Beragam Manfaat Sari Cuka Apel Untuk Wajah Dan Cara Pembuatannya

manfaat sari cuka apel untuk wajah dan cara pembuatannya

Sudah banyak yang mengetahui bahwasanya manfaat sari cuka apel untuk wajah sangat beragam, baik untuk mengatasi masalah wajah maupun untuk menjaga kesehatan wajah. Namun apakah Anda tahu bagaimana cara pembuatan dari cuka sari apel?

Manfaat sari cuka apel untuk wajah yang sangat baik adalah sari cuka apel yang mentah, organik serta tanpa filter ataupun tidak dipasteurisasi. Dan cuka sari apel yang baik adalah cuka sari apel yang memiliki ampas di bagian dasar botolnya. Dimana ampas tersebut yang mengandung enzim, pektin, trace mineral serta bakteri baik yang akan bermanfaat untuk kesehatan kulit Anda.

Apa sebenarnya cuka sari apel itu? Sebenarnya, cuka sari apel telah digunakan berabad-abad lalu, dimana digunakan untuk keperluan rumah tangga dan memasak. Jenis cuka yang paling terkenal adalah cuka sari apel, karena memiliki banyak manfaat, dan cuka sari apel yang baik, adalah yang memiliki warna kuning pucat.

loading...

Manfaat Cuka Apel Untuk Kecantikan Wajah

Menurut pakar ilmiah, cuka sari apel memiliki sifat melawan penyakit yang memiliki kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. Bahkan penggunaan cuka sari apel, telah digunakan sejak dulu di dunia medis, yaitu untuk mengobati penyakit sakit gigi, keracunan, ketombe serta mengobati luka tentara pada Perang Dunia 1.

Di era yang semakin canggih ini, cuka sari apel tidak hanya digunakan untuk keperluan pengobatan saja, melainkan juga digunakan dalam bidang kecantikan, salah satunya adalah untuk menghilangkan noda kuning pada gigi. Pada intinya, manfaat sari cuka apel untuk wajah sangat banyak, sehingga tak heran jika banyak produk kecantikan yang menggunakan cuka sari apel sebagai bahan dasarnya.

Beberapa manfaat sari cuka apel untuk wajah yaitu sebagai berikut :

1. Menghilangkan Jerawat

Ketika Anda mencari cara menghilangkan jerawat secara alami, pasti akan muncul cuka sari apel. Hal itu memang benar salah satu manfaat sari cuka apel untuk wajah adalah untuk menghilangkan jerawat.

Kandungan asam alami pada cuka akan membantu untuk menghilangkan bakteri, kuman dan polusi yang menumpuk pada wajah. Jika permasalahan yang menyebabkan jerawat ini hilang, maka jerawat pun akan hilang dengan mudah

Tentunya Anda mengetahui artis Hollywood Hilary Duff, dimana ia menggunakan cuka sari apel dalam membersihkan wajah, bahkan ia juga menggunakan produk bermerk super mahal dengan bahan cuka sari apel.

Dalam pembuatan cuka sari apel, zat asam malat akan terbentuk dengan sendirinya yang berfungsi sebagai anti bakteri, anti jamur dan anti viral. Sehingga sifat dari cuka sari apel ini adalah sebagai anti septik yang akan membantu menghilangkan bakteri penyebab timbulnya jerawat.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat Dengan Cepat

2. Sebagai Anti Aging

Menurut Hippocrates, yang dianggap sebagai bapak kedokteran menyimpulkan bahwa cuka sari apel merupakan obat yang paling mujarab untuk menyembuhkan penyakit. Bahkan orang Paris telah sejak dulu menggunakan cuka sari apel sebagai penunjang awet muda.

Hal tersebut karena apel merupakan sumber flavonoid yang baik, fitokimia seperti kuersetin dan katekin serta karatenoid yang dapat mencegah penuaan dini. Banyak orang yang menggunakan cuka sari apel sebagai perawatan wajah.

Sebab banyak manfaat sari cuka apel untuk wajah seperti mencegah penuaan dini, menghilangkan garis halus di wajah, serta membersihkan wajah dari racun dan debu yang menempel.

3. Menghilangkan Bintik-Bintik Penuaan

Mencuci wajah secara rutin hanya akan menghilangkan debu yang terdapat diluar kulit wajah. Sehingga Anda membutuhkan bahan lainnya agar dapat menghilangkan kotoran yang ada di dalam pori-pori wajah.

Sebab jika banyak kotoran yang menumpuk pada pori-pori maka akan menyebabkan munculnya banyak permasalahan wajah, seperti timbul jerawat dan komedo membandel.

