Beragam Manfaat Minyak Kemiri Bagi Kesehatan Pertumbuhan Rambut

manfaat minyak kemiri

Kacang kemiri merupakan salah satu rempah-rempah yang memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaat minyak kemiri adalah untuk membantu menebalkan rambut. Kemiri biasanya digunakan sebagai bumbu masakan oleh para masyarakat Indonesia dan Malaysia. Namun di daerah Jawa, kemiri digunakan sebagai salah satu bahan dasar pembuatan saus kacang.

Sementara di daerah Hawai, minyak kemiri digunakan sebagai bahan bakar utama untuk menyalakan listrik. Saat ini perkebunan pohon kemiri umumnya digunakan untuk memasok industri minyak kemiri. Setiap pohon kemiri setidaknya menghasilkan 30-80 kilo gram kemiri, yang dapat diolah untuk menghasilkan minyak kemiri.

Kemiri mentah yang baru dipanen dari pohonnya dan belum diolah dapat menghasilkan saponin dan phorbol yang mengandung racun. Sebaliknya, jika kemiri sudah diolah dengan berbagai cara akan menghasilkan minyak kemiri yang kaya akan manfaat. Minyak kemiri jika sudah dimasukan ke dalam botol dan diedarkan di pasaran akan bertahan selama 6-8 bulan.

Kandungan Yang Terdapat Dalam Minyak Kemiri

Pada bidang perindustrian, minyak kemiri biasanya digunakan sebagai bahan bakar mesin diesel. Minyak kemiri juga bisa digunakan sebagai pengawet kayu atau vernis, campuran cat, bahan penghambat panas, hingga pengganti karet. Sementara di Hawai minyak kemiri biasanya digunakan sebagai bahan bakar lampu minyak.

Bahan-bahan yang terkandung dalam minyak kemiri antara lain:

  • Asam oleostearat
  • Asam linoleat
  • Vitamin B1
  • Asam minyak
  • Miristat
  • Palmitat
  • Protein
  • Asam stearat
  • Zat lemak

Beragam Manfaat Minyak Kemiri Bagi Kesehatan Rambut

Selain bermanfaat sebagai bahan bakar dan rempah-rempah, minyak kemiri juga bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Inilah berbagai manfaat minyak kemiri bagi kesehatan dan kecantikan pada rambut.

1. Menyuburkan rambut anak-anak dan orang dewasa

Pertumbuhan rambut biasanya dimulai sejak bayi. Para orang tua selalu memperhatikan pertumbuhan rambut pada anak-anaknya. Misalnya rambut yang tumbuh apakah tipis atau tidak, apakah rambut yang tumbuh berwarna pirang atau tidak. Jika rambut anak tersebut berwarna pirang serta tipis, biasanya para orang tua akan menggunakan minyak kemiri.

Solusi yang tepat adalah dengan cara mengoleskan secara rutin minyak kemiri pada kepala si anak. Kemudian lihat perubahan yang terjadi pada rambut si anak tersebut. Manfaat minyak kemiri ini dapat menebalkan serta melebatkan rambut dari usia balita, remaja hingga dewasa.

2. Mencegah kerontokan rambut

Manfaat minyak kemiri selain untuk menyuburkan akar rambut yang sudah mati, bisa juga untuk menyuburkan akar rambut yang masih hidup. Hal ini dapat mencegah kerontokan rambut pada usia dini. Banyak orang yang menggunakan produk kecantikan rambut seperti mewarnai rambut.

Mewarnai rambut dapat menimbulkan kerontokan pada rambut. Akan tetapi minyak kemiri dapat mengatasi masalah kerontokan akibat terlalu sering mewarnai rambut. Sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk mewarnai rambut, karena minyak kemiri bisa mencegah kerontokan rambut dengan cara terus menutrisi sampai ke akar rambut.

Artikel Terkait : Penyebab Rambut Rontok Pada Pria Di Usia Muda Dan Cara Pencegahannya

3. Menumbuhkan rambut yang telah botak

Rambut yang telah botak merupakan salah satu keadaan yang disebabkan oleh akar rambut yang mati. Sehingga rambut tersebut tidak dapat tumbuh seperti layaknya rambut yang memiliki akar yang masih hidup. Menggunakan minyak kemiri merupakan salah satu solusi yang tepat untuk mengatasi masalah ini.

Cara menggunakan minyak kemiri cukup dengan mengoleskan minyak kemiri pada permukaan kepala yang botak secara rutin dan teratur, dalam hitungan minggu akar rambut yang sudah mati dapat hidup kembali. Sebab minyak kemiri memiliki nutrisi yang cukup untuk akar rambut sehingga dapat menumbuhkan rambut kembali.

