Beragam Manfaat Gula Pasir Untuk Perawatan Kecantikan Kulit

manfaat gula pasir untuk perawatan kecantikan kulit

Sudah jelas manfaat gula pasir adalah sebagai pemanis makanan dan minuman. Ya, sebuah minuman jika tidak diberi gula maka akan hambar, bahkan ada yang pahit. Gula pada makanan juga berfungsi sebagai bahan pemanis, di samping itu, gula berperan sebagai pengawet makanan.

Contohnya saja pada manisan buah, dengan mengolahnya bersama gula, maka buah tersebut tidak akan busuk, bahkan bisa bertahan hingga seminggu dua minggu. Namun tahukah Anda apa manfaat gula pasir selain sebagai pemanis?

Manfaat gula selain sebagai pemanis adalah untuk menyehatkan kulit terutama kulit wajah. Gula pasir yang dicampur dengan beberapa bahan alami seperti perasan jeruk nipis atau lemon, minyak zaitun, dan madu bisa dijadikan scrub wajah yang mampu memutihkan kulit wajah Anda.

loading...

Membuat Scrub Wajah Dari Gula Pasir

Lantas, bagaimana cara membuat scrub gula pasir itu sendiri? Di bawah ini ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan dalam pembuatan scrub gula pasir.

  1. Langkah pertama siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang dibutuhkan, meliputi gula pasir setengah gelas, perasan jeruk nipis setengah gelas kecil, minyak zaitun cukup 1 sendok, ditambah 1 sendok madu murni, dan mangkuk ukuran sedang sebagai wadah.
  2. Masukkan perasan jeruk nipis, minyak zaitun, dan madu ke dalam mangkuk yang sudah disiapkan.
  3. Campur bahan-bahan tersebut, aduk hingga rata. Masukkan setengah gelas gula pasir dan campur kembali.
  4. Jika sudah tercampur dengan rata dan sudah cukup kental, maka scrub gula pasir tersebut bisa langsung digunakan.

Nah setelah scrub gula pasir siap dipakai, perhatikan pula cara-cara pemakaiannya sebagai berikut:

  1. Bersihkan wajah Anda dengan air bersih, alangkah lebih baiknya gunakan air hangat. Hal ini dimaksudkan untuk membuka pori-pori wajah dan dengan begitu kotoran yang menyelip di pori-pori akan mudah terangkat.
  2. Keringkan wajah menggunakan handuk lembut dan bersih.
  3. Oleskan scrub gula pasir ke seluruh permukaan wajah Anda.
  4. Pijat lembut menggunakan jari-jari Anda dengan gerakan memutar.
  5. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air hingga bersih, bila perlu gosokkan es batu pada wajah Anda setelah dibilas. Hal ini membuat pori-pori wajah menutup kembali sehingga tidak ada kotoran yang menyelip masuk ke pori wajah Anda.

Lakukan perawatan wajah sederhana ini satu minggu sekali agar mendapat kulit wajah yang cerah, bersih, dan sehat.

Manfaat Gula Pasir Untuk Kecantikan

Selain sebagai scrub yang membersihkan wajah, manfaat gula pasir yang lainnya juga bisa Anda rasakan. Apa saja manfaatnya? Yuk simak ulasan berikut ini.

1. Mengatasi Bibir Kering

Jika bibir Anda kering, jangan biarkan hal tersebut berlanjut, rawatlah hingga bibir lembab kembali. Nah, salah satu caranya yakni dengan menggunakan gula pasir. Ini juga berfungsi untuk menjadi bibir merah merekah.

Mula-mula campurkan 1 sendok gula pasir dengan 1 sendok madu pada suatu wadah. Setelah mengental seperti pasta, tambahkan setengah sendok minyak zaitun dan aduk kembali hingga tercampur.

Oleskan campuran bahan-bahan tersebut pada bibir kering Anda, diamkan selama 1 menit saja kemudian bilas. Cukup simple bukan? Tidak membutuhkan banyak waktu. Pemakaian ini sebaiknya dilakukan secara rutin, yakni setiap malam hari sebelum tidur.

Baca Juga : Cara Mengatasi Agar Bibir Tidak Kering Dengan Mudah

2. Mengangkat Sel Kulit Mati

Ya, manfaat gula pasir selanjutnya yakni untuk mengangkat sel kulit mati. Bagaimana caranya? Tidak perlu cara yang ribet untuk mengangkat sel kulit mati pada wajah Anda, cukup gunakan 2 sendok gula pasir yang diberi air hangat 3 sendok.

