Manfaat Baking Soda Untuk Wajah Dan Efek Sampingnya

manfaat baking soda untuk wajah dan efek sampingnya

Manfaat Baking Soda Untuk Wajah – Para ibu-ibu pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya baking soda. Ini merupakan bahan alami yang sering digunakan sebagai bahan untuk membuat kue. Gunanya adalah agar adonan kue bisa mengembang, seperti kue bolu, kue kering dan yang jenis kue yang lainnya.

Selain itu, kandungan yang terdapat di dalam baking soda memiliki sifat abrasif sehingga tidaklah heran jika baking soda sering dipakai sebagai bahan pembersih noda dan kotoran. Seperti untuk membersihkan toilet, menghilangkan noda pada pakaian, pembersih perhiasan yang kusam, pembersih kaca dan perabotan rumah tangga dan juga berfungsi sebagai penetralisir pestisida pada buah dan sayuran,

Tapi apakah Anda tau kalau baking soda juga bisa digunakan untuk perawatan kecantikan, terutama untuk perawatan kulit wajah agar bisa mulus dan terhindar dari jerawat dan komedo?

loading...

Manfaat Baking Soda Buat Kulit Wajah

Sebenarnya manfaat baking soda bagi kecantikan sangatlah banyak. Baking soda bisa digunakan sebagai pembersih kuku, mencerah ketiak dan juga bisa berfungsi sebagai kondisioner rambut. Tapi dibawah ini kami akan hanya akan merincikan tentang kegunaan baking soda bagi kecantikan kulit wajah.

1. Obat Gatal Karena Gigitan Nyamuk

obat gatal
Image Source http://www.thehealthsite.com

Nyamuk yang menggigit kulit wajah dapat menimbulkan bintik merah dan terasa gatal. Untuk meredakan rasa gatal karena gigitan nyamuk tersebut, Anda bisa memakai baluran baking soda. Caranya adalah campurkan baking soda dengan air secukupnya lalu oleskan pada kulit yang gatal dan diamkan selama beberapa menit. Terakhir bilas menggunakan air bersih.

2. Mengobati Sunburn

Image Source https://www.theodysseyonline.com

Sunburn bisa diartikan kulit yang terkena paparan sinar matahari secara langsung dan mengakibatkan kulit wajah terasa sakit seperti terbakar. Untuk menyembuhkannya maka Anda mengkompresnya dengan memakai baking soda. Manfaat baking soda untuk kulit wajah yang terbakar ini adalah untuk mendinginkan dan menghilangkan rasa panas. Caranya adalah dengan membasahi handuk memakai air yang telah dicampur dengan baking soda, lalu kompres pada kulit wajah yang terasa sakit tersebut.

3. Mengatasi Jerawat

mengatasi jerawat
Image Source https://familydoctor.org

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit wajah yang sering dialami oleh kebanyakan orang. Setiap wanita pasti sangat memusuhi jerawat, sebab jerawat ini dapat merusak penampilan serta menghilangkan rasa percaya diri. Jika terus dibiarkan, jerawat ini dapat menyisakan noda flek hitam yang mengganggu penampilan.

Tapi tidak usah khawatir, sebab masalah jerawat ini bisa diatasi dengan menggunakan masker alami yang terbuat dari baking soda. Manfaat baking soda ini bukan hanya untuk mencegah timbulnya jerawat, tetapi juga dapat menghilangkan bekas jerawat pada wajah. Caranya adalah campur baking soda dengan air secukupnya, lalu aduk hingga membentuk pasta. Oleskan pasta baking soda pada area wajah yang berjerawat, diamkan semalam dan bersihkan saat pagi hari.

Baca Juga : Cara Mengatasi Flek Hitam Bekas Jerawat Secara Alami

4. Mengatasi Komedo

Seperti halnya jerawat, komedo juga sering mengganggu penampilan wajah. Area wajah yang menjadi ladang empuk timbulnya komedo adalah hidung dan dahi. Untuk mengatasi komedo ini juga bisa dengan memakai masker baking soda. Caranya sama saja dengan mengatasi jerawat, yaitu mengoleskan pasta baking soda pada wajah yang terkena komedo lalu diamkan semalam suntuk.

