Manfaat Daun Sambiloto Bagi Kesehatan Tubuh

manfaat daun sambiloto bagi kesehatan tubuh
loading...

Sambiloto adalah tanaman herbal yang identik dengan rasa pahit dan tentu sudah sangat familiar sekali di kepala anda bukan?

Terlebih jika mengingat eksistensi daun sambiloto yang selama beberapa tahun terakhir dijadikan sebagai ramuan tradisional dan berhasil menghipnotis kalangan luas berkat kemampuannya.

Sambiloto atau andrographis paniclata ini merupakan tanaman yang mempunyai rasa pahit. Tumbuhan ini bisa dengan mudah Anda jumpai di kawasan Asia dan India. Daunnya yang berwarna hijau tua dengan lingkaran yang kecil juga sangat mudah untuk anda rawat. Malah biasanya banyak orang sengaja menjadikan sambiloto sebagai tanaman pagar atau penghias halaman.

Selain diolah menjadi jamu pahitan, kini juga telah hadir ekstrak kapsul daun sambiloto yang mana mempunyai khasiat luar biasa untuk menyembuhkan diabetes dan beragam penyakit lain.

Hebatnya lagi, daun sambiloto ini tidak diracik dengan bahan pengawet dan pewarna sehingga tetap aman untuk Anda konsumsi. Lebih jauh lagi, racikan sambiloto yang dikemas dalam bentuk kapsul tersebut sudah melalui standarisasi tahap panjang. Sehingga anda tak perlu ragu dengan keamanannya.

Manfaat Daun Sambiloto Bagi Kesehatan

Nah, bagi Anda yang penasaran dengan manfaat daun sambiloto, berikut beberapa penjelasan mengenai khasiat tanaman sambiloto yang bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan untuk beralih metode pengobatan yang lebih alami dan tentu saja tanpa merogoh biaya berlebih.

1. Diabetes Mellitus

Merupakan penyakit yang dipicu oleh tingginya kadar gula di dalam darah. Diabetes juga dapat terjadi karena reaksi kelainan yang disebabkan oleh karbohidrat, lemak dan protein dari makanan karena tidak kurangnya insulin.

Hormon yang digunakan untuk mengatur kadar gula darah oleh pankreas ini berperan dalam menjaga kestabilan darah di dalam tubuh. Normalnya, kadar gula di dalam darah cenderung meningkat secara ringan, akan tetapi lebih progresif di usia 50 tahun. Apalagi bagi orang yang tidak terlalu aktif secara fisik.

Adapun tahapan penyakit diabetes mellitus yakni :

Diabetes mellitus tipe 1

Ciri-ciri yang diderita oleh pasien pada tahap ini adalah hilangnya sel beta penghasil insulin sehingga terjadi kekurangan insulin pada tubuh. Penyebab terbanyak dari tipe ini ialah kesalahan dari reaksi auto imunitas yang menghancurkan sel beta pankreas.

Diabetes mellitus tipe 2

Terjadi karena adanya kesalahan dalam produksi insulin dan resistensi terhadap insulin atau berkurangnya sensitivitas terhadap insulin yang melibatkan reseptor insulin di membran sel.

Namun beruntunglah Anda karena Anda bisa mengatasinya dengan daun sambiloto yang mana mampu mengendalikan kadar gula di dalam tubuh Anda.

Gejala-gejala umum yang diperlihatkan oleh penderita diabetes ialah kemepilian kadar gula darah yang melebihi batas normal, misalnya:

  • Anda merasa haus yang berlebihan
  • Buang air kecil dengan jumlah yang sangat banyak
  • Lapar yang luar biasa seperti kehabisan energi
  • Diantara penderita diabetes ada pula yang menunjukkan gejala infeksi kulit
  • Penglihatan menjadi kabur atau semacam rabun ayam
  • Berat badan turun secara drastis
  • Urine atau air kencing yang mengandung glukosa
  • Sering mengalami pusing dan mual berulang kali
  • Ketahanan tubuh atau daya tahan tubuhnya melemah saat beraktivitas

Sebelum Anda mengobati dengan daun sambiloto, patut bagi Anda untuk mengetahui bahwa penyebab umum diabetes juga tak lepas dari faktor keturunan, kadar gula dalam darah, kegemukan atau obesitas, dan yang paling banyak disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat serta mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung gula.

