Manfaat Minum Jus Apel Hijau Setiap Hari Bagi Kesehatan

manfaat minum jus apel hijau setiap hari

Di Indonesia, buah apel sangatlah populer dan banyak tumbuh di dataran tinggi yang berhawa sejuk. Rasanya yang enak dan menyegarkan menjadikan buah ini termasuk salah satu buah favorit sebagian besar orang.

Ada banyak sekali macam dan jenis dari buah apel, salah satunya adalah buah apel hijau. Banyak para pakar kesehatan yang menyarankan mengkonsumsi apel hijau ini, baik secara langsung atau diolah sebagai minuman jus.

Manfaat jus apel hijau tidaklah terhitung banyaknya, mulai dari kecantikan kulit, untuk kesehatan tubuh dan bahkan sebagai makanan sehat untuk menurunkan berat badan. Buah apel hijau sangat kaya akan serat sehingga buah ini dipercaya dapat dijadikan makanan atau minuman jus diet sehat yang ampuh.

loading...

Manfaat Jus Apel Hijau Bagi Kecantikan

Salah satu cara mengkonsumsi buah apel agar terasa lebih menyegarkan adalah dengan mengolahnya menjadi minuman jus. Jus apel hijau ini banyak memiliki manfaat bagi perawatan kecantikan, diantaranya adalah :

1. Menjadikan Kulit Sehat

Di dalam buah apel hijau terdapat kandungan vitamin dan mineral yang sangat tinggi, salah satunya adalah kandungan vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Manfaat jus apel hijau bagi kulit adalah untuk menghaluskan, melembabkan, mengencangkan dan menjadikan kulit lebih segar.

2. Menyehatkan Rambut

Mengkonsumsi apel hijau utuh atau minuman jus apel hijau juga sangat baik untuk kesehatan rambut. Kandungan di dalam buah apel hijau dapat mencegah kerontokan rambut dan menjadikan rambut semakin kuat dan berkilau.

3. Menjadikan Awet Muda

Vitamin A dan vitamin C pada buah apel hijau sangatlah tinggi. Fungsi dari kedua vitamin tersebut adalah untuk mencegah terjadinya penuaan dini sehingga kulit wajah akan tampak awet muda. Dengan mengkonsumsi jus apel hijau maka kulit akan semakin sehat dan terbebas dari kerutan pada kulit wajah.

manfaat jus apel hijau bagi kecantikan
Gambar dari https://dontlosehair.com

Manfaat Jus Apel Hijau Bagi Kesehatan

1. Melancarkan Pencernaan

Pada umumnya, buah-buahan atau makanan yang kaya akan serat sangat baik bagi kesehatan pencernaan tubuh. Salah satu buah yang menjadi sumber serat tinggi adalah apel hijau. Selain serat, apel hijau juga mengandung senyawa yang diyakini dapat mencegah penyakit kanker usus.

2. Mengobati Radang Sendi

Bagi para penderita radang persendian dan sering merasakan ngilu di sendi maka cobalah mengkonsumsi minuman jus buah apel hijau secara rutin. Buah apel hijau mengandung gizi yang berfungsi sebagai pelumas alami pada bagian sendi-sendi yang terasa sakit.

3. Mengurangi Kolesterol Jahat

Di dalam tubuh manusia terdapat kadar kolesterol jahat yang menjadi pemicu datangnya penyakit mematikan seperti darah tinggi dan serangan jantung. Untuk mengurangi kadar lemak jahat tersebut maka cobalah mengkonsumsi buah apel hijau yang dijadikan minuman jus setiap hari.

4. Menyehatkan Mata

Jenis vitamin yang berfungsi untuk menjaga dan memelihara kesehatan mata adalah vitamin A. Nah, salah sumber makanan yang kaya akan vitamin tersebut adalah buah apel hijau. Kandungan vitamin A pada buah apel hijau berfungsi untuk menyehatkan mata dan memaksimalkan kerja organ mata secara keseluruhan. Selain itu, apel hijau juga dapat mencegah terjadinya penyakit katarak dan rabun jauh.

5. Antioksidan Alami

Di dalam buah apel hijau terdapat vitamin dan antioksidan yang berkhasiat untuk menangkal radikal bebas sehingga tubuh bisa terlindungi dari ancaman berbagai penyakit mematikan. Dan juga regenerasi sel di dalam tubuh akan berproses dengan baik.

6. Menyehatkan Paru-Paru

Buah apel hijau sangat banyak mengandung flavonoid yang berfungsi untuk mencegah penyakit asma. Kandungan flavonoid ini juga berperan penting untuk mencegah penyakit kanker paru-paru pada seorang wanita.

