24 Manfaat Bawang Putih Tunggal Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

manfaat bawang putih tunggal bagi kesehatan dan kecantikan

Orang jawa menyebutnya bawang putih lanang. Lalu, apa yang membedakan bawang putih tunggal dengan bawang putih biasa?

Anda mungkin sudah mengetahui bawang putih yang biasa dipakai sehari-sehari sebagai bumbu masakan di dapur. Perbedaannya terletak di jumlah siungnya, bawang putih biasa memiliki beberapa siung dan bawang putih tunggal cuma terdiri dari 1 siung saja. Warna bawang putih tunggal juga sedikit lebih putih jika dibandingkan dengan yang biasa.

Banyak para ahli yang melakukan penelitian dan menemukan sejumlah khasiat dan manfaat pada bawang putih tunggal, baik untuk obat kesehatan maupun untuk kecantikan wajah dan tubuh. Dengan ragamnya manfaat pada bawang putih tersebut, sehingga banyak sekali yang menawarkan kapsul herbal yang berisi ekstrak bawang putih tunggal dan ada juga yang jual dalam kemasan minuman.

Manfaat Bawang Putih Tunggal Bagi Kesehatan

Menurut para ahli kesehatan, bawang putih tunggal ini sebaiknya diiris atau dicincang agar kandungan yang berada didalamnya bisa bekerja dengan maksimal. Bawang putih tunggal diyakini lebih ampuh dan lebih berkhasiat dibandingkan bawang putih biasa. Mungkin dikarenakan cara penanamannya yang bebas pestisida.

Banyak sekali kandungan zat pada bawang putih yang berfungsi baik bagi kesehatan, seperti protein, lemak, belerang, fosfor, kalsium, saltivine dan beberapa vitamin. Ada juga kandungan minyak atsiri yang berkhasiat secara alami sebagai anti bakteri dan kandungan aliin sebagai anti kolesterol.

Berikut dibawah ini beberapa resep khasiat bagi kesehatan tubuh dan cara mengkonsumsi bawang putih tunggal :

1. Obat Flu

sakit flu
Sumber Gambar : https://fivestaruc.com

Bawang putih tunggal mengandung vitamin C, sulfur dan mineral yang berkhasiat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Untuk mengobati penyakit flu tersebut, ada beberapa cara mengkonsumsi bawang putih yang bisa anda coba di rumah.

  • Pertama, iris 3 siung bawang putih dan campurkan dengan madu, kemudian diamkan beberapa jam. Lalu kunyah tiga kali dalam sehari.
  • Kedua, ambil 3 siung bawah putih cincang lalu aduk dengan segelas air, kemudian diminum. Konsumsi ini setiap hari.
  • Ketiga, campur bawah putih tunggal, garam, kemangi dan tomat, lalu kemudian blender hingga halus. Minumlah setiap hari.
  • Keempat, panaskan minyak wijen ke dalam teflon lalu tambahkan beberapa siung bawang putih. Kemudian masukkan ke dalam botol, dinginkan dan minum bila flu melanda.

2. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Ada sebuah penelitian di beberapa negara yang mayoritas penduduknya sering mengkonsumsi bawang putih tunggal setiap hari, penduduk di negara tersebut memiliki resiko serangan penyakit jantung lebih rendah. Ini dikarenakan bawang putih tersebut mampu melancarkan peredaran darah dalam tubuh.

3. Mengobati Maag

sakit maag
Sumber Gambar : http://gravidezebebe.com.br

Banyak yang percaya bahwasanya untuk mengobati penyakit maag adalah dengan makan umbi-umbian seperti ketela pohon. Itu memang benar adanya. Namun, khasiat bawang putih tunggal juga mampu mengobati penyakit maag tersebut.

Caranya adalah dengan mengunyah mentah bawang putih lanang setiap hari secara rutin. Minimal lakukan 3 kali dalam sehari hingga maag benar-benar membaik.

4. Obat Gatal Pada Kaki

Bawang putih tunggal bisa menjadi obat tradisional untuk menyembuhkan penyakit gatal-gatal pada kaki. Caranya, iris-iris kecil bawang putih tersebut lalu masukkan ke dalam ember yang berisi air hangat. Rendam kaki yang gatal pada air tersebut.

5. Mengkontrol Gejala Diabetes

diabetes
Sumber Gambar : http://www.netdoctor.co.uk

Ada beberapa cara, yaitu:

  1. Diiris kecil bersama cabe dan bawah merah, kemudian dicampur dengan kecap sebagai tempat makan nasi.
  2. Diparut hingga halus kemudian di seduh dengan air panas dan diminum beserta ampasnya. Jika penurunan gula darah sudah cukup banyak maka sebaiknya kurangi dosisnya.

