang kesehatan saja, karena sayuran hijau ini bisa Anda manfaatkan untuk menjaga kesehatan kulit Anda. Ya, brokoli mengandung senyawa glucoraphanin yang dapat membantu kulit dalam memperbaiki sel kulit mati yang disebabkan oleh paparan sinar matahari maupun proses penuaan dini.

6. Mengurangi Berat Badan

Seperti diketahui bahwa kelebihan sayuran ini mempunyai banyak kandungan seratnya yang tinggi. Kandungan serat pada brokoli ini mampu membuat perut terasa kenyang lebih lama. Oleh karena itu, manfaat sayur brokoli ini juga bisa dijadikan sebagai salah satu jenis sayuran yang dapat membantu dalam proses diet maupun penurunan berat badan. Dan bagi Anda yang mengalami masalah berat badan, Anda bisa megkonsumsi sayuran hijau yang satu ini sebagai solusi yang tepat.

7. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Umumnya, sayuran hanya bermanfaat untuk kesehatan hanya seputar pencernaan atau kebugaran tubuh. Namun tahukah Anda bahwa ada manfaat sayur brokoli lain karena ternyata brokoli mengandung kalsium yang dapat menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Bukan hanya itu saja, bahkan pada brokoli juga terdapat vitamin K yang dapat mencegah terjadinya osteoporosis. Sehingga untuk Anda yang mengalami masalah pada tulang dan gigi, Anda bisa megonsumsi sayuran yang satu ini setiap hari agar permasalahan tersebut dapat teratasi.

8. Mencegah Kanker

Brokoli juga mengandung senyawa fitokimia yang bernama isothieocynate dan indole yang mempunyai sifat anti kanker. Sifat anti kanker yang dimiliki brokoli tersebut juga berfungsi untuk mencegah terjadinya masalah adanya kanker payud4ra, kanker ovarium dan kanker kandung kemih.

9. Mencegah Depresi

Depresi memang bisa dialami oleh siapa saja yang ditandai dengan perasaan yang tidak tenang pada penderitanya. Depresi  ini biasanya yang disebabkan adanya tekanan dan pikiran yang berat yang atau terlalu memendam perasaan yang teramat berat.

Banyak yang beranggapan bahwa orang yang menderita stres bisa dihilangkan dengan cara mengonsumsi cokelat. Namun tahukah Anda ternyata brokoli juga dapat berfungsi seperti cokelat karena brokoli juga mengandung vitamin B dan asam folat. Manfaat sayur brokoli akan kandungan vitamin B dan asam folat ini berfungsi untuk memperbaiki suasana hati dan mencegah depresi.

Bagi Anda yang mempunyai masalah tekanan batin, daya ingat buruk atau kelelahan akibat suasana hati yang tidak stabil, Anda  bisa mengatasinya dengan megonsumsi sayuran yang satu ini.

Baca Juga : Tips Cara Menghilangkan Stres Pikiran Dan Depresi

10. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Pada brokoli juga terdapat kandungan yang tidak kalah penting yang diperlukan oleh tubuh seperti vitamin C dan antioksidan. Manfaat sayur brokoli ini dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kedua kandungan tersebut mampu melawan infeksi serta melindungi tubuh dari serangan bakteri dan virus.

Selain dapat meningkatkan kekebalan tubuh, brokoli ternyata juga mempunyai kandungan lain yang bermanfaat untuk membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Kandungan yang yang membantu mengeluarkan racun tersebut bernama fitokimia, fitpnutrien dan termasuk juga sulfarophane. Dengan Anda rutin mengonsumsi sayuran hijau yang satu ini maka tubuh akan mempunyai ketahanan tubuh yang lebih baik. Sehingga hal ini pun dapat membantu dan memperkuat ketahanan fisik supaya tubuh tidak muda terjangkit penyakit.

11. Meningkatkan Kecerdasan Dan Menjaga Kesehatan Saraf Pusat

Jika Anda beranggapan bahwa hanya ikat laut saja yang mengandung omega 3 tinggi yang dapat meningkatkan kecerdasan, maka anggapan tersebut adalah salah. Karena, sayuran hijau ini juga dapat membantu meningkatkan kecerdasan sama halnya dengan ikan laut pada umumnya.

Manfaat sayur brokoli ini dikarenakan sayuran hijau ini mengandung kandungan asam lemak omega serta menstimulasi perkembangan otak. Anak yang megonsumsi omega 3 yang cukup dipercaya dapat membuat anak tersebut menjadi lebih cerdas.

Bukan hanya itu saja, bahkan brokoli juga mengandung kalium serta magnesium dalam kadar yang tinggi. Bila anak-anak banyak mengonsumsi brokoli ini maka dapat membangun otot otak. Bahkan tidak hanya itu saja, karena anak yang cukup mengonsumsi sayuran hijau ini maka kesehatan saraf pusat pun akan terjaga.

Tips Agar Kandungan Brokoli Tetap Terjaga

Supaya mendapatkan hasil yang optimal saat mengonsumsi brokoli ada beberapa hal yang harus di perhatikan. Diantaranya adalah :

  • Jangan memasak brokoli dengan cara dimasak menggunakan minyak goreng karena dapat menimbulkan kolesterol.
  • Usahakan agar tidak memasak brokoli terlalu lama. Merebusnya terlalu lama menjadikan kandungan pada brokoli menjadi terbuang.
  • Sebaiknya tidak terlalu lama menyimpan terlalu lama sayuran brokoli dalam kulkas. Usahakan segera olah brokoli setelah Anda membelinya.

Ternyata cukup banyak juga kan manfaat sayur brokoli untuk kesehatan. Jadi tunggu apa lagi? Mulai sekarang rutinlah mengkonsumsi sayuran yang satu ini ya. Semoga bermanfaat.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*