7. Mencegah Penggumpalan Darah

Salah satu resiko terjadinya penggumpalan darah adalah dapat menyebabkan penyakit stroke dan serangan jantung. Untuk mencegahnya, Anda bisa mengkonsumsi 1 gelas jus apel hijau setiap hari atau juga bisa mengkonsumsi buahnya secara langsung.

8. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Apel hijau kaya akan serat yang sangat baik untuk pencernaan tubuh. Selain itu, manfaat buah apel hijau dapat membersihkan toksin dan racun yang bertumpuk di dalam tubuh sehingga tubuh akan semakin kuat mencegah kardiovaskular.

9. Menyehatkan Tulang

Khusus untuk kaum hawa sangat disarankan rutin mengkonsumsi apel hijau, baik yang utuh atau yang diolah menjadi minuman jus segar. Kandungan vitamin K, kalsium dan kalium pada buah apel hijau sangat efektif untuk mencegah penyakit osteoporosis pada wanita, yaitu dengan memaksimalkan fungsi kerja dari kelenjar tiroid.

10. Mengobati Diabetes

Para pakar kesehatan berpendapat bahkan kandungan gula pada buah apel hijau lebih sedikit bila dibandingkan buah apel merah. Keunggulan ini memberikan khasiat yang sangat baik bagi para penderita diabetes tipe 2.

Perlu diingat, saat mengkonsumsi jus apel hijau sebaiknya jangan dikupas tapi langsung dikonsumsi sekalian dengan kulitnya. Sebab dalam kulit inilah yang banyak mengandung kesehatan bagi tubuh manusia.

Artikel Lain : Makanan Sehat Yang Dianjurkan Untuk Penderita Diabetes

Khasiat Jus Apel Hijau Untuk Diet

Selain beragam manfaat yang disebutkan diatas, buah apel hijau juga sangat cocok dijadikan makanan pendamping diet. Fungsinya adalah untuk menurunkan nafsu makan yang berlebihan dan dapat menjadikan kenyang tahan lama dengan kandungan seratnya yang tinggi.

Tentunya ini bukanlah jaminan bahwa berat badan Anda akan turun dengan seketika karena juga harus dibutuhkan asupan gizi lainnya selama menjalankan program diet. Untuk menurunkan berat badan secara cepat, Anda bisa mengkonsumsi minuman jus apel hijau 2 kali dalam setiap hari atau juga bisa mengkonsumsi dalam bentuk ekstraknya yaitu cuka apel hijau.

Baca Juga : Tips Menurunkan Berat Badan Dengan Nasi Merah

Mengapa buah apel hijau sangat cocok untuk diet sehat? Ini alasannya.

  • Rendah Kalori. Kandungan kalori dalam buah apel hijau lebih rendah dari buah pisang. Dalam 1 buah apel hijau ditemukan kalori sebanyak 63 kalori dan sedangkan 1 buah pisang berjumlah 134 kalori.
  • Kaya Serat. Kandungan serat yang tinggi dalam buah apel hijau akan membantu merasakan kenyang lebih lama dan tidak mudah lapar. Tentunya buah apel hijau ini sangat cocok dijadikan makanan pengganti camilan.
  • Protein. Dalam buah apel hijau juga mengandung protein yang berfungsi sebagai penghasil energi untuk beraktifitas.
cara membuat jus apel hijau
Gambar dari https://www.youtube.com

Cara Membuat Jus Apel Hijau Untuk Diet

Sebenarnya, bukan hanya jus apel hijau saja yang bisa dikonsumsi untuk membantu menurunkan berat badan. Anda juga bisa mengkonsumsi minuman jus lainnya yang dicampurkan dengan buah apel hijau tersebut, seperti tomat dan wortel.

Berikut cara membuat jus apel hijau murni dan yang dicampur dengan tomat dan wortel.

1. Jus Apel Hijau

Siapkan 1 buah apel hijau yang segar. Lalu blender dengan 100 ml air tanpa harus dikupas. Setelah itu langsung diminum.

2. Jus Apel Hijau Dan Wortel

Ambil 1 apel hijau dan 150 gram wortel. Cuci keduanya hingga bersih dan iris menjadi kecil-kecil. Setelah itu haluskan kedua bahan tersebut menggunakan blender dan minum setiap hari.

3. Jus Apel Hijau Dan Tomat

Siapkan tomat segar sebanyak 100 gram dan 1 buah apel hijau. Blender hingga halus lalu minum 2x sehari selama dalam proses menurunkan berat badan.

Jika Anda selama ini hanya sering menkonsumsi buah apel merah saja, mulai saat ini cobalah juga mengkonsumsi buah apel hijau juga sebab manfaatnya sangat banyak untuk kesehatan tubuh.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*