Oleskan air gula tersebut pada wajah Anda, lakukanlah pijatan ringan dengan gerakan memutar. Setelah merata ke seluruh permukaan wajah, bilaslah dengan air atau bersihkan dengan handuk yang sudah direndam air hangat.

3. Membuat Lipstik Tahan Lama

Ada beberapa produk atau merk lipstick yang tahan lama, namun ada pula lipstick yang cepat pudar. Nah, cara mengatasi lipstick yang cepat pudar itu adalah dengan menggunakan gula pasir.

Bagaimana langkahnya? Taburkan saja gula pasir pada bibir yang telah menggunakan lipstick, diamkan kurang lebih 3 menit, kemudian bersihkan gula pasir tersebut menggunakan jari.

4. Menghaluskan Tumit

Tumit yang kasar dan pecah-pecah menjadi keluhan banyak orang, khususnya perempuan yang ingin selalu tampil cantik.

Nah, Anda dapat mengatasi permasalahan ini dengan cara yang cukup mudah, yakni dengan mencampur gula pasir dan minyak zaitun dengan takaran yang sama. Aduk sampai tercampur dan membentuk seperti pasta.

Gosokkan campuran tersebut ke tumit Anda atau telapak kaki, biarkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah 15 menit, cucilah kaki Anda dengan air hangat.

5. Menghilangkan Bulu

Ada beberapa orang yang menganggap bulu di bagian tangan atau kaki adalah suatu masalah. Banyak cara yang dilakukan untuk menghilangkan bulu tersebut, salah satunya dengan waxing.

Nah, manfaat gula pasir selanjutnya adalah menghilangkan bulu sebagai pengganti cara waxing. Anda hanya perlu mencampur 3 sendok gula pasir dengan sedikit perasan lemon dan air putih seperempat gelas. Panaskan bahan-bahan tersebut dengan api kecil sambil aduk hingga mengental.

Oleskan campuran tersebut dalam keadaan masih hangat pada bagian kaki atau tangan yang berbulu. Tempelkan kain kasa di atas olesan tadi, kemudian biarkan beberapa menit.

Setelah itu, tarik kain kasa dengan cepat agar tidak begitu terasa sakit. Bulu-bulu pada kulit Anda akan terangkat bersama kain kasa tersebut.

6. Anti Aging

Siapa sangka gula pasir ternyata bisa mencegah penuaan dini tanpa harus mengonsumsinya. Jika selama ini Anda membeli berbagai produk mahal untuk mencegah penuaan dini, kini tidak perlu lagi mengeluarkan banyak uang demi kecantikan wajah.

Ya, karena gula pasir memberi manfaat lebih untuk kecantikan wajah Anda. Bagaimana caranya? Buatlah gula pasir menjadi scrub gula dengan langkah-langkah yang sudah tetulis di atas tadi. Dengan begitu, garis-garis halus dan keriput tidak akan ada lagi di wajah Anda.

7. Mencerahkan Kulit

Hal ini sudah terbukti, manfaat gula pasir yakni untuk mencerahkan kulit karena dengan membuat scrub gula, maka wajah Anda menjadi lebih bersih, sel kulit mati akan terangkat dan terjadi regenerasi kulit. Dengan begitu kulit yang tadinya kusam, akan menjadi bersih, cerah, dan putih.

Banyak sekali bukan manfaat gula pasir untuk kulit? Ternyata gula tidak hanya digunakan untuk masak-memasak saja, namun juga dalam hal merawat kulit khususnya kulit wajah. Dengan menggunakan gula maka Anda tak perlu pergi perawatan dan mengeluarkan banyak uang untuk melakukan itu.

Cukup dengan menggunakan gula pasir dengan beberapa campuran dan melalui beberapa langkah seperti yang sudah dijelaskan di atas, maka kulit bersih, cerah, mulus akan Anda dapatkan. Selain itu gula pasir juga bisa membantu melembabkan bibir, menghaluskan tumit, menghilangkan bulu, serta membuat lipstik lebih tahan lama.

Manfaat tersebut bisa Anda dapat jika scrub gula pasir atau pelembab dari gula pasir diaplikasikan pada kulit atau bagian tubuh tertentu secara rutin. Hasilnya pun akan lebih optimal dengan cara ini. Jadi, kapan Anda mulai menggunakan gula pasir untuk merawat kulit dan anggota tubuh lainnya?

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*