5. Membersihkan Sel Kulit Mati

membersihkan sel kulit mati
Image Source http://www.fashionlady.in

Adanya sel kulit mati pada wajah dapat menjadikan penampilan wajah terlihat kusam dan tidak terawat. Salah satu cara alami untuk mengangkat dan mengatasi sel kulit mati tersebut adalah dengan memakai baking soda. Selain bermanfaat untuk membersihkan sel kulit mati, baking soda ini juga berkhasiat untuk menyamarkan noda flek hitam pada wajah. Caranya adalah balurkan air yang telah dicampur dengan baking soda, diamkan beberapa menit lalu bilas dengan air bersih.

6. Mengatasi Kulit Kering

Kulit wajah yang terlalu kering akan menjadikannya tampak kusam dan terlihat tidak terawat. Selain tidak enak di pandang, seseorang yang memiliki kulit kering akan terlihat lebih tua dari umur aslinya. Cara alternatif untuk mengatasi kulit kering tersebut bisa memakai baluran baking soda yang dicampur air. Gunakan secara teratur sampai kulit wajah terlihat segar kembali.

7. Mengurangi Minyak Wajah Yang Berlebihan

mengatasi wajah berminyak
Image Source https://www.livestrong.com

Salah satu penyebab timbulnya jerawat dan komedo adalah wajah yang berminyak berlebihan. Dampak lain dari wajah berminyak ini adalah cepat merusak tatanan make up pada seorang wanita serta akan terlihat kusam karena banyak debu dan kotoran yang menempel. Solusi untuk mengatasi kulit berminyak tersebut adalah dengan baking soda. Oleskan masker baking soda yang sudah dicampur dengan air lalu diamkan selama 15 menit, kemudian bersihkan dengan air.

8. Membuat Wajah Putih Dan Cerah

Bagi Anda yang ingin memiliki kulit wajah yang putih dan cerah berseri maka gunakanlah masker baking soda. Kandungan di dalam baking soda bersifat abrasif yang dapat melunturkan sel kulit mati dan mengangkat kotoran dan flek hitam pada wajah secara efektif. Cara memutihkan wajah dengan baking soda sangatlah mudah, ambil baking soda lalu campurkan dengan air sabun kemudian oleskan pada wajah dan leher sampai merata. Lakukan pijatan lembut dan diamkan beberapa menit lalu bilas hingga bersih.

Baca Juga : Cara Memutihkan Wajah Dengan Buah Jeruk Nipis

9. Menjadikan Kulit Halus

Bagi Anda khususnya para wanita yang menginginkan kulit wajah yang halus, mulus dan lembut maka pakailah masker yang terbuat dari baking soda secara teratur. Manfaat masker baking soda ini adalah untuk mengangkat sel kulit mati dan juga dapat membersihkan noda dan kotoran yang menempel pada pori-pori wajah sehingga wajah akan lebih halus dan lembut.

10. Scrub Alami

Baking soda juga bisa dijadikan scrub alami untuk menjadikan wajah lebih cantik. Semua permasalahan kulit wajah seperti jerawat, kulit berminyak dan sel kulit mati akan diatasi dengan mudah memakai scrub alami dari baking soda ini sehingga kulit wajah akan tampak lebih cerah. Caranya adalah dengan mencampur baking soda dengan air secukupnya lalu oleskan pada seluruh wajah. Selain itu, scrub baking soda ini juga bisa dioleskan pada area selain wajah seperti tangan dan kaki.

Manfaat Baking Soda Bagi Kesehatan

manfaat baking soda bagi kesehatan
Image Source http://www.brinkleybeautyblog.com

Sebenarnya baking soda ini tidak hanya berfungsi sebagai bahan perawatan kecantikan kulit wajah saja. Ada beberapa manfaat lain dari baking soda khususnya untuk kesehatan tubuh manusia. Diantaranya adalah :

1. Obat Kumur

Baking soda juga bisa dijadikan obat kumur alami untuk mengatasi permasalahan pada mulut, seperti sariawan, sakit gigi, bau mulut serta untuk membersihkan kuman di mulut. Caranya adalah dengan mencampur 2 sendok teh baking soda dengan 100ml air. Kemudian aduk hingga merata dan jadikan obat kumur.

