Manfaat Lidah Buaya Untuk Rambut Rontok Parah Dan Berketombe

manfaat lidah buaya untuk rambut rontok

Tanaman lidah buaya (Aloe Vera) sangatlah indentik dengan rambut. Ini dikarenakan lidah buaya memiliki beragam manfaat untuk perawatan kesehatan rambut.

Salah satunya adalah untuk mengatasi rambut rontok parah yang sering dialami oleh para kaum wanita. Ada banyak penyebab orang bisa mengalami rambut rontok hingga mengalami kebotakan.

Diantaranya adalah karena penyakit, stress, pengaruh obat-obatan, kondisi kulit, faktor usia dan masih banyak lagi yang lainnya.

Orang yang mengalami kerontokan rambut biasanya akan melakukan berbagai macam cara agar rambut bisa kuat dan terbebas dari masalah apapun.

Sayangnya tidak ada cara yang praktis untuk mengatasi permasalahan rambut tersebut. Yang dibutuhkan adalah kesabaran dan ketekunan karena proses untuk menyehatkan rambut pastinya butuh waktu.

Di luaran sana banyak sekali produk untuk perawatan rambut, seperti untuk mengatasi rontok, menumbuhkan rambut botak, mengatasi rambut bercabang, menghilangkan ketombe dan yang lainnya.

Bahkan ada diantara produk perawatan rambut tersebut yang menggukanan ekstrak tanaman lidah buaya. Pastinya Anda harus mengeluarkan biaya untuk membeli produk tersebut.

Nah, jika Anda menginginkan yang alami dan ingin mencoba sendiri di rumah untuk mengatasi rambut rontok, maka dibawah ini beberapa tahapan yang bisa Anda lakukan.

Kandungan Pada Tanaman Lidah Buaya

Lidah buaya dikenal sebagai obat herbal untuk mengatasi iritasi kulit, menghaluskan kulit, obat herbal dan mengobati kulit terbakar.

Selain itu, tanaman herbal lidah buaya ini juga memiliki efek positif untuk menghentikan rambut yang rontok parah.

Beberapa kandungan senyawa dalam lidah buaya yang bermanfaat untuk menjadikan rambut sehat dan kuat adalah :

  • Di dalam lidah buaya terkandung antioksidan dan beberapa jenis vitamin, diantaranya adalah vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin B12, kolin dan asam folat.
  • Ada beberapa jenis mineral dalam lidah buaya, yaitu selenium, kalsium, kromium, potassium, tembaga, natrium, mangan dan seng.
  • Beberapa jenis asam lemak yang memiliki sifat antiinflamasi, seperti lupeol, beta sisosterol dan campesterol
  • Beragam jenis enzim, meliputi aliiase, amylase, carboxypeptidase, selulase, peroksidase, alkaline phosphatase, bradykinase, katalase dan lipase.
  • Senyawa yang berkhasiat sebagai antibakteri dan analgesik, seperti aloin dan emodin
  • Mengandung jenis gula seperti polisakarida dan monosakarida (glukosa)

Baca Juga : 7 Macam Cara Melakukan Perawatan Rambut Dengan Minyak Zaitun

Beberapa Manfaat Lidah Buaya Untuk Perawatan Rambut

1. Mengatasi Rambut Rontok Parah

Manfaat pertama dari lidah buaya adalah untuk mengobati rambut rontok. Kandungan dalam lidah buaya berperan hingga ke akar rambut untuk menjadikannya lebih kuat. Caranya adalah :

  • Petik beberapa batang llidah buaya yang berwarna hijau cerah karena ini menandakan belum terlalu tua
  • Cuci bersih dan kemudian potong atau kupas. Setelah itu ambil gel lidah buaya dan haluskan
  • Sebelum dioleskan para rambut, sebaiknya Anda keramas terlebih dahulu atau cuci rambut agar nutrisi dan vitamin pada lidah buaya mudah menyerap
  • Setelah itu aplikasikan gel lidah buaya yang sudah dihaluskan tadi pada rambut yang masih lembab sehabis keramas
  • Lakukan pijatan lembut dan perlahan supaya kandungan dalam lidah buaya bisa meresap ke dalam pori-pori kulit kepala
  • Diamkan selama setengah jam seraya sambil menutup rambut menggunakan shower cap
  • Kemudian keringkan rambut dengan cara diangin-anginkan. Jangan menggunakan hair dryer karena ditakutkan malah merusak rambut.

2. Melembabkan Kulit Kepala Yang Kering

Tanaman herbal lidah buaya juga berfungsi untuk melembabkan rambut dan kulit kepala. Ini berguna untuk mencegah agar ketombe tidak menghinggapi. Cara mengolahnya adalah :

  • Ambil daun lidah buaya, kemudian belah untuk mengambil gel didalamnya
  • Kemudian oleskan gel lidah buaya pada rambut secara merata, dari akar hingga ujung rambut
  • Lalu biarkan selama 20 menit supaya nutrisi dalam lidah buaya bisa meresap sempurna
  • Setelah itu bilas rambut atau lakukan keramas menggunakan shampoo

Artikel Terkait : Yuk Intip 9 Cara Mengobati Psoriasis Kulit Kepala Secara Alami

3. Menumbuhkan Dan Memanjangkan Rambut

Rambut yang rontok lama kelamaan akan mengalami kebotakan atau minimal rambut tumbuh jarang-jarang. Nah, manfaat lidah buaya untuk rambut rontok parah ini adalah berusaha agar rambut bisa tumbuh kembali dan sekaligus memanjangkannya.

