Manfaat Minum Teh Hijau Sebelum Tidur, Rahasia Awet Muda Para Wanita

manfaat minum teh hijau sebelum tidur

Green tea atau teh hijau merupakan salah satu jenis minuman yang sangat disukai oleh banyak orang. Selain rasanya yang lezat dan nikmat, minuman teh hijau ini juga memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Iya, teh hijau ini memang sudah lama dikenal oleh masyarakat akan manfaatnya yang luar biasa. Banyak para pakar kesehatan yang menganjurkan minum teh hijau setiap hari.

Dan ternyata, pemilihan waktu yang tepat mengonsumsi teh hijau sangat baik bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Salah satu waktu yang tepat untuk minum teh hijau adalah pada malam hari menjelang tidur.

Dalam teh hijau terdapat beberapa kandungan vitamin dan gizi. Diantaranya adalah polifenol, antioksidan, asam amino, enzim, vitamin B, kalium, kafein, foliat, magnesium dan mangan.

Agar khasiatnya bisa maksimal, pilihlah waktu yang tepat untuk mengonsumsi teh hijau. Anda bisa menyesuaikan dengan waktu yang cocok sesuai kebutuhan. Biar gak bingung, yuk baca artikel ini hingga tuntas.

Manfaat Minum Teh Hijau Pada Malam Hari Sebelum Tidur

Kebanyakan orang lebih memilih waktu pagi hari untuk menikmati secangkir teh hijau. Namun tahukah Anda akan manfaat minum teh hijau jika diminum malam hari sebelum tidur?

Berikut beberapa khasiat dan manfaat teh hijau bagi kesehatan saat diminum pada malam hari menjelang tidur. Diantaranya adalah :

1. Tubuh menjadi rileks

Salah satu manfaat minum teh hijau sebelum tidur adalah dapat menjadikan tubuh menjadi lebih segar dan rileks. Sangat cocok untuk Anda yang merasa lelah karena seharian disibukkan oleh aktifitas yang padat.

Teh hijau mengandung L-theanine dan asam amino yang menjadikan otak lebih tenang sehingga waktu istirahat pun akan semakin berkualitas.

2. Menurunkan berat badan

Minum teh hijau menjelang tidur juga dapat memaksimalkan proses pembakaran lemak di dalam tubuh.

Saat Anda sedang menjalankan program diet sehat, maka minuman kaya manfaat yang satu ini wajib dicoba. Lakukan secara rutin agar hasil yang didapatkan bisa maksimal.

3. Antioksidan alami

Salah satu kandungan dalam teh hijau yang memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh adalah antioksidan yang berupa catechin.

Fungsi dari senyawa ini adalah untuk membunuh kuman dan bakteri sehingga tubuh terbebas dari radikal bebas.

4. Menjaga kadar kolesterol

Jika Anda ingin menstabilkan kadar kolesterol yang berada di dalam tubuh maka minumlah teh hijau tanpa gula atau susu. Ini berfungsi untuk meningkatkan kolesterol baik dan juga membuang kolesterol yang jahat.

5. Meningkatkan sistem metabolisme tubuh

Agar tidur Anda bisa nyenyak dan berkualitas maka konsumsilah minuman teh hijau sebelum tidur. Ini juga berfungsi untuk memperlancar sistem metabolisme supaya tubuh bisa kebal terhadap serangan penyakit.

6. Mencegah flu dan batuk

Jika catechin berfungsi sebagai antioksidan, kandungan polifenol pada teh hijau berkhasiat untuk membentengi tubuh dari serangan virus yang berbahaya.

Tentunya salah satu virus yang sering mengintai tubuh adalah virus flu batu. Manfaat minum teh hijau sebelum tidur ini dapat mengurangi resiko terkena batuk dan flu.

7. Melancarkan pencernaan

Saat malam hari setelah mengkonsumsi teh hijau, tubuh akan merangsang untuk memaksimalkan kerja usus. Sehingga pada pagi hari semua limbah dalam usus akan terbuang.

Tentunya ini akan menyehatkan sistem pencernaan dan tubuh pun akan semakin sehat tanpa mengalami keluhan apapun.

8. Meningkatkan kerja otak

Ada sebuah penelitian yang membuktikan bahwa manfaat minum teh hijau sebelum tidur malam dapat memaksimalkan fungsi otak kognitif.

