Manfaat Jeruk Lemon Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

manfaat jeruk lemon bagi kesehatan dan kecantikan

Mungkin Anda tidak suka mengkonsumsi air lemon karena rasanya yang masam. Tapi asal Anda tau, bahwasanya jeruk lemon memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh, mulai dari mencegah beragam penyakit hingga menurunkan berat badan.

Kecil-kecil si cabe rawit, begitulah kiranya untuk menggambarkan akan beribu manfaat jeruk lemon bagi tubuh. Didalamnya terdapat beberapa senyawa yang penting bagi tubuh, seperti asam folat, vitamin C, zat besi dan vitamin A.

Tidak ada salahnya jika Anda mencoba mengkonsumsi perasan lemon yang dicampur dengan air hangat. Minumlah setiap pagi hari saat baru bangun tidur. Dan kemudian rasakan manfaatnya dalam beberapa hari.

Manfaat Buah Lemon Bagi Kesehatan

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Seperti halnya jenis buah jeruk yang lainnya, lemon juga menjadi sumber vitamin C yang sangat tinggi. Manfaat vitamin C pada buah lemon dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar terlindung dari serangan virus dan bakteri.

Jika air perasan jeruk lemon dicampur dengan segelas air hangat maka ini akan membantu memaksimalkan penyerapan zat besi yang didapat dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Zat besi disini juga berfungsi agar sistem imun tubuh bisa lebih baik.

2. Mengatasi bahaya radikal bebas

Efek buruk radikal bebas bagi kesehatan tubuh perlu diwaspadai dan dicegah sejak dini. Radikal bebas menjadi pemicu tumbuhnya sel kanker serta dapat menyebabkan kerusakan pada organ tubuh.

Salah satu cara melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas adalah dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung antioksidan, salah satunya adalah buah lemon. Senyawa antioksidan pada lemon ini dapat menangkal radikal bebas yang tersebar pada polusi, bahaya sinar matahari dan lingkungan.

3. Menyeimbangkan pH di dalam tubuh

Jika kadar pH yang terdapat pada tubuh seseorang itu terlalu rendah maka ini dapat menyebabkan penyakit asam lambung dan asam urat. Manfaat jeruk lemon disini adalah bersifat alkalinic, yaitu dapat menyeimbangkan kadar pH yang ada di dalam tubuh.

Peradangan yang disebabkan oleh penyakit asam urat dapat dikurangi dengan mudah karena lemon juga bersifat basa. Jika dikonsumsi secara berkelanjutan maka organ di dalam tubuh akan berfungsi dengan baik.

4. Menurunkan berat badan

Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan secara aman dan tanpa efek samping maka pakailah air perasan jeruk lemon. Senyawa yang terdapat di dalam lemon dapat memperlancar sistem metabolisme di dalam tubuh.

Selain dijadikan minuman diet alami, lemon juga dapat mengurangi nafsu makan. Silahkan konsumsi ekstrak lemon yang dicampur dengan madu dan air. Minum 2 kali setiap hari, yaitu pada pagi hari dan malam.

5. Mencegah stroke

Ada banyak sekali manfaat vitamin C pada buah lemon. Seperti melancarkan peredaran darah, mengurangi kadar kolesterol jahat, menurunkan tekanan darah tinggi sehingga kita akan terhindar dari penyakit stroke.

Jeruk lemon juga memiliki kemampuan untuk mencegah serangan jantung. Senyawa pada lemon bekerja memperlebar pembuluh darah sehingga sirkulasi peredaran darah akan lancar.

6. Mencegah asma

Ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwasanya orang yang sering mengkonsumsi vitamin C akan terbebas dari penyakit sesak nafas atau asma. Dengan mencukupi asupan kebutuhan vitamin C yang didapatkan dari buah lemon maka asma dapat dicegah.

Setidaknya konsumsi minimal 1 gram vitamin C setiap hari agar tubuh benar-benar sehat dan penyakit asma pun tidak akan menyerang.

7. Menyehatkan sistem pencernaan

Lemon juga memiliki peranan yang sangat baik bagi sistem pencernaan. Buah jeruk lemon dapat meningkatkan gerakan peristaltik di dalam perut. Salah satu fungsinya adalah untuk mencegah penyakit semberlit

Proses pembungan sisa-sisa yang terdapat di dalam pencernaan akan semakin lancar dan membantu mengatasi gangguan pencernaan, seperti sakit perut, mual dan yang lainnya. Cukup konsumsi lemon dengan air hangat setiap pagi.

8. Mengobati hipertensi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi juga bisa diatasi dengan jeruk lemon. Di dalam lemon terdapat kandungan kalium yang hampir setara dengan jumlah kalium pada buah pisang. Manfaat kalium pada lemon berfungsi untuk menstabilkan tekanan darah.

Dengan senyawa tersebut, lemon juga berguna untuk mengatasi mual, pusing. menghilangkan stres dan depresi.

9. Mencegah kanker

Semua jenis penyakit kanker sangatlah berbahaya bagi tubuh. Oleh karena itu sebaiknya kita harus mengatasinya sejak dini. Ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa kegunaan lemon dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, seperti kanker usus, kanker paru-paru dan yang lainnya.

