Ternyata Manfaat Daun Sirsak Untuk Asam Urat Memang Terbukti Berkhasiat

manfaat daun sirsak untuk asam urat

Asam urat merupakan penyakit yang sering melanda kaum manula, namun siapa sangka penyakit ini juga dapat menyerang kaum muda. Untuk itu, Anda dihimbau berhati-hati dan tetap menerapkan pola hidup sehat.

Penyakit ini sering dianggap sepele karena rasa nyeri yang timbul dapat sembuh dengan sendirinya, tentu saja Anda tetap harus waspada karena penyakit ini dapat bertambah parah dan bisa mengakibatkan penyakit ginjal.

Salah satu bahan alami yang dapat membantu Anda dalam membasmi penyakit yang satu ini adalah dengan menggunakan olahan daun sirsak. Selain berfungsi sebagai obat, daun sirsak juga dapat menyehatkan tubuh dan membantu menurunkan berat badan secara efektif.

Gejala Penyakit Asam Urat

Nah, sebelum membahas mengenai manfaat daun sirsak untuk asam urat, alangkah lebih baik jika Anda mengerti apa saja gejala dari penyakit ini terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa diantaranya:

  • Persendian terasa nyeri disertai linu, ngelu dan kesemutan
  • Terjadi pembengkakan dan peradangan pada persendian yang mengakibatkan area persendian menjadi berwarna merah
  • Biasanya rasa nyeri akan muncul saat akan tidur ataupun bangun tidur
  • Jika asam urat sudah dalam kondisi yang parah, maka persendian akan terasa sakit saat digerakkan.

Penyebab Timbulnya Asam Urat

Sebenarnya penyakit asam urat ini tidak timbul secara tiba-tiba, melainkan ada beberapa penyebabnya, seperti yang akan dipaparkan berikut ini:

1. Jenis Kelamin

Umumnya jenis kelamin mempengaruhi timbulnya penyakit ini. Kaum laki-laki cenderung memiliki resiko lebih tinggi untuk menderita penyakit ini karena tidak ada hormon yang dapat membantu mengurangi kadar asam urat di dalam tubuh.

Berbeda dengan wanita yang memiliki hormon progesteron yang dapat membantu membuang asam urat melalui ginjal. Biasanya kaum pria akan mengalami peningkatan asam urat saat masa pubertas.

2. Faktor Usia

Tak dapat dipungkiri bahwa usia memang dapat mempengaruhi seseorang untuk terkena penyakit ini. Jika seseorang sudah memasuki usia lanjut biasanya akan mudah untuk terserang penyakit ini.

3. Obat Tertentu

Siapa sangka bahwa obat tertentu ternyata dapat memicu penyakit asam urat. Obat tersebut adalah aspirin, cyclosporine, thiazide ciacin, dan levodopa.

4. Diet

Diet yang dilakukan seseorang biasanya akan memicu timbulnya asam urat karena makanan yang dikonsumsi cenderung mengandung zat purin. Zat ini dipercaya dapat meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh.

5. Mengonsumsi Alkohol Berlebihan

Mengonsumsi alkohol secara rutin juga dapat memicu timbulnya penyakit asam urat. Jadi, sebaiknya Anda hindari mengonsumsi alkohol yang sangat merugikan bagi tubuh.

6. Berkaitan Dengan Penyakit Lain

Penyakit asam urat dapat dipicu oleh penyakit lain diantaranya hipertensi, obesitas, gangguan tiroid, diabetes, anemia, psoriasis kulit dan gangguan ginjal. Jadi, Anda patut untuk mewaspadainya.

Manfaat Daun Sirsak Untuk Mengobati Asam Urat

Nah, jika Anda sudah terlanjur terkena penyakit asam urat, maka manfaat daun sirsak untuk asam urat perlu untuk Anda terapkan karena dijamin aman dan juga murah. Bagaimana caranya? Yuk simak informasi menarik berikut ini:

  • Ambillah daun sirsak sekitar 6 sampai 10 lembar, kemudian bersihkanlah dengan menggunakan air yang mengalir sampai debu dan kotoran tidak lagi menempel.
  • Potonglah daun tersebut sampai menjadi beberapa bagian yang kecil-kecil agar sarinya dapat tercampur secara maksimal dengan air.
  • Ambillah 2 gelas air kemudian rebuslah daun sirsak yang sudah dibersihkan dan dipotong
  • Tunggu sampai airnya tersisa satu gelas saja, kemudian angkat dan tuangkan ke dalam gelas. Minumlah ramuan ini dua kali dalam sehari yaitu saat pagi hari dan malam hari. Dijamin, asam urat Anda akan turun dengan cepat dan Anda pun bisa beraktivitas kembali dengan normal tanpa harus menahan rasa sakit pada bagian persendian.

