Khasiat Mengejutkan Dari Teh Daun Sirsak Untuk Kesehatan

khasiat mengejutkan dari teh daun sirsak untuk kesehatan

Jika biasanya teh yang dikonsumsi hanyalah sekadar minuman untuk penghangat dan “teman’ cemilan, teh kali ini berbeda. Ya seperti namanya, teh daun sirsak merupakan teh herbal yang dihasilkan dari ekstrak daun sirsak murni.

Pohon sirsak, penghasil daun sirsak yang memiliki nama latin Annona muricata L tersebut awalnya berasal dari Karibia, Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Tumbuhan yang bisa hidup hingga ketinggian 1000 mdpl ini lebih suka hidup di daerah berair.

Tanaman yang bisa mencapai ketinggian hingga 9 meter ini memiliki bagian seperti kayu, buah, bunga dan daun ini terdapat banyak manfaat di dalamnya.

Bahkan daunnya juga dijadikan sebagai teh herbal yang berkhasiat karena berbagai kandungannya, saperti antara lain tanin, alkaloid, acetogenins, annocatalin, annohexocin, annocatacin, anomurine, annonacin, annomuricin, , linoleic acid, anonol, gentisic acid dan muricapentocin.

Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan

Beberapa kandungan senyawa proaktif pada daun sirsak sangat baik bagi tubuh dan malah jarang ditemukan pada jenis buah lainnya. Berdasarkan studi para ilmuwan pada tahun 1965, penelitian tersebut membuktikkan bahwa ekstrak daun sirsak memiliki manfaat lebih baik daripada kemoterapi, kandungan senyawa dalam daun sirsak mampu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker.

Penelitian ilmiah lain pada tahun 1976 oleh National Cancer Institute menunjukkan bahwa batang dan daun sirsak merupakan solusi yang sangat efektif untuk menghancurkan sel-sel kanker tersebut. Daun sirsak juga memiliki 10.000 kali kandungan yang lebih baik dan lebih kuat dalam proses penyembuhan kanker.

Tidak hanya itu, dengan kandungan senyawa kimia yang sangat efektif dan aman bagi pengobatan, teh daun sirsak juga masih memiliki banyak manfaat, antara lain:

1. Teh Daun Sirsak Atasi Kanker

Kanker merupakan penyakit berbahaya yang paling ditakuti karena penderita bisa meregang nyawa lebih cepat. Berbagai upaya dalam penyembuhan kanker, seperti kemoterapi ternyata masih kalah khasiatnya dari ekstrak teh daun sirsak yang sudah populer di wilayah Asia Tenggara.

Teh daun sirsak terbukti dapat menghalau dan menghambat pertumbuhan sel kanker yang berjalan sangat cepat dan tanpa efek samping. Daun sirsak juga dapat membunuh sel ganas pada jenis kanker yang mematikan seperti kanker otak, kanker payudara, kanker serviks, kanker pankreas, kanker paru-paru, kanker prostat dan lain sebagainya.

Adapun cara pengolahannya juga sangat mudah, yaitu:

  • Ambil 10 lembar daun sirsak lalu cuci bersih
  • Kemudian rebus dengan 3 gelas air dan tunggu hingga mendidih
  • Sisakan air hingga satu cangkir, lalu saring rebusan tersebut
  • Untuk hasil optimal, minumlah sehari 2 kali pada pagi dan malam

Atau dengan cara yang lebih praktis yaitu menggunakan ekstrak teh daun sirsak. Caranya sama seperti Anda menyeduh teh pada umumnya.

2. Teh Daun Sirsak Atasi Kanker Tumor

Tumor merupakan penyakit akibat munculnya neoplasma karena sel pada tubuh melakukan regenerasi secara abnormal. Penderita tumor biasanya memiliki benjolan pada bagian tubuh yang terkena tumor tersebut.

Benjolan tersebut akan terasa sakit, dan jika tidak segera diobati benjolan tumor itu akan membesar dan menyebar serta berubah menjadi sel kanker. Namun dengan kandungan antioksidan dan senyawa kimia aktif pada teh daun sirsak, mampu berperan sebagai anti bakteri, anti kanker dan anti tumor.

Cara mengolah daun sirsak sebagai obat juga cukup mudah, yakni:

  • Ambil 10-14 lembar daun sirsak dan cuci bersih
  • Rebus daun sirsak tersebut dengan 600 cc air
  • Jika memungkinkan, rebuslah dengan gerabah dari tanah
  • Rebus sampai mendidih dan tunggu hingga air hanya tersisa 200 cc
  • Kemudian saring rebusan tersebut
  • Minumlah air rebusan tersebut secara rutin setiap hari

3. Untuk Mengobati Kista Ovarium

Penyakit kista merupakan penyakit berupa benjolan dalam tubuh yang berisikan cairan di dalamnya, namun benjolan tersebut tidak statis dan bisa berkembang pada ovarium atau indung telur pada wanita.

Kista pada ovarium bisa juga dikatakan sebagai tumor jinak. Adapun cairan tersebut berisi udara, cairan kental, nanah dan bahkan bisa meradang. Kista terