10 Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan Yang Wajib Anda Ketahui

manfaat kacang hijau bagi kesehatan

Siapa sih yang tidak tahu kacang hijau? Jenis makanan yang biasa dikonsumsi dalam bentuk bubur ini merupakan tanaman polong-polongan yang kaya akan manfaat. Hal ini karena kacang hijau memiliki kandungan gizi yang tinggi bagi tubuh. Sehingga banyak sekali manfaat kacang hijau bagi kesehatan yang akan didapatkan ketika Anda rutin mengonsumsinya.

Kacang hijau sendiri memiliki kandungan gizi seperti vitamin, fosfor, serat, protein, kalsium, dan tentunya lemak tak jenuh yang sangat berguna bagi kesehatan. Selain memiliki banyak kandungan gizi, kacang hijau juga memiliki rasa yang enak jika dikonsumsi sehingga makanan ini bisa dijadikan makanan favorit yang menyehatkan.

Apalagi harganya yang sangat terjangkau membuat siapa saja dari kalangan apa saja dapat mengonsumsi makanan yang kaya akan manfaat ini. Anda bisa mengolah kacang hijau menjadi menu sehat seperti puding kacang hijau, bubur kacang hijau, sereal, jus kacang hijau, onde-onde dan masih banyak lainnya.

Perlu diperhatikan, saat mengolah kacang hijau sebaiknya jangan dimasak terlalu lama, sebab hal ini dapat mengurangi kandungan gizi di dalamnya. Sehingga manfaat kacang hijau bagi kesehatan tidak terserap dengan sempurna. So, untuk lebih jelasnya yuk simak manfaat kacang hijau bagi kesehatan di bawah ini.

Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan Tubuh

Untuk mendapatkan manfaat yang baik dari kacang hijau, sebaiknya kacang hijau tidak dimasak terlalu matang karena akan mengurangi kandungan gizi di dalamnya. Dan air rebusan kacang hijau juga bermanfaat untuk kesehatan kulit dan sangat membantu untuk proses penyembuhan luka.

Berikut dibawah ini adalah beragam manfaat kacang hijau bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui.

1. Melancarkan Pencernaan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa kacang hijau memiliki kandungan serat yang tinggi. Sehingga menghasilkan manfaat kacang hijau bagi kesehatan, khususnya untuk melancarkan sistem pencernaan.

Dengan mengonsumsi kacang hijau maka Anda akan terbebas dari penyakit pencernaan seperti sembelit, diare ataupun susah buang air besar. So, jangan sungkan-sungkan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan manfaat ini.

2. Mencegah Terjadinya Penyakit Macula

Manfaat kacang hijau bagi kesehatan selanjutnya adalah dapat mencegah dari penyakit macula. Penyakit macula merupakan salah satu penyakit yang cukup berbahaya bagi tubuh. Siapa saja bisa terserang penyakit ini.

Oleh sebab itu lakukan pencegahan dengan cara mengonsumsi kacang hijau secara teratur. Dengan begitu Anda bisa bernafas lega dan dapat melakukan pencegahan untuk menghadapi penyakit macula. Karena sehat itu mahal harganya, so jangan sungkan-sungkan untuk mengonsumsi kacang hijau ya.

3. Menyehatkan Bagi Mata

Kandungan vitamin A pada kacang hijau yang sangat tinggi sehingga menghasilkan manfaat yang baik untuk kesehatan mata. Dengan mengonsumsi kacang hijau, maka mata Anda akan sehat dan tidak mudah terserang penyakit mata.

Selain itu, kacang hijau juga dapat mempertajam penglihatan sehingga Anda dapat melihat benda yang berada jauh dengan lebih jelas. Tidak hanya itu, dengan mengonsumsi kacang hijau Anda juga akan terhindar dari penyakit seperti rabun dan katarak.

Baca Juga : Daftar Makanan Yang Kaya Akan Vitamin A

4. Menyehatkan metabolisme

Karena pola hidup yang salah dan banyaknya aktivitas diluar ruangan yang mengandung banyak polusi dapat mengakibatkan metabolisme menjadi bermasalah. Jika sudah demikian, maka Anda akan mudah terserang penyakit.

Maka cara mengatasinya yaitu dengan mengonsumsi kacang hijau yang memiliki kandungan gizi yang lengkap dan sangat berkhasiat bagi tubuh. Kandungan di dalam kacang hijau berfungsi untuk memperlancar metabolisme tubuh. Sehingga Anda dapat memiliki tubuh yang sehat dan menjalankan aktivitas sehari-hari dengan lancar.

5. Dapat Mencegah Penyakit Diabetes

Seperti yang kita ketahui, bahwa menderita penyakit diabetes dapat membuat Anda tidak dapat lagi mengonsumsi makanan yang disukai. Oleh sebab itu perlu adanya pencegahan agar terhindar dari penyakit tersebut.

Salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan kacang hijau sebagai makanan yang dapat mencegah diabetes. Hal ini karena manfaat kacang hijau bagi kesehatan sangatlah banyak.

