Manfaat Dan Cara Mengolah Daun Ungu Untuk Mengobati Ambeien

manfaat dan cara mengolah daun ungu untuk ambeien
loading...

Jika Anda mencoba searching di google tentang obat herbal penyakit ambeien, maka hampir semua produk herbal tersebut mengandung ekstrak daun ungu. Alasannya tak lain karena manfaat daun ungu untuk ambeien atau wasir memang sangat ampuh.

Ambeien adalah jenis penyakit yang banyak diderita orang. Ada 2 jenis penyakit ambeien, yaitu ambeien luar dan ambeien dalam. Penyebab terjadinya pembengkakan pembuluh darah pada bagian belakang tersebut bisa disebabkan karena duduk yang terlalu lama, kurang mengkonsumsi air putih, terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas dan beberapa alasan lainnya.

Sebenarnya ada banyak sekali obat herbal yang dapat menyembuhkan penyakit ambeien. Diantaranya adalah biji pepaya, daun singkong, akar kangkung, tape, mahkota dewa dan yang lainnya. Tapi obat alami ambeien yang disebutkan tadi levelnya masih jauh dibawah daun ungu.

Cara kerja daun ungu dalam pengobatan ambeien sangatlah cepat bila dibandingkan dengan obat herbal alami lain. Dan bahkan, obat dokter yang cara pakainya dimasukkan ke dalam lubang belakang, masih kalah dengan kehebatan tanaman daun ungu untuk wasir.

Mengenal Daun Ungu

Daun ungu merupakan tanaman hias yang mudah ditemukan di sekitar kita dan sering dijadikan apotik hidup. Di daerah perkotaan, tanaman daun ungu sering dijadikan tanaman hias di taman-taman kota. Bahkan ada yang dijadikan tanaman pagar di sekitar lapangan, sekolah dan rumah-rumah.

Nama latinnya adalah graptophyllum pictum. Ada sebagian orang yang menyebutnya daun wungu. Sebenarnya sebutan daun ungu di beberapa daerah berbeda-beda, seperti karotong, demung, kobi-kobi, tulak, daun putri, temen-temen (sunda), kadi-kadi, handeuleum dan yang lainnya.

Tanaman daun wungu sangat mudah dikenali dengan ciri khas daun berwarna ungu kemerahan dan kehijauan. Batang kayunya agak licin. Buahnya berbentuk kotak lonjong dan bunganya majemuk.

Tanaman ungu ini berasal dari tanah Papua Nugini dan saat ini sudah banyak menyebar ke berbagai daerah. Di pulau Jawa, tanaman daun ungu bisa tumbuh di ketinggian 1250 meter diatas permukaan laut. Biasanya daun ungu tumbuh di tanah lembab, namun ada juga yang tumbuh di tempat yang banyak mendapat paparan sinar matahari.

Manfaat Daun Ungu Untuk Menyembuhkan Ambeien

Daun ungu sangat populer dalam dunia kesehatan, khususnya untuk pengobatan penyakit ambeien atau wasir. Di dalam daun ungu ditemukan beragam kandungan senyawa, seperti steroid, tanin, saponin, klorofil, asam formik, alkaloid, glikosida, kalsium oksalat dan lemak.

Penelitian akan khasiat daun ungu untuk wasir pernah dilakukan oleh Prof. Dr. H. Sardjono Oerip Santoso dari Farmokologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Profesor Sardjono menyebutkan bahwa daun ungu memiliki sifat anti-hemoroid yang fungsinya sangat efektif dapat penyebuhan penyakit ambeien.

Selain itu, di dalam daun ungu juga terdapat senyawa anti-inflamasi atau analgesik yang dapat meredakan rasa nyeri serta menghambat perkembangan jamur dan bakteri (streptococcus).

Pakar kesehatan dan sekaligus guru besar Universitas Indonesia, Prof. Dr. Sumali Wiryowidgo juga menyatakan bahwasanya di dalam daun ungu terdapat kandungan pektin yang berfungsi untuk menyembuhkan penyakit ambeien dengan cepat.

Khasiat pektin ini adalah untuk memaksimalkan saluran cerna tubuh sehingga dapat memudahkan proses pembuangan feses. Buang air besar pun akan lancar tanpa menimbulkan peradangan dan luka.

Trio peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang, Dr. Nur Permatasari Ms, dr. Umi Kulsum Mkes dan dr. Nurdiana Mkes menyatakan bahwa kandungan alkaloid pada daun ungu berfungsi sebagai anti-inflamasi dan sebagai analgesik.

Efek analgesik dan anti-inflamasi daun ungu dapat menurunkan rasa nyeri dengan dosis 3mg/kg bobot tubuh. Itu hampir sama dengan pemberian aspirin dengan dosis 125 mg/kg bobot tubuh. Ini dikarenakan senyawa alkaloid pada daun ungu yang dapat mengambat pembentukan prostaglandin.

