Ini Dia 7 Manfaat Air Cucian Beras Untuk Wajah Yang Luar Biasa

manfaat air cucian beras untuk wajah

Air cucian beras biasanya dibuang begitu saja karena dianggap tidak memiliki manfaat apapun. Padahal air beras dipercaya mengandung Oryzanol yang dapat membantu merawat kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Ya, tentu belum banyak orang yang mengetahui manfaat air beras, makanya membuang air beras begitu saja. Namun, setelah Anda mengetahui ada banyak khasiat air beras untuk wajah, tentu mulai sekarang Anda tidak akan membuangnya begitu saja.

Anda penasaran apa saja manfaat air cucian beras untuk wajah? Berikut dibawah ini beberapa informasi dan fakta menarik tentang khasiat air cucian beras bagi kecantikan kulit wajah.

Manfaat Air Cucian Beras Untuk Kecantikan Kulit Wajah

1. Memudarkan Flek Hitam

Flek hitam merupakan masalah kulit yang sering membuat sebal bagi penderitanya. Jika Anda biasanya menghilangkan flek hitam dengan menggunakan kosmetik, sekarang cobalah menghilangkan flek hitam dengan manfaat air cucian beras untuk wajah.

Selain lebih murah, cara tersebut juga tergolong aman untuk kulit. Perlu Anda ketahui juga bahwa tidak semua jenis kulit cocok memakai kosmetik penghilang flek hitam. Untuk itu, Anda patut mencoba air cucian beras.

Mencuci wajah dengan air cucian beras secara rutin dapat menghilangkan masalah kulit seperti flek hitam dan juga dapat membuat kulit menjadi lebih bercahaya. Hal tersebut dikarenakan air cucian beras mengandung nutrisi dan protein yang dapat meningkatkan produksi kolagen di dalam kulit.

2. Pembersih Wajah

Wajah merupakan bagian tubuh yang penting bagi wanita karena dengan wajah yang terbebas dari berbagai masalah akan meningkatkan kepercayaan diri. Wajah yang bersih adalah dambaan bagi setiap wanita. Nah, air cucian beras dapat membuat wajah Anda bersih tanpa noda sedikitpun.

Caranya pun sangat mudah yaitu :

  • Tinggal ambil satu cangkir beras dan cuci beras sampai kotoran dan debunya hilang
  • Pada bilasan yang ketiga kalinya, rendam beras tersebut selama 30 menit supaya nutrisi yang ada pada beras ikut mengalir ke dalam air
  • Saringlah air dari beras tersebut, kemudian basuhkan ke wajah Anda sambil dipijat secara lembut sampai 6 menit lamanya.
  • Terakhir, bilaslah menggunakan air yang bersih.

Atau Anda juga bisa melakukan cara yang lainnya yaitu dengan mengambil bola-bola kapas dan mencelupkannya ke dalam air cucian beras kemudian pijatkan ke wajah dengan gerakan memutar.  Biarkan air yang ada di wajah mengering dengan sendirinya, kemudian bilaslah menggunakan air yang segar.

Gunakanlah air cucian beras secara rutin ke wajah Anda agar mendapatkan hasil yang maksimal. Air cucian beras yang disimpan di ruang terbuka hanya bertahan satu hari saja, namun jika disimpan di kulkas dengan wadah yang tertutup maka dapat bertahan sampai satu minggu lamanya.

3. Mengobati Jerawat

Jerawat di wajah memang dapat membuat tidak percaya diri. Namun, sekarang Anda tidak perlu mengkhawatirkannya lagi karena manfaat air cucian beras untuk wajah memang sudah terbukti berkhasiat untuk menghilangkan jerawat dan menghilangkan noda bekas jerawat.

Air cucian beras juga dapat mengencangkan pori-pori wajah sehingga dapat meminimalisir timbulnya jerawat. Caranya pun sangat mudah yaitu dengan menyiapkan air cucian beras yang terakhir sebelum nasi di masak, kemudian endapkan air cucian beras tersebut selama beberapa jam agar terdapat tepung yang ada di bawahnya.

Kemudian, pisahkanlah air dengan tepung yang masih basah dan balurkan ke seluruh wajah Anda yang terkena bekas jerawat. Diamkan hingga mengering dan kemudian bilas dengan air bersih.

