Manfaat Masker Mentimun Untuk Wajah Halus & Awet Muda, Yuk Dicoba!

Kunci utama untuk bisa tampil cantik dan penuh rasa percaya diri adalah merawat dan menjaga kulit wajah agar tidak mengalami masalah seperti berminyak, kering, berjerawat dan komedo.

Ada banyak produk kecantikan yang menawarkan beragam khasiat dan manfaat agar kulit wajah bisa halus, mulus dan segar. Namun tentunya Anda harus membelinya dengan budget yang tidak sedikit.

Apalagi bagi Anda yang harus rutin pergi ke salon untuk facial dan lain sebagainya. Butuh biaya yang mahal untuk menjadikan wajah bisa terbebas dari masalah.

Nah, bagi yang ingin mencoba cara alami untuk mendapatkan kecantikan yang sempurna maka cobalah memakai bahan alami yang murah, salah satunya adalah mentimun atau ketimun.

Irisan mentimun yang ditempelkan pada kulit wajah memberikan dampak yang luar biasa bagi kesehatan kulit. Dan bila ingin hasil yang maksimal, Anda bisa membuat masker mentimun dan mengaplikasikannya ke wajah.

Jika kita memperhatikan produk perawatan wajah yang beredar luas di pasaran, pantas saja banyak produk tersebut yang menggunakan bahan alami mentimun.

Kandungan Dalam Mentimun

Sebelum membahas apa saja manfaat masker mentimun bagi kecantikan wajah, sebaiknya kita lebih dahulu mencari tau apa saja yang terkandung dalam timun tersebut.

Sebagian besar di dalam mentimun berisi mineral yang mencapai 95% sehingga ini mampu menghidrasi kulit.

Ada juga kandungan lainnya seperti sodium, zat besi, folat, kalsium, vitamin C, vitamin A, vitamin B6, kalium, riboflavin, mangan, tembaga, fosfor, seng, sodium, lemak, rendah kalori dan masih banyak lagi yang lainnya.

Selain digunakan pada bagian kulit wajah, timun ini juga bisa anda oleskan pada bagian lainnya seperti untuk memerahkan bibir, mengatasi bibir kering, menghilangkan mata panda, dll.

Agar lebih jelas, yuk kita kupas tuntas apa saja manfaat masker mentimun untuk wajah dan bagaimana cara penggunaannya.

Manfaat Masker Mentimun Bagi Kecantikan Wajah

1. Mengatasi jerawat

Wajah yang berjerawat memang sangat menyebalkan. Jangankan untuk beraktifitas di luar rumah, mau selfie saja terkadang kita tidak pede sebab wajah yang berjerawat tersebut.

Manfaat masker mentimun disini bukan hanya mencegah dan mengobati jerawat saja, tapi juga dapat menghilangkan flek hitam yang timbul akibat bekas jerawat.

  • Ambil mentimun yang masih segar
  • Potong menjadi bagian kecil-kecil, kemudian tumbuk hingga halus
  • Tambahkan 3 tetes air mawar, lalu aduk hingga merata
  • Aplikasikan masker mentimun tersebut pada wajah dan biarkan selama 25 menit
  • Lalu bilas dan keringkan wajah

2. Melembabkan wajah yang kering

Penyebab utama wajah kering disebabkan karena terlalu sering terkena paparan sinar matahari secara langsung. Agar kulit wajah selalu lembab sepanjang hari maka gunakanlah masker mentimun sebagai perawatannya.

Caranya membuatnya adalah :

  • Siapkan mentimun secukupnya dan cuci hingga bersih
  • Parut mentimun tersebut hingga halus
  • Kemudian tambahkan 1 sendok oatmeal dan 1 sendok madu
  • Aduk-aduk hingga tercampur merata
  • Oleskan pada wajah dan biarkan selama 10 menit
  • Lakuakan treatment ini 3 kali dalam seminggu agar wajah bisa tampil segar dan sehat

3. Mengatasi wajah berminyak

Kadar minyak yang berlebihan pada kulit wajah dapat membuat wajah tampak kusam. Selain itu, debu dan kotoran akan mudah menempel sehingga dapat menyumbat pori-pori wajah.

Wajah berminyak juga menjadi penyebab timbulnya jerawat dan komedo. Nah, salah satu manfaat masker mentimun disini adalah untuk mengatasi wajah berminyak tersebut.

  • Parut mentimun segar secukupnya, lalu tambahkan 1 sendok bubuk kunyit
  • Aduk hingga merata, lalu oleskan pada wajah sampai rata
  • Biarkan masker tersebut sampai 20 menit lalu bersihkan

4. Perawatan kulit sensitif

Memang agak sulit merawat kulit wajah yang sensitif. Jika salah sedikit saja dalam perawatannya maka akan timbul masalah seperti jerawat dan komedo.

