51 Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Kulit

manfaat jeruk nipis bagi kesehatan dan kecantikan kulit

Jeruk nipis atau jeruk limau merupakan salah satu buah yang memberikan aksen rasa pada makanan. Bentuknya sedikit lebih kecil dari lemon dan tingkat keasamannya juga dibawah jeruk lemon. Pohon jeruk nipis ini bisa tumbuh sepanjang tahun di negara yang memiliki iklim tropis.

Buah jeruk nipis sangat kaya akan vitamin C dan memiliki sifat antibakteri dan antijamur. Vitamin C juga telah terbukti berkhasiat untuk mengurangi resiko terkena penyakit karena sifat antioksidan didalamnya sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Para pakar kesehatan membuktikan, manfaat minum air jeruk nipis hangat di malam hari sangat baik bagi kesehatan dan kesehatan kulit tubuh seperti mencegah obesitas, diabetes, penyakit jantung, mengobati maag, menghaluskan kulit, menyehatkan rambut, diet menurunkan berat badan, mengatasi jerawat dan masih banyak lagi yang lainnya.

loading...

Kandungan Dalam Jeruk Nipis

Departemen Pertanian AS pernah melakukan penelitian pada 1 buah jeruk nipis (sekitar 44 gram). Ada banyak kandungan yang terdapat didalamnya, seperti 11 kalori, 4 gr karbohidrat, 0 gr protein dan 22 % dari jumlah vitamin C harian yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Dan 1 sendok teh perasan jeruk nipis (1 gram) mengandung 1 kalori dan 4% vitamin C yang dibutuhkan tubuh.

Selain nutrisi yang disebutkan diatas, 1 buah jeruk nipis juga mengandung mineral yang sangat tinggi, seperti kalsium 15 mg, magnesium 5 mg dan kalium 80 mg. Ketiganya merupakan mineral yang sangat penting untuk menunjang kesehatan tubuh. Walaupun jumlah tersebut masih belum mencukupi kebutuhan mineral harian tubuh, setidaknya jeruk nipis juga ikut membantu agar tubuh tetap sehat.

kandungan jeruk nipis
Source http://www.bbc.co.uk

Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan Tubuh

Meskipun bentuknya kecil dan harganya murah meriah, jeruk nipis menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh karena mengandung nutrisi lengkap seperti vitamin C, vitamin A, zat besi, flavonoid dan asam folat.

1. Kesehatan Jantung

Ada sebuah study yang membuktikan bahwa air jeruk nipis dapat menurunkan kadar lemak di arteri koroner. Lemak ini merupakan indikator pemicu penumpukan plak yang dapat mengakibatkan penyakit kardiovaskular seperti jantung. Kadar vitamin C pada jeruk nipis juga berkhasiat untuk mencegah penyakit stroke.

2. Menurunkan Resiko Stroke

Mengkonsumsi buah jeruk nipis secara teratur dapat menurunkan resiko terkena penyakit stroke. Kadar gula darah tinggi di dalam tubuh dapat dicegah sehingga dapat menurunkan kolesterol jahat.

3. Menenangkan Pikiran

menenangkan pikiran
Source https://www.google.com

Tubuh yang beraktifitas seharian penuh akan mudah stress. Dengan mengkonsumsi air perasan air jeruk nipis yang dicampurkan ke dalam air hangat maka akan menyegarkan pikiran dan membuat otak rileks kembali. Kandungan zat didalamnya berfungsi dengan baik untuk mengembalikan fungsi organ tubuh yang letih setelah seharian bekerja.

4. Pencegahan Penyakit Asma

Resiko terkena penyakit asma dapat dicegah dengan mengkonsumsi salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, salah satunya adalah vitamin C yang banyak didapatkan pada jeruk nipis. Selain itu aroma minyak flavonoid dalam jeruk nipis mampu mengatasi rasa sesak dan mual.