2. Mengatasi Bau Badan

Bagi anda yang sering bermasalah dengan bau badan, khususnya bau tak sedap yang keluar dari ketiak, maka solusinya adalah menggunakan baking soda. Kandungan di dalam baking soda dipercaya sangat ampuh untuk menetralisir keringat dan menghilangkan bau badan. Gunakan baking soda sebagai bedak tabur pada ketiak dan area tubuh yang mengeluarkan bau tak sedap.

3. Mengobati Penyakit Asam Lambung

Salah satu cara untuk menurunkan asam lambung yang tinggi adalah dengan mengkonsumsi segelas air yang telah dicampur dengan ¼ sendok teh baking soda. Minumlah secara teratur 2 kali dalam seminggu hingga penyakit asam lambung benar-benar sembuh.

4. Mengatasi Kaki Yang Lelah

Rutinitas dan aktifitas sehari-hari seringkali membuat kaki terasa lelah dan pegal. Untuk mengobati kaki lelah agar bisa refresh kembali maka rendamlah kaki pada air hangat yang telah dicampurkan dengan baking soda. Diamkan selama beberapa menit sambil melakukan pijatan lembut.

Efek Samping Baking Soda

efek samping baking soda
Image Source http://myeclinik.com

Baking soda memang memang menjanjikan hasil yang super cepat untuk memutihkan dan mencerahkan kulit wajah. Sehingga tidaklah heran jika cara instan ini banyak digunakan oleh kebanyakan kaum hawa. Tapi yang perlu disadari adalah segala sesuatu yang dilakukan secara instan biasanya menanggung resiko yang harus dihadapi.

Meskipun khasiat dan manfaat dari baking soda untuk kecantikan kulit wajah sangatlah ampuh dan beragam, pemakaian yang berlebihan justru dapat menimbulkan dampak negatif yang akan membuat kulit rusak. Sifat abrasif pada baking soda justru dapat merusak lapisan kulit terluar pada wajah, menjadikan kulit kering dan keriput. Beberapa efek samping baking soda :

Membuat Lapisan Kulit Rusak

Baking soda memang memiliki sifat exfoliation agent yang berfungsi untuk mengelupas sel kulit mati. Sifat inilah yang sangat menguntungkan karena dapat membuat kulit bersih dan cerah. Namun jika dipakai secara berlebihan maka justru dapat merusak lapisan kulit ari. Padahal lapisan kulit ini berfungsi sebagai pelindung dari paparan sinar matahari. Kulit ari ini juga berfungsi untuk menangkal kotoran dan debu agar tidak masuk ke kulit bagian dalam.

Menjadikan Kulit Kering

Kulit yang lembab memang sangat cocok diatasi dengan baking soda agar kadar minyak pada kulit bisa berkurang. Tapi jika digunakan terlalu sering maka justru membuat kadar minyak berkurang secara drastis sehingga kulit akan kering. Dan pada akhirnya akan nampak kusam dan terkesan lebih tua.

Oleh karena itu penggunakan pasta baking soda ini harus sesuai aturan dan jangan terlalu sering. Baking soda bisa dipakai tiap minggu, tiap 2 minggu, tiap 3 minggu atau tiap 4 minggu sekali. Dan maksimal pemakaian 3 kali. Artinya, jika anda memakai olesan baking soda tiap 2 minggu maka anda maksimal bisa menggunakan dalam waktu 6 minggu saja dan nanti boleh memakai baking soda lagi setelah 6 bulan kemudian.

Kita harus tetap waspada karena tidak semua kulit cocok dengan baking soda. Dan pada kondisi kulit tertentu justru dapat menimbulkan kerusakan pada kulit. Oleh karena itu sebelum menggunakan baking soda maka sebaiknya lakukan uji coba terlebih dahulu.

Buatlah pasta baking soda seperlunya saja lalu oleskan pada kulit leher bagian belakang (tengkuk). Jika terasa panas maka berarti Anda tidak cocok dan segera bersihkan. Tapi jika tidak terjadi efek apapun maka anda bisa meneruskan memakai baking soda untuk kulit wajah.

Jadi gunakanlah baking soda ini sewajarnya saja. Sangat disarankan setelah pemakaian baking soda pada wajah ini harus segera memakai masker madu asli atau minyak zaitun agar kulit yang kering bisa terasa segar, lembab dan lembut kembali.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*