6. Obat Batuk

Bawang putih tunggal ini juga bisa menjadi pencair dahak (ekspetoran) yang sagnat cocok digunakan oleh penderita batuk.

Panggang beberapa bawang putih tunggal, kemudian ditumbuk dan campurkan sedikit madu. Konsumsilah sebelum tidur karena dapat menyembuhkan atau mencegah batuk.

7. Mengobati Demam

Ambil bawang putih dan kupas hingga bersih. Campurkan dengan madu dan simpan dalam botol kemudian letakkan di dalam kulkas. Biarkan selama 1 minggu. Jika demam melanda maka kunyah 2 sampai 3 siung sehari.

8. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Bagi mereka yang memiliki stamina tubuh kurang optimal dan rentan terkena berbagai penyakit seperti batuk, flu dan demam maka mengkonsumsi bawang putih tunggal secara rutin dapat memperkuat kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit.

Untuk meningkatkan sistem imun tubuh dan mengobati segala jenis inveksi bagi tubuh, setelah sarapan pagi konsumsilah bawang putih tunggal yang diris kecil, langsung telan, jangan dikunyah.

Atau bisa juga dengan cara mengambil beberapa siung bawang putih tunggal lalu simpan dalam botol kaca yang tertutup rapat. Campurkan sedikit madu dan diamkan selama 2 minggu. Setelah bau khas bawang putih hilang maka konsumsilah secara rutin 1 siung setiap hari.

9. Untuk Diet

diet
Sumber Gambar : http://www.dailystar.co.uk

Para ahli melakukan penelitian terbaru dan menghasilkan penemuan bahwasanya bawang putih mampu mencegah berat badan dan juga mampu menurunkan berat badan.

Tes percobaan ini dilakukan pada beberapa tikus yang diberi gula diet. Hewan tersebut mengalami penurunan berat badan jika diberi komponen campuran bawang putih.

10. Mencegah Gigitan Nyamuk

Ada sebuah penelitian di India yang menemukan bahwa orang-orang yang menggosokkan ramuan bawang putih tunggal pada tubuh, maka nyamuk tidak berani mendekat. Caranya, ambil larutan minyak bawang putih lanang, minyak jeli dan lilin lebah kemudian oleskan pada kulit tubuh secara merata. Dijamin nyamuk tidak akan berani mendekat.

11. Mencegah Penyakit Kanker

kanker
Sumber Gambar : https://www.gezondheidsnet.nl

Sebuah penelitian menyebutkan bahwasanya orang yang mengkonsumsi bawang putih tunggal secara rutin akan terhindar dari serangan penyakit kanker, khususnya kanker perut dan kanker usus besar.

Ini disebabkan karena kandungan organosulfida di dalam bawang putih tunggal yang mampu membantu kinerja hati untuk membersihkan berbagai macam racun di dalam tubuh. Selain itu juga dapat menghambat pertumbuhan berbagai kanker yang lainnya.

12. Mengobati Asam Urat

Asam urat ini disebabkan karena adanya kelebihan zat purin pada tubuh dan menyebabkan sakit pada persendian. Asam urat yang berlebih pada persendian ini bisa dikurangi secara alami dan efektif dengan mengkonsumsi bawang putih tunggal.

13. Untuk Pencernaan

Kandungan senyawa kimia yang disebut allicin pada bawang putih tunggal telah terbukti ampuh untuk membunuh jamur dan bakteri serta mengurangi gangguan pada pencernaan seperti sembelit, disentri dan wasir.

Iris bawang putih tunggal secukupnya dan panaskan ke dalam mentega yang sudah cair. Kemudian tambahkan ke makanan. Tentu ini juga membuat rasa makanan tersebut lebih lezat.

14. Kesehatan Kehamilan

ibu hamil
Sumber Gambar : http://health.usnews.com

Bawang putih tunggal bermanfaat untuk memacu kinerja enzim-enzim dalam tubuh yang kurang maksimal saat proses kehamilan berlangsung. Hal ini sangat penting, terutama bagi para ibu hamil yang memiliki masalah terhadap perkembangan janin di dalam perut.

15. Meningkatkan Daya Ingatan

Rusaknya sel neuron pada otak bisa menyebabkan sering lupa dan daya ingat jauh berkurang. Dengan mengkonsumsi bawang putih tunggal maka akan merangsang tumbuhnya sel neuron yang baru serta mencegah kerusakannya.

16. Mengobati Wasir

Caranya, bersihkan daerah yang terkena wasir dengan air hangat dan sabun. Kemudian oleskan irisan siung bawang putih tunggal yang sudah dimemarkan. Tunggu beberapa saat, lalu bersihkan.

