6 Makanan Yang Bisa Menurunkan Darah Tinggi Ini Terbukti Sangat Ampuh

makanan yang bisa menurunkan darah tinggi

Hipertensi atau dikenal sebagai penyakit darah tinggi merupakan penyakit yang dapat menyebabkan seseorang memiliki tekanan darah di atas normal, sehingga dapat memicu timbulnya berbagai penyakit mematikan seperti stroke dan serangan jantung.

Penyebab seseorang terkena tekanan darah tinggi, sebenarnya dimulai dari kebiasaan buruk yang dilakukan secara terus menerus. Kebiasaan merokok, minum minuman beralkohol, kurangnya olahraga, tingkat stres yang tinggi, dan mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol maupun garam tinggi adalah pemicu tekanan darah di dalam tubuh menjadi mudah naik.

Anda perlu untuk mengubah pola hidup menjadi lebih sehat dan mengonsumsi makanan yang bisa menurunkan darah tinggi. Pola hidup sehat dapat dilakukan mulai dari berolahraga secara rutin, menghilangkan kebiasaan merokok maupun mengonsumsi alkohol, merefresh pikiran agar tak terlalu stress, dan juga menurunkan berat badan berlebih bagi yang mengalami obesitas.

Makanan Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Dari sisi makanan, Anda dapat berusaha untuk memerangi hipertensi dengan rajin mengonsumsi beberapa makanan yang bisa menurunkan darah tinggi ini. Tak perlu khawatir, tak perlu risau.

Berikut adalah beberapa daftar makanan alami yang dapat ditemukan dengan mudah di lingkungan sekitar, yaitu :

1. Seledri

Sayuran yang dapat tumbuh dengan baik di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut ini memang dikenal sebagai makanan yang bisa menurunkan darah tinggi. Seledri memiliki kandungan nutrisi dan juga vitamin yang sangat beragam dimulai dari vitamin A, C, B1, sodium, klorin, potasium, dan juga magnesium.

Senyawa pthaides yang merupakan senyawa aktif dalam seledri berfungsi mengendurkan otot-otot di sekitar pembuluh darah arteri dan juga menormalkan pembuluh darah yang menyempit di dalam arteri. Normalnya pembuluh darah arteri dapat membuat aliran darah menjadi lancar kembali dan juga menurunkan tekanan darah Anda.

Cara mengonsumsi seledri sebagai makanan yang bisa menurunkan darah tinggi adalah dengan dikonsumsi secara langsung maupun dengan mengolahnya sebagai jus atau rebusan. Untuk pengobatan yang lebih maksimal, Anda dapat rutin meminumnya sehari sekali dengan takaran 1 gelas saja.

Artikel Terkait : Manfaat Daun Seledri Sebagai Obat Hipertensi

2. Kacang-Kacangan

Kedelai, buncis, kacang tanah, kacang merah, kacang almond maupun berbagai jenis kacang yang lain memiliki kandungan magnesium dan juga potasium yang sangat baik untuk kesehatan. Magnesium berperan sebagai pengontrol tekanan darah dengan cara membantu melebarkan otot polos, dan menjaga pembuluh darah tetap lentur dan tak tegang.

Sedangkan kandungan potasium di dalam kacang-kacangan, berperan dalam menstabilkan aliran darah dan juga mencegah penyumbatan arteri di dalam jantung. Anda dapat menjadikan kacang sebagai camilan maupun penambah sayuran untuk menurunkan tekanan darah (hipertensi).

3. Bawang Putih

Makanan yang bisa menurunkan darah tinggi selanjutnya berasal dari keluarga bumbu dapur. Sebagai bumbu utama yang selalu menjadi pelengkap makanan, bawang putih memang tak pernah absen menjadi persediaan bumbu sebagai pelezat makanan.

Namun perlu diketahui, ternyata tak hanya berfungsi sebagai penyedap, bawang putih juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Bawang putih memiliki kandungan magnesium, fosfor, alicin dan juga senyawa flavonolic alami yang bertanggungjawab dalam menurunkan tekanan darah.

Beberapa studi membuktikan, bahwa bawang putih memang berperan dalam menurunkan tekanan darah meski tak cukup signifikan. Cara mengonsumsi bawang putih untuk menurunkan tekanan darah dapat Anda buat secara mudah.