Artikel Lain : Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan Dan Cara Pengolahannya

Kandungan Dalam Daun Sirsak

Manfaat daun sirsak untuk asam urat ini dapat terwujud karena daun sirsak mengandung beberapa senyawa seperti di bawah ini:

1. Senyawa Kimia

Daun sirsak memiliki senyawa kimia yang baik untuk tubuh karena begitu ampuh dalam membunuh bakteri ataupun virus yang ada di tubuh serta dapat meregenerasi sel-sel yang rusak.

2. Terdapat Berbagai Macam Zat

Selain adanya zat kimia, daun sirsak juga memiliki berbagai macam zat yang terbukti efektif untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Beberapa zat tersebut diantaranya adalah asam gentisic, acetogenin, annocatalin, caclourin, annomuricin dan asam linoleat. Bahkan zat acetogenin dapat mematikan sel-sel kanker yang bersarang di tubuh.

3. Senyawa Lain

Berbagai senyawa lain juga ada di dalam daun sirsak. Senyawa tersebut tentu saja memiliki peran penting di dalam tubuh yaitu untuk melawan dan mengobati berbagai macam penyakit tak terkecuali penyakit asam urat yang begitu menyiksa bagi penderitanya.

Senyawa lain yang terkandung di dalam daun sirsak yaitu tannin, glikosida, flavonoid, dan alkaloid. Dengan beberapa kandungan tersebut, maka daun sirsak dapat berfungsi sebagai antibakteri, antimicroba, antivirus, serta dapat membantu proses pencernaan yang ada di dalam tubuh.

Tips Agar Tidak Terkena Penyakit Asam Urat

Nah agar Anda terhindar dari penyakit asam urat dan agar Anda tidak perlu merasakan manfaat daun sirsak untuk asam urat. Maka alangkah lebih baik untuk mencegah datangnya penyakit ini dengan melakukan hal-hal berikut.

1. Jangan Mengonsumsi Makanan Yang Mengandung Zat Purin

Zat purin merupakan zat yang dapat memicu timbulnya penyakit asam urat, untuk itu Anda sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung zat purin seperti kembang kol, kacang tanah, emping, tauge, mlinjo, ikan tuna, sarden, ikan trout, daging, jeroan, hati, lobster, kerang, kaldu, dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. Hindari Minuman Beralkohol

Selain tidak baik untuk kesehatan, minuman beralkohol juga memicu timbulnya penyakit asam urat. Jika Anda termasuk orang yang sering meminum minuman beralkohol, lebih baik mulai dari sekarang menguranginya dan lebih baik lagi jika Anda menghindarinya. Perlu Anda ketahui bahwa minuman berbahaya ini mengandung zat purin yang cukup tinggi.

3. Mengonsumsi Air Putih Sebanyak 12 Gelas Per Hari

Alangkah lebih baik jika Anda mengonsumsi air putih 12 gelas dalam satu harinya. Hal ini akan membantu kerja ginjal dalam membuang zat-zat yang tidak diperlukan di dalam tubuh termasuk dalam membuang zat-zat yang dapat memicu timbulnya penyakit asam urat.

Akan lebih baik lagi jika Anda mengonsumsi air putih yang mengandung alkaline karena zat tersebut terbukti ampuh untuk mempercepat pembuangan zat purin pemicu munculnya asam urat.

4. Menjaga Berat Badan Tetap Normal

Memiliki lemak yang terlalu banyak juga akan meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh. Untuk itu, penting sekali bagi Anda supaya menjaga berat badan tetap normal agar terhindar dari penyakit asam urat.

5. Mengonsumsi Vitamin

Mengonsumsi vitamin memang baik untuk kesehatan. Selain untuk menjaga daya tahan tubuh, mengonsumsi vitamin juga dapat menghindarkan tubuh dari penyakit asam urat. Vitamin C dan juga multivitamin sangat dianjurkan untuk dikonsumsi.

Pembahasan tentang manfaat daun sirsak untuk asam urat dapat menjadi referensi bagi Anda dalam mengobati penyakit yang satu ini. Selain murah, daun sirsak juga mudah ditemui di sekitar rumah sehingga Anda tidak perlu susah payah mencarinya.

Selain melakukan pengobatan tersebut, Anda juga harus memperhatikan hal-hal apa saja yang dapat memicu timbulnya penyakit asam urat agar pengobatan yang dilakukan tidak sia-sia.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*