Ini tentu terkait dengan kecerdasan seseorang. Jadi jika Anda ingin tambah pintar dan cerdas, maka konsumsilah teh hijau secara rutin setiap malam hari menjelang tidur.

9. Mengurangi resiko kanker

Dalam teh hijau juga terdapat senyawa yang dapat melawan radikal bebas. Jika Anda rajin mengkonsumsi teh hijau maka itu dapat menghambat atau bahkan membunuh sel kanker.

Beberapa penyakit kanker yang dapat dicegah dengan minuman herbal teh hijau adalah kanker usus besar, kanker kolorektal, kanker prostat dan yang lainnya.

Kapan Waktu Terbaik Minum Teh Hijau?

Sebenarnya teh hijau ini sangat identik dengan diet sehat. Banyak orang yang percaya bahwasanya teh hijau adalah minuman herbal untuk menurunkan berat badan.

Tapi yang wajib Anda ketahui adalah kapan waktu yang tepat untuk minum teh hijau ini. Jika cara minum dan waktunya salah maka hasilnya tidak akan optimal.

Selain dapat dikonsumsi pada malam hari sebelum tidur, berikut beberapa waktu yang tepat untuk mengkonsumsi teh hijau dalam setiap harinya.

1. Sesudah sarapan

Selain diminum pada malam hari, teh hijau juga sangat disarankan di konsumsi pada pagi hari sesudah sarapan. Ingat, jangan minum saat keadaan perut sedang kosong karena dapat memicu asam lambung.

Kalau minum teh hijau saat perut sedang kosong juga dapat menyebabkan dehidrasi. Jadi minumlah teh hijau di pagi hari 1 jam setelah sarapan.

2. Sebelum dan sesudah makan

Anda bisa minum teh hijau sesaat sebelum makan atau sesudah makan, tapi pastikan waktunya berselisih 1 jam dari waktu makan tersebut.

Kalau langsung minum teh hijau sesudah makan maka bisa menghambat proses penyerapan nutrisi pada makanan yang dikonsumsi waktu makan tadi.

3. Sepanjang hari

Anda juga diperbolehkan minum teh hijau sedikit demi sedikit dalam waktu seharian. Ini berfungsi untuk membuang racun jahat di dalam tubuh.

Tubuh memerlukan waktu untuk memproses kandungan yang berada di dalam teh hijau. Oleh karenanya disarankan diminum sedikit demi sedikit agar tubuh mudah memprosesnya.

Anda bisa menyeduh teh hijau pada pagi hari, biarkan dingin, lalu masukkan dalam botol untuk dibawa beraktifitas sepanjang hari.

Silahkan pilih salah satu waktu diatas, bisa pagi hari, malam hari atau sepanjang hari. Yang terpenting jangan berlebihan. Semuanya akan memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Bagi Anda yang sedang mengalami penyakit tertentu dan ingin minum teh hijau, maka sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter tentang boleh tidaknya minum teh hijau ini.

Manfaat Dan Cara Minum Teh Hijau Untuk Diet

Teh hijau khasiatnya hampir sama dengan kopi hijau, yaitu dapat menurunkan berat badan dengan alami. Tapi yang perlu Anda ketahui adalah tentang cara meminumnya agar keampuhannya bisa terbukti.

Berikut beberapa tips dan cara minum teh hijau untuk menurunkan berat badan, yaitu :

  • Agar program diet sehat menggunakan teh hijau bisa berhasil maka minumlah teh hijau 1 jam setelah makan. Bisa pada pagi hari, siang hari atau malam hari.
  • Saat membuat seduhan teh hijau sebaiknya jangan dicampur dengan barang apapun kecuali air.
  • Jika ingin menambahkan bahan lainnya, Anda bisa menambahkan air perasan jeruk nipis.

Yang terpenting minumlah teh hijau ini secara rutin dan teratur. Tapi ingat, jangan berlebihan. Sebab mengkonsumsi teh hijau terlalu banyak juga dapat menimbulkan dampak negatif.

Diantaranya adalah dapat menyebabkan penyakit anemia, susah tidur karena kandungan kafeinnya yang tinggi dan menjadikan gigi kuning bernoda.

Itulah sedikit pembahasan tentang manfaat minum teh hijau sebelum tidur dan aturan minum yang harus dipatuhi agar khasiatnya bisa efektif.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*