Inilah Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Jus Wortel Bagi Kesehatan Tubuh

manfaat jus wortel bagi kesehatan tubuh

Wortel merupakan jenis sayuran yang berwarna orange. Wortel juga dikenal di seluruh dunia memiliki kandungan vitamin A yang sangat tinggi, maka tak heran jika banyak orang yang menyukai wortel, bahkan dijadikan sebagai camilan favorit.

Salah satu cara untuk mendapatkan manfaat wortel adalah dengan cara dijadikan jus, dan memang hasilnya akan lebih enak. Manfaat jus wortel sendiri tentunya sangat banyak, baik untuk kesehatan tubuh ataupun kecantikan.

Dalam satu gelas jus wortel memiliki beberapa kandungan vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh. Dan bahkan dalam jumlah 100 gram jus wortel sudah dapat memenuhi beberapa kebutuhan gizi dan nutrisi harian tubuh.

loading...

Kandungan Nutrisi Dalam Wortel

Sebelum mengetahui manfaat jus wortel lebih lanjut, maka simak penjelasan berikut ini tentang kandungan gizi dalam wortel.

1. Kalori

Satu gelas jus wortel memiliki kandungan sekitar 80 kalori. Dimana tubuh anda membutuhkan sekitar 2000 kalori per harinya, sehingga manfaat jus wortel adalah untuk memenuhi kebutuhan kalori dalam tubuh sebesar 4%.

2. Vitamin A

Wortel merupakan sayuran yang mengandung vitamin A sangat tinggi. Satu gelas jus wortel memiliki kandungan vitamin A yang dapat memenuhi kebutuhan harian tubuh sekitar 340%, sehingga mengkonsumsi jus wortel setiap hari sangat direkomendasikan.

3. Kalium

Kalium merupakan elektrolit yang penting serta sangat dibutuhkan oleh tubuh. Dalam satu gelas jus wortel dapat memenuhi kebutuhan harian tubuh terhadap kalium sebesar 18%.

4. Zat Besi

Zat besi merupakan salah satu zat yang dibutuhkan oleh tubuh dalam menunjang kekuatan badan. Dimana dalam satu gelas jus wortel memiliki kandungan zat besi sekitar 1,1 miligram. Sehingga dapat memenuhi kebutuhan harian tubuh terhadap zat besi sebesar 14%.

5. Vitamin E

Selain memiliki kandungan vitamin A, jus wortel juga memiliki kandungan vitamin E yang baik bagi tubuh. Dimana dalam 100 gram jus wortel mengandung 0.3 miligram vitamin E. Manfaat jus wortel dengan vitamin E tersebut adalah untuk menjaga kesehatan sel tubuh.

6. Vitamin C

Dalam 100 gram jus wortel, mengandung sebanyak 3 miligram vitamin C yang berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Manfaat vitamin C pada wortel ini berperan untuk melindungi tubuh agar kebal terhadap serangan penyakit.

7. Vitamin B

100 gram jus wortel mengandung sebanyak 0.01 miligram vitamin B kompleks yang sangat baik untuk tubuh. Dengan kandungan vitamin B ini, maka manfaat jus wortel bagi kesehatan tubuh adalah untuk menjaga sistem saraf serta otak agar bekerja dengan baik.

Selain vitamin B kompleks, di dalam 100 gram jus wortel juga mengandung vitamin B2 dengan jumlah 0.02 miligram yang digunakan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan mata serta metabolisme dalam tubuh.

8. Lemak

Lemak adalah salah satu makronutien yang tidak boleh terlalu banyak diasup oleh tubuh. Sehingga dalam satu gelas jus wortel hanya mengandung lemak sebesar 0.7 gram saja.

9. Protein

Salah satu kalori yang diperlukan oleh tubuh adalah dari protein. Menurut MayoClinic, 10% hingga 35% menyatakan kalori harian tubuh berasal dari protein. Dalam satu gelas wortel hanya mengandung 1,3 gram yang merupakan sumber kalori rendah yang baik bagi tubuh.

10. Karbohidrat

Satu gelas jus wortel memilki kandungan karbohidrat sebanyak 19 gram.

Beberapa Manfaat Jus Wortel Bagi Kesehatan

Setelah mengetahui beberapa kandungan yang dimiliki oleh satu gelas jus wortel, maka berikut ini manfaat jus wortel yang baik bagi tubuh:

1. Meningkatkan Nafsu Makan

Ketika anda mengkonsumsi jus wortel 20 menit sebelum makan, maka bisa membantu merangsang cairan sekresi atau carian dalam sistem pencernaan. Dengan begitu maka dapat meningkatkan nafsu makan.

