Manfaat Daun Bidara Untuk Kesehatan, Kecantikan Dan Ruqyah

Di Indonesia sendiri tanaman daun bidara ini banyak memiliki nama, seperti bukol, bedara, kalangga, widara, rangga dan masih banyak lagi lainnya. Dalam bahasa latin tumbuhan ini disebut ziziphus mauritiana.

Ketinggian pohon bidara ini bisa mencapai 16 meter. Sementara bentuk daun bidara ini agak lonjong bulat dan bertekstur halus. Selain bisa dikonsumsi sebagai sayuran, daun bidara juga sering dijadikan makanan hewan ternak.

Sebagian orang ada yang merebusnya untuk dijadikan jamu. Dan yang paling populer sering dijadikan sebagai obat penurun panas demam. Sebenarnya manfaat daun bidara ini sangat banyak. Tidak hanya daunnya saja, tapi bagian buah, biji dan akarnya juga bisa dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Daun Bidara Bagi Kesehatan

1. Mengatasi Diabetes

Salah satu manfaat daun bidara yang cukup populer adalah sebagai obat kencing manis atau diabetes. Beberapa kandungan senyawa yang terdapat didalamnya terbukti secara efektif dapat mengontrol kadar gula yang berlebihan di dalam tubuh.

Penyakit diabetes terjadi karena sistem insulin di dalam tubuh bekerja tidak normal. Bahaya diabetes ini bisa berdampak pada penyakit lainnya seperti gagal ginjal dan jantung.

Dengan mengkonsumsi teh daun bidara maka kadar gula di dalam tubuh akan kembali normal karena daun bidara memiliki indeks glikemik yang cukup rendah. Dan yang penting tetap lakukan pola hidup sehat dengan sering berolahraga dan mengatur pola makan dengan baik.

2. Menyembuhkan Diare

Salah satu ciri dari orang yang menderita diare adalah seringya BAB dengan feses yang encer. Penyebab dari diare ini dikarenakan adanya bakteri atau virus pada makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Penderita diare biasanya juga mengalami demam dan kram perut. Diare ini bisa berlangsung selama beberapa hari dan bahkan bisa lebih dari 1 minggu. Sebenarnya ada banyak sekali obat herbal alami untuk mengatasi diare, salah satunya daun bidara.

Anda bisa membuat minuman teh dari daun bidara dan dikonsumsi setiap pagi. Jika Anda tidak ingin repot, saat ini sudah banyak teh celup daun bidara yang dikemas secara praktis.

3. Mengobati Luka

Daun bidara juga dapat Anda gunakan sebagai obat luar, seperti mengobati luka bakar atau luka luar pada kulit. Ini tidak luput dari kandungan anti septik alami didalamnya. Jenis masalah lain seperti jerawat dan sariawan juga bisa diatasi dengan daun bidara.

Proses penyembuhan luka pada kulit akan dipercepat sehingga luka akan cepat mengering dengan cara membantu meregenerasi sel kulit yang baru.

Caranya adalah dengan mengeringkan daun bidara terlebih dahulu dan kemudian tumbuk hingga menjadi bubuk. Setelah itu tambahkan sedikit air dan aduk sampai membentuk pasta. Aplikasikan pasta daun bidara tersebut pada kulit yang terluka.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Bekas Luka Terkena Minyak Panas Secara Alami

Dan beberapa manfaat lain dari daun bidara adalah dapat mencegah pilek dan batuk, menurunkan tekanan darah tinggi, memiliki sifat anti oksidan, mengatasi masalah pencernaan, mencegah osteoporosis, memperbaiki sistem saraf, menambah stamina tubuh dan menyehatkan jantung.

Manfaat Daun Bidara Untuk Kecantikan

1. Mengatasi Jerawat

Timbulnya jerawat pada wajah membuat seseorang tidak bisa tampil pede di depan orang. Salah satu perawatan yang cukup efektif untuk mengatasi jerawat adalah dengan masker daun bidara.

Di dalam daun  bidara mengandung senyawa anti bakteri yang dapat melawan bakteri jerawat. Selain itu, masker bidara ini juga dapat mengatasi kulit kering, membersihkan sel kulit mati dan mencegah kerusakan pada wajah.

  • Ambil beberapa lembar daun bidara dan bersihkan
  • Tumbuk hingga halus dan letakkan pada sebuah wadah
  • Tambahkan sedikit air dan aduk sampai membentuk pasta
  • Oleskan pada wajah yang berjerawat dan biarkan hingga mengering
  • Setelah itu bilas dengan air bersih

Tentunya cara ini tidaklah instan, tapi keampuhannya tidak perlu diragukan lagi. Gunakan secara teratur dan dapatkan kulit wajah yang halus, mulus dan bebas dari jerawat.

2. Membersihkan Kulit

Kotoran atau daki pada kulit yang sulit dibersihkan maka coba manfaatkan daun bidara untuk menghilangkannya. Sifat anti septik pada daun bidara sangat ampuh membersihkan daki pada kulit tersebut.