Dengan mengonsumsi kacang hijau secara teratur maka Anda dapat terhindar dari diabetes, sebab kacang hijau memiliki sebuah zat anti diabetes yang alami.

6. Sebagai Antioksidan Alami

Manfaat kacang hijau bagi kesehatan yang lainnya yaitu dapat berfungsi sebagai antioksidan yang alami. Hal ini karena kacang hijau mengandung antioksidan yang tinggi. Sehingga dapat melindungi tubuh dari radikal bebas.

Perlu diketahui, dengan adanya antioksidan yang cukup dalam tubuh, maka antioksidan tersebut akan menangkal radikal bebas yang dapat merusak tubuh. Sehingga penyakit tidak akan mudah menyerang tubuh Anda.

7. Sebagai Sumber Energi Bagi Tubuh

Kacang hijau memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Oleh sebab itu dengan mengonsumsi bubur kacang hijau, Anda bisa betah beraktivitas tanpa sarapan. Nah, kandungan karbohidrat inilah yang menghasilkan energi yang dapat digunakan sehari-hari.

Terlebih lagi kandungan karbohidrat dalam kacang hijau merupakan kandungan karbohidrat yang alami. Sehingga dijamin aman dan berkhasiat. Bagi Anda yang ingin mengonsumsi kacang hijau sebaiknya dikonsumsi pada pagi hari sebelum melakukan aktivitas.

8. Menyehatkan Saraf

Beberapa penyakit berbahaya dapat muncul karena gangguan saraf. Penyakit ini misalnya stroke, amnesia, dan masih banyak lainnya. Oleh sebab itu perlu adanya peningkatan kesadaran manusia untuk mencintai dan merawat sarafnya sendiri.

Caranya cukup mudah kok, hanya dengan memanfaatkan kacang hijau maka Anda dapat memelihara saraf agar tetap baik. Dengan demikian maka saraf tubuh akan lebih rileks dan tidak tegang. Sehingga menghasilkan mood yang baik.

9. Membantu Memperlancar Produksi ASI

Seorang bayi dapat hidup dengan sehat jika asupan ASI yang cukup. Oleh sebab itu, bagi para Ibu yang baik, Anda harus memperhatikan produksi ASI apakah cukup atau tidak bagi sang buah hati.

Cara agar ASI yang diproduksi bisa banyak dan melimpah sangatlah mudah. Anda bisa memanfaatkan kacang hijau untuk membantu meningkatkan produksi ASI untuk bayi. Dengan mengonsumsi kacang hijau secara teratur maka dapat meningkatkan jumlah produksi ASI bagi ibu menyusui.

Hal ini dikarenakan dalam kacang hijau terdapat sebuah zat yang dapat merangsang tubuh untuk memproduksi ASI lebih banyak. Sehingga bayi Anda dapat tumbuh dan berkembang secara sempurna.

10. Mencegah Terjadinya Cacat Otak Pada Bayi

Manfaat kacang hijau bagi kesehatan yang sudah sangat terkenal adalah dapat mencegah terjadinya cacat otak pada bayi yang baru dilahirkan. Oleh sebab itu, bagi ibu yang sedang hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi kacang hijau. Hal ini bertujuan agar bayi yang dilahirkan tidak memiliki permasalahan dalam otaknya.

So, kini bagi Ibu hamil lebih seringlah mengonsumsi kacang hijau secara teratur. Sebab, hal ini sangat bermanfaat bagi perkembangan buah hati Anda. Jika bosan, Anda bisa mengolahnya lebih kreatif dengan dibuat berbagai menu olahan makanan.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat kacang hijau bagi kesehatan. Di antaranya adalah untuk menjaga kesehatan jantung, menjaga kesehatan kulit, menjadi anti kanker yang alami dan masih banyak lainnya.

Oleh sebab itu sering-seringlah mengonsumsi kacang hijau yang kaya akan manfaat ini. Harganya terjangkau kok, selain itu rasanya juga lezat dan cara mengolahnya juga mudah.

loading...

1 Komentar

  1. Ternyata minuman kacang hijau juga bermanfaat untuk mengatasi penyakit diabates atau kencing manis. Saya sering minum rebusan kacang hijau yang dibuat oleh menantu saya. Saya selalu ikut menikmatinya.

    Mengonsumsi ramuan obat tradisional memang sangat baik. Khasiatnya sangat nyata. Hanya perlu ketekunan dan tidak mudah bosan. Sebab, kerja obat herbal tidak seperti obat kimiawi/farmasi.

    Saya pernah jengkel saat berusaha menyembuhkan sakit maag. Berganti-ganti dokter, tidak pernah sembuh. Begitu obat dari dokter habis, 2 – 3 minggu kemudian maag muncul lagi.

    Untunglah, suatu hari ketemu teman lama. Saya pun cerita tentang maag saya. Dia beri saran untuk sering minum ramuan kunyit. Saya membuat sendiri ramuan itu. Setelah satu minggu minum ramuan kunyit, maag saya mulai sembuh.

    Kini saya berani lagi mengonsumsi makanan pantangan seperti makanan minum rasa asam, pedas, dsb. Terima kasih.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*