Manfaat Daun Seledri Bagi Penderita Hipertensi (Darah Tinggi)

manfaat daun seledri bagi penderita hipertensi

Seiring dengan perkembangan zaman, pola hidup menjadi semakin serba otomatis. Di era modern yang semakin canggih ini, gaya hidup menjadi serba otomatis. Manusia tidak perlu repot lagi mengerjakan segala aktifitas sehari-hari secara manual karena sudah ada banyak sekali mesin pembantu.

Perubahan gaya hidup yang semakin pasif ini tentu mengakibatkan dampak buruk pada kualitas kesehatan tubuh. Salah satu dampak negatif dari pola hidup tak sehat ini adalah meningkatkan resiko penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi. Terlebih lagi jika tidak di dukung dengan asupanan makanan yang menyehatkan.

Menurut penelitian, semakin hari para penderita hipertensi di dunia terus meningkat drastis. Penyakit darah tinggi ini bukan hanya menyerang para orang dewasa saja, sudah banyak para remaja usia muda yang terkena gejala hipertensi. Bisa dipastikan, penyebab utama penyakit hipertensi ini karena gaya hidup yang buruk dan juga pola makan yang tidak sehat.

loading...

Tentunya ini menjadi peringatan kepada kita karena mengingat penyakit ini tidak menimbulkan rasa sakit, namun jika tidak tertangani dengan baik maka dapat menyebabkan kematian. Hipertensi adalah situasi kronis dimana tekanan darah pada dinding arteri meningkat secara drastis.

Tidak ada gejala yang jelas dari penyakit darah tinggi ini dan satu-satunya cara mengetahuinya adalah dengan mengukur tekanan darah tinggi. Itulah sebabnya penyakit hipertensi ini terkenal sebagai “pembunuh pelan-pelan”. Darah tinggi ini juga menjadi pemicu penyakit lainnya, seperti stroke, jantung dan gagal ginjal. Jantung harus bekerja ekstra lebih keras dari biasanya untuk mengalirkan darah ke seluruh pembuluh di area tubuh.

Penyebab Penyakit Hipertensi

penyebab penyakit hipertensi
Source : http://www.centralwellness.com

Ada banyak sekali faktor penyebab darah tinggi. Ada faktor internal dari dalam tubuh dan ada juga faktor eksternal dari luar tubuh. Berikut rincian lengkap penyebab penyakit darah tinggi.

  1. Lanjut Usia. Semakin bertambahnya usia seseorang maka tekanan darah tinggi juga akan semakin meningkat. Ini disebabkan karena terjadinya pengerasan pembuluh darah.
  2. Faktor Gen (Keturunan). Tidak bisa dipungkiri bahwasanya penyakit hipertensi ini juga disebabkan oleh faktor keturunan dari orang tua.
  3. Jenis Kelamin. Seorang pria lebih berpeluang terkena penyakit hipertensi dari wanita.
  4. Kelebihan berat badan juga menjadi pemicu naiknya tekanan darah. Berat badan yang melebihi 30% dari berat badan ideal cenderung terkena penyakit hipertensi.
  5. Kondisi emosi yang tidak stabil dan berakibat pada stres juga menjadi penyebab utama dari hipertensi.
  6. Mengkonsumsi Obat Berlebihan. Ada beberapa obat yang jika dikonsumsi secara terus menerus juga berakibat akan datangnya penyakit darah tinggi.
  7. Gaya Hidup Tak Sehat. Kurang berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang tak sehat juga bisa menjadi penyebab penyakit darah tinggi.

Gejala yang timbul pada penderita hipertensi ini biasanya mengalami pusing, sakit kepala, mimisan, penglihatan kabur, kelelahan, sering buang air kecil dan wajah agak kemerahan.

Baca Juga : Penyebab Dan Cara Mencegah Penyakit Diabetes Di Usia Muda

Manfaat Daun Seledri Untuk Penyakit Darah Tinggi

manfaat daun seledri untuk penyakit darah tinggi
Source : http://strongertogether.coop

Seledri merupakan jenis sayuran yang biasanya dijadikan bahan pelengkap pada masakan seperti sup, bakso, bakmi dan masakan berkuah lainnya. Tapi yang harus Anda ketahui bahwasanya manfaat daun seledri ini sangatlah banyak bagi kesehatan tubuh, salah satunya untuk pengobatan hipertensi.

Pada daun seledri juga terdapat kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin K, zat besi, magnesium, kalsium, serat, lemak tak jenuh, karbohidrat kompleks dan kalium. Semua kandungan tersebut juga menjadi kunci mengapa orang yang sering makan seledri terhindar dari hipertensi dan penyakit kardiovaskular lainnya.

Daun seledri memang sudah sejak lama dikenal sebagai bahan herbal untuk mengobati berbagai jenis penyakit, terutama untuk mengatasi masalah tekanan darah tinggi. Salah satu cara alami untuk mengobati tenanan darah tinggi adalah dengan mengkonsumsi jus daun seledri.