Dan bahkan ada pakar kesehatan yang menyatakan bahwa peranan jeruk lemon untuk menghancurkan sel kanker jauh lebih efektif bila dibandingkan dengan kemoterapi.

10. Menjaga hati

Buah lemon juga dapat membantu proses pembuangan racun di dalam tubuh. Kandungan asam sitrat pada lemon berkhasiat untuk memaksimalkan proses detoksifikasi tubuh melalui saluran air kemih.

Anda bisa mengkonsumsi air perasan jeruk lemon hangat di malam hari menjelang tidur, karena biasa proses detoksifikasi ini bekerja secara maksimal pada malam hari saat kita sedang tidur.

11. Menyehatkan usus

Di jaman yang semakin modern ini, banyak pola hidup tak sehat yang sering diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu contohnya adalah sering mengkonsumsi makanan cepat saji atau junk food.

Terlalu sering mengkonsumsi makanan cepat saji sangat tidak baik tubuh, seperti timbulnya masalah pada organ usus besar. Seperti mual, sakit perut, nyeri sendi dan lainnya. Penyebabnya tidak lain dikarenakan junk food tersebut sangat rendah kandungan gizi, nutrisi dan seratnya.

Peranan air perasan lemon adalah dapat meningkatkan kontraksi otot usus agar semakin lancar, sehingga sisa limbah dan racun yang terdapat di dalam usus akan cepat dikeluarkan dair dari dalam pencernaan.

Artikel Terkait : Cara Membuat Infused Water Lemon Agar Tidak Pahit

Manfaat Lemon Bagi Kecantikan

1. Membantu memutihkan gigi

Khasiat jeruk lemon yang selanjutnya adalah sebagai pemutih gigi alami. Di dalam lemon terdapat beberapa senyawa yang ampuh memutihkan gigi dengan cepat, seperti kalsium, natrium bikarbonat dan zat asam.

Caranya adalah campurkan air perasan lemon dengan bakin soda secukupnya. Aduk sampai membentuk pasta kemudian oleskan pada gigi dan diamkan selama 1 menit. Setelah itu berkumur-kumur sampai bersih.

Namun yang perlu diingat, jangan terlalu sering mencoba cara ini karena senyawa asam pada buah lemon juga dapat merusak email gigi.

2. Mengatasi bibir pecah-pecah

Tipikal kulit pada bibir jauh lebih tipis bila dibandingkan dengan kulit tubuh. Kulit bibir juga mudah kering dan pecah-pecah. Tidak lain penyebabnya dikarenakan bertumpuknya sel kulit mati pada bibir tersebut.

Cara melembabkan bibir agar tidak kering dan pecah-pecah maka oleskan irisan jeruk lemon pada kulit bibir dan biarkan selama 3 menit. Setelah itu bilas sampai bersih. Lakukan perawatan bibir dengan lemon ini setiap hari secara rutin.

3. Mengatasi ketombe dan rambut rontok

Akar rambut yang rapuh dapat menyebabkan terjadinya rambut rontok. Begitu juga dengan ketombe, ini disebabkan karena adanya jamur yang berkembang pada bagian kulit kepala. Untuk mengatasi rambut rontok dan ketombe maka Anda bisa menggunakan lemon sebagai treatment.

Caranya adalah dengan mengoleskan air lemon pada kulit kepala secara menyeluruh. Berikan pijatan lembut dan diamkan selama 10 menit. Terakhir, keramas seperti biasanya dan gunakan shampoo agar bisa bersih sempurna.

Peranan lemon disini tidak lain dikarenakan senyawa dimonene yang terkandung didalamnya. Zat tersebut memiliki sifat anti jamur dan dapat menguatkan akar rambut.

4. Mengatasi jerawat

Buah lemon juga memiliki sifat antibakteri yang dapat mencegah timbulnya jerawat serta mengatasi jerawat pada wajah. Senyawa di dalam lemon berkhasiat untuk membersihkan pori-pori kulit yang tersumbat serta mengatasi peradangan pada kulit yang ditimbulkan oleh jerawat.

Caranya cukup mengoleskan air perasan buah lemon pada wajah dan leher secara merata. Lakukan setiap hari hingga jerawat membandel benar-benar hilang.

Baca Juga : Manfaat Masker Kulit Jeruk Untuk Kecantikan Wajah

5. Mencerahkan kulit

Bila Anda menginginkan kulit yang putih, cerah dan bersih maka cobalah memanfaatkan jeruk lemon sebagai perawatan kulit. Di dalam lemon terdapat kandungan vitamin C yang berfungsi untuk meningkatkan produksi kolagen.

Manfaat zat kolagen bagi kulit sangatlah banyak. Diantaranya adalah untuk menghilangkan kerutan halus, membersihkan sel kulit mati, memutihkan kulit dan meremajakan kesehatan kulit secara umum.

Cara menggunakannya sangatlah mudah, tinggal belah jeruk lemon menjadi 2 bagian dan kemudian oleskan pada wajah dan area kulit lainnya. Diamkan selama 10 menit dan terakhir bilas dengan air hangat. Treatment dengan lemon ini sangat ampuh menghilangkan noda hitam pada kulit.

Setelah Anda mengetahui beragam khasiat lemon yang disebutkan diatas, apakah Anda tertarik mengkonsumsi jeruk lemon setiap hari? Silahkan buktikan sendiri di rumah.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*