10 Manfaat Air Garam Untuk Wajah Cantik, Putih Dan Bebas Jerawat

Manfaat air garam untuk wajah sangat banyak sekali, bisa menghilangkan jerawat, mengatasi ruam dan masih banyak lainnya. Anda bisa mencampurnya dengan madu atau lidah buaya.

Garam sering digunakan untuk bumbu masakan. Memasak sayuran tanpa garam tentunya kurang enak. Ternyata manfaat garam tidak hanya untuk bumbu masakan saja, tetapi baik untuk perawatan wajah anda.

Banyak bahan alami yang bisa kita gunakan untuk merawat wajah, termasuk garam. Garam bisa berfungsi sebagai antibakteri yang menghilangkan bakteri di kulit kita.

Butiran-butiran halusnya juga mampu mengangkat sel kulit mati. Untuk lebih jelasnya, berikut ini manfaat air garam untuk wajah yang tidak diketahui banyak orang.

Manfaat Air Garam Untuk Wajah Bersih Alami

Tidak banyak orang yang menggunakan air garam untuk merawat kecantikan wajah. Air garam sering digunakan untuk berkumur dan membersihkan bakteri di mulut. Tetapi air garam juga baik untuk wajah Anda, antara lain untuk :

1. Menghilangkan Komedo

Komedo merupakan masalah kecil di wajah, tetapi bila dibiarkan bisa membuat pori-pori membesar dan kulit kusam. Komedo sering muncul dibagian hidung, berwarna putik bintik-bintik.

Anda bisa menggunakan air garam untuk menghilangkan komedo di hidung. Ambilah air garam, pastikan masih ada butiran garamnya kecil-kecil. Kemudian oleskan merata di wajah sambil dipijat. Terutama di bagian hidung, supaya komedo hilang.

2. Menghaluskan Wajah

Butiran garambisa bermanfaat untuk scrub alami, sehingga dapat membuat wajah lebih halus. Butiran garam bisa menghilangkan sel kulit mati, sehingga kulit lebih halus dan bersih.

Anda bisa menambahkan minyak zaitun, untuk melembabkan kulit. Saat perawatan, mungkin kulit akan terasa perih dan sakit. Apalagi buat pemilik wajah berjerawat. Oleh karena itu siramkan air garam dengan hati-hati.

Baca Juga :

3. Mengobati Infeksi Kulit wajah

Saat kulit infeksi atau muncul ruam merah, pasti sangat menjengkelkan. Kondisi ini bila dibiarkan saja akan membuat kulit semakin rusak. Untuk mengatasinya bisa menggunakan air garam.

Air garam berfungsi sebagai antibakteri, yang akan menyembuhkan infeksi dan ramah di wajah Anda. Perawatan dengan air garam ini sangat mudah dilakukan.

  • Ambilah 2-3 sendok makan garam kemudian campur dengan air hangat
  • Gunakan air garam hangat untuk membasuh wajah
  • Lakukan perawatan ini setiap hari, sampai infeksi di wajah hilang

4. Kompres Bengkak Wajah

Bengkak wajah bisa disebabkan oleh terbentur benda keras, makan makanan cepat saji, alergi, kebanyakan tidur dan lainnya. Biasanya bengkak di wajah dihilangkan dengan kompres air es.

Tetapi untuk mempercepat proses penyembuhan, Anda bisa kompres dengan air garam hangat. Letakkan air garam hangat di handuk bersih, kemudian gunakan untuk kompres bagian wajah yang bengkak. Lakukan dengan hati-hati, sehingga tidak terjadi luka.

5. Detoksifikasi Wajah

Manfaat air garam untuk wajah bisa sebagai detosifikasi. Untuk membuat kulit wajah sehat alami, kita harus menghilangkan racun didalamnya. Selain menghilangkan racun lewat dalam, kita juga bisa menghilangkan racun dari luar.

Air garam bisa berfungsi sebagai antioksidan yang menghilangkan semua racun. Sehingga kulit wajah lebih sehat alami. Ketika kulit wajah sehat, maka semua masalah kulit, seperti ruam, jerawat, wajah kusam dan lainnya hilang.

Untuk melakukan detoksifikasi, larutkan air garam dengan air hangat. Kemudian uapi wajah Anda, bagian atas kepala diberi handuk sehingga penguapan lebih sempurna.

6. Bahan Toner Alami

Dalam rangkaian perawatan wajah, toner sangatlah penting. Toner digunakan untuk melembabkan wajah dan mengembalikan pH kulit. Untuk menghemat pengeluaran, anda bisa membuat toner sendiri.

