Manfaat Kulit Pisang Untuk Kecantikan Kulit Wajah

manfaat kulit pisang untuk kecantikan kulit wajah

Anda suka makan pisang? Selain nikmat dimakan, buah pisang juga memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan dan kecantikan. Namun, bukan hanya buahnya saja yang multikhasiat, kulit pisang pun memiliki beragam manfaat untuk kecantikan kulit wajah.

Sebaiknya sehabis makan pisang jangan buang kulitnya. Mungkin ada diantara kamu yang belum mengetahui akan manfaat kulit pisang untuk wajah, baik untuk menghilangkan komedo, jerawat, wajah berminyak, menghaluskan kulit dan masih banyak lagi yang lainnya. Hampir semua jenis pisang bisa dimanfaatkan kulitnya, seperti pisang raja, pisang kepok, pisang ambon, pisang mas dan buah pisang yang lainnya.

Kulit pisang yang selama ini kita anggap sebagai sampah ternyata banyak mengandung vitamin yang bermanfaat untuk perawatan kecantikan kulit wajah. Misalnya seperti kandungan vitamin B, C, B6, magnesium, potassium, zat besi, fosfor, kalsium, dll.

loading...

Cara Membuat Masker Kulit Pisang

cara membuat masker kulit pisang
Sumber Gambar https://www.davidwolfe.com

Dengan mengingat begitu besar manfaat masker kulit pisang bagi kecantikan wajah, maka kita perlu mempelajari resep dan cara membuat masker kulit pisang tersebut. Berikut langkah-langkahnya :

  1. Siapkan pisang yang masih segar dan pastikan sudah benar-benar matang dan lunak
  2. Kupas pisang tersebut dan pisahkan bagian daging dan kulitnya
  3. Kerok bagian dalam kulit pisang lalu tumbuk halus kulit pisang hingga membentuk pasta. Anda bisa menambahkan sedikit air
  4. Lalu oleskan pada bagian kulit wajah secara merata. Biarkan bebeberapa saat hingga mengering. Atau Anda juga bisa membiarkannya semalaman karena masker kulit pisang ini tidak menimbulkan efek samping sama sekali.
  5. Terakhir bilas wajah dengan air hingga benar-benar bersih

Selain dihaluskan atau ditumbuk, kulit pisang ini juga bisa dipakai secara langsung pada wajah dengan cara dioles dan digosokkan bagian dalamnya. Anda juga bisa mencampur masker kulit pisang dengan bahan alami lainnya seperti madu, air jeruk nipis, lemon, minyak zaitun, putih telur, alpukat, tomat atau air mawar.

Manfaat Kulit Pisang Untuk Wajah

manfaat kulit pisang untuk wajah
Sumber Gambar http://www.zumi.md

1. Mencerahkan Kulit

Hampir seluruh wanita mendambakan kulit wajah yang putih, bersih dan cerah. Untuk mewujudkan keinginan tersebut, Anda tidak harus ke dokter atau klinik dengan mengeluarkan kocek yang mahal. Cara alami untuk mencerahkan kulit wajah bisa menggunakan masker kulit pisang pada wajah selama 15 menit, lalu bersihkan. Selain mudah dan murah, kulit pisang ini juga tidak memiliki dampak negatif sama sekali.

2. Membersihkan Sel Kulit Mati

Sel kulit mati dapat menyebabkan wajah kusam dan tidak terawat, sehingga lama-lama akan terlihat kering. Untuk mengatasi sel kulit mati dan peremajaan kulit tersebut, pakailah masker kulit pisang pada seluruh area wajah secara merata. Diamkan beberapa saat lalu bilas hingga bersih. Kulit pisang bisa menjadi agen eksfoliasi yang dapat meregenerasi sel kulit mati sehingga wajah akan nampak lebih segar dan bersinar.

3. Mengatasi Jerawat

Salah satu masalah kulit wajah yang sangat menjengkelkan adalah timbulnya jerawat. Jika tidak segera tertangani maka jerawat ini dapat menimbulkan flek hitam atau bahkan bopeng (muka tidak rata). Tentunya ini akan membuat penampilan kecantikan Anda akan berkurang sehingga minder ketika ketemu orang.

Kandungan antioksidan dan antibakteri pada kulit pisang mampu menyembuhkan iritasi dan mengurangi minyak berlebih pada wajah sehingga dapat mempercepat penyembuhan jerawat. Untuk mengatasi jerawat dan bekasnya tersebut, Anda bisa menggunakan kulit pisang dengan cara digosok-gosokkan pada wajah. Lalukan perawatan tersebut saat malam hari menjelang tidur dan bersihkan keesokan harinya.

4. Mengatasi Wajah Berminyak

Wajah berminyak menjadi pemicu timbulnya jerawat dan komedo karena debu dan kotoran akan mudah menempel sehingga dapat menyumbat pori-pori kulit. Untuk mengurangi kadar minyak yang berlebih pada wajah maka pakailah masker kulit pisang yang dicampur dengan madu lalu oleskan pada wajah secara merata.

Kandungan antijamur dan antioksidan pada kulit pisang mampu menstabilkan minyak yang berlebihan pada kulit wajah. Dan cara yang mudah yaitu dengan menggosokkan kulit pisang bagian dalam pada wajah secara merata.

