Wow! Manfaat Daun Seledri Untuk Ginjal Ini Dijamin Bikin Terpukau

manfaat daun seledri untuk ginjal
loading...

Jenis sayur yang satu ini memang sangat populer di kalangan masyarakat. Seledri hampir tak pernah absen sebagai kombinasi masakan yang ada di meja makan. Sayuran seledri memang biasa digunakan sebagai penyedap maupun campuran sayur sup, bakso, soto dan juga jenis makanan lainnya.

Selain digunakan sebagai sayuran, seledri juga dikenal memiliki berjuta manfaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan manfaat daun seledri untuk ginjal juga menjadi buah bibir di kalangan masyarakat.

Sayur hijau yang satu ini memang memiliki banyak sekali kandungan nutrisi dan juga vitamin yang dibutuhkan tubuh. Dan bahkan bukan hanya menyehatkan ginjal, manfaat daun seledri juga sangat baik bagi para penderita hipertensi agar kadar darahnya bisa normal kembali.

Kandungan Dan Manfaat Daun Seledri Bagi Kesehatan Ginjal

Nah, sebelum mendalami artikel tentang manfaat daun seledri untuk ginjal yang Anda tunggu-tunggu, tak ada salahnya bukan mengenal berbagai hal tentang sayur seledri terlebih dahulu?

1. Serba-Serbi Seledri

Sayuran yang memiliki nama latin apim graveolens L ini tak hanya terkenal di negara Indonesia saja. Penggunaan seledri sebagai sayuran maupun obat-obatan juga diterapkan oleh negara Jepang, Korea, Amerika, Cina dan juga negara lainnya. Bahkan seledri masuk ke negara Indonesia melalui negara Belanda yang saat itu berkuasa di Indonesia.

Seledri merupakan tanaman yang dapat tumbuh subur pada ketinggian 900 meter di atas permukaan laut. Jadi bagi Anda yang bermukim di dataran tinggi, jangan malas untuk membudidayakan seledri sebagai sayur mayur dan juga tanaman herbal.

Dalam kurun waktu enam minggu sejak penanaman saja, seledri sudah dapat Anda petik sesuka hati. Tunggu apalagi, ayo tanam seledri di rumah Anda!

2. Kandungan Daun Seledri

Dikenal sebagai sayur yang memiliki manfaat dari umbi hingga daunnya, seledri memang nyata memberikan banyak sekali nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Berikut merupakan kandungan nutrisi dan juga vitamin yang ada pada daun seledri.

  • Potasium

Jenis mineral yang satu ini memang sangat bermanfaat dalam menjaga kelancaran proses metabolisme dalam tubuh. Manfaat daun seledri untuk ginjal juga dapat diperoleh dari kandungan potasium ini.

Potasium memicu ginjal untuk membuang sisa-sisa pencernaan dan juga sisa metabolisme yang tak bermanfaat bagi tubuh. Resiko munculnya batu ginjal juga dapat terkurangi akibat kandungan potasium ini.

  • Folat

Asam folat atau juga sering disebut dengan vitamin B6 adalah kandungan selanjutnya yang ada pada daun seledri. Selain dikenal bermanfaat untuk perkembangan janin, folat ternyata memiliki khasiat yang membantu memicu produksi sel-sel dalam tubuh, tak terkecuali sel darah merah.

  • Magnesium

Magnesium merupakan salah satu kandungan dalam daun seledri yang sangat bermanfaat untuk ginjal. Mineral yang satu ini memiliki fungsi yang sangat baik dalam sistem filtrasi ginjal.

Tak hanya itu, magnesium juga bermanfaat dalam proses sekresi (pembuangan) dan juga proses penyerapan, sehingga fungsi ginjal meningkat. Hal tersebut tentu dapat membantu mencegah kerusakan yang terjadi pada organ ginjal.

  • Antioksidan

Daun seledri adalah salah satu jajaran buah dan sayur yang dikenal memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan tinggi tentu dapat menghilangkan berbagai racun yang mengendap di dalam tubuh, tak terkecuali ginjal. Sehingga dapat memperkuat sistem metabolisme tubuh.

  • Vitamin C

Manfaat daun seledri untuk ginjal yang selanjutnya berasal dari vitamin C. Vitamin yang satu ini dapat menjaga kesehatan ginjal dengan cara meningkatkan daya tahan imun di dalam organ ginjal. Sehingga ginjal dapat terhindar dari berbagai kuman, racun dan juga bakteri.

  • Vitamin A

Siapa yang tak mengenal kandungan vitamin A dalam sayur seledri? Selain berfungsi dalam menjaga kesehatan mata, vitamin A juga berperan dalam mendukung sistem ginjal agar berfungsi dengan baik.