5. Mengobati Radang Sendi

Kandungan asam sitrat pada jeruk nipis merupakan pelarut alami yang bersifat antiinflamasi. Jika tubuh kelebihan asam sitrat maka dapat menyebabkan radang sendi dan penyakit peradangan lainnya. Asam sitrat ini memompa asam urat agar ikut dalam air seni saat buang air kecil.

6. Menurunkan Demam

sakit demam
Source https://www.naukrinama.com

Fungsi alami dari vitamin C pada jeruk nipis ini dapat menurunkan suhu panas di dalam tubuh. Bila demam tinggi maka bisa mengkonsumsi jeruk lemon dan bila suhu demam sedang dan ringan maka jus jeruk nipis bisa menjadi obat alternatif agar demam kembali menurun.

7. Mengobati Gangguan Kemih

Jeruk nipis memiliki kandungan kalium yang sangat tinggi dan dapat berfungsi sebagai penghilang racun dalam ginjal dan kantong kemih serta dapat mengobati infeksi. Sistem diuretik akan berjalan normal karena racun dalam tubuh akan terbuah melalui enzim detoksifikasi.

8. Menurunkan Berat Badan

menurunkan berat badan
Source http://www.stylecraze.com

Bagi para pejuang diet sehat, air jeruk nipis bisa menjadi bahan pendukung untuk menurunkan berat badan hingga menjadi proporsional dan ideal. Jeruk nipis kaya akan vitamin C, potasium dan asam folat yang dapat mengurangi lemak di dalam tubuh dan mencegah obesitas.

9. Membakar Lemak

Kandungan asam sitrat (citric acid) pada jeruk nipis merupakan anti oksidan alami. Zat asam ini berguna untuk mengubah lemak menjadi energi agar tidak menumpuk dan menambah berat badan. Karena itu sangat cocok dikonsumsi oleh mereka yang sedang menjalankan program diet sehat.

10. Mempersehat Ginjal

Asam sitrat yang terdapat dalam jeruk nipis membantu mencegah terkena penyakit batu ginjal. Air perasan jeruk nipis atau buah lemon sangat berkhasiat untuk menjadikan ginjal tetap sehat dan berfungsi secara maksimal.

11. Mengobati Ambeien

Resepnya, siapkan akar pohon jeruk nipis lalu bersihkan. Rebus akar tersebut dalam 1 liter air selama setengah jam. Dinginkan dan saring airnya. Minum ramuan tersebut 3 kali sehari.

12. Mengobati Tubuh Yang Terkilir

Caranya adalah dengan membuat minyak urut dari air perasan jeruk nipis.

  1. Siapkan 3 buah jeruk nipis
  2. Masukkan ke dalam setengah gelas air panas
  3. Lalu tutup hingga rapat
  4. Tambahkan 2 sendok minyak kayu putih dan minyak gandapura
  5. Gunakan ramuan tersebut untuk memijat bagian tubuh yang terkilir

13. Untuk Ibu Hamil

ibu hamil
Source http://www.balancehealth.com.hk

Pada masa kehamilan, seorang ibu dituntut untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung nutrisi agar tubuh tidak mudah sakit. Salah satu bahan herbal yang cocok untuk ibu hamil tersebut adalah jeruk nipis karena mengandung kalsium dan asam folat.

14. Membantu Sistem Limpa

Limpa merupakan bagian penting untuk menunjang sistem kekebalan tubuh. Dengan mengkonsumsi air jeruk nipis setiap pagi maka sistem limpa akan bekerja lebih maksimal, yang berfungsi sebagai antibodi melawan bakteri yang masuk ke dalam tubuh.

15. Obat Batuk

sakit batuk
Source https://mavcure.com

Penderita batuk tidak berdahak biasanya mengalami rasa gatal di dalam tenggorokan. Dengan mengkonsumsi air perasan jeruk nipis ini membantu meredakan rasa gatal yang menimbulkan batuk tersebut.

