Manfaat Masker Kopi Agar Kulit Wajah Bersinar, Serta Cara Membuatnya

manfaat masker kopi dan cara membuatnya

Kopi dengan kandungan kafeinnya sangat populer dalam kehidupan masyarakat. Banyak pecinta kopi atau bahkan kecanduan minum kopi. Dalam dunia kesehatan, kandungan kafein di dalam kopi memiliki sifat negatif yang tidak baik bagi tubuh.

Namun berbanding terbalik jika kita membahas manfaat kopi untuk perawatan kulit wajah. Dalam dunia kecantikan, manfaat kafein yang terkandung di dalam kopi memiliki beberapa khasiat yang luar biasa untuk perawatan wajah.

Kopi dapat dijadikan masker wajah untuk menghaluskan dan menghilangkan bekas jerawat. Ini dikarenakan kopi memiliki sifat antioksidan seperti flavonoid dan polifenol yang cukup tinggi.

Tentunya kopi yang digunakan sebagai bahan masker disini adalah bubuk kopi asli, bukan kopi sachet yang biasa kita beli di toko. Masker bubuk kopi tersebut juga bisa dicampur dengan bahan alami lainnya.

Manfaat Masker Kopi Untuk Kecantikan Kulit Wajah

Ternyata kandungan kafein yang terdapat di dalam kopi tidak selalu bersifat negatif. Sebab kandungan kafein tersebut sangat dibutuhkan dalam dunia kecantikan, khususnya untuk perawatan kulit wajah.

1. Membersihkan sel kulit mati

Kopi bisa bertindak sebagai eksfoliator alami sehingga sel kulit mati akan mengelupas. Semua permasalahan pada kulit akan mudah teratasi.

Salah satu cara meremajakan kulit adalah dengan membersihkan sel kulit mati supaya wajah tampak segar dan mulus. Caranya adalah dengan menggosok-gosokkan ampas kopi pada wajah secara perlahan-lahan.

2. Melembabkan dan menghaluskan kulit wajah

Manfaat ampas kopi yang selanjutnya adalah untuk menghaluskan kulit wajah serta mengatasi kulit kering. Cara membuat masker kopi tersebut adalah :

  • Siapkan 2 sendok teh bubuk kopi, lalu tambahkan 2 sendok gula pasir dan 1 sendok minyak zaitun
  • Kombinasi ketiga bahan alami tersebut diaduk sampai bercampur merata
  • Oleskan masker kopi tersebut pada wajah dan leher. Berikan pijatan lembut agar kandungan dalam kopi bisa meresap ke dalam kulit
  • Lalu diamkan hingga mengering dan bilas sampai bersih

3. Mengencangkan kulit wajah

Dengan bertambahnya usia maka kulit wajah juga akan mengalami perubahan. Akan muncul beberapa kerutan garis halus yang menandakan penuaan pada kulit dan lama-kelamaan akan berubah menjadi keriput.

Masker kopi ini berperan penting untuk memperlambat dan meminimalisir garis halus, sehingga kulit wajah akan selalu terlihat kencang dan terhindar dari penuaan dini. Menggunakan masker kopi secara teratur maka Anda akan terlihat awet muda.

Caranya adalah :

  • Siapkan 2 sendok bubuk kopi, 2 sendok susu cair dan 1 sendok madu murni
  • Aduk ramuan tersebut hingga menyerupai pasta
  • Oleskan ke wajah dan biarkan selama setengah jam
  • Agar mendapatkan hasil yang maksimal maka gunakan masker ini 2 kali dalam seminggu

4. Bikin kulit cerah

Anda sering bermasalah dengan kulit kusam? Maka masker kopi inilah solusinya. Kafein di dalam kopi diyakini mampu membuat kulit lebih cerah. Semua virus dan bakteri penyebab kulit kusam akan dihilangkan berkat adanya kafein dalam kopi tersebut.

Cara membuat masker kopi untuk membuat kulit bercahaya dan berseri-seri adalah :

  • Ambil bubuk kopi murni dan garam secukupnya
  • Tambahkan air pada kedua bahan alami tersebut, lalu aduk
  • Gunakanlah larutan kopi dan garam tersebut untuk mencuci wajah setiap hari
  • Atau Anda juga bisa menggunakan kombinasi bahan tersebut sebagai masker wajah sehingga sel kulit mati akan hilang secara optimal.

5. Menghilangkan selulit

Adanya selulit pada wajah memang membuat kita tidak percaya diri. Namun Anda bisa menghilangkannya dengan menggunakan masker kopi secara rutin dan teratur.

Para pakar kecantikan mengatakan bahwa selulit ini sangat efektif dihilangkan menggunakan bahan yang mengandung kafein. Kandungan kafein yang terdapat di dalam kopi berfungsi untuk menghancurkan sel lemak yang menjadi penyebab selulit tersebut, sehingga wajah akan lebih mulus dan bersih.

