7 Manfaat Beta Karoten Bagi Kesehatan Yang Jarang Diketahui

manfaat beta karoten bagi kesehatan

Banyak yang mengatakan bahwa manfaat beta karoten sangat baik bagi tubuh, namun tak jarang orang yang mengetahui tentang apa itu beta karoten. Ini disebabkan tak banyak jenis makanan yang menjadi sumber beta karoten.

Beta karoten adalah senyawa karotenoid atau sebagai pigmen yang memberikan pada warna tertentu pada tumbuhan serta mempunyai kandungan antioksidan. Beta karoten juga dikenal sebagai provitamin A, sebab dapat dikonversi menjadi vitamin A oleh tubuh. Banyak orang yang menganggap beta karoten sebagai bentuk dari vitamin A, padahal sebenarnya bukan.

Ada banyak sekali manfaat beta karoten yang berguna bagi tubuh, sebab beta karoten memiliki sifat sebagai antioksidan yang berguna untuk melindungi sel agar tidak mudah rusak.

loading...

Bahkan menurut beberapa penelitian, menyebutkan bahwa orang yang mengkonsumsi sumber makanan yang mengandung beta karoten dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung. Namun sejauh ini belum banyak penelitian yang menemukan apakah beta karoten memiliki manfaat yang setara jika dibuat menjadi suplemen.

Banyak terdapat suplemen beta karoten yang ada di pasaran, bahkan banyak yang mempercayainya memiliki manfaat bagi kesehatan. Beberapa bukti juga menunjukkan bahwa suplemen beta karoten berfungsi untuk memperlambat osteoarthritis.

Hal tersebut dikarenakan jika mengkonsumsi beta karoten sama halnya dengan mengkonsumsi zat lain seperti zinc, vitamin C serta vitamin E, sehingga dapat mencegah kerusakan retina yang disebabkan oleh usia.

Artikel Terkait : Buah Dan Makanan Yang Mengandung Vitamin A Terbanyak

Manfaat Beta Karoten Bagi Kesehatan Tubuh

Dengan kandungan yang sangat baik ini, maka beta karoten memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Diantara beragam manfaat beta karoten bagi tubuh yaitu :

1. Mengatasi Penyakit Jantung

Banyak penelitian yang menyatakan bahwa jika seseorang mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak beta karoten, maka akan dapat menurunkan terkena penyakit jantung. Hal tersebut karena beta karoten bekerja sama dengan vitamin E dengan mengurangi kolesterol jahat atau LDL. Dengan begitu dapat menurunkan resiko penyakit jantung koroner dan arterosklerosis.

2. Mengatasi Masalah Sistem Pernapasan

Beta karoten dan vitamin C yang masuk ke dalam tubuh akan mudah diserap. Sehingga beta karoten ini dapat meningkatkan kapasitas kerja paru-paru serta mengatasi masalah pernapasan. Beberapa masalah pernapasan yang bisa diatasi jika mengkonsumsi beta karoten yaitu bronkitis, asma dan emfisema.

3. Mencegah Penyakit Kanker

Penyakit kanker merupakan penyakit yang sangat berbahaya, bahkan bisa mengakibatkan kematian. Dengan hal tersebut, maka perlu dilakukan pencegahan agar tidak terkena kanker.

Sebuah penelitian menyebutkan salah satu manfaat beta karoten adalah untuk mencegah penyakit kanker. Hal tersebut arena beta karoten merupakan senyawa yang dapat melawan kanker, sebab berfungsi sebagai antioksidan.

Selain itu, senyawa karotenoid yang masuk ke dalam tubuh akan membantu menjaga komunikasi antar sel, sehingga dapat melakukan pencegahan kanker serta mencegah pertumbuhannya. Manfaat beta karoten adalah untuk menegah kanker payud4ra, kanker paru-paru dan kanker usus besar.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat beta karoten untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, hal tersebut dikarenakan beta karoten akan mengaktifkan kelenjar thymus yang menjadi faktor penunjang kekebalan tubuh.

Dimana kelenjar thymus tersebut digunakan untuk merangsang sistem imun dalam melawan virus serta mematikan sel kanker sebelum tumbuh dan berkembang.

5. Melindungi Dari Radiasi

Kerja sama antara beta karoten, vitamin C dan vitamin E, berfungsi untuk melindungi tubuh dari radiasi ultraviolet yang dihasilkan sinar matahari. Bahkan manfaat beta karoten dan beberapa vitamin ini dapat melindungi tubuh pasca kemoterapi. Hal ini karena zat-zat tersebut berperan sebagai antioksidan dalam menjaga tubuh.

6. Mencegah Diabetes

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang kekurangan beta karoten dapat menyebabkan resiko terkena penyakit diabetes. Sehingga secara tak langsung maka manfaat beta karoten bagi kesehatan adalah mencegah terjadinya penyakit diabetes.