  1. Ambil air perasan jeruk nipis
  2. Tambahkan gula batu atau kecap
  3. Aduk hingga rata
  4. Konsumsi setiap hari

16. Mengobati Panu

  1. Tumbuk halus akar landep
  2. Lalu tambahkan air jeruk nipis
  3. Aduk hingga merata
  4. Oleskan pada panu atau kurap

17. Mencegah Kanker

Mengkonsumsi perasan jeruk nipis secara rutin dapat menghindari resiko terkena penyakit kanker. Kanduangan zat flavonoid pada buah ini berperan penting untuk mencegah kerusakan sel di dalam tubuh. Selain itu, anti oksidan didalamnya berfungsi untuk menyeimbangkan kadar asam agar pertumbuhan sel kanker berkurang.

18. Memaksimalkan Kerja Otak

memaksimalkan kerja otak
Source http://www.halogensoftware.com

Kandungan magnesium dan potasium yang tinggi pada jeruk nipis mampu membut sistem otak bekerja maksimal. Air jeruk nipis ini menjadi asupan penting agar otak lebih fokus.

19. Memperlancar Haid

Bagi para wanita yang mengalami haid tidak teratur, bisa mencoba resep dibawah ini

  1. Siapkan 1 gelas air hangat
  2. Tambahkan 2 sendok perasan jeruk nipis dan 1 sendok madu
  3. Konsumsi 3 kali sehari agar haid bisa lancar

20. Mengobati Asam Urat

asam urat
Source http://www.belmarrahealth.com

Penyebab utama penyakit asam urat adalah terserangnya tubuh oleh radikal bebas, sehingga racun mudah masuk ke dalam tubuh. Jeruk nipis ini bisa dijadikan obat alternatif untuk mengurangi radikal bebas dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

21. Membunuh Bakteri

Ada beragam penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan virus, seperti malaria, kolera dan typus. Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis berkhasiat untuk membasmi bakteri tersebut dan tubuh pun akan terus sehat.

22. Membuang Racun Dalam Tubuh

Saat malam hari, tubuh akan bekerja penuh untuk mengeluarkan toksin atau racun. Dengan dibantu mengkonsumsi air jeruk nipis maka proses detoksifikasi tersebut akan bekerja secara maksimal. Anti oksidan didalamnya mampu menetralisir radikal bebas agar tubuh terbebas dari racun.

23. Menurunkan Kadar Kolesterol

menurunkan kadar kolesterol
Source http://www.breadmakerbargains.com

Mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung air perasan jeruk nipis juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat serta meningkatkan kadar kolesterol baik.

24. Meningkatkan Penyerapan Zat Besi

Tubuh yang kekurangan zat besi dapat dengan mudah terkena penyakit anemia. Dengan mencampur vitamin C pada makanan yang banyak mengandung zat besi, maka dapat memaksimalkan kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi yang berada didalamnya. Misalnya, memasukkan perasan jeruk nipis pada masakan bayam dan buncis yang kaya akan zat besi.

25. Mencegah Tumor

Jeruk nipis mengandung zat aktif naringenin yang berfungsi untuk mencegah tumbuhnya penyakit tumor di dalam tubuh manusia. Naringenin ini dapat memperbaiki dan menyehatkan DNA tubuh.

26. Mencegah Diabetes

mencegah diabetes
Source http://www.healthy-diet-healthy-you.com

Jeruk nipis dan jenis jeruk lainnya merupakan obat super ampuh untuk mengatasi diabetes. Kandungan serat larut yang tinggi pada jeruk nipis ini dapat mengatur penyerapan gula ke aliran darah. Serat ini dapat mencegah terjadinya lonjakan gula darah yang menyebabkan resiko penyakit diabetes.

27. Menetralkan Kadar pH

Sebagai makanan yang mengandung alkaline, jeruk nipis membantuk produksi molekul yang berfungsi sebagai penyeimbang kadar pH. pH ini merupakan tingkat keasaman tubuh yang dihasikan oleh makanan, seperti nasi, daging, kopi, dll. Anda bisa minum air jeruk nipis yang dicampur dengan air.

28. Mengurangi Stress

mengurangi stress
Source https://autodo.info

Tingginya kadar vitamin C pada jeruk nipis membantu mengurangi stress yang berlebihan, menjadikan energi lebih meningkat dan mengurangi kelelahan.

