Manfaat Rumput Mutiara Bagi Kesehatan Dan Cara Mengolahnya

manfaat rumput mutiara bagi kesehatan
loading...

Dinamakan rumput mutiara bukan berarti tanaman ini berkilauan dan bercahaya seperti mutiara. Mungkin nama tersebut diselaraskan dengan bunganya yang berwarna putih  seperti putihnya mutiara. Sebutan lain dari rumput mutiara ini adalah katepan, rumput siku dan bunga telor.

Nama latin rumput mutiara adalah Hedyostis Corymbosa L. Ini termasuk jenis tanaman liar yang banyak memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Rumput mutiara biasa tumbuh di tanah yang lembab, seperti di pekarangan rumah, dekat saluran air, pinggiran jalan dan di pinggir selokan. Bunga rumput mutiara berbentuk menyerupai payung mini dan berwarna putih. Buahnya berbentuk bulat dan terlihat pecah-pecah.

Ada beberapa jenis kandungan yang terdapat di dalam rumput mutiara, sepserti asam ursolat, flavonoid, asam ulenolat, beta-sitosterol, hentriacontane, glikosida, stigmasterol dan yang lainnya. Dalam dunia kesehatan, rumput mutiara sangat terkenal memiliki khasiat sebagai obat anti kanker dan melancarkan sirkulasi peredaran darah.

Tumbuhan yang termasuk dalam keluarga Rubiaceae ini sudah banyak diproduksi dalam bentuk kapsul, pil, serbuk dan ramuan cair. Sebab kedahsyatannya dalam pengobatan penyakit memang tidak perlu diragukan lagi.

Manfaat Rumput Mutiara Bagi Kesehatan

1. Menjaga kesehatan ginjal

Rumput mutiara memiliki sifat diuretik alami yang dapat melancarkan saluran kemih. Tentunya ini juga berdampak pada kesehatan ginjal, mencegah terjadinya penyakit kencing batu dan dapat menghancurkan batu empedu.

2. Detoksifikasi alami

Manfaat rumput mutiara juga memiliki kemampuan untuk membersihkan racun yang terdapat di dalam tubuh. Tentunya ini juga berpengaruh pada meningkatnya sistem imun tubuh seseorang sehingga tidak mudah terkena serangan penyakit.

3. Mengobati demam

Kandungan senyawa yang terdapat di dalam rumput mutiara juga bersifat anti piretik. Fungsinya adalah untuk menurunkan panas demam dan mendinginkan tenggorokan.

4. Mengobati hipertensi

Orang yang menderita tekanan darah tinggi juga dianjurkan untuk mengkonsumsi ramuan rumput mutiara. Selain dapat menurunkan tekanan darah tinggi, manfaat rumput mutiara adalah untuk melancarkan sirkulasi peredaran darah di dalam tubuh.

5. Mencegah hepatitis

Rumput mutiara juga memiliki kemampuan untuk meregenerasi sel hati yang telah rusak sehingga tubuh akan terhindar dari penyakit kuning atau hepatitis. Cukup dengan mengkonsumsi air rebusan rumput mutiara selama 3 sampai 4 minggu berturut-turut secara rutin dan teratur.

6. Mengatasi peradangan

Dengan sifat anti-inflamasinya, rumput mutiara dapat digunakan sebagai obat anti radang. Seperti radang usus buntu, radang tonsil (penyakit amandel), radang panggul dan yang lainnya.

7. Mengatasi kanker dan tumor

Manfaat yang paling menonjol dari rumput mutiara adalah sebagai herbal anti kanker. Ada banyak jenis kanker yang dapat diobati dengan rumput mutiara, seperti kanker payudara, kanker lambung, kanker rektum, dll.

8. Terapi pengobatan patah tulang dan keseleo

Cara memanfaatnya adalah dengan mengoleskan rumput mutiara yang telah ditumbuk halus pada bagian tubuh yang terkilir atau mengalami patah tulang.

9. Mengobati sakit tenggorokan

Faringitis atau sakit radang tenggorokan disebabkan karena adanya bakteri pada tenggorokan dan menyebabkan sakit ketika menelan makanan. Biasanya timbul gejala gatal. Untuk mengobati faringitis ini maka konsumsi daun mutiara secara rutin dan teratur.