Siapkan beberapa siung bawang putih dan haluskan hingga lembut. Selanjutnya, masukkan tumbukan bawang putih ke dalam air hangat yang telah disiapkan dalam gelas dan Anda sudah dapat mengonsumsinya.

Bahkan, di Korea Selatan sendiri, bawang putih dikonsumsi secara mentah-mentah maupun hanya dibakar saja. Selain menurunkan darah tinggi, bawang putih juga bermanfaat mengurangi lemak darah dan juga mempertahankan daya tahan tubuh.

Baca Juga : Beragam Manfaat Bawang Putih Tunggal Untuk Kesehatan

4. Kentang

Kentang merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang juga bermanfaat bagi penderita hipertensi. Selain memiliki nutrisi karbohidrat yang tinggi, kentang juga mengandung mineral potasium dan juga magnesium yang dapat membantu melancarkan peredaran darah.

Anda dapat mengonsumsi kentang dengan cara merebusnya ataupun menjadikannya sebagai kombinasi sayuran. Makanan yang bisa menurunkan darah tinggi ini juga sangat efektif apabila digunakan sebagai konsumsi diet bagi Anda yang menderita obesitas maupun diabetes.

Baca Juga : Daftar Makanan Yang Dianjurkan Bagi Penderita Diabetes

5. Mentimun

Siapa yang tak kenal dengan buah yang satu ini? Selain menjadi penyegar mulut sehabis makan, buah mentimun memang dikenal memiliki khasiat di bidang kecantikan maupun kesehatan.

Makanan yang bisa menurunkan darah tinggi ini memiliki banyak sekali kandungan yang dapat membantu menormalkan tekanan darah. Mentimun memiliki kandungan sodium yang sangat rendah sehingga baik untuk kesehatan darah. Mineral kalium, magnesium dan serat yang terkandung dalam buah mentimun juga sangat berperan dalam mengontrol tekanan darah agar selalu normal.

Selain itu, kandungan vitamin C dan juga folat yang ada pada mentimun juga membantu meningkatkan antioksidan dalam tubuh sehingga mampu menetralisir racun-racun yang merusak sel-sel tubuh.

Cobalah untuk rajin mengonsumsi jus mentimun sebagai asupan cairan tambahan ketika tekanan darah naik. Jika merasa bosan atau kurang suka dengan rasanya, Anda dapat mencampurkan wortel ataupun tomat yang juga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh.

6. Alpukat

Makanan yang bisa menurunkan darah tinggi selanjutnya adalah alpukat. Alpukat memiliki kandungan potassium tinggi yang sangat bermanfaat sebagai pengontrol tekanan darah dan mencegah penyumbatan sirkulasi darah dalam tubuh.

Jika tekanan darah sudah kembali normal, maka diharapkan penyakit lain yang dipicu darah tinggi seperti stroke dan jantung dapat diminimalisir kemungkinannya. Anda dapat mengonsumsi buah alpukat dengan menjadikannya sebagai jus. Selain buahnya, daun alpukat juga dapat mengobati tekanan darah tinggi.

Caranya, bersihkan beberapa lembar daun alpukat dan rebuslah dengan air panas. Tunggu hingga air menyusut sampai setengahnya dan tuangkan ke dalam gelas. Jika tekanan darah Anda sedang mengalami kenaikan, minumlah rebusan ini sehari sekali dengan takaran satu gelas saja.

7. Pisang

Buah yang menjadi konsumsi seluruh masyarakat Indoensia ini memang memiliki berbagai kandungan nutrisi yang menyehatkan tubuh. Vitamin A, B1 dan C merupakan vitamin yang dimiliki oleh buah pisang yang sangat bermanfaat dalam menangkal radikal bebas.

Mengonsumsi pisang secara teratur juga dapat membantu kesehatan tulang dan juga gigi karena buah ini kaya akan kandungan vitamin D. Pisang juga memiliki sedikit sekali sodium sehingga sangat baik untuk dijadikan menu diet oleh penderita hipertensi.

Di dalam buah pisang ini juga terdapat kandungan kalium yang sangat berperan dalam menormalkan kembali tekanan darah yang sempat naik. Kalium juga berfungsi mencegah stroke dan juga serangan jantung.

Jika Anda tak begitu menyukai sayuran maupun buah, beberapa makanan yang bisa menurunkan darah tinggi adalah coklat, yogurt, oatmeal, dan juga susu rendah lemak. Namun tentu Anda juga harus membatasi konsumsinya agar tak berlebihan.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*