29. Membunuh Cacing Dalam Usus

Adanya cacing di dalam usus dapat mengurangi asupan nutrisi ke dalam tubuh. Cacing tersebut akan memakan sari-sari makanan yang kita konsumsi setiap hari. Air perasan jeruk nipis yang dicampur dengan air kelapa muda membantu mengeluarkan cacing tersebut dari dalam usus.

30. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Makanan yang tinggi akan vitamin C dan antioksidan juga bisa membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh melawan virus dan kuman yang menyebabkan flu, batuk, sariawan dan lainnya. Kandungan vitamin B6 pada jeruk nipis juga memperlancar kinerja sistem saraf agar imunitas tubuh tetap terjaga, sehingga tubuh tetap fit dan kuat mencegah datangnya penyakit.

31. Menyehatkan Mata

menyehatkan mata
Source http://www.health.com

Vitamin C bersifat antioksidan yang mampu menjaga mata agar terlindung dari kerusakan maupun penuaan. Dan kandungan flavonoid dalam jeruk nipis berfungsi untuk melindungi mata dari inveksi dan iritasi, sehingga kemampuan penglihatan akan semakin meningkat.

32. Melancarkan Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan yang tidak bekerja dengan baik dapat memicu gangguan kesehatan. Kandungan senyawa dalam jeruk nipis ini membantu untuk memaksimalkan kerja usus dan lambung agar terhindar dari gangguan sembelit dan diare. Dengan pencernaan yang lancar maka nutrisi yang diserap tubuh akan lebih efektif.

33. Mengobati Maag

sakit maag
Source http://www.healthline.com

Ada yang beranggapan bahwa penderita maag tidak boleh mengkonsumsi makanan yang asam. Itu salah, padahal air jeruk nipis ini dapat meringankan ras nyeri pada lambung yang diakibatkan oleh maag. Konsumsilah air jeruk yang dicampur air sesaat sebelum makan.

34. Mencegah Sembelit

Perumpamaannya seperti asam yang mampu membersihkan kerak pada keramik, asam sitrat juga mampu menghilangkan kotoran dalam sistem pencernaan. Sembelit dapat teratasi karena jeruk nipis mampu mendorong makanan ke arah bawah (gerakan peristaltik). Bagi Anda yang mengalami sembelit maka konsumsilah air perasan jeruk nipis yang ditambah garam.

35. Obat Sakit Gigi

  1. Siapkan air perasan jeruk nipis
  2. Campurkan garam, akar kecubung hitam dan legetan warak
  3. Berkumurlah dengan racikan tersebut hingga 5 kali sehari

36. Mengobati Amandel

  1. Siapkan beberapa jeruk nipis
  2. Potong dan kupas kulitnya
  3. Rebus dengan air hingga mendidih
  4. Gunakan sebagai obat kumur-kumur secara rutin

37. Mengobati Inveksi Tenggorokan

  1. Ambil 1 sendok perasan jeruk nipis
  2. Campurkan dengan segelas air hangat
  3. Tambahkan 1 sendok madu
  4. Konsumsi secara rutin setiap hari

38. Mengencerkan Dahak

Batuk yang tidak berdahak seringkali membuat tenggorokan gatal dan sangat mengganjal. Agar dahak tersebut bisa encer maka konsumsilah jeruk nipis yang dicampur garam dan madu. Konsumsilah secara teratur.

Pada intinya kesehatan tubuh akan terus terjaga dengan baik jika kita sering mengkonsumsi ari jeruk nipis secara teratur. Berbagai penyakit yang membahayakan tubuh dapat dicegah dan dihilangkan dengan beragam kandungan yang terdapat dalam jeruk nipis tersebut.

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan

Pembahasan manfaat jeruk nipis yang satu ini sangat cocok untuk para kaum wanita. Khasiat jeruk nipis bagi kecantikan kulit sangatlah banyak. Simak selengkapnya.