17. Menurunkan Darah Tinggi

darah tinggi
Sumber Gambar : https://www.health.harvard.edu

Banyak sekali sumber penyakit yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi, seperti stroke dan serangan jantung. Bawang putih tunggal memiliki sifat menenangkan sehingga terhindar dari stres dan depresi. Tubuh pun jadi semakin rileks.

Cara mengatasinya adalah dengan mengkonsumsi bawah putih tunggal karena kandungan sulfur dan iodin yang bersifat desifektan dapat meningkatkan produksi endotelium sehingga membuat peredaran darah menjadi lancar.

18. Melancarkan Peredaran Darah

Kandungan zat besi yang berada di dalam bawang putih tunggal ini sangat ampuh untuk menormalkan peredaran darah dan mencegah penyakit anemia. Zat besi ini juga berkhasiat untuk mencegah timbulnya penyakit rematik, pegal linu dan lelah akibat pekerjaan.

19. Hubungan Yang Berkualitas

Bagi anda yang merasa hubungan keluarga kurang maksimal dan menginginkan rumah tanggal yang harmonis, maka anda bisa mencoba resep dibawah ini.

  • Bersihkan beberapa bawang putih tunggal kemudian parut hingga halus
  • Ambil air panas yang ditaruh dalam wadah, kemudian masukkan parutan bawang putih lanang tersebut. Campurkan madu secukupnya.
  • Diamkan beberapa saat hingga aroma bau khas bawang putih menghilang
  • Minum secara rutin 2x dalam seminggu

20. Menurunkan Kolesterol

kolesterol
Sumber Gambar : http://www.mamashealth.com

Banyak studi dan penelitian yang menyimpulkan bahwa bawang putih tunggal ini dapat menurunkan kadar kolestorel. Dengan mengkonsumsi satu gram setiap hari maka satu-setengah gram kolestorel bisa diturunkan.

Khasiat penurun kolesterol dari bawah putih tunggal ini memang tergantung dosis. Maksudnya, semakin banyak bawang putih tunggal yang dikonsumsi maka kolesterol juga akan turun lebih banyak. Ekstrak bawang putih tunggal mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL / Low Density Lipoprotein) tanpa mengganggu kadar kolesterol baik (HDL / High Density Lipoprotein).

Perhatian :

DOSIS AMAN UNTUK MENURUNKAN KOLESTEROL

Resep dan cara mengkonsumsi bawang putih tunggal memang sangat bervariasi, mulai dari suplemen tablet hingga bawang putih tunggal yang masih mentah. Sebuah peneletian menyimpulkan bahwa mengkonsumsi bawang putih tunggal dalam dosis yang berlebihan akan membahayakan hati.

Dosis makan bawang putih tunggal maksimalnya adalah 0,25 g/kg berat tubuh untuk setiap harinya. Jika berat badan Anda 60 kg, maka dosis maksimal yang boleh dikonsumsi setiap harinya adalah 0,25 g x 60 = 15 gram.

Manfaat Bawang Putih Tunggal Untuk Kecantikan

kulit halus
Sumber Gambar : https://www.healthyliving.ie

Selain dikonsumsi sebagai obat dalam, bawang putih tunggal ini juga bisa dipakai untuk perawatan kecantikan dengan cara pemakaian luar. Khususnya untuk perawatan kulit wajah yang ingin tampil cantik dan berseri-seri.

Agar perawatan kecantikan dapat berfungsi secara maksimal, maka bahan bawang putih tunggal ini dilakukan secara teratur. Berikut beberapa resep khasiat bawang putih tunggal bagi kecantikan yang bisa anda coba di rumah :

21. Menghaluskan kulit

Dengan kandungan zat organosulfur yang bernama allicin, bawang putih tunggal ini memiliki kemampuan untuk menjadikan kulit wajah halus dan lembut. Caranya adalah dengan mencampurkan sedikit pasta bawang putih tunggal pada masker wajah yang biasa anda pakai, lalu nikmati khasiatnya.

22. Membuat Awet Muda

Bawang putih tunggal memiliki sifat anti aging yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya penuaan dini. Dengan pemakaian teratur maka akan menghilangkan kerutan pada wajah. Ambil beberapa tetes bawang putih tunggal dan campurkan ke krim wajah yang biasa anda gunakan. Gunakan seminggu sekali.

23. Mencegah Kerontokan Rambut

Rambut rontok selalu menjadi masalah bagi sebagian orang yang mengalaminya. Jika ingin mencoba resep yang alami, maka tidak ada salahnya memakai bawang putih tunggal sebagai solusinya. Pemakaian luar ini mampu memperkuat akar rambut agar tidak mudah rontok.