Baca Juga : Daftar Tanaman Herbal Untuk Penderita Diabetes Yang Terbukti Ampuh

2. Mencegah Penggumpalan Darah

Meski mempunyai rasa yang pahit, nyatanya daun sambiloto tetap saja bermanfaat. Kandungan alaklois, kalium dan andrographolide yang tersemat di dalamnya mampu meningkatkan sistem pertahanan tubuh.

Sehingga pas sekali jika selama ini Anda termasuk orang yang mudah terserang penyakit, apalagi jika menilik cuaca yang sangat tidak bersahabat seperti sekarang ini, maka ramuan daun sambiloto bisa Anda jadikan sebagai rekomendasi dan jalan keluar untuk keluhan Anda.

Daun sambiloto disupport dengan kemampuan hebatnya dalam menyingkirkan bakteri jahat yang mampu mengguncang sistem imunitas di dalam tubuh. Kalium tinggi pada daun sambiloto juga sangat berguna dalam mengeluarkan air dan garam pada penderita hipertensi.

3. Membantu Menyembuhkan Infeksi

Banyak dari Anda akan berpikir bahwa infeksi yang disebabkan oleh luka atau goresan hanya bisa ditangani dengan obat medis. Namun kini sebaiknya Anda rubah pola pikir tersebut, sebab dengan daun sambiloto pun, Anda mampu menumpas kemungkinan buruk dari kuman yang mengacaukan infeksi Anda.

Dalam daun sambiloto terdapat antibakteri, antivirus dan antiparasit yang membuatnya piawai dalam menyembuhkan berbagai infeksi. Tak hanya itu saja, tanaman sambiloto juga mampu menghentikan proses bakteri yang menjadi dalang dibalik sinusitis yang menempel pada lapisan sinus Anda.

Untuk lebih jelasnya lagi, Anda mungkin bisa mengorek informasi melalui web atau laman internet mengenai hal ini.

4. Melancarkan Sistem Pencernaan

Daun sambiloto bisa dikatakan menjadi satu diantara sekian deret ramuan herbal yang sangat populer. Hal ini lantaran kesehatan saluran cerna dapat lancar saat Anda mengkonsumsi jamu atau kapsul dari daun sambiloto ini.

Keampuhan daun sambiloto dalam mengatasi problem pencernaan bisa dilihat dari khasiatnya untuk diare, kolik, gas dalam usus, sembeli, dan sakit perut.

A Paniculata yang ada di dalamnya ditengarai mampu memperkuat organ hati dan mengatasi masalah hati seperti sakit kuning dan kerusakan organ hati akibat sakit maag. Berkat paniculata ini, daun sambiloto juga dijuluki sebagai musuh diabetes lantaran ia dibekali dengan hipoglemik dan hipolipidemik di dalamnya.

5. Radang Amandel

Penyakit amandel membuat tenggorokan terasa sakit dan nyeri setelah minum air atau melahap makanan. Hal inilah yang acapkali membuat seseorang tidak tahan dan ingin segera menyelesaikan perkaranya dengan amandel.

Adapun gejala yang ditimbulkan adalah:

  • Sakit kepala
  • Lelah
  • Batuk
  • Mual
  • Nyeri telinga
  • Sakit untuk menelan makanan
  • Sakit tenggorokan
  • Pembengkakan di kelenjar getah bening
  • Bintik-bintik nanah pada amandel
  • Kehilangan suara
  • Deman
  • Sakit perut pada anak

Orang yang menderita amandel perlu berhati-hati agar amandelnya tidak langsung membengkak dan menyebabkan radang pada pita suaranya.

Cara Mengkonsumsi Daun Sambiloto

Sekarang berlanjut ke cara mengkonsumsi ramuan daun sambiloto secara benar, yaitu :

  • Untuk pengobatan, Anda cukup mengkonsumsi 2 gelas per hari sesudah makan.
  • Pencegahan bisa dilakukan dengan rutin mengkonsumsi 1 gelas saja setelah makan.

Bagi Anda penderita asam urat, Anda juga patut bernafas lega lantaran daun sambiloto dapat membantu menyembuhkan asam urat. Hal ini dilakukan dengan cara mengurangi kristal-kristal yang berada di persendian agar asam urat mudah untuk diatasi dan diobati dengan daun sambiloto ini.

Konsumsi secara rutin akan menghindarkan Anda dari penyakit jantung yang selama ini dituding sebagai pembunuh paling garang di dunia.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*