Manfaat Daun Pegagan Untuk Kesehatan Dan Kecerdasan Otak

manfaat daun pegagan untuk kesehatan

Daun pegagan banyak tumbuh di daerah tropis, sehingga tidak heran jika tanaman ini banyak ditemukan di negara Indonesia. Nama latinnya adalah Centella Asiatica dan sering dijadikan obat herbal untuk menyembuhkan beragam penyakit.

Ada beberapa sebutan lain dari tanaman pegagan ini, seperti antanan, sarowati, gagan-gagan, ampagagan, sandanan, pegege, tungkai, kori-kori, taidah, rendeng, kerok batok dan yang lainnya.

Selain bisa dikonsumsi sebagai lalapan, daun pegagan juga sudah banyak diperjualbelikan dalam bentuk kemasan teh herbal, ekstrak kapsul pegagan, serbuk dan yang lainnya. Alasannya tak lain karena di dalam daun pegagan sangat kaya akan kandungan antioksidan alami yang dibutuhkan oleh tubuh dan bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit.

Di negara tetangga Malaysia, daun pegagan ini sudah dijadikan bahan baku produk kecantikan. Manfaat daun pegagan untuk kecantikan adalah dapat menghilangkan kerutan di wajah, menghaluskan kulit wajah, mengencangkan kulit dan masih banyak lagi yang lainnya.

Beberapa kandungan senyawa penting yang ada pada daun pegagan antara lain beta karoten, kalsium, potassium, riboflavin, asam askorbat, asam madecassic, fosfor, niacin, tiamin, asiaticoside, asam asiatik, madecassoside dan yang lainnya.

Manfaat Daun Pegagan Bagi Kesehatan

1. Mencerdaskan otak

Salah satu khasiat daun pegagan yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia adalah untuk kecerdasan otak dan meningkatkan daya ingat seseorang. Selain itu, daun pegagan juga berguna untuk mencegah terjadinya kerusakan pada sel otak, memberikan nutrisi yang cukup dan melancarkan peredaran darah ke otak.

Di negara India pernah dilakukan penelitian akan manfaat daun pegagan bagi perkembangan IQ anak. Asupan serbuk daun pegagan diberikan pada 15 anak yang mengalami masalah gangguan mental selama 1 bulan berturut-turut.

Semua anak yang diberikan asupan daun pegagan tersebut mengalami peningkatan kemampuan konsentrasi dan IQ meningkat hingga 4,6 persen. Dan anak yang mengalami gelisah dan sering berperilaku pasif dapat berubah menjadi komunikatif, aktif dan periang.

Manfaat daun pegagan untuk kecerdasan otak memang sangat luar biasa. Ini tak lain dikarenakan kandungan asiaticosida yang bermanfaat untuk kesehatan otak dan melindunginya dari kerusakan.

Selain itu, kandungan antioksidan pada daun pegagan juga berfungsi untuk melindungi otak dari serangan radikal bebas. Dengan mengkonsumsi ekstrak daun pegagan secara teratur maka dapat meminimalisir serangan penyakit alzheimer, demensia dan penyakit yang berhubungan dengan usia.

2. Menghilangkan stres

Di dalam daun pegagan terdapat senyawa triterpenoid yang berkhasiat untuk menenangkan pikiran. Cara kerjanya adalah dengan melancarkan sirkulasi peredaran darah ke otak sehingga dapat meredakan stres dan beban pikiran.

Salah satu penelitian menyatakan bahwa kandungan zat triterpenoid tersebut juga berfungsi sebagai anti-cemas. Rasa cemas yang dialami seseorang akan cepat menurun dengan mengkonsumsi daun pegagan.

Para pakar kesehatan menyimpulkan bahwa ekstrak daun pegagan bermanfaat untuk mengatasi masalah stres berat dan beban pikiran yang kalut. Perilaku buruk yang diakibatkan oleh stres akan diperbaiki secara efektif.

3. Mencegah kanker

Ada beberapa ilmuan dari negara India yang meneliti akan hubungan daun pegagan dengan penyakit kanker, tumor dan beberapa penyakit degeneratif lainnya. Ternyata dengan kandungan antioksidan yang cukup tinggi, daun pegagan menjadi benteng utama untuk melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas.

Penelitian tersebut menyatakan bahwasanya daun pegagan dapat melindungi tubuh dari penyakit kanker yang disebabkan oleh paparan sinar matahari yang membahayakan. Cara kerjanya adalah dengan menurunkan efek toksik yang diakibatkan oleh sinar ultraviolet tersebut.

4. Detoksifikasi alami

Para pakar kesehatan juga menyebutkan bahwasanya daun pegagan juga memiliki sifat diuretik alami yang dapat memaksimalkan proses pembuangan racun dalam tubuh. Penumpukan racun dalam tubuh dapat dipecah dengan sempurna serta dibersihkan melalui feses.

Manfaat lain dari daun pegagan adalah dapat mengurangi penumpukan garam dan lemak yang berlebihan di dalam tubuh. Dan tentunya ini dapat menjaga kesehatan organ ginjal karena kerja ginjal akan semakin ringan saat proses detoksifikasi.

5. Mengobati luka

Daun pegagan juga bisa digunakan untuk pengobatan luar, seperti menyembuhkan luka ringan dan menghentikan pendarahan akibat luka tersebut. Senyawa saponin dan triterpenoid didalamnya berfungsi untuk mempercepat penyembuhan luka dengan cara meningkatkan kadar antioksidan pada area kulit.