39. Kulit Sehat

kulit sehat
Source http://www.dnaindia.com

Vitamin C yang dikonsumsi dalam bentuk original (bukan suplemen) juga dapat menjaga kulit dari sinar matahari dan polusi, mengurangi keriput dan memperbaiki tekstur kulit. Asupan vitamin C juga dapat memelihara kolagen yang dibutuhkan kulit dan rambut. Kandungan flavonoid pada jeruk nipis juga berfungsi sebagai antibiotik dan antikuman.

Wajah kusam karena terkena sengatan sinar matahari, polusi, debu dan kotoran juga dapat teratasi dengan jeruk nipis. Ini disebabkan kandungan AHA (alpha hydroxy acids) dan vitamin C pada jeruk nipis memiliki kemampuan mencerahkan kulit. Kandungan AHA ini juga banyak ditemukan pada beberapa kosmetik pencerah wajah.

40. Membersihkan Noda Hitam Di Kulit

Terkadang pada kulit tubuh terdapat bintik-bintik hitam yang disebabkan oleh sel kulit mati. Buah jeruk nipis ini berfungsi untuk memudarkan bintik gelap tersebut. Berikut resepnya :

  1. Siapkan kapas yang bersih
  2. Balurkan air jeruk nipis pada kapas
  3. Gosokkan pada kulit gelap dan biarkan selama 20 menit
  4. Hindari kontak langsung terkena paparan sinar matahari.

41. Menghilangkan Bekas Jerawat

menghilangkan bekas jerawat
Source https://www.acne.com/

Jerawat sering muncul pada kulit yang berminyak. Timbulnya jerawat pada wajah dikarenakan adanya minyak yang tersumbat pada pori-pori wajah. Selain itu, bakteri dan kotoran yang menumpuk pada pori-pori juga dapat menyebabkan terkena jerawat yang kemerahan.

Jika jerawat dibiarkan maka akan menimbulkan flek hitam atau bopeng pada wajah. Cara ampuh menghilangkan bekas jerawat pada wajah tersebut adalah dengan mengoleskan air jeruk nipis yang dicampur dengan madu pada wajah. Sifat antibiotik dan antibakteri pada buah jeruk ini dapat dengan mudah mencegah timbulnya jerawat.

42. Menghilangkan Wajah Berminyak

Kulit wajah sangat rentan terhadap polusi udara dan menyebabkan wajah berminyak. Perlu perawatan yang ekstra agar wajah tampak lebih segar dan cerah. Namun jangan khawatir, Anda bisa menggunakan masker wajah dari jeruk nipis untuk menghilangkan minyak pada wajah tersebut

  1. Siapkan 1 buah jeruk nipis, lalu potong menjadi 2 bagian
  2. Oleskan potongan tersebut pada wajah hingga merata
  3. Biarkan selama 10 menit agar bisa menyerap pada pori-pori kulit
  4. Bilas dengan air hingga bersih
  5. Tidak disarankan pada kulit luka agar tidak menimbulkan iritasi

43. Mencegah Penuaan Dini

Tingginya produksi melanin pada kulit dapat menyebabkan keriput dan timbul bintik-bintik gelap. Untuk menghambat produksi melanin tersebut maka anda bisa menggunakan air jeruk nipis di campur madu dan digunakan sebagai masker wajah.

44. Mengencangkan Pori-Pori

Sifat astringen pada jeruk nipis dapat mengencangkan otot dan pori-pori. Itulah alasan mengapa banyak produk kecantikan dan perawatan kulit yang memakai bahan jeruk nipis. Manfaat jeruk nipis ini juga berfungsi untuk mengurangi produksi minyak pada wajah agar terlihat lebih cerah dan segar.

45. Menghilangkan Sel Kulit Mati

Kandungan asam sitrat dalam jeruk nipis juga berkhasiat untuk membuang sel kulit mati dan meregenerasi dengan sel kulit yang masih baru. Kulit wajah akan terlihat lebih sehat dan fresh.

46. Menjaga Kelembaban Kulit

Caranya adalah menggunakan masker putih telur yang dicampur dengan perasan jeruk nipis. Gunakan 2 kali dalam seminggu secara rutin agar kulit wajah terus lembab dan tidak kering.

