10+ Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

manfaat buah mengkudu untuk kesehatan

Mengkudu merupakan buah yang berasal dari Asia Tenggara dengan nama latin Morinda Citrifolia, ciri kulitnya berbintik dan bentuk buahnya lonjong. Buah mengkudu atau ada yang menyebutnya buah pace seringkali dikonsumsi dalam bentuk jus, rujak dan olahan masakan.

Tapi ada sebagian masyarakat yang kurang menyukai buah mengkudu, sebab rasanya memang kurang enak dan mengeluarkan aroma yang kurang sedap. Namun yang perlu Anda ketahui tentang buah ini adalah tentang khasiatnya yang sangat beragam bagi kesehatan dan kecantikan kulit.

Sebelum mengkonsumi buah mengkudu, sebaiknya Anda juga harus tau bahwasanya banyak sekali jenis buah mengkudu, ada yang bermanfaat positif bagi tubuh dan ada juga yang berbahaya karena mengandung racun.

Jenis buah mengkudu kurang lebih berjumlah 80 macam dan hanya 20 jenis saja yang bisa dikonsumsi. Oleh karena itu, ketika Anda berniat mengkonsumsi buah mengkudu maka sebaiknya konsultasikan kepada ahli atau orang yang mengetahuinya.

Ciri-Ciri Pohon Mengkudu

  • Warna pohon coklat agak keabu-abuan. Ketinggian rata-rata pohon mengkudu berkisar antara 4-6 meter. Bentuk pohon mengkudu tegak kaku, dahannya kasar dan berakar tunggang.
  • Bentuk buahnya agak lonjong dan ukurannya sedikit lebih kecil dibandingkan buah mangga. Ada bintik-bintik kasar pada bagian kulit.
  • Ukuran daun agak besar dan tebal serta berjajar rapi saling berhadapan
  • Bentuk bunga mengkudu mirip dengan corong. Dengan ukuran 1,5 cm dan melekat pada tangkai bunga dengan panjang sekitar 4 cm.

Penyebutan buah mengkudu di beberapa daerah berbeda-beda, seperti pace, koddhuk (madura), kemudu, wengkudu, cangkudu, kudu dan lainnya.

Senyawa Pada Buah Mengkudu

Kandungan gizi dan nutrisi yang terdapat di dalam buah mengkudu sangat beragam. Banyak penelitian yang menyatakan bahwasanya manfaat buah mengkudu sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Beberapa kandungan zat buah mengkudu antara lain zat terpenoid, zat anti bakteri, zat bioaktif, serat, metil, asam kapril, xeronin, analgesik, protein, zat anti kanker, mineral, zat iridoid, antioksidan, asetil, merindone dan beragam kandungan lainnya.

Manfaat Buah Mengkudu

Setelah mengetahui ciri-ciri buah mengkudu dan kandungan apa saja yang terdapat didalamnya, sekarang kita akan membahas akan khasiat buah mengkudu untuk kesehatan, khususnya untuk mencegah dan mengobati penyakit.

1. Mengobati sakit kepala

Sakit kepala sebenarnya termasuk penyakit ringan, namun jika dibiarkan saja maka ini akan mengganggu aktifitas orang yang mengalaminya. Penyebab sakit pada kepala tersebut dikarenakan otot dan saraf pusat yang tegang.

Peran pace atau buah mengkudu ini sangat bagus untuk meredakan sakit kepala. Didalamnya terdapat senyawa analgesik yang juga berkhasiat untuk mengurangi rasa nyeri.

2. Menyembuhkan hipertensi

Penyakit hipertensi kerapkali dialami oleh orang yang tidak menerapkan pola hidup sehat. Manfaat buah mengkudu untuk hipertensi bisa dibilang sangat ampuh sebab didalamnya terdapat kandungan xeronin yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Bahkan bukan hanya itu saja, kandungan senyawa fitonutrien pada buah mengkudu diyakini mampu melebarkan pembuluh darah sehingga detak jantung akan normal dan bekerja dengan optimal.

3. Menyehatkan sistem pencernaan

Buah mengkudu juga kaya akan kandungan serat yang bagus bagi sistem pencernaan tubuh. Dan menurut para pakar kesehatan, kandungan serat di dalam buah mengkudu jauh lebih tinggi dibandingkan buah mangga dan pepaya.

Diantara manfaat buah mengkudu bagi pencernaan adalah dapat mencegah dan mengobati diare serta mengatasi sembelit. Caranya adalah dengan mengkonsumsi secara langsung atau buah mengkudu tersebut juga bisa dijadikan minuman jus yang menyegarkan.