Dengan begitu maka gunakanlah cuka sari apel untuk mencuci wajah Anda secara rutin. Karena cuka sari apel mengandung asam hidroksi alfa yang akan membantu untuk mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pada pori-pori.

Lalu bagaimana cara memanfaatkan sari cuka apel untuk wajah dalam menghilangkan bintik-bintik penuaan? Gunakanlah cuka sari apel dengan mengoleskan pada wajah secara merata. Tunggu selama 20 sampai 30 menit, kemudian bilas menggunakan air bersih.

4. Menyeimbangkan pH Kulit Wajah

Tak hanya berguna untuk menghilangkan minyak berlebih, manfaat sari cuka apel untuk wajah lainnya adalah untuk menyeimbangkan pH. Jika pH wajah Anda terkontrol maka wajah Anda tidak akan terlalu berminyak atau kering. Sehingga kemungkinan muncul permasalahan wajah akan sangat minim sekali.

5. Menghilangkan Keriput Atau Garis Halus

Munculnya garis halus pada wajah tentunya akan membuat Anda kesal, karena Anda akan terlihat lebih tua. Namun jangan khawatir salah satu manfaat sari cuka apel untuk wajah adalah untuk menghilangkan keriput atau garis halus dalam wajah.

Caranya adalah dengan mencampurkan cuka sari apel dengan sedikit air serta dengan merendam kapas atau kain katun didalamnya. Kemudian oleskan kain atau kapas tersebut pada wajah, maka keriput atau garis halus pada wajah Anda akan segera hilang.

6. Mencegah Iritasi Pada Wajah

Keberadaan jerawat pada wajah biasanya akan membuat kulit wajah menjadi iritasi. Sehingga manfaat sari cuka apel untuk wajah bukan hanya untuk menghilangkan jerawat saja, namun juga bisa untuk mencegah iritasi pada wajah.

Kandungan asam ACV pada cuka sari apel akan membantu menghilangkan bakteri yang menyebabkan peradangan serta kemerahan pada kulit wajah. Apalagi dengan tingkat pH cuka sari apel yang rendah, tentu dapat digunakan untuk membantu mengurangi rasa gatal dan iritasi kulit.

7. Sebagai Detoxin Alami

Dalam menjalankan segala aktivitas tentunya wajah akan terkena polusi udara. Dimana dalam polusi udara tersebut terdapat banyak racun yang akan menempel pada kulit wajah. Kabar baiknya, salah satu manfaat sari cuka apel untuk wajah adalah untuk menghilangkan racun yang menempel pada kulit.

Bahkan cuka sari apel ini tak hanya dioleskan saja, namun juga bisa dikonsumsi. Sehingga juga akan membantu menghilangkan racun dari dalam tubuh.

Cara Menggunakan Sari Cuka Apel Untuk Masker Wajah

Dengan banyaknya manfaat sari cuka apel untuk wajah ini tentunya Anda harus menggunakan cuka sari apel sebagai perawatan alami. Lalu bagaimana cara mengaplikasikan cuka sari apel pada wajah? Simak penjelasan berikut ini:

Bahan-Bahan :

  • 1 sdt air mawar
  • ¼ sdt cuka sari apel
  • ¼ sdt jahe

Cara Pemakaian :

  • Campurkan bahan-bahan tersebut kemudian oleskan pada wajah hingga rata
  • Diamkan selama 20 hingga 30 menit
  • Kemudian bilas hingga bersih

Bila Anda sulit untuk mendapatkan campuran bahan-bahan tadi, maka Anda juga bisa hanya dengan menggunakan cuka sari apel saja.

Artikel Lain : Manfaat Minum Jus Apel Hijau Setiap Hari Bagi Tubuh

Cara Membuat Masker Dari Cuka Apel

Dibalik manfaat sari cuka apel untuk wajah, Anda juga bisa membuat cuka sari apel sendiri, yaitu dengan:

Alat Dan Bahan :

  • Buah apel
  • Gula pasir 1 sdm
  • Air
  • Toples kaca

Cara Membuat :

  • Kupas buah apel yang telah disediakan
  • Masukkan dalam toples hingga ¼ bagian toples
  • Campurkan air dan gula hingga larut, kemudian tuangkan pada toples hingga penuh.
  • Tutup toples tersebut menggunakan saringan kopi
  • Biarkan selama 2 minggu pada tempat gelap dan hangat
  • Setelah dua minggu kemudian saring cuka sari apel tersebut
  • Biarkan cuka sari apel yang telah disaring selama 3 minggu
  • Sari cuka apel sudah siap digunakan

Dengan membuat cuka sari pel sendiri tentunya Anda akan lebih merasakan manfaat sari cuka apel untuk wajah dengan biaya yang murah meriah.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*