Proses pengobatan luka tersebut berlangsung secara signifikan dengan cara merangsang aliran darah pada sel kulit dan juga melindungi luka dari infeksi. Manfaat ekstrak daun pegagan bekerja secara alami tanpa efek samping.

6. Menyembuhkan luka bakar

Manfaat daun pegagan yang berikutnya adalah dapat menyembuhkan luka bakar. Sebab didalamnya terdapat senyawa yang bersifat anti inflamasi dan anti bakteri. Selain luka bakar, daun pegagan juga dapat mempercepat proses pengobatan psoriasis, dermatitis dan jenis penyakit kulit lainnya.

Senyawa antioksidan pada daun pegagan dapat meningkatkan produksi fibroblas. Fungsi dari fibroblas ini adalah dapat memproduksi kolagen yang dapat mempercepat penyembuhan luka dan meminimalisir adanya bekas luka yang nantinya timbul pada kulit.

7. Melindungi organ hati

Dan yang tidak kalah penting dari manfaat daun pegagan adalah dapat menjaga kesehatan organ hati. Dengan mengkonsumsi air rebusan daun pegagan secara teratur sesuai dosis maka dapat melindungi organ hati dari kerusakan.

Semua zat kimia yang terdapat di dalam organ hati akan dibersihkan sehingga fungsi hati akan berkerja dengan maksimal. Pernyataan ini pernah dibuktikan dengan penelitian pada hewan percobaan dengan memberikan dosis sebanyak 5, 10 dan 20 mg/kg berat tubuh setiap harinya.

8. Melawan virus dan bakteri

Ekstrak daun pegagan juga sering digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri. Beberapa penyakit tersebut adalah kolera, flu, batuk, herpes zoster, disentri, kusta, infeksi saluran kemih, tuberkulosis, flu babi dan yang lainnya.

9. Mengobati demam

Ada sebagian orang yang memanfaatkan daun pegagan sebagai obat penurun panas demam. Cara mengolah daun pegagan untuk menurunkan demam adalah dengan menumbuk daun pegagan dan campurkan dengan sedikit air.

Kemudian gunakan tumbukan daun pegagan tersebut sebagai kompres di bagian kening. Kandungan yang terdapat di dalam daun pegagan berfungsi untuk meredakan sakit demam dan membuat tubuh jadi semakin fit.

10. Melancarkan peredaran darah

Salah satu pemicu timbulnya penyakit berbahaya yang mengancam tubuh dikarenakan terjadinya penyumbatan pembuluh darah. Kegunaan daun pegagan adalah untuk melancarkan sirkulasi peredaran darah sehingga tubuh akan terhindari dari penyakit kronis.

Daun pegagan memiliki kemampuan untuk menjaga dinding pembuluh darah dan kapiler sehingga tidak terjadi kebocoran dan membuat sistem aliran darah menjadi lancar. Selain itu, asupan oksigen juga dapat meningkat dan tersalurkan ke berbagai organ penting di dalam tubuh.

11. Mencegah hipertensi

Manfaat daun pegagan yang berikutnya adalah dapat mencegah penyakit berbahaya yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi, termasuk stroke dan gagal jantung. Peranan daun pegagan adalah dapat menstabilkan tekanan darah sehingga dapat mengurangi ancaman penyakit kardiovaskular.

Tentunya hal ini sangat penting bagi kesehatan organ di dalam tubuh agar terhindar dari serangan jantung, stroke dan beberapa penyakit mematikan lainnya.

12. Mencegah osteoporosis

Beberapa kandungan daun pegagan yang berguna untuk kesehatan tulang adalah kalsium, kalium, magnesium dan zat besi. Senyawa tersebut berkhasiat untuk menjaga kepadatan tulang agar tidak mengalami tulang keropos (osteoporosis).

Selain beberapa manfaat yang telah disebutkan diatas, daun pegagan juga dapat merangsang pertumbuhan sel baru, meningkatkan produksi kolagen dan mengobati peradangan.

Dalam dunia kecantikan, daun pegagan berkhasiat untuk meremajakan kulit tubuh serta menjadi pelindung kulit dengan baik. Sejak dahulu, ekstrak daun pegagan telah digunakan sebagai herbal awet muda dan mencegah terjadinya penuaan dini.

Efek Samping Daun Pegagan

Meskipun secara umum daun pegagan ini sangat aman dan tanpa efek samping saat dikonsumsi sesuai dosis, para ahli kesehatan menyarankan jangan mengkonsumsi daun pegagan lebih dari 6 minggu secara berturut-turut karena dapat membahayakan tubuh.

Para ibu hamil dan menyusui juga tidak dianjurkan mengkonsumsi ekstrak daun pegagan. Begitu juga dengan Anda yang ingin melakukan operasi, sebaiknya jangan mengkonsumsi daun pegagan setidaknya 15 hari sebelum dilakukan operasi. Bagi orang yang memiliki reaksi alergi, daun pegagan ini dapat menyebabkan gatal, mual, sakit perut, kulit memerah dan mengantuk.

Kesimpulannya, konsumsilah daun pegagan sesuai dosis dan aturan minum yang ditetapkan. Dan sebaiknya konsultasikan pada ahli kesehatan atau dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi ekstrak daun pegagan.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*