47. Menyehatkan Rambut

rambut sehat
Source http://www.stylecraze.com

Bagi Anda yang mengalami masalah pada rambut seperti rambut rontok, botak, rambut bercabang dan rambut mulai menipis maka bisa memanfaat jeruk nipis sebagai terapi. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam jeruk nipis mampu membuat rambut tumbuh sehat.

48. Rambut Berkilau

Tidaklah heran jika banyak produk shampoo yang bahan dasarnya menggunakan jeruk nipis. Salah satu khasiat jeruk nipis tersebut adalah untuk menjadikan rambut berkilau. Cara pakainya adalah dengan mengambil air perasan jeruk nipis lalu campurkan dengan madu dan minyak zaitun. Gunakan campuran tersebut 1 jam sebelum keramas.

49. Mencerahkan Rambut

Salah satu bahan alami sebagai alternatif untuk membuat rambut tampak cerah dan indah adalah menggunakan air perasan jeruk nipis pada pagi hari lalu jemur pada sinar matahari selama 1 jam.

50. Menghilangkan Ketombe

menghilangkan ketombe
Source https://www.gentlemansgazette.com

Bagi yang bermasalah dengan ketombe pada rambut maka gunakanlah treatment air jeruk nipis yang dicampurkan pada air hangat. Kemudian diamkan beberapa saat dan bilas hingga bersih. Gunakan metode ini secara teratur agar ketombe tidak lagi bersarang di rambut.

51. Menghilangkan Bau Badan

  1. Belah jeruk nipis menjadi 2 bagian
  2. Oleskan kapur sirih pada irisan tersebut
  3. Oleskan pada kulit yang mengeluarkan bau tak sedap, seperti ketiak
  4. Diamkan selama 5 menit, lalu bilas hingga bersih

Efek Samping Jeruk Nipis

Iritasi Kulit

Bagi yang memiliki kulit sensitif, pengaplikasian jeruk nipis langsung ke kulit akan merasakan rasa perih dan kulit terasa terbakar.

Sakit Perut

Mengkonsumsi jeruk nipis secara berlebihan dapat membuat saluran pencernaan mengalami iritasi, hingga akhirnya akan membuat sakit perut.

Migren

Kandungan asam pada jeruk nipis dapat memompa aliran darah ke dalam otak, sehingga dapat menimbulkan sakit kepala atau migren.

Sering Buang Air Kecil

Melakukan terapi pengobatan menggunakan jeruk nipis akan mengakibat sering buang air kecil. Biasanya ini terjadi jika mengkonsumsi jeruk nipis secara berlebihan.

Hemokromatosis

Minum air perasan jeruk nipis secara berlebih dapat meningkatkan asupan zat besi pada pencernaan. Bila melebihi batas wajar maka akan menyebabkan gangguan hemokromatosis.

efek samping jeruk nipis
Source http://www.michelobultra.com/

Tips Mengkonsumsi Jeruk Nipis

  1. Pilihlah jeruk nipis yang berwarna hijau terang, jangan yang kering dan lembek
  2. Hindari tempat penyimpanan jeruk nipis yang terkena paparan sinar matahari
  3. Simpanlah jeruk nipis dalam wadah plastik agar terjaga kualitasnya
  4. Agar mendapatkan hasil yang maksimal dari manfaat jeruk nipis yang disebutkan diatas maka minumlah air perasan jeruk nipis di pagi hari, di saat Anda belum mengkonsumsi apapun. Memang kelihatan agak susah, namun jika sudah terbiasa maka tubuh akan terasa sehat dan kecantikan wajah akan lebih mempesona.
  5. Atau anda bisa mencoba membiasakan minum air jeruk nipis hangat di malam hari sebelum tidur

Itulah beberapa khasiat dan manfaat jeruk nipis bagi kesehatan dan kecantikan tubuh. Minumlah secara teratur agar kesehatan tubuh tetap terjaga dengan baik.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*