20 Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan Dan Cara Pengolahannya

Sirsak merupakan sebuah tanaman yang berasal dari Amerika Tengah, Amerika Selatan dan Karibia. Pohon yang bernama latin annona muricata L ini merupakan tanaman herbal yang seluruh bagiannya bisa dimanfaatkan sebagai obat yang luar biasa, baik itu buah, daun, batang dan akarnya. Namun kali ini kita akan membahas secara spesifik akan manfaat daun sirsak bagi kesehatan.

Sudah banyak sekali penelitian yang mengungkap akan manfaat daun sirsak untuk kesehatan, terutama untuk mengobati penyakit kanker. Para ahli kesehatan juga merekomendasikan ramuan alami ekstrak daun sirsak untuk mengatasi berbagai penyakit. Sehingga tidaklah heran jika ekstrak daun sirsak ini banyak diperjualbelikan di pasaran dengan bentuk kapsul atau kemasan pil di toko obat.

Pada tahun 1976, National Cancer Institute melakukan penelitian yang mengejutkan dunia bahwasanya batang pohon dan daun sirsak terbukti secara efektif membunuh sel kanker. Dan bahkan penelitian ini diperkuat dengan uji klinis yang dilakukan oleh para ilmuwan di Korea Selatan.

loading...

Semua kandungan dalam daun sirsak tersebut berguna untuk mencegah aneka jenis penyakit, mengobati penyakit dan menyehatkan tubuh. Sebenarnya manfaat daun sirsak ini bukan hanya berkhasiat untuk kesehatan saja, tapi juga memiliki peran yang efektif untuk diet menurunkan berat badan dan kecantikan.

Untuk mendapatkan khasiat daun sirsak tersebut tidaklah Anda harus membeli produk yang dijual di luaran sana, Anda bisa mengolahnya sendiri secara tradisional. Cara ini sudah dilakukan oleh orang-orang dulu untuk mengobati berbagai macam jenis penyakit, padahal di waktu itu belum ada pembuktian ilmiah yang menunjukkan akan manfaat daun sirsak bagi kesehatan.

Kandungan Daun Sirsak

kandungan daun sirsak
Source http://www.afrikanheritage.com

Dari hasil penelitian tentang kandungan daun sirsak, telah ditemukan bebagai macam senyawa kimia yang berguna untuk kesehatan tubuh. Kandungan daun sirsak tersebut sangat baik untuk pengobatan penyakit maupun untuk pencegahan serta dapat memperkuat sistem metabolisme tubuh untuk meminimalisir resiko terkena penyakit.

Beberapa kandungan daun sirsak adalah annomurine, acetogenin, reticuline, tanin, alkaloid, annocatalin, annohexocin, lactones, annomuricin, anonol, lipid, metanolik, isoquinoline, linoleic acid, muricapentocin, higenamine, minyak esensial, loreximine, annocatacin, annonacin, annomurine, gentisic acid caclourine gan igantetronin.

Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh

1. Menyehatkan Ginjal

Penyebab gangguan ginjal adalah karena adanya penimbunan garam di dalam urine. Salah satu kandungan dalam daun sirsak adalah antioksidan, anonol, gentisic acid dan annocatalin yang berfungsi untuk menghancurkan garam tersebut serta dapat melindungi ginjal dari ancaman radikal bebas, sehingga ginjal akan terus sehat dan bekerja secara maksimal.

2. Mencegah Kanker

Yang menjadikan daun sirsak sangat populer sebagai obat herbal adalah karena dipercaya sangat ampuh untuk mencegah dan mengobati segala jenis kanker. Sebenarnya cara efektif untuk mengobati penyakit kanker adalah dengan pengobatan kemoterapi, namun itu membutuhkan kocek yang besar dan juga dapat menimbulkan efek samping.

Cara altenatif yang murah meriah serta aman untuk mengobati dan mencegah kanker adalah dengan mengkonsumsi rebusan daun sirsak secara rutin, sebab dalam daun sirsak terdapat kandungan lactones yang efektif melawan penyakit mematikan seperti kanker. Ini 10.000x jauh lebih ampuh membunuh sel kanker dibandingkan kemoterapi.

3. Mengatasi Penyakit Jantung

Penyebab penyakit jantung adalah karena tersumbatnya pembuluh darah dan aliran darah tidak mengalir dengan lancar sehingga jantung akan bekerja ekstra untuk memompa aliran darah ke seluruh tubuh. Manfaat daun sirsak ini adalah untuk melebarkan pembuluh darah sehingga fungsi jantung dapat bekerja dengan normal.

4. Mengobati Asma

Daun sirsak juga diyakini sangat efektif untuk menyembuhkan penyakit sesak nafas dan asma. Caranya adalah dengan mengkonsumsi air rebusan daun sirsak secara teratur.