Kesimpulan dari beberapa penelitian para pakar diatas, peranan daun ungun dalam pengobatan penyakit ambeien memang terbukti ampuh dan efektif. Anda bisa mengkonsumsi ramuan daun ungu yang diolah sendiri di rumah secara rutin dan teratur. Dan jika ingin yang lebih praktis, saat ini sudah banyak tersedia ekstrak kapsul daun ungu yang langsung bisa diminum tanpa harus ribet mengolahnya.

Cara Mengolah Daun Ungu Untuk Obat Ambeien

Cara pengolahan daun ungu untuk menyembuhkan sakit ambeien bisa melalui beberapa metode. Anda bisa langsung mengolah daun ungu tanpa campuran bahan lainnya dan atau bisa juga dicampur dengan bahan herbal lain yang juga berkhasiat untuk mengatasi ambeien.

1. Daun Ungu Saja

  • Ambil 10 gram daun ungu kemudian cuci hingga bersih
  • Rebus daun ungu dengan 2 gelas air dan tunggu hingga air tersisa 1 gelas saja
  • Saring air rebusan tersebut dan kemudian konsumsi saat masih hangat
  • Konsumsi secara rutin air rebusan daun ungu hingga ambeien benar-benar sembuh

2. Daun Ungu, Daun Pegagan, Temu Putih Dan Kunyit

  • Rebus daun pegagan, temu putih dan kunyit dengan air sebanyak 700 ml
  • Saat sudah mendidih, masukkan daun ungu yang sudah dicuci bersih
  • Setelah matang, saring dan minum ramuan daun ungu tersebut 2-3 kali dalam sehari

Ekstrak daun ungu ini tidak dianjurkan bagi ibu hamil. Sebaiknya para penderita penyakit ambeien ini juga menghindari makanan yang pedas. Dengan mengkonsumsi daun ungu secara rutin, insyaAllah ambeien/wasir akan sembuh dalam waktu 2-3 minggu. Tapi jika ambeien parah, maka dibutuhkan waktu sekitar 4 bulan.

Manfaat Daun Ungu Bagi Kesehatan

Jika diperinci lebih mendalam, sebenarnya manfaat daun ungu ini tidak hanya baik sebagai obat herbal ambeien. Namun ada beragam manfaat lain yang bisa didapatkan dari daun ungu. Diantaranya adalah :

  1. Dapat melindungi dan menjaga kesehatan organ ginjal dengan baik. Batu ginjal juga dapat dihancurkan menggunakan daun ungu ini.
  2. Membersihkan karang gigi (plak pada gigi). Pemicu timbulnya plak adalah karena sisa makanan yang mengeras. Kotoran pada gigi ini bisa Anda bersihkan menggunakan daun ungu.
  3. Mencegah penyakit hepatitis dan menyehatkan hati
  4. Mengobati sakit telinga. Adanya kotoran yang menumpuk di dalam telinga dapat menyebabkan sakit. Anda bisa mengatasinya dengan meneteskan sari daun ungu sebagai obat tetes telinga.
  5. Mengobati luka luar dan mempercepat penyembuhan bisul. Caranya adalah dengan menumbuk daun ungu segar hingga halus, lalu balurkan pada luka agar cepat mengering.
  6. Menyembuhkan sakit demam. Daun ungu memiliki sifat diuretic, yaitu menjadikan suhu tubuh bisa stabil dengan perlahan-lahan sehingga demam akan sembuh dengan sendirinya.
  7. Memiliki sifat anti-inflamasi yang berfungsi untuk mengatasi peradangan. Bila Anda mengalami peradangan pada kulit, tenggorokan atau yang lainnya maka coba sembuhkan dengan daun ini.
  8. Melancarkan BAB. Mengkonsumsi ekstrak daun ungu maka dapat menyehatkan sistem pencernaan tubuh. Masalah sembelit akan teratasi dengan alami.
  9. Mengobati sakit maag. Asam lambung yang meningkat bisa menyebabkan rasa perih pada saluran pencernaan. Kandungan senyawa di dalam daun ungu berkhasiat untuk menurunkan kadar asam lambung sehingga maag akan teratasi dengan cepat.
  10. Menyembuhkan diabetes dengan cara menstabilkan kadar gula darah
  11. Melancarkan haid. Bila haid tidak lancar, maka cobalah mengkonsumsi air rebusan daun ungu agar siklus haid kembali normal.
  12. Bermanfaat untuk kecantikan kulit wajah. Sebab didalamnya terdapat kandungan emolien yang berfungsi untuk melembabkan kulit wajah.

Sekarang Anda sudah tau akan manfaat daun ungu untuk kesehatan, khususnya sebagai bahan herbal pengobatan penyakit ambeien.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*