Baca Juga : Daftar Makanan Yang Dianjurkan Bagi Penderita Diabetes

7. Reumatoid Arthritis

Jika di dalam tubuh memiliki tingkat beta karoten rendah, maka akan memiliki resiko dapat menderita reumatoid arthritis. Ini adalah penyakit rematik yang menyebabkan radang sehingga dapat menimbulkan rasa nyeri dan bengkak pada persendian.

Biasanya mudah menyerang persendian tangan, lutut dan kaki. Oleh sebab itu, dengan cukup mengkonsumsi beta karoten maka penyakit reumatoid arthritis ini akan mudah dicegah dan dihindari.

Dosis Mengkonsumsi Beta Karoten Agar Tidak Menimbulkan Efek Samping

Meskipun banyak manfaat beta karoten bagi kesehatan tubuh, tentunya dalam mengkonsumsi makanan yang mengandung beta karoten harus sesuai dengan porsinya, artinya jangan berlebihan. Asupan beta karoten setiap hari yang dianjurkan oleh pakar kesehatan berdasarkan usianya adalah:

  • 1-4 tahun 60-90 miligram per hari
  • 8-9 tahun 90-120 miligram per hari
  • 9-12 tahun 120-150 miligram per hari
  • 13-16 tahun 150-180 miligram per hari
  • 16 tahun keatas 180 miligram per hari

Perlu Anda ketahui, jika dosis pengonsumsian beta karoten dalam jumlah yang banyak dengan jangka panjang, maka dapat membahayakan kesehatan tubuh. Karena beta karoten memiliki efek samping yang tak baik bagi tubuh.

Efek samping beta karoten bagi kesehatan yaitu dapat meningkatkan resiko kanker paru-paru. Namun hal ini hanya terjadi pada perokok aktif saja. Selain itu, pengonsumsian beta karoten dalam jumlah yang banyak juga dapat menyebabkan resiko lain yaitu karetenemia atau carotenodermia. Namun kondisi tersebut tidak akan menjadi pekursosr, sebab karetenemia hanya akan menyebabkan kulit menjadi kuning.

Setelah mengetahui beberapa manfaat beta karoten serta efek samping beta karoten tersebut, lalu apa saja makanan yang mengadung beta karoten? Berikut penjelasannya.

Sumber Makanan Yang Banyak Mengandung Beta Karoten

Seperti yang telah dijelaskan bahwa beta karoten merupakan zat yang berperan sebagai pengaruh pigmen warna, seperti warna orange dan merah. Sehingga beta karoten dapat ditemukan di beberapa buah dan sayur yang memiliki warna merah atau orange.

Berikut ini top 5 makanan yang mengandung beta karoten tinggi :

1. Sawi Hijau

Satu porsi sawi hijau seberat 100 gram memiliki kandungan beta karoten sebesar 6300,5 gram. Selain itu sawi hijau juga memiliki kandungan vitamin C, E dan K serta antioksidan yang membantu untuk menangkap radikal bebas yang menjadi penyebab kerusakan sel.

2. Lobak Hijau

Satu porsi lobak hijau seberat 100 gram, memiliki kandungan beta karoten sebesar 6952,5 gram. Selain itu lobak hijau juga memiliki kandungan glocosinolates dan kalsium yang akan membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi.

3. Wortel

Tentunya sudah banyak yang tahu bukan, bahwa salah satu manfaat wortel adalah untuk menjaga kesehatan mata.

Hal ini dikarenakan salah satu kandungan dalam wortel terdapat beta karoten, dimana manfaat beta karoten dalam wortel ini adalah untuk menjaga kesehatan mata, kesehatan jantung serta menutrisi kulit. Dalam satu porsi wortel seberat 100 gram, mengandung 8282, 5 gram beta karoten.

4. Kale

Mungkin belum banyak yang tahu tentang kale, dimana kale merupakan sayuran yang merupakan bentuk awal dari kubis. Satu porsi kale dengan beras 100 gram, memiliki kandungan beta karoten sebanyak 9226,5 gram. Selain itu, kale juga memiliki kandungan lain seperti vitamin A, C dan K, serta memiliki kandungan mineral seperti magnesium, zat besi dan kalsium.

5. Ubi Jalar

Ubi jalar yang memiliki kandungan beta karoten tinggi adalah yang berwarna merah. Dimana setiap 100 gram ubi jalar memiliki kandungan beta karoten sebanyak 9444, 5 gram. Bahkan ubi jalar juga memiliki kandungan lain seperti vitamin C, D, E dan mineral seperti magnesium dan zat besi. Bahkan ubi jalar juga berperan sebagai antioksidan.

Dengan begitu maka manfaat ubi jalar bagi kesehatan adalah untuk meningkatkan energi, meningkatkan mood, mengatasi flu, mengurangi tanda penuaan kulit, serta meningkatkan kesehatan gigi, tulang dan kulit.

Beberapa makanan sumber beta karoten tinggi lainnya yaitu, bayam bumbu kuning, labu kuning, kubis dan bit hijau. Jika Anda ingin mendapatkan manfaat beta karoten bagi kesehatan tubuh, maka konsumsi lah beta karoten secara rajin, namun pastikan dengan porsi yang sesuai anjuran agar tidak terjadi efek samping.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*