10. Menyembuhkan amandel

Radang tonsil atau sakit amandel juga bisa diobati dengan rumput mutiara. Caranya adalah dengan merebus batang dan daun mutiara secukupnya dengan 2 gelas air dan sisakan 1 gelas saja. Konsumsi secara rutin setiap hari sampai amandel sembuh.

11. Mengatasi bronkitis

Penderita penyakit bronkitis akan mengalami peradangan pada bagian saluran pernafasan, yaitu pada organ paru-paru. Masalah pernafasan ini bisa diatasi dengan mengkonsumsi air rebusan daun rumput mutiara setiap hari.

12. Mengobati gondongan

Ini adalah suatu penyakit yang menyebabkan pembengkakan pada bagian bawah telinga. Pemicunya adalah karena kelenjar parotid terinfeksi virus. Zat yang terdapat di dalam rumput mutiara dapat mengatasi masalah gondongan ini.

13. Menyembuhkan penyakit paru-paru basah

Penderita paru-paru basah atau pneumonia akan mengalami pembengkakan pada kantong udara di saluran pernafasan paru-paru. Air rebusan rumput mutiara bisa difungsikan untuk mengatasi pembengkakan pada organ paru-paru tersebut.

14. Mengobati usus buntu

Cara mengatasi penyakit usus buntu ini adalah dengan merebus 50 gram batang dan daun rumput mutiara dengan 6 gelas air. Diamkan sampai mendidih dan air tersisa 2 gelas saja. Minum air rebusan rumput mutiara tersebut pada pagi hari dan malam hari masing-masing 1 gelas.

15. Mengobati luka

Bagi Anda yang mengalami luka atau borok yang tak kunjung sembuh, coba balurkan rumput mutiara yang sudah dihaluskan kepada luka tersebut. Infeksi luka akan cepat mengering berkat kandungan yang terdapat di dalam daun rumput mutiara.

16. Menyembuhkan luka karena air panas

Luka memar dan melepuh yang disebabkan siraman air panas dapat diobati dengan ramuan rumput mutiara. Caranya adalah dengan merebus daun rumput mutiara hingga mendidih mata. Nanti setelah air rebusan mendingin, gunakan untuk membasuh bagian tubuh yang terluka tersebut.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Bekas Luka Terkena Minyak Panas

Selain manfaat yang telah disebutkan diatas, sebenarnya khasiat rumput mutiara masih banyak lagi. Agar lebih simpel, akan kami rangkum di bawah ini.

  • Dapat mencegah terjadinya infeksi pada luka
  • Bersifat anti bakteri yang dapat membunuh virus dan kuman yang membahayakan tubuh
  • Dapat dijadikan bahan herbal pengobatan sakit malaria
  • Memiliki kemampuan untuk meregenerasi sel saraf yang telah rusak
  • Menyembuhkan luka gigitan ular dengan cara mengeluarkan racun atau bisa ular dari dalam tubuh
  • Dijadikan pengobatan luka memar akibat benturan benda tumpul
  • Mengatasi masalah penyumbatan saluran sperma
  • Mengatasi masalah keputihan abnormal pada wanita

Cara Mengolah Rumput Mutiara

Bagian rumput mutiara yang biasa digunakan sebagai obat kanker adalah bagian daun dan batangnya. Caranya adalah :

  • Ambil 50 gram daun dan batang rumput mutiara, kemudian cuci hingga bersih
  • Rebus dengan 5 gelas air sampai mendidih. Tunggu hingga benar-benar matang dan air tersisa 2 gelas saja
  • Minum 1 gelas di pagi hari dan 1 gelas di sore hari secara rutin dan teratur

Dan jika ingin digunakan sebagai pengobatan luar, seperti mengobati kulit terluka, maka Anda bisa menghaluskan rumput mutiara tersebut dan kemudian balurkan pada bagian kulit yang ingin diobati.

Jangan terlalu berlebihan mengkonsumsi air rebusan rumput mutiara karena dapat menyebabkan penurunan sel darah putih. Bagi yang masih pertama kali mengkonsumsi rumput mutiara maka biasanya mulut akan terasa kering. Oleh karena itu sebaiknya imbangi dengan asupanan makanan yang mengandung gizi dan nutrisi.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*