2. Melancarkan Sistem Pencernaan

Dalam satu gelas jus wortel juga mengandung serat larut yang berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan. Dengan demikian maka manfaat jus wortel bagi tubuh adalah mencegah atau mengatasi berbagai gangguan pencernaan seperti sembelit, diare dan perut kembung.

3. Meningkatkan Kesehatan Mata

Tentunya jus wortel sangat populer memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan mata. Bahkan ketika mendengar kata wortel, langsung akan berpikir tentang kesehatan mata. Hal ini memang wortel memiliki kandungan vitamin A serta beta karoten yang baik untuk tubuh.

Manfaat jus wortel ini adalah kandungan beta karoten di dalamnya ditemukan dapat terkonsentrasi pada retina. Sehingga senyawa ini bermanfaat untuk meningkatkan penglihatan.

Apalagi ketika malam hari, beta karoten ini akan berubah menjadi vitamin yang kemudian akan masuk ke retina menjadi rhodopsin atau semacam zat yang diperlukan untuk menunjang penglihatan di malam hari.

4. Mencegah Penyakit Kanker

Penyakit kanker tentunya merupakan penyakit yang berbahaya dan bisa mematikan. Sehingga anda perlu mengambil manfaat jus wortel sebagai pencegahan. Beberapa penelitian menyatakan bahwa jus wortel adalah untuk mengurangi risiko terkena penyakit kanker hingga 50%. Beberapa penyakit kanker yang bisa dicegah dengan jus wortel yaitu kanker prostat, kanker kemih, kanker rahim dan kanker usus besar.

Pencegahan terhadap penyakit kanker ini dikarenakan dalam jus wortel memiliki kandungan likopen, alpha-karoten, gamma-karoten, xanthophylis dan lutein.

5. Mengatur Kadar Gula Dalam Darah

Kandungan karatenoid pada jus wortel, membuat pakar kesehatan menyatakan bahwa manfaat jus wortel adalah untuk mengatur kadar gula dalam darah. Dengan hal tersebut maka dengan mengkonsumsi jus wortel secara rutin dapat mencegah terjadinya penyakit diabetes.

6. Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Salah satu manfaat jus wortel adalah melindungi sistem pernapasan dari infeksi. Bahkan kandungan vitamin A pada jus wortel dapat mengurangi risiko emphysema yang merupakan risiko paling besar untuk perok0k.

7. Meningkatkan Fungsi Hati

Dengan mengkonsumsi 2 hingga 3 gelas jus wortel setiap hari maka dapat mendetoksi liver. Dengan mengkonsumsi jus wortel dalam porsi tersebut, maka akan menetralkan racun pada empedu yang dibersihkan oleh tubuh.

8. Menjaga Kesehatan Kulit

Jika tubuh kekurangan vitamin A, maka bisa menyebabkan beberapa kerusakan seperti rambut, kuku dan kulit. Dengan kandungan vitamin A yang tinggi pada kulit maka manfaat jus wortel bagi kecantikan kulit dan rambut adalah untuk mengatasi psoriasis serta masalah kulit kering.

9. Memperkaya Laktasi

Pakar kesehatan menyatakan bahwa ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi jus wortel. Hal ini karena kandungan vitamin A dalam wortel yang tinggi akan membantu untuk memperkaya jumlah ASI.

Fakta Unik Seputar Wortel

Selain beberapa manfaat jus wortel bagi tubuh tersebut, anda perlu mengetahui beberapa fakta unik tentang wortel:

  • Banyak orang yang menjadikan wortel sebagai masker untuk diloleskan pada wajah yang digunakan untuk menghilangkan bekas luka dan noda hitam. Padahal manfaat jus wortel akan lebih baik jika dikonsumsi secara internal.
  • Dengan mengkonsumsi satu gelas atau sekitar 8 ons jus wortel lebih efektif diserap oleh tubuh. Selain itu perlu anda ketahui bawa mengkonsumsi jus wortel secara berlebihan tidak akan diserap oleh tubuh, bahkan akan membuat kulit menjadi kuning.
  • Bagi penderita diabetes, tidak dianjurkan mengkonsumsi jus wortel dalam jumlah banyak. Karena memiliki kandungan banyak gula alami.

Dengan banyaknya manfaat jus wortel bagi tubuh, membuat banyak pakar kesehatan menganjurkan seseorang harus mengkonsumsi jus wortel setiap harinya. Namun tentunya porsi dalam mengkonsumsi jus wortel harus sesuai aturan, yaitu satu gelas per hari atau 8 ons per hari.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*