Kandungan senyawa di dalam daun seledri ini mampu melancarkan pembuluh darah yang tersumbat. Itulah alasan mengapa daun seledri ini memiliki peranan yang penting bagi penderita hipertensi.

Dalam sebuah makalah yang berjudul “Progress in Cardovascular Diseases” karangan Dr. Mark Houston (dokter yang bekerja di Departemen of Internal Medicine di Vanderbilt University) menyimpulkan bahwasanya studi penelitian pernah dilakukan kepada 16 orang penderita hipertensi. Semua penderita darah tinggi tersebut disuruh mengkonsumsi jus daun seledri dan dalam waktu singkat tekanan darah tingginya mengalami penurunan yang signifikan.

Dibawah ini penjelasan lengkap dan rincian kandungan daun seledri yang berkhasiat untuk menurunkan darah tinggi, serta manfaat daun seledri bagi penderita hipertensi.

1. Phthalides

Daun seledri memiliki rasa dan aroma bau yang khas, ini dikarenakan kandungan senyawa kimia phthalides. Zat ini terbukti ampuh untuk merangsang pembuluh darah agar darah bisa mengalir dengan lancar. Selain itu, phthalides ini juga dapat memproduksi hormon yang dapat mencegah stres yang menjadi penyebab penyakit darah tinggi. Mengkonsumsi daun seledri berdampak positif pada pikiran sehingga menjadi lebih fresh dan tenang.

2. Kumarin

Kandungan senyawa lainnya yang terdapat di dalam daun seledri adalah kumarin. Zat ini memiliki sifat antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas sehingga dapat melindungi tubuh dari kerusakan sel yang diakibatkan oleh pengaruh lingkungan.

Manfaat kumarin lainnya adalah untuk memperkuat sistem metabolisme tubuh dan juga merangsang produksi sel darah putih yang berfungsi untuk mencegah timbulnya penyakit. Kumarin ini juga berpengaruh secara signifikan pada penurunan darah tinggi bagi para penderita hipertensi.

3. Apigenin

Di dalam daun seledri juga terdapat kandungan apigenin yang merupakan zat flavonoid dengan sifat antiinflamasi, antiseptik, antikanker, antibakteri dan antikuman. Fungsi utama dari apigenin ini adalah untuk melancarkan pembuluh darah sehingga dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, apigenin juga bersifat menenangkan sehingga dapat menghindari stres penyebab hipertensi.

Cara Mengolah Daun Seledri Untuk Obat Hipertensi

cara mengolah daun seledri untuk obat hipertensi
Source : https://www.justataste.com

Untuk mendapatkan manfaat daun seledri sebagai penurun darah tinggi ini maka Anda bisa mengolahnya menjadi minuman jus. Resep jus seledri untuk hipertensi bisa dicampur dengan beberapa bahan alami lainnya yang juga ampuh untuk mengatasi penyakit darah tinggi.

Resep 1

Bahan : Seledri secukupnya, belimbing, mentimun, air matang 150 ml dan madu

Cara Mengolah :

  1. Ambil daun seledri, belimbing dan mentimun, cuci hingga bersih kemudian iris dengan ukuran sedang
  2. Masukkan potongan belimbing, mentimun dan air matang ke dalam blender kemudian haluskan
  3. Kemudian masukkan potongan daun seledri dan madu, blender lagi sampai halus
  4. Minum jus daun seledri ini 2 kali sehari hingga tekanan darah tinggi menjadi normal

Resep 2

Bahan : Seledri, apel, jeruk nipis, jahe, madu dan air secukupnya

Cara Mengolah :

  1. Potong kecil-kecil seledri, apel dan jahe
  2. Lalu haluskan menggunakan blender dengan ditambahkan air
  3. Saring jus seledri dan tambahkan air perasan jeruk nipis dan madu
  4. Konsumi secara rutin hingga penyakit hipertensi membaik

Kualitas gizi pada buah dan sayuran, termasuk seledri, menjadi bukti nyata bagi kesehatan tubuh. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya trend mengkonsumsi sayur dan buah sebagai sumber vitamin, mineral, antioksidan, serat dan rendah kalori. Hal inilah yang secara signifikan membantu untuk menurunkan tekanan darah. Selain diolah menjadi minuman jus, para penderita hipertensi juga bisa mengambil khasiat dengan cara mengkonsumsi rebusan daun seledri.

Peringatan :

Meskipun kegunaan daun seledri untuk hipertensi ini sanggat ampuh, Anda harus memperhatikan dosis maksimalnya supaya tidak berakibat fatal. Dosis jus seledri untuk pengobatan hipertensi ini tidak boleh dari 4 lembar daun dalam satu hari. Dengan 4 daun tersebut sudah terbukti ampuh menurunkan tekanan darah tinggi, dan jika lebih justru dapat mengakibatkan tekanan darah naik karena daun seledri juga mengandung natrium.

Sebaiknya sebelum mengaplikasikan tips cara mengobati tekanan darah tinggi dengan daun seledri ini, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter. Sebab ada sebagian orang yang tidak cocok dengan cara alami ini.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*