Cara membuat dan menghilangkan selulit dengan masker kopi adalah campurkan bubuk kopi, minyak vitamin dan gel lidah buaya. Setelah diaduk dan tercampur rata, oleskan masker tersebut pada wajah yang mengalami selulit.

6. Menjadikan kulit lembab

Biasanya untuk memenuhi hidrasi kulit bisa dengan mengkonsumsi air yang cukup, minimal 8 gelas perhari. Namun, Anda juga bisa memanfaatkan masker kopi agar kulit terhidrasi dengan baik.

Kopi akan membuat wajah tampak lembab secara alami. Silahkan coba atasi kulit kering anda dengan memakai masker kopi yang dicampur dengan yogurt atau susu.

7. Menghilangkan bekas jerawat

Wajah Anda berjerawat dan banyak flek hitam yang membuat tidak percaya diri? Silahkan gunakan kopi sebagai masker wajah. Bahkan komedo pada wajah juga akan hilang dengan masker kopi.

Manfaat masker kopi untuk jerawat ini bukan hanya menghilangkan bekas noda hitam jerawat, tapi juga dapat mencegah dan mengobati jerawat agar tidak timbul lagi. Semua kotoran yang menempel pada pori-pori kulit akan dibersihkan secara sempurna.

8. Mengatasi mata panda

Lingkaran hitam di sekitar mata atau biasa disebut mata panda juga dapat diatasi dengan menggunakan masker kopi. Kopi memiliki sifat anti inflamasi yang secara efektif dapat menghilangkan mata panda.

Tidaklah heran jika banyak produk kecantikan penghilang mata panda yang memakai bahan kafein. Selain mata panda, mata yang bengkak juga dapat berkurang dengan memakai masker kopi.

Penyebab mata panda ini sangat beragam, seperti kurang tidur, dehidrasi, faktor keturunan, alergi dan yang lainnya. Tapi sayangnya, mata panda yang disebabkan oleh faktor keturunan tersebut tidak bisa dihilangkan dengan masker kopi.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Hitam Di Bawah Mata Secara Cepat Dan Alami

9. Anti oksidasi

Di dalam kopi juga ditemukan beberapa vitamin yang berfungsi sebagai antioksidan dan kandungannya jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan buah dan sayuran.

Manfaat antioksidan tersebut adalah untuk menangkal radikal bebas sehingga dapat melindungi sel-sel kulit wajah dari kerusakan. Seperti melindungi kulit dari bahaya paparan sinar ultraviolet.

Dan juga kopi memiliki sifat diuretik yang dapat mengobati penyakit rosacea, menyembuhkan iritasi dan mencegah dari penyakit kanker kulit.

10. Anti peradangan

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa sifat anti-inflamasi pada kopi sudah berjajar sebanding dengan aspirin untuk mengatasi pembengkakan pada wajah.

Studi ini diuji ketika kopi ditambahkan pada cream antiinflamasi. Manfaatnya sungguh luar biasa dan sangat signifikan. Ini merupakan bukti bahwa salah satu manfaat masker kopi bagi wajah adalah sebagai anti peradangan.

11. Mencegah kanker kulit

Seperti yang dibahas diatas, kandungan antioksidan di dalam kopi sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah. Salah satunya adalah untuk mengurangi resiko terkena kanker kulit.

Cara kerjanya adalah dengan menghambat pertumbuhan enzim yang menjadi pemicu penyakit kanker tersebut.

12. Mengatasi penyakit rosacea

Rosacea adalah salah satu jenis penyakit kulit dengan ciri timbulnya gejala bintik kemerahan pada kulit dan mengandung nanah. Biasanya terjadi pada bagian kening, hidung dan pipi. Penyebab penyakit ini belum diketahui secara jelas.

Penyakit ini bisa menjangkiti wajah selama berminggu-minggu. Gejalanya bisa saja hilang sebentar, namun kemudian akan timbul lagi. Solusinya adalah dengan menggunakan masker kopi secara rutin supaya penyakit ini tidak muncul lagi di wajah.

Cara Membuat Masker Kopi Sendiri

Manfaat masker kopi ini sangat cocok untuk semua jenis kulit. Dan cara pembuatannya juga sangat mudah. Berikut beberapa bahan, cara membuat dan cara pemakaian masker kopi.

  • Siapkan 2 sendok bubuk kopi, 2 sendok coklat bubuk, 3 sendok susu cair, 2 sendok air perasan jeruk lemon dan 2 sendok madu asli
  • Letakkan semua bahan tersebut pada wadah, kemudian aduk perlahan hingga membentuk sebuah pasta
  • Aplikasikan pada wajah secara merata, kemudian lakukan pijatan pada kulit wajah dengan gerakan melingkar
  • Setelah itu biarkan masker kopi tersebut selama 20 menit
  • Terakhir bilas wajah menggunakan air hangat

Kopi yang selama ini kita anggap negatif, ternyata banyak memberikan manfaat positif dalam dunia kecantikan wajah. Jadi tunggu apalagi, silahkan Anda praktekkan di rumah agar wajah jadi semakin tampil menawan.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*