5. Mengatasi Hipertensi

Bagi para penderita darah tinggi atau hipertensi, cobalah mengkonsumsi air rebusan daun sirsak secara rutin setiap hari. Kandungan dalam daun sirsak sangat ampuh menurunkan tekanan darah tinggi hingga kembali normal seperti sediakala.

Baca Juga : Cara Mengobati Hipertensi Dengan Daun Seledri

6. Membersihkan Parasit Dalam Tubuh

Tubuh manusia juga rentan terhadap parasit seperti kuman, bakteri dan cacing. Ini biasanya dialami oleh anak-anak yang sering bermain di sembarang tempat. Untuk membasmi semua parasit tersebut maka rebusan daun sirsak menjadi solusinya. Dijamin aman tanpa efek samping negatif sama sekali.

7. Menyehatkan Pencernaan

Bagi Anda yang susah buang air besar dan mengalami masalah sembelit maka minum ramuan ekstrak daun sirsak sangat ampuh mengatasi permasalahan tersebut. Selain itu, daun sirsak juga dapat memperbaiki selera nafsu makan.

8. Mengobati Ambeien

Penyakit ambeien atau wasir juga dapat diredakan dengan daun sirsak. Kandungan dalam daun sirsak dapat meregangkan otot di sekitar area yang terkena wasir, dan sekaligus dapat menghentikan pendarahan yang disebabkan oleh wasir tersebut.

9. Penyubur Kandungan

Bagi para keluarga yang sampai saat ini masih belum dikaruniai keturunan, cobalah minum air rebusan daun sirsak. Kandungan senyawa dalam daun sirsak ini diyakini dapat memperkuat rahim. Dan juga para suami sangat dianjurkan mengkonsumsi ekstrak daun sirsak untuk memperbanyak jumlah sp3rm4.

10. Menyembuhkan Asam Urat

Jika Anda datang ke apotik maka disana banyak sekali ditemukan obat asam urat yang mengandung ekstrak daun sirsak. Fakta tersebut menunjukkan bahwa manfaat daun sirsak sangat efektif untuk mengobati penyakit asam urat. Penyebab asam urat ini adalah karena terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung purin. Untuk mengatasinya adalah mengkonsumsi rebusan daun sirsak 2x dalam sehari.

11. Membasmi Sel Tumor

Khasiat daun sirsak selanjutnya adalah dapat memperlambat pertumbuhan sel tumor di dalam tubuh dan bahkan secara efektif dapat membunuh sel penyebab penyakit tumor.

12. Mengobati Paru-Paru

Manfaat daun sirsak untuk kesehatan lainnya adalah sebagai obat penyakit paru-paru, baik basah maupun kering. Daun sirsak memiliki sifat antibakteri yang berkhasiat untuk melindungi paru-paru dari ancaman virus dan bakteri.

13. Mengobati Diabetes

Mengkonsumsi secara rutin ekstrak daun buah sirsak juga dapat menstabilkan kadar gula darah. Kandungan lipid dan metanolik dalam daun sirsak sudah teruji secara klinis mampu mengobati penyakit diabetes, yaitu dengan cara menetralkan kadar gula hingga normal yakni 70-120 mg. Para penderita diabetes sebaiknya mengkonsumsi teh daun sirsak yang dicampur madu setiap pagi dan malam hari.

Baca Juga : Cara Mencegah Agar Tidak Terkena Penyakit Diabetes

14. Mengobati Radang Pembengkakan

Dengan mengoleskan daun sirsak yang sudah halus juga dapat menyembuhkan pembengkakan atau masalah peradangan pada kulit tubuh. Dengan lambat laun kulit tubuh yang mengalami bengkak akan reda dengan sendirinya.

15. Menurunkan Demam

Senyawa kimia pada daun sirsak juga terbukti ampuh untuk menurunkan panas demam. Caranya adalah dengan mengkonsumsi air rebusan daun sirsak setiap hari 1 gelas. Lakukan secara rutin hingga demam bisa turun dan kembali normal.

16. Memperkuat Sistem Imun Tubuh

Antioksidan dalam daun sirsak juga berguna untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas dan pengaruh lingkungan. Selain itu, nutrisi pada daun sirsak juga menjadi antibodi yang dapat memperkuat sistem imun tubuh sehingga tubuh akan tetap sehat selalu.

17. Memaksimalkan Kerja Saraf

Khasiat daun sirsak yang lainnya adalah untuk memperkuat saraf tubuh agar bisa bekerja secara maksimal. Dan juga senyawa dalam daun sirsak berfungsi sebagai obat anti kejang.

18. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Jika kadar kolesterol jahat berlebihan pada tubuh maka dapat menimbulkan penyakit kronis seperti stroke, diabetes, asam urat, tekanan darah tinggi dan yang lainnya. Dengan mengkonsumsi ramuan ekstrak herbal daun sirsak maka dapat menurunkan jumlah kolesterol jahat sehingga tubuh akan tetap sehat.