  • Vitamin B1

Kandungan vitamin B1 yang ada pada daun seledri dipercaya mampu mengobati dan membantu kesehatan ginjal yang rusak akibat diabetes. Vitamin B1 mampu melindungi ginjal dari berbagai kerusakan ataupun komplikasi.

Selain berbagai kandungan di atas, daun seledri juga memiliki kandungan nutrisi lain seperti kalsium, zat besi, fosfor, asam amino esensial, dan lain sebagainya. Sangat berkhasiat bukan?

3. Manfaat Daun Seledri Untuk Ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ yang sangat vital terutama berkaitan dengan sistem urine dan juga filtrasi. Tak mengherankan, terkadang fungsi ginjal dapat menurun akibat proses kerjanya yang terus menerus dan jarang berhenti.

Banyak orang yang membersihkan ginjal agar fungsinya kembali normal melalui proses “cuci ginjal”. Cuci ginjal memang sangat efektif dalam membersihkan organ ginjal dari berbagai racun dan kotoran-kotoran yang dapat memengaruhi fungsinya.

Namun, tingginya biaya cuci ginjal juga membuat sebagian orang berpikir dua kali untuk melakukannya. Nah, disinilah manfaat daun seledri untuk ginjal kembali muncul. Daun seledri diakui mampu membersihkan berbagai zat buruk yang ada pada ginjal sehingga sering disebut sebagai obat cuci ginjal alami.

Jika Anda mengonsumsi ramuan daun seledri dengan rajin, maka urine yang keluar dari tubuh Anda akan membawa racun dan juga garam yang bertumpuk akibat proses penyaringan yang dilakukan organ ginjal secara terus menerus.

Manfaat daun seledri untuk ginjal selanjutnya adalah membantu menghilangkan batu ginjal. Daun seledri dipercaya mampu menghancurkan kristal secara alami yang terdapat di dalam organ ginjal Anda.

Selain berbagai manfaat daun seledri untuk ginjal, sayuran hijau yang satu ini juga dikenal memiliki banyak sekali khasiat untuk kesehatan tubuh. Diantaranya yaitu menurunkan tekanan darah (hipertensi), mengobati rematik, mengatasi kekurangan darah (anemia), meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah kanker dan juga melancarkan sistem pencernaan.

Artikel Lain : Manfaat Daun Seledri Bagi Penderita Hipertensi (Darah Tinggi)

Tak hanya berperan menjaga kesehatan organ dalam tubuh, seledri juga bermanfaat dalam mengobati berbagai masalah rambut seperti bercabang, munculnya ketombe, rambut rontok dan lain sebagainya.

Last but not least, Anda juga dapat meningkatkan kesehatan kulit melalui konsumsi seledri. Seledri sangat berkhasiat dalam mencegah penuaan dini dan juga mengatasi masalah kulit berminyak. Benar-benar sayuran dengan berjuta khasiat bukan?

Cara Membuat Ramuan Daun Seledri

Manfaat daun seledri untuk ginjal dan organ tubuh lainnya dapat Anda rasakan setelah mengubahnya menjadi ramuan. Cara membuat ramuan seledri ini sangat mudah, yaitu :

  1. Pertama-tama, siapkan seledri sesuai kebutuhan dan cuci hingga bersih
  2. Kemudian, potonglah seledri menjadi bagian-bagian kecil dan rebuslah di dalam air selama kurang lebih 10 menit
  3. Selain menggunakan ukuran waktu, Anda juga dapat merebus seledri hingga air yang dituangkan menyusut sampai setengahnya
  4. Biarkan air seledri menjadi dingin dan selanjutnya saringlah air seledri tersebut ke dalam wadah bersih dan simpanlah di dalam kulkas

Untuk hasil yang maksimal, Anda dapat mengonsumsi ramuan ginjal ini sehari sekali dengan takaran satu gelas saja. Jika Anda rutin mengonsumsi ramuan seledri ini, maka proses detoksifikasi (pengeluaran racun dari dalam tubuh) akan maksimal terutama proses pengeluaran melalui air seni.

Manfaat daun seledri untuk ginjal memang tak pernah memberikan harapan palsu. Namun, bagi Anda yang tak memiliki masalah ginjal, mengonsumsi seledri secara rutin juga dapat membantu menangkal radikal bebas yang dapat memicu munculnya berbagai penyakit di dalam tubuh. Oleh karena itu, ayo rajin mengonsumsi ramuan seledri dan terapkan pola hidup sehat!

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*