Haluskan bawang putih tunggal lalu balurkan pada kulit kepala secara merata, lalu pijit-pijit agar bisa bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Diamkan selama lima belas menit. Kemudian keramas hingga bersih.

24. Mengobati Jerawat Dan Komedo

jerawat
Sumber Gambar : https://beautifulskinbycarmen.com

Bila jerawat dan komedo membandel sering hinggap di kulit wajah, maka caranya cukup gampang. Iris bawang putih tunggal kemudian tempelkan dan gosok-gosok di area wajah yang muncul jerawat tersebut. Atau bisa juga dijadikan masker dengan cara dihaluskan.

Perhatian: Jangan terlalu berlebihan menggunakan masker bawang putih tunggal ini karena dapat menjadikan kulit terasa panas. Namun jika kulit anda cocok, maka ini sangat menguntungkan.

Selain khasiat dan manfaat yang dipaparkan diatas, sebenarnya masih banyak lagi manfaat dari bawang putih tunggal ini. Seperti:

  1. Kandungan kalsiumnya mampu memelihara kesehatan gigi dan mencegah osteoporosis
  2. Memiliki sifat antibiotik, antiseptik dan anti bakteri yang dapat membunuh kuman dan bakteri
  3. Menetralkan racun di dalam tubuh sehingga tubuh menjadi semakin sehat dan kuat
  4. Mengganti pertumbuhan sel saraf yang sudah mati
  5. Mempercepat proses penyembuhan luka dan mengurangi pembengkakan memar
  6. Dengan sifat anti-inflamasinya membantu mengurangi rasa sakit akibat pembengkakan pada sariawan.

Efek Samping Mengkonsumsi Bawang Putih Tunggal

bau badan
Sumber Gambar : http://omigy.com

Dari sekian banyak khasiat dan manfaat bawang putih tunggal bagi kesehatan tubuh manusia, ada beberapa efek samping yang akan ditimbulkan. Ini perlu menjadi pertimbangan bagi anda yang ingin menggunakan bawang putih tunggal sebagai obat.

Setidaknya ada beberapa efek samping bawang putih tunggal bagi mereka yang mengalami masalah kesehatan tertentu, sebab ada zat di dalam bawang putih yang tidak bisa diterima oleh tubuh dengan kondisi tertentu.

Namun anda tidak perlu takut berlebihan. Biasanya efek samping ini akan timbul jika makan bawang putih tunggal secara berlebihan. Namun jika mengkonsumsi dengan dosis yang pas maka efek samping ini tidak akan terjadi.

Bau Badan

Efek samping utama yang ditimbulkan dari bawang putih tunggal adalah bau badan yang tidak sedap. Ini perlu menjadi perhatian lebih. Bau ini cenderung bertahan dalam seminggu atau bahkan bisa lebih. Bawang putih ini akan meresap ke sistem aliran darah kita melalui pencernaan.

Bau Mulut

bau mulut
Sumber Gambar : http://plumgrovedental.com

Mengkonsumsi bawang putih mentah juga dapat menimbulkan bau mulut dan aroma nafas yang tak sedap. Aroma khas bawang putih ketika dipadu dengan enzim yang berada di dalam mulut akan mengeluarkan bau yang tidak nyaman.

Anda bisa sedikit mengatasinya dengan berkumur-kumur dan menyikat gigi, namun khsuus untuk bau badan akan tetap ada pada tubuh.

AntiKoagulan

Berhati-hatilah mengkonsumsi bawang putih tunggal sesaat sebelum melakukan operasi karena dapat menyebabkan resiko pendarahan yang berlebihan. Jadi sangat tidak disarankan.

Percernaan

Bagi sebagian orang akan mengalami masalah pada perut setelah mengkonsumsi bawang putih tunggal mentah. Efek samping yang ditimbulkan seperti sakit perut, mencret, muntah-muntah, bermasalah pada asam lambung, diare dan kembung.

Alergi

Mengkonsumsi bawang putih tunggal bagi beberapa orang akan menimbulkan reaksi alergi seperti mual, muntah, sakit perut, sesak nafas, gatal-gatal dan kulit mengelupas. Jika ini terjadi maka sebaiknya anda memintal pertolongan medis.

Demikian beberapa manfaat dan khasiat bawang putih tunggal (lanang) yang bisa didapatkan dengan cara alami tradisional tanpa perlu merogoh kocek dalam. Tentunya bahan alami lebih aman digunakan jika dibandingkan dengan obat-obatan yang mengandung bahan kimia.

Namun, sebagai manusia yang diberikan akal dan kecerdasan, pakailah ramuan bawang putih tunggal ini secukupnya saja, sesuai dosis yang dianjurkan. Sebab jika pemakaian berlebihan maka akan menimbulkan efek samping yang tidak baik bagi tubuh.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*