Begitu juga dengan jamur dan bakteri yang menempel pada kulit akan ikut hilang berkat penggunaan daun bidara tersebut. Sehingga  kulit akan semakin sehat, bersih dan lembut.

3. Meremajakan Kulit

Banyak para kaum wanita yang mengeluh akan timbulnya tanda-tanda penuaan pada wajah mereka. Gejala timbulnya penuaan tersebut ditandai dengan adanya kerutan halus pada wajah.

Untuk meminimalisir timbulnya penuaan dini tersebut maka Anda bisa memanfaatkan daun bidara. Gunakan masker daun bidara secara rutin sehingga proses regenerasi sel kulit mati akan berjalan dengan efektif.

4. Mengatasi Kulit Kering

Wajah yang tampak kusam dan kusut biasanya disebabkan karena kurangnya kelembaban pada kulit. Kulit kering ini akan terlihat tidak terawat dan menimbulkan rasa tidak percaya diri.

Untuk mengatasi kulit kering ini maka Anda bisa mencoba memakai masker alami yang terbuat dari daun bidara. Cara penggunaannya adalah :

  1. Ambil beberapa lembar daun bidara yang masih segar dan cuci sampai bersih
  2. Tumbuk hingga halus dan tambahkan sedikit air sampai membentuk pasta
  3. Oleskan masker daun bidara pada wajah secara merata
  4. Diamkan sampai mengering dan cuci wajah dengan air hangat

Anda juga bisa mencampur masker daun bidara tersebut dengan bahan alami lainnya seperti madu dan lemon agar mendapatkan manfaat yang lebih maksimal.

5. Melindungi Kulit Dari Sinar UV

Paparan sinar matahari sangatlah tidak baik bagi kesehatan kulit. Beberapa dampak negatif dari sinar UV ini dapat menyebabkan kulit kusam, berminyak, mempercepat penuaan dini dan bahkan dapat memicu kanker kulit karena radikal bebas.

Untuk mengatasi semua masalah yang disebabkan oleh bahaya sinar ultraviolet tersebut maka Anda bisa menggunakan masker alami yang terbuat dari daun bidara. Gunakan secara rutin sebanyak 3 kali dalam seminggu.

6. Menyehatkan Rambut

Tentunya kita semua menginginkan rambut yang sehat, indah dan terbebas dari kerontokan. Perawatan rambut merupakan hal yang harus diperhatikan secara rutin agar rambut tidak mudah rontok.

Daun bidara ini juga memiliki khasiat untuk menguatkan dan menyehatkan rambut secara keseluruhan. Caranya adalah dengan merebus daun bidara hingga mendidih kemudian dinginkan.

Aplikasikan air rebusan daun bidara tersebut pada rambut seperti halnya hair tonic. Kandungan didalamnya dapat menjadikan rambut lebih kuat, mengatasi rambut bercabang, melembabkan dan menyuburkan.

7. Menghilangkan Bau Badan

Menurut para ahli kesehatan, manfaat daun bidara juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau badan, khususnya bau ketiak akibat munculnya keringat.

Masalah bau badan dan ketiak ini memang banyak dialami oleh orang, tapi Anda tidak usah khawatir sebab dengan menggunakan daun bidara maka semua akan hilang dalam sekejab.

Caranya adalah dengan menyediakan beberapa lembar daun bidara yang masih segar, kemudian remas-remas supaya minyak daun bidara keluar dan gosokkan ke area ketiak. Lakukan terapi bau badan ini ketika sedang mandi secara rutin setiap hari.

Manfaat Daun Bidara Untuk Ruqyah Dan Sihir

Sebenarnya tidak ada dalil sama sekali di dalam AlQuran dan Hadits yang membahas tentang daun bidara untuk ruqyah, sihir dan kesurupan. Pembahasan daun bidara pada bidang ini termasuk dalam kategori pengobatan, bukan ibadah.

Jadi pada intinya menggunakan media daun bidara sebagai pengobatan ini tidaklah dilarang. Dan yang paling penting, manfaat daun bidara untuk ruqyah ini terbukti sangat mujarab.

Ada banyak sekali tatacara menggunakan daun bidara untuk mengatasi sihir ataur ruqyah. Salah satu cara yang bisa Anda gunakan adalah :

  • Siapkan 7 lembar daun bidara segar dan kemudian tumbuk menggunakan batu
  • Letakkan pada sebuah ember dan tambahkan air secukupnya. Nantinya air ini akan digunakan untuk mandi.
  • Bacakan beberapa surat AlQuran, seperti al-Ikhlas, al-Falaq, an-Naas, al-Kafiruun dan yang lainnya
  • Kemudian gunakan air tersebut untuk mandi seperti biasanya

Bagi ibu yang lagi hamil atau menyusui sebaiknya tidak mengkonsumsi daun bidara. Atau paling tidak konsultasikan ke ahli kesehatan atau dokter terlebih dahulu supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*