Daftar Makanan Yang Dianjurkan Untuk Penderita Diabetes

makanan yang dianjurkan untuk penderita diabetes

Penyakit diabetes bisa menyerang siapa saja, tak memilih usia, baik tua maupun muda. Ini selalu menjadi hal yang menakutkan sebab dampak dari diabetes ini dapat memicu timbulnya penyakit berbahaya seperti gagal ginjal dan stroke. Dan dalam beberapa kasus, diabetes ini dapat menimbulkan penyakit gagal jantung.

Tips terampuh untuk menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes agar bisa normal dan stabil adalah dengan mengkonsumsi makanan bergizi yang rendah lemak dan kalori. Asupan makanan ini merupakan terapi yang sangat dianjurkan oleh medis supaya dapat mengontrol kadar gula darah agar tidak melonjak drastis.

Perlu Anda ketahui bahwasanya salah satu penyebab utama dari diabetes adalah obesitas. Banyak uji klinis yang menyebutkan bahwa kadar lemak yang berlebihan dalam perut sangat rentan terhadap diabetes. Oleh karena itu cara pengobatannya adalah dengan terapi nutrisi dari asupan makanan yang dikonsumsi setiap hari.

loading...

Anda tidak usah khawatir, meskipun diabetes ini tergolong penyakit yang mematikan, ada banyak cara untuk mencegah dan mengontrol kadar gula darah. Yang paling penting dan wajib dilakukan oleh pengidap diabetes adalah mengatur pola makan yang tepat serta dapat memilah dan memilih jenis makanan yang akan masuk ke dalam tubuh.

Baca Juga : Penyebab Dan Cara Mencegah Penyakit Diabetes Sejak Dini

Makanan Sehat Untuk Penderita Diabetes

makanan untuk penderita diabetes
Source http://www.diabetes.org

Sebenarnya makanan untuk penderita diabetes ini tidaklah sulit dicari. Anda pasti sudah familiar karena sering dijadikan menu masakan setiap hari. Tetapi mungkin Anda tidak tau saja bahwa diantara beberapa makanan sehat tersebut adalah jenis makanan yang dianjurkan bagi penderita diabetes. Dengan olahan yang benar maka makanan tersebut dianggap aman dan bahkan dapat menyembuhkan diabetes.

Berikut ini beberapa makanan yang dianjurkan untuk penderita diabetes yang berfungsi untuk mengurangi resistensi insulin serta meningkatkan sensitifitas insulin, yaitu :

  • Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks atau terbuat dari biji-bijian utuh seperti oatmeal, sereal, nasi beras merah dan gandum.
  • Daging yang tidak mengandung lemak sama sekali. Cara memasaknya harus dikukus, direbus, dipanggang atau dibakar.
  • Sayur-sayuran yang direbus atau dikonsumsi langsung mentahnya. Seperti bayam, sawi, selada dan brokoli.
  • Umbi-umbian yang kaya serat dan banyak mengandung vitamin A seperti ubi jalar dan singkong.
  • Kacang-kacangan seperti almond, kenari, kacang hijau dan kacang kedelai. Olahan kacang kedelai seperti tahu dan tempe juga diperbolehkan asalkan cara memasaknya dikukus atau ditumis dengan bawang merah dan bawang putih.
  • Buah-buahan seperti tomat, lemon, jeruk, blueberry, alpukat dan buah ceri. Anda bisa memakannya secara langsung atau diolah menjadi minuman jus. Jika ingin dijadikan jus maka sebaiknya jangan ditambahkan gula.
  • Yogurt dan susu rendah lemak. Termasuk juga semua olahan makanan yang memakai susu rendah lemak dan telur.
  • Jenis ikan yang kaya akan omega 3 seperti salmon, sarden, makarel dan tuna. Jangan mengkonsumsi ikan yang mengandung kadar mercury tinggi seperti ikan tongkol.
  • Minyak zaitun dan margarin juga diperbolehkan bagi penderita diabetes karena mengandung lemak tak jenuh dan bermanfaat untuk mengurangi kolesterol dalam darah.

Kesimpulannya adalah pilihlah makanan sehat yang kaya akan serat, mengandung karbohidrat kompleks dan bebas dari lemak jahat.

Makanan Yang Harus Dihindari

Menurut sebagian besar masyarakat Indonesia, nasi putih merupakan makanan pokok yang wajid dikonsumsi setiap hari. Belum lengkap rasanya jika menu makanan tidak dilengkapi dengan nasi putih. Padahal, nasi putih ini termasuk jenis makanan yang harus dihindari oleh penderita diabetes sebab mengandung kadar gula yang tinggi.

Selain nasi putih, berikut beberapa daftar makanan yang harus dihindari oleh penderita diabetes :

  • Semua makanan yang terbuat dari tepung terigu seperti roti tawar
  • Jenis makanan yang mengandung lemak tinggi seperti organ dalam hewan
  • Makanan yang digoreng seperti ayam goreng, tahu goreng, dll
  • Jenis buah atau minuman yang mengandung gula tinggi

Jadwal Makan Yang Dianjurkan

jadwal makanPengidap diabetes sangat dianjurkan untuk makan 6 kali dalam sehari yaitu setiap 3 jam sekali. Hal ini dimaksudkan agar lambung tetap terisi dan dapat mengontrol kadar gula agar tetap stabil. Ketentuannya adalah makan besar 3 kali dan makan ringan 3 kali secara selang seling.

Prinsipnya adalah makanan yang di konsumsi janganlah terlalu banyak, tapi harus sering dan tepat waktu. Ini berfungsi untuk menghindari hipoglikemia (turunnya gula darah) yang dapat menimbulkan pusing, mual dan pingsan. Tujuan dari penjadwalan makan ini adalah untuk menormalkan kadar gula darah agar tidak melonjok tinggi dan tidak terlalu rendah serta mengurangi berat badan hingga ideal.

Jadwal makan dimulai dari makan besar pada jam 7 pagi, makan ringan (snack) jam 10 pagi, makan besar jam 1 siang, makan ringan jam 4 sore, makan besar jam 7 malam dan makan ringan jam 10 malam. Pada waktu makan ringan ini Anda bisa mengkonsumsi jenis snack seperti tahu kukus, kacang hijau, ubi jalar dan minuman jus.

Penderita diabetes sangat dianjurkan mengonsumsi makanan yang di masak sendiri. Dengan ini Anda bisa memilih mana bahan yang dianjurkan dan yang tidak diperbolehkan serta tambahan apa saja yang diperbolehkan masuk ke dalam tubuh.

Selain mengkonsumsi makanan yang dianjurkan untuk penderita diabetes diatas, rajinlah berolahraga dan selalu mengontrol tingkat gula darah setiap saat. Olahraga dapat melancarkan peredaran darah dan membakar kadar lemak yang bersarang pada tubuh.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*