Lidah buaya mengandung senyawa yang berfungsi untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Kandungan tersebut berupa enzim proteolitik yang berfungsi untuk menghilangkan sel kulit mati pada kulit kepala.

Sel kulit mati inilah yang biasanya dapat menyumbat folikel rambut yang menyebabkan rambut susah mendapatkan nutrisi dan kesulitan untuk tumbuh.

Beragam jenis vitamin dalam lidah buaya berkhasiat untuk menumbuhkan rambut lebih cepat dan alami. Ini dibuktikan dengan banyaknya produk shampoo berbahan dasar lidah buaya yang berfungsi untuk perawatan rambut sehat dan tumbuh lebih subur.

4. Mengatasi Rambut Yang Berminyak

Anda yang sering bermasalah dengan kadar minyak yang berlebihan pada kulit kepada, maka Anda bisa mengatasinya dengan daun lidah buaya. Di dalam lidah buaya terdapat astringent alami yang dapat menyerap minyak yang berlebih pada rambut.

Caranya menghilangkan minyak tersebut adalah dengan menambahkan gel lidah buaya pada shampoo akan digunakan. Tuang shampoo pada telapak tangan dan tambahkan gel, kemudian cuci rambut dengan bahan tersebut.

Dengan pemakaian yang rutin dan konsisten maka kandungan minyak yang berlebihan pada rambut maupun kulit kepada akan berkurang dengan sendirinya.

5. Mengatasi Rambut Kering

Banyak para wanita yang sering bermasalah dengan rambut kering. Ini tentu menjadikan rambut tampak tidak terawat sehingga dapat menghilangkan rasa percaya diri.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mengoleskan gel lidah buaya pada rambut selama 15 menit, kemudian keringkan secara alami. Jangan terlalu sering memakai hair dryer karena inilah yang menjadi penyebab utama rambut kering.

6. Kondisioner Alami

Aloe vera atau lidah buaya ini memiliki kandungan mentol atau pendingin kulit kepala. Itulah sebabnya lidah buaya juga berfungsi sebagai kondisioner alami rambut. Kulit kepala pun akan semakin sehat.

Cara pemakaiannya adalah dengan mengoleskan gel pada kulit kepala secara merata. Lalu tunggu hingga 20 menit dan bilas. Gunakan perawatan ini setiap hari untuk hasil yang lebih efektif.

7. Menghilangkan Ketombe

Banyak orang yang bermasalah dengan ketombe. Rambut yang berketombe akan terasa gatal sehingga akan digaruk-garuk. Jika dibiarkan terus menerus tentu ini dapat merusak rambut.

Untuk mengatasi ketombe tersebut adalah:

  • Anda bisa mengoleskan gel lidah buaya yang sudah dilumatkan pada rambut kepala.
  • Oleskan gel tersebut secara merata dan diamkan selama 1 jam.
  • Kemudian bilas rambut dengan air bersih.
  • Anda bisa melakukan treatment ini setiap hari sampai ketombe benar-benar bersih.

8. Mengatasi Sebborhea

Mungkin banyak yang tidak tau apa itu sebborhea. Ini adalah penumpukan sebum yang bercampur dengan kotoran pada kulit kepala sehingga menimbulkan kerak. Sebborhea merupakan salah satu penyebab datangnya ketombe dan memunculkan rasa gatal.

Cara mendapatkan manfaat lidah buaya untuk mengatasi sebborhea ini adalah :

  • Ambil gel lidah buaya yang sudah dibersihkan
  • Campurkan dengan air perasan jeruk nipis dan minyak atsiri
  • Aduk gel tersebut hingga bercampur merata
  • Cuci rambut dengan shampoo, kemudian oleskan campuran tadi pada kulit kepala hingga ujung rambut
  • Diamkan selama 10 menit kemudian bilas hingga bersih

Itulah beberapa manfaat lidah buaya untuk rambut rontok dan mengatasi ketombe. Sebenarnya masih banyak lagi khasiat tanaman herbal lidah buaya tersebut. Seperti mengatasi rambut bercabang, meluruskan rambut dan lainnya.

Tentunya menggunakan tanaman herbal lidah buaya sebagai bahan alami untuk perawatan rambut sangatlah aman.

Cara alami ini terbebas dari bahan pengawet yang dapat merusak pertumbuhan rambut. Jadi, bagi Anda yang mengalami rambut rontok dan berketombe maka gunakanlah lidah buaya ini.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*