Baca Juga : Cara Mengatasi Wajah Berminyak Agar Tidak Berjerawat

manfaat kulit pisang untuk kecantikan wajah
Sumber Gambar http://www.fashionisers.com

5. Melembabkan Kulit

Kandungan potassium yang tinggi pada kulit pisang menjadi pelembab alami untuk menghindari kulit dari kering dan kusam. Anda tidak usah menggunakan produk pelembab yang dijual di pasaran, karena dengan masker kulit pisang sudah mampu memberikan kesegaran pada wajah supaya terlihat lebih lembut dan sehat.

6. Mengobati Psoriasis

Psoriasis adalah salah satu penyakit pada kulit dengan ciri kulit bersisik dan kemerahan serta menimbulkan gatal dan perih. Jika sisik kulit ini digaruk maka dapat memicu timbulnya bintik kemerahan. Untuk mengatasi sakit psoriasis ini adalah dengan menggosokkan kulit pisang pada bagian kulit yang bermasalah tersebut. Pada awalnya memang akan berwarna kemerahan, namun lambat laun akan sembuh dengan sendirinya.

7. UV Protection

Kulit wajah yang sering terkena sinar ultraviolet secara langsung akan mudah kering dan kusam. Untuk melindungi wajah dari paparan sinar matahari yang membahayakan tersebut, Anda bisa memakai kulit pisang yang sudah dijemur beberapa saat dan digosokkan pada wajah secara merata. Kandungan zat dan senyawa didalamnya mampu melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya.

8. Mengobati Gatal-Gatal

Jika Anda sering merasakan alergi, iritasi atau gatal-gatal pada kulit, termasuk wajah, maka cobalah pakai obat alami dari kulit pisang. Oleskan kulit pisang pada area kulit yang bermasalah atau bisa juga kulit pisang tersebut ditempelkan semalaman pada kulit yang gatal dan iritasi tersebut.

9. Mengatasi Kantung Mata

Mata panda (kantung mata) adalah lingkaran hitam di sekitar area mata. Untuk menghilangkannya Anda bisa menggunakan masker buah pisang dan buah apel yang dioleskan di bawah mata dan diamkan selama 15 menit. Jika ingin yang simpel dan praktis, maka gosokkan saja kulit pisang pada area mata dan lakukan secara rutin.

10. Mengatasi Gigitan Nyamuk

Bekas gigitan nyamuk pada kulit terkadang meninggalkan warna bengkak kemerahan dan gatal. Nah, manfaat kulit pisang ini dapat mengatasi permasalahan tersebut dengan cara iris kecil-kecil lalu tempelkan pada kulit yang bengkak dan gatal selama 20 menit, lalu cuci hingga bersih.

11. Menghilangkan Kutil

Manfaat kulit pisang juga sangat ampuh untuk mengatasi kutil. Caranya adalah dengan menggosokkan kulit pisang pada kulit yang terdapat kutilnya. Lakukan pengobatan kutil setiap malam secara teratur, maka hasilnya akan terlihat setelah 10 hari kemudian. Selain digosokkan, Anda juga bisa menempelkan kulit pisang pada kutil saat malam hari menjelang tidur dan lepaskan ketika pagi hari.

12. Menghaluskan Kulit Wajah

Jika menginginkan kulit wajah yang lembut, halus dan mulus maka pakailah masker kulit pisang yang dicampur dengan madu murni. Oleskan masker alami ini pada wajah setiap hari dan rasakan perubahannya dalam 3 minggu. Kulit akan nampak halus dan mulus sehingga wajah akan nampak cantik rupawan.

13. Mengencangkan Kulit Wajah (Anti Aging)

Kandungan vitamin E pada kulit pisang berkhasiat untuk menghilangkan keriput dan garis kerutan tanda penuaan, sehingga wajah akan tampak awet muda. Dengan memakai masker kulit pisang secara teratur maka kulit wajah akan semakin kencang dan mencegah terjadinya penuaan dini. Ini dikarenakan kandungan kalium pada kulit pisang yang membantu pengencangan kulit wajah kita. Noda hitam dan garis halus pada wajah akan disamarkan dengan sempurna.

14. Menyamarkan Bekas Luka

Adanya bekas luka tentu sangat mengganggu penampilan, apalagi bekas luka tersebut terdapat pada kulit wajah. Cara yang mudah dan murah untuk menghilangkan bekas luka tersebut adalah dengan menggosokkan kulit pisang pada bekas luka secara teratur. Dalam beberapa minggu bekas luka tersebut akan semakin samar dan lama-lama hilang.

Artikel diatas hanya membahas manfaat kulit pisang untuk wajah saja, sebenarnya masih banyak lagi khasiatnya untuk kehidupan sehari-hari. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka gunakanlah kulit pisang yang masih baru dan segar, jangan memakai kulit pisang yang disimpan dalam lemari es.

loading...

2 Comments

  1. sangat bermanfaat belajaran baru yang harus saya coba, tapi sob kalau kulit wajah yang banyak jerawatnya memakai masker kulit pisang emang gak ada efek sampingnya apa ? bukannya kulit pisang bisa membuat gatal pada wajah.

    • Mungkin efek samping gatal itu disebabkan oleh pestisida yang disemprotkan oleh petani. Jadi sebaiknya sebelum memakai masker kulit pisang maka cuci hingga bersih dulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*