4. Mengontrol Minyak Berlebih

Jika jerawat yang muncul di wajah diakibatkan karena produksi minyak yang berlebih, sekarang Anda tidak perlu khawatir karena air cucian beras dapat mengatasi hal tersebut. Caranya pun begitu mudah, yaitu :

  • Cuci wajah menggunakan sabun pembersih muka
  • Kemudian cuci wajah menggunakan air cucian beras yang sudah dipersiapkan
  • Biarkan selama 5 sampai 10 menit, lalu bilas menggunakan air bersih

Jika Anda menggunakanannya secara rutin, maka minyak yang ada di wajah lama kelamaan akan berkurang dan kulit wajah akan terlihat lebih cerah. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara ini setiap hari di rumah.

5. Mencerahkan Kulit

Wanita mana yang tidak ingin kulitnya cerah seketika, semua wanita pasti menginginkannya. Dewasa ini, Anda tidak perlu membeli cream pencerah atau melakukan operasi untuk bisa mendapatkan kulit yang cerah, hanya dengan menggunakan air cucian beras saja Anda bisa mendapatkan kulit putih dan cerah dengan aman tanpa efek samping apapun.

Caranya sederhana sekali, yaitu :

  • Cucilah beras menggunakan air dalam sebuah wadah, saring beras dan cucilah kembali sampai air yang didapatkan telah berada pada keadaan yang bersih.
  • Keesokan paginya, pisahkanlah endapan dalam tempat yang berbeda. Pakailah endapan tersebut sebagai scrub dan bilaslah wajah menggunakan air beras.
  • Diamkan masker tersebut dan tunggu sampai kering, setelah itu barulah bilas menggunakan air yang bersih.
  • Lakukan treatment tersebut 2 sampai 3 kali dalam satu minggunya. Rasakanlah perbedaan yang signifikan pada diri Anda dan dijamin kulit akan terasa lebih lembut dan halus.

Treatment ini tidak hanya cocok diterapkan untuk wajah saja, melainkan juga untuk bagian tubuh yang lainnya. Bagaimana, tertarik mencobanya?

6. Mengobati Iritasi

Manfaat air cucian beras untuk wajah selanjutnya adalah dapat mengatasi iritasi kulit. Penggunaan air beras pada wajah ini dapat membantu menenangkan peradangan serta kemerahan yang ada pada wajah.

Menurut sebuah penelitian dermatologi, pasien yang memiliki penyakit dermatitis atopic bisa disembuhkan menggunakan air cucian beras selama kurun waktu 15 menit dalam dua kali sehari.

Cara yang lainnya :

  • Masukkan beras ke dalam kain katun ataupun jenis kain lainnya yang tidak mudah robek, kemudian tumbuk secara perlahan hingga hancur
  • Kemudian masukkan ke dalam air hangat dan usapkanlah ke wajah
  • Usapkanlah buntalan beras yang ada di dalam kain tersebut secara merata ke wajah
  • Agar hasilnya lebih maksimal, bilaslah menggunakan air dingin dan bersihkan dengan handuk

7. Mengobati Kulit Yang Terbakar

Saat Anda banyak melakukan aktivitas di luar ruangan atau sehabis berenang biasanya kulit akan terbakar sinar matahari yang mengakibatkan kulit menjadi gelap. Ya, hal tersebut wajar saja terjadi karena memang paparan sinar matahari tidak bisa dielakkan lagi.

Bagi Anda yang bingung bagaimana cara menghilangkan kulit yang terbakar sinar matahari, tak perlu khawatir karena manfaat air cucian beras untuk wajah dapat mengatasinya.

Meskipun Anda telah menggunakan tabir surya, namun biasanya kemungkinan kulit terbakar tetap ada dan hal tersebut tentu akan membuat Anda tidak percaya diri nantinya. Terlebih lagi jika kulit yang terbakar berada di bagimana wajah.

Namun, tak perlu khawatir karena hal tersebut dapat diobati dengan air cucian beras yaitu cukup mengaplikasikan air cucian beras pada bagian kulit yang terbakar dan diamkan selama beberapa saat kemudian bilas menggunakan air yang bersih. Dengan begitu, kulit akan cantik dan putih kembali.

Ada banyak sekali manfaat air cucian beras untuk wajah dan setelah mengetahui informasi tersebut, masihkah Anda ingin membuang air cucian beras? Selain tidak mengeluarkan kocek, cara ini juga tidak menimbulkan efek samping sedikitpun.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*