Toner dari bahan alami yang mudah dibuat, Anda bisa menggunakan garam untuk membuat toner alami. Air garam bisa membantu mengurangi kadar minyak berlebih, sehingga wajah lebih segar dan bebas dari jerawat.

Campurkan 4 sendok air garam dengan air bersih. Kemudian masukan ke dalam botol kecil. Lebih baik gunakan air matang, supaya kebersihannya terjamin.

7. Mengontrol Kadar Minyak Wajah

Memiliki wajah berminyak bisa memicu timbulnya banyak masalah di wajah. Seperti jerawat, kusam, komedo dan lainnya. Oleh karena itu,anda harus mengontrol kadar minyak di wajah.

Untuk mengontrol minyak di wajah bisa menggunakan air garam. Kandungan belerang dan potasium di wajah bisa membantu kontrol produksi garam. Anda dapat membasuh wajah dengan air garam hangat setiap pagi atau malam hari sebelum tidur.

8. Menghilangkan Noda Hitam di Wajah

Ketika wajah penuh dengan noda hitam, pasti membuat kurang percaya. Bila harus ditutupi make up terus menerus, akan membuat wajah rusak. Noda hitam bisa disebabkan luka, bekas jerawat dan lainnya.

Untuk meratakan warna wajah, bisa menggunakan air garam. Air garam dipercaya mampu meratakan warna kulit dan menghilangkan noda hitam. Sehingga wajah lebih halus dan bersih.

9. Mencegah Dan Mengobati Jerawat

Manfaat air garam untuk wajah ini mungkin sudah dipraktekan banyak orang. Air garam memiliki sifat antibakteri yang tinggi, sehingga bisa menghilangkan bakteri penyebab jerawat.

Air garam bisa digunakan untuk mencegah dan menghilangkan jerawat, sehingga kulit wajah lebih bersih alami.

Anda cukup membasuhkan air garam secara rutin setiap harinya. Lebih baik gunakan air garam yang masih ada butiran garam kecil, sehingga mampu menghilangkan kulit mati yang menempel.

10. Mengobati Mata Bengkak

Masalah mata bengkak tentunya bisa mengganggu penampilan anda, membuat penampilan kurang menarik. Mata bengkak disebabkan oleh menangis terus menerus, begadang dan lainnya.

Untuk mengatasi mata bengkak, bisa menggunakan air garam. Kompres bagian mata yang bengkak dengan air garam sebelum tidur. Ini akan membantu bengkak sedikit kempes dan menghilang.

Ramuan Masker Air Garam

Manfaat air garam untuk kulit wajah memang sangat banyak sekali. Untuk hasil maksimal, Anda bisa mencampurkan air garam dengan bahan lainnya seperti madu, minyak zaitun, lidah buaya dan lainnya.

Bahan ini akan membantu perawatan wajah lebih maksimal. Berikut ini beberapa ramuan masker air garam yang bisa anda coba di rumah.

1. Air garam dan madu

Madu bisa digunakan untuk melembabkan wajah dan menghilangkan minyak wajah. Bila dicampur dengan air garam, akan menghasilkan masker wajah yang lebih ampuh, yaitu bisa menghaluskan wajah, mencerahkan wajah dan masih banyak lainnya.

Ambilah satu sendok madu kemudian campur dengan 1 sendok teh garam. Oleskan secara merata di seluruh wajah. Diamkan selama 20 menit kemudian bilas sampai bersih.

Baca Lengkap : Cara Memutihkan Wajah Dengan Madu Dan Garam

2. Air garam dan lidah buaya

Khasiat lidah buaya sudah tidak diragukan lagi. Selain baik untuk kesehatan rambut, lidah buaya juga bagus untuk kulit wajah. Kandungan vitamin E dan vitamin C tinggi bisa mencegah penuaan dini dan mencegah jerawat.

Oleskan merata lidah buaya di wajah, diamkan selama 20 menit. Kemudian bilas dengan air garam sampai bersih. Bilas lagi dengan air hangat supaya sisa-sisa garam dan lidah buaya hilang.

Air garam bisa dicampurkan dengan bahan alami lainnya. Tinggal sesuaikan dengan kondisi dan masalah wajah anda. Untuk pemilik wajah kering, jangan lakukan perawatan ini secara rutin. Karena bisa membuat kulit semakin kering. Sekian artikel tentang manfaat air garam untuk wajah. Semoga bermanfaat.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*