Namun kandungan mentimun yang menyegarkan dan menenangkan dapat membuat kulit sensitif bisa aman dari berbagai masalah kulit wajah tersebut.

  • Siapkan mentimun dan apel secukupnya, kamudian parut hingga halus
  • Tambahkan 1 sendok makan oats, aduk sampai tercampur
  • Gunakan masker mentimun pada wajah dan biarkan dalam waktu 30 menit
  • Bilas hingga bersih

5. Meremajakan kulit

Salah satu cara ampuh untuk menghilangkan sel kulit mati pada area wajah adalah dengan menggunakan mentimun sebagai bahan alaminya.

Cara ini berfungsi untuk meremajakan dan menghaluskan kulit wajah. Cara membuat dan pemakaiannya ialah :

  • Ambil mentimun yang berukuran sedang, bersihkan
  • Parut mentimun hingga halus
  • Anda bisa mencampurkan bahan lainnya, seperti madu, putih telur, lemon, jeruk nipis atau susu.
  • Gunakan masker alami tersebut selama beberapa menit lalu bersihkan

6. Mencerahkan wajah

Manfaat masker mentimun yang selanjutnya adalah mampu mencerahkan kulit wajah sehingga akan tampak lebih putih dan sehat.

Mentimun juga dapat membuat penampilan wajah jadi awet muda dan fresh. Wajah akan terbebas dari kerutan halus dan keriput sehingga bisa terhindar dari penuaan dini.

Caranya ialah :

  • Tambahkan air perasan jeruk lemon pada parutan mentimun yang sudah halus, lalu aduk
  • Gunakan pada wajah dan biarkan mengering selama 30 menit
  • Bilas menggunakan air hangat

7. Menyembukan kulit yang terbakar sinar matahari

Rasa dingin saat menggunakan masker mentimun berfungsi untuk mengatasi kulit yang terbakar sinar matahari (sunburn). Perawatan kulit terbakar ini tergolong efektif dan manjur.

Caranya yaitu gunakan masker mentimun tanpa campuran apapun. Oleskan pada bagian kulit yang terbakar sinar UV tersebut. Sensasi rasa dingin ini akan menghilangkan rasa perih dan panas akibat luka terbakar tersebut.

8. Mengatasi mata panda

Adanya lingkaran hitam di area sekitar mata atau yang bisa disebut mata panda seringkali dipicu karena rutinitas sehari-hari yang terlalu sibuk.

Tubuh yang kurang istirahat dan memiliki beban pikiran yang mengakibatkan stress juga menjadi penyebab utama timbulnya mata panda.

Jangan khawatir, dengan kandungan antioksidan dan silika pada mentimun mampu mengurangi lingkaran hitam pada mata tersebut. Caranya :

  • Gunakan masker mentimun pada area sekitar mata
  • Atau Anda juga bisa menempelkan irisan mentimun pada wilayah mata
  • Diamkan selama beberapa menit, kemudian bersihkan

Baca Juga : Cara Menghilangkan Hitam Di Bawah Mata Secara Cepat Dan Alami

9. Mengurangi bengkak pada kantung mata

Pembengkakan pada kantung mata disebabkan oleh retensi kandungan air yang berlebihan. Kegunaan asam karbonat pada mentimun berfungsi untuk mengatasi permasalah ini.

Caranya adalah sama dengan cara menghilangkan lingkaran hitam pada mata. Jadi dengan sekali pakai, Anda akan mendapatkan manfaat masker mentimun yang beragam.

Cara Membuat Masker Mentimun Tanpa Campuran

Diatas dipaparkan tutorial cara membuat masker mentimun yang dicampur dengan bahan alami lainnya. Sebenarnya Anda juga bisa menggunakan masker mentimun tanpa campuran apapun.

Caranya cukup simple dan praktis, yaitu tinggal siapkan mentimun secukupnya lalu bersihkan. Parut mentimun tersebut sampai benar-benar halus. Lalu tinggal mengoleskan masker mentimun tanpa campuran tersebut ke bagian wajah.

Meskipun tanpa menggunakan campuran bahan alami lainnya, masker mentimun murni ini juga sangat ampuh dan efektif menuntaskan permasalahan pada wajah.

Ini juga bisa Anda gunakan secara rutin sebanyak 3 kali dalam setiap minggunya. Pastinya wajah Anda akan tampak lebih cerah, segar, sehat dan kinclong.

Itulah beberapa manfaat masker mentimun yang bisa anda coba sebagai bahan alternatif alami untuk perawatan kulit wajah.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*