19. Pegalinu, Encok Dan Rematik

Biasanya penyakit ini menyerang para lansia yang sudah berusia lanjut. Penderita penyakit rematik biasanya akan mengalami linu pada tulang. Kandungan dalam daun sirsak menjadi agen antiradang yang dapat menyembuhkan semua penyakit tersebut.

Untuk menyembuhkan pegalinu, encok dan rematik ini maka konsumsi air rebusan daun sirsak setiap minggu sebanyak 2 kali. Atau Anda juga bisa mengoleskan daun sirsak yang sudah ditumbuk halus pada bagian tubuh yang sakit.

20. Pengobatan Luka Luar

Daun sirsak juga bisa digunakan sebagai obat luka luar seperti eksim, luka karena terjatuh, bisul dan gangguan kulit yang lainnya. Cara memakai obat oles daun sirsak ini sangat mudah, cukup haluskan beberapa lembar daun sirsak kemudian tempelkan pada bagian kulit yang terluka. Diamkan selama setengah jam lalu bersihkan.

Cara Mengolah Daun Sirsak Untuk Kesehatan

Rebusan Daun Sirsak

cara mengolah daun sirsak untuk kesehatan
Source https://www.youtube.com

Cara yang paling umum dilakukan untuk mengolah daun sirsak adalah dengan direbus. Manfaat air rebusan daun sirsak ini sangat ampuh untuk mengatasi penyakit, seperti kanker, asam urat, diabetes, hipertensi, paru-paru, kolesterol, tumor, ginjal dan lainnya. Cara membuat rebusan daun sirsak ini sangat mudah, yaitu :

Cara 1 :

  • Siapkan 10 lembar daun sirsak yang masih segar
  • Cuci bersih lalu rebus dengan 3 gelas air
  • Biarkan sampai matang dan air tersisa separuhnya
  • Saring dan minum rebusan daun sirsak saat masih hangat

Cara 2 :

  • Ambil 10 lembar daun sirsak segar
  • Kemudian blender hingga halus
  • Rebus daun sirsak yang sudah halus dengan 3 gelas air
  • Lalu angkat setelah air tersisa setengahnya
  • Saring lalu konsumsi rebusan tersebut saat masih hangat

Teh Daun Sirsak

teh daun sirsak
Source https://www.naij.com
  • Ambil daun sirsak secukupnya, usahakan jangan terlalu tua dan jangan terlalu muda
  • Cuci daun sirsak hingga benar-benar bersih
  • Iris atau rajang hingga halus agar kandungan daun sirsak bisa terekstrak dengan maksimal
  • Jemur atau keringkan daun sirsak, bisa menggunakan oven atau sinar matahari, sisakan kadar air hingga 8%
  • Seduh 2 sendok teh daun sirsak pada air mendidih sebanyak 2 gelas, dinginkan lalu konsumsi
  • Untuk menambah rasa lezat maka Anda bisa menambahkan madu asli

Jus Daun Sirsak

Bahan : Daun sirsak 50 gram, 2 sdm madu asli, 1 gelas air matang dan es batu

Cara Membuat :

  • Bersihkan daun sirsak menggunakan air
  • Lalu blender daun sirsak dan air hingga halus
  • Buang ampas daun sirsak dengan cara disaring
  • Tambahkan madu dan es batu sebagai pelezat rasa

Obat Luar

Selain dikonsumsi, daun sirsak ini juga bisa digunakan sebagai obat luar untuk pengobatan terapi pada kulit yang terluka atau untuk kompres. Seperti mengatasi jerawat, kulit berminyak, menghilangkan komedo, bisul, eksim dan lainnya.

Caranya adalah haluskan daun sirsak dengan cara diblender dan kemudian gunakan sebagai kompres atau ditempelkan pada kulit yang terluka selama 30 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat.

Perhatian :

Bagi ibu hamil dan penderita darah rendah sebaiknya tidak mengkonsumsi ekstrak daun sirsak ini. Sebelum mengkonsumsi ekstrak daun sirsak maka konsultasikan terlebih dahulu ke dokter atau ahli kesehatan karena setiap orang akan mengalami efek yang berbeda. Dosis terbaik untuk minum ekstrak daun sirsak ini adalah maksimal 2x dalam seminggu.

Jika berlebihan mengkonsumsi ekstrak daun sirsak maka dapat menyebabkan beberapa efek samping, seperti diare, susah BAB, lambung perih, keluar banyak keringat, badan terasa panas dan menggigil kedinginan.

Jika Anda mengetahui manfaat daun sirsak yang lainnya dan belum disebutkan diatas, maka silahkan tulis di komentar. Semoga bermanfaat.

loading...

1 Comment

  1. wah dapat ilmu baru lagi ni, kamrin ada teman saya terkena penyakit ginjal sudah kemana-mana berobat tapi masih belum sembuh, ini ilmu yang sangat bermanfaat bisa saya praktek kan di rumah. terimahkasih ilmunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*