4. Mencegah munculnya masalah ketombe

Ketombe adalah satu dari banyak masalah kulit kepala yang disebabkan atau dipicu oleh adanya jamur yang ada pada bagian kulit kepala. Aktivitas Anda akan sangat terganggu akibat adanya ketombe pada kulit kepala.

Ketombe akan membuat Anda kurang percaya diri dalam melakukan segala aktivitas yang Anda lakukan. Kulit kepala Anda akan terasa gatal dan tidak nyaman akibat adanya ketombe.

Kandungan anti jamur yang dimiliki oleh minyak kemiri bisa mencegah timbulnya ketombe pada kulit kepala Anda. Cara menggunakannya hanya dengan mengoleskan minyak kemiri pada kulit kepala secara merata.

5. Minyak kemiri dapat menghilangkan kutu pada rambut

Minyak kemiri mengandung miristat yang bisa menghilangkan kutu pada rambut. Miristat yang terkandung dalam minyak kemiri fungsinya sama dengan obat penghilang kutu pada umumnya. Sehingga jika Anda menggunakan minyak kemiri secara rutin, kutu yang berada pada rambut Anda akan hilang.

Bekas luka yang disebabkan oleh kutu rambut bisa hilang secara perlahan dengan diolesi minyak kemiri. Manfaat minyak kemiri sangat bagus untuk menjaga kesehatan dan kebersihan rambut Anda. Setelah menggunakan minyak kemiri, rambut Anda akan bersih dan sehat kembali.

6. Menghitamkan rambut secara alami

Bukan hanya menghitamkan rambut yang sudah beruban saja, minyak kemiri juga dapat menghitamkan rambut secara alami. Jika Anda memiliki rambut yang berwarna pirang, oleskan minyak kemiri pada rambut. Setelah berkali kali menggunakannya secara rutin kemudian lihat perubahannya.

7. Melembutkan rambut yang sudah mengering

Salah satu faktor yang dapat membuat rambut Anda kering yaitu karena terlalu sering menggunakan pewarna rambut atau terlalu sering mengeritingkan dan meluruskan rambut. Rambut yang kering dapat mengakibatkan rambut susah diatur dan berantakan. Sehingga Anda akan tidak percaya diri jika berpergian dengan kondisi rambut kering.

Minyak kemiri dapat mengatasi hal tersebut. Dengan menggunakan minyak kemiri secara rutin dan teratur, rambut Anda tidak akan kering. Setelah menggunakan minyak kemiri, rambut yang semula kering dan susah diatur akan menjadi halus, lembut dan mudah diatur serta rambut Anda tidak akan mudah kusut.

8. Membantu dalam proses meluruskan rambut kepala secara alami

Jika Anda ingin memiliki rambut lurus alami, gunakanlah minyak kemiri setiap habis keramas secara rutin. Cara ini biasanya digunakan oleh orang-orang yang ingin memiliki rambut lurus namun, tidak mau meluruskan rambut dengan menggunakan alat-alat yang dapat membuat kerusakan pada rambut.

Meluruskan rambut dengan menggunakan minyak kemiri ini terbukti sangat efektif. Cara untuk mengoleskan minyak kemiri ini, harus dioleskan pada rambut yang baru selesai keramas atau setelah keramas. Oleskan secara merata pada rambut Anda kemudian lihat hasilnya setelah menggunakan minyak kemiri tersebut.

9. Minyak kemiri dapat menutrisi kulit kepala agar sehat dan terawat

Kulit kepala sama seperti anggota bagian tubuh lainnya yang memerlukan vitamin untuk menutrisinya. Seperti yang telah Anda ketahui bahwa minyak kemiri mengandung vitamin B1 yang sangat dibutuhkan untuk menutrisi kulit kepala.

Penggunaan minyak kemiri adalah salah satu cara untuk memenuhi asupan nutrisi yang cukup untuk merawat rambut dan kulit kepala Anda. Minyak kemiri memiliki banyak kandungan vitamin yang sangat diperlukan oleh tubuh terutama untuk menutrisi kulit kepala.

Baca Juga : Cara Mengobati Penyakit Psoriasis Pada Kulit Kepala Secara Alami

Berbagai manfaat minyak kemiri bagi kesehatan rambut yang telah tertulis diatas semoga bermanfaat untuk Anda yang memiliki banyak masalah pada kulit kepala dan rambut. Selamat mencoba menggunakan minyak kemiri.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*