4. Bersifat anti-inflamasi

Sumber makanan yang memiliki sifat anti inflamasi sangat bagus bagi kesehatan tubuh, khususnya untuk mengatasi radang sendi, radang kulit dan peradangan yang lainnya.

Nah, di dalam buah mengkudu juga ditemukan kandungan anti inflamasi yang dapat meredakan rasa nyeri akibat peradangan tersebut. Dengan mengkonsumsi secara rutin maka tubuh akan sehat dan terbebas dari penyakit peradangan.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat buah mengkudu yang berikutnya adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Buah mengkudu merupakan sumber antioksidan yang sangat tinggi yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas yang membahayakan organ tubuh.

Selain itu, buah mengkudu juga mengandung mineral, vitamin E, peptida, vitamin C dan koenzim Q10 yang dapat menangkal serangan penyakit seperti pilek, masuk angin, batu, pusing dan lainnya.

6. Antikuman dan antibakteri

Kuman dan bakteri merupakan cikal bakal penyebab timbulnya penyakit yang menyerang tubuh. Keduanya bisa menjadi pemicu datangnya beragam penyakit, baik yang ringan maupun penyakit berat.

Peran buah mengkudu sebagai antikuman dan antibakteri sangat penting sebab didalamnya terdapat zat antrakuionon dan terpana yang dapat membunuh kuman dan bakteri yang bersarang di dalam tubuh.

7. Mengobati tumor

Ada 2 jenis tumor yang dialami oleh orang, yaitu tumor ganas dan tumor jinak. Untuk mengatasi benjolan tumor yang terdapat pada kulit luar maka Anda bisa mengoleskan buah mengkudu yang telah dihaluskan.

Namun jika tumor tersebut berada di dalam tubuh maka Anda bisa mengkonsumsi ramuan air rebusan buah mengkudu 3 kali dalam sehari secara rutin dan teratur.

8. Menurunkan kadar kolesterol

Di dalam tubuh terdapat 2 jenis kolesterol, yaitu kolesterol jahat dan kolesterol baik. Agar tubuh sehat maka kolesterol jahat harus diredakan dan kolesterol baik harus ditingkatkan. Sebab jika tidak, maka dapat menimbulkan penyakit kronis seperti stroke dan jantung.

Pada sebuah penelitian yang dilakukan di Timur Tengah menyebutkan bahwa manfaat buah mengkudu sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan sekaligus menambah kolesterol baik.

Senyawa yang berperan penting pada penurunkan kolesterol tersebut adalah zat xeronine dan proxeronine. Anda cukup mengkonsumsi air rebusan buah mengkudu secara rutin dan teratur supaya kolesterol jahat tidak menumpuk di dalam tubuh.

Baca Juga : Daftar Makanan Yang Mengandung Kolesterol Tinggi

9. Mencegah penyakit kanker

Kanker menempati peringkat kedua penyakit mematikan setelah jantung. Cara pengobatan penyakit kanker juga sangat sulit. Biasanya orang yang terkena kanker akan melakukan kemoterapi yang tentunya juga terdapat efek samping bagi kesehatan tubuh.

Oleh karena itu, sebaiknya kita harus mencegah agar tidak mengalami kanker. Anda bisa mengkonsumsi buah mengkudu agar terbebas dari serangan kanker, sebab didalamnya terdapat kandungan antioksidan yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

10. Mengobati asam urat

Jangan pernah menganggap sepele penyakit asam urat karena jenis penyakit ini dapat menyebabkan penyakit lainnya seperti gagal ginjal dan stroke. Cara mengobati asam urat secara alami bisa menggunakan buah mengkudu.

Anda bisa mengkonsumsi buah mengkudu matang secara langsung. Kandungan iridoid didalamnya berkhasiat untuk meredakan rasa nyeri karena dapat memecah asam urat yang berkumpul di persendian.

11. Mengobati sakit demam

Sakit demam pada anak maupun orang dewasa dapat disembuhkan dengan buah mengkudu. Caranya adalah :

  • Ambil 3 buah mengkudu dan 1 ruas kencur secukupnya
  • Kupas bersih, cuci dan hancurkan kedua bahan tersebut
  • Kemudian rebus dengan 2 gelas air, tunggu hingga matang dan air tersisa 1 gelas saja
  • Konsumsi herbal ini 2 kali dalam sehari hingga demam menurun

12. Mengobati diabetes

Kadar gula yang terlalu tinggi dapat menyebabkan diabetes. Untuk mengontrol kadar gula agar tidak berlebihan di dalam tubuh maka Anda bisa mengkonsumsi buah mengkudu. Kandungan proxeronine di dalam buah mengkudu berfungsi untuk menormalkan kadar gula darah.

Artikel Lain : Daftar Tanaman Herbal Untuk Pengobatan Diabetes

13. Mengobati gondok

Gondok merupakan penyakit yang menyerang kelenjar tiroid dan mengalami pembengkakan. Kombinasi antara buah mengkudu dan garam bisa bekerja dengan optimal mengobati penyakit gondok dan meredakan pembengkakan secara perlahan.

14. Melancarkan sirkulasi peredaran darah

Penyebab aliran darah tidak lancar dikarenakan terjadinya penyempitan pada pembuluh darah. Keadaan ini sangat mengancam tubuh, yaitu menjadi pemicu timbulnya penyakit berbahaya.

Peranan buah mengkudu dengan senyawa scopoletinnya berfungsi untuk memperlebar pembuluh darah sehingga aliran darah akan lancar ke seluruh organ tubuh.

15. Menyembuhkan sakit kuning

Penyebab orang mengalami sakit kuning dikarenakan bertumpuknya zat bilirubin pada jaringan tubuh. Ciri-ciri orang yang sedang terkena penyakit kuning adalah berwajah pucat, lemas, wajah menguning dan berat badan turun.

Peranan buah mengkudu untuk mengobati penyakit kuning sangat efektif, sebab di dalam buah mengkudu kaya akan mineral alami dan zat bioaktif yang mampu memperbaiki jaringan sel tubuh. Bilirubin yang bertumpuk akan dipecah didan bersihkan dengan optimal.

16. Mengatasi peradangan pada lambung

Kandungan zat scolopeti pada buah mengkudu bermanfaat untuk mengatasi rasa mulas dan perih pada lambung. Cara mengobati radang lambung adalah dengan mengkonsumsi air rebusan buah mengkudu secara rutin dan teratur setiap hari.

17. Mengatasi keracunan

Ciri-ciri orang yang mengalami keracunan adalah sakit perut, mual-mual, muntah, diare, pusing, muka pucat dan alinnya. Khasiat dari buah mengkudu adalah membersihkan racun atau pendetoksifikasi alami sehingga akan meredakan keracunan dengan maksimal.

18. Mengobati bronkitis

Buah mengkudu memiliki sifat anti bakteri dan anti virus yang berfungsi untuk membersihkan bakteri dan virus penyebab sakit bronkitis pada saluran pernafasan.

Manfaat Lain Dari Buah Mengkudu

  • Melindungi tubuh agar terbebas dari efek buruk radikal bebas
  • Bersifat antiseptik alami yang dapat mencegah infeksi akibat virus dan bakteri
  • Memiliki kemampuan untuk menyembuhkan disentri pada balita
  • Mengobati radang tenggorokan dan radang kulit
  • Sebagai makanan penambah stamina tubuh
  • Mengobati ambeien atau wasir yang parah
  • Menghilangkan kulit bersisik, membersihkan sel kulit mati dan melembabkan kulit
  • Mengatasi diare
  • Menyembuhkan sakit gigi dan menyegarkan bau mulut
  • Menjaga kesehatan tulang agar tidak mengalami osteoporosis
  • Mengobati batuk dan pilek dengan kandungan antibakterialnya
  • Menyembuhkan peradangan pada usus yang disertai rasa nyeri dan perih
  • Mempercepat proses penyembuhan luka, baik luka bakar atau borok yang tak kunjung sembuh
  • Mengatasi gangguan kesehatan kulit, seperti panu, kadas, kurap, kutu air dan lainnya

Efek Samping Buah Mengkudu

Secara umum buah mengkudu ini aman dikonsumsi dengan mengikuti aturan minum yang dianjurkan sesuai dosis. Namun ada beberapa keadaan yang tidak diperbolehkan mengkonsumsi buah mengkudu, diantaranya adalah :

  • Ibu hamil. Sebab ditakutkan terjadi keguguran dan gangguan kesehatan pada janin yang sedang di kandungan. Ibu menyusui juga tidak disarankan mengkonsumsi buah mengkudu.
  • Penyakit batu ginjal. Buah mengkudu sangat tinggi kandungan kalium yang dapat membahayakan penyakit batu ginjal.
  • Penyakit liver. Penderita penyakit liver juga tidak disarankan karena ditakutkan mengganggu kinerja hati.

Semoga informasi tentang manfaat dan efek samping buah mengkudu ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Sebaiknya konsultasikan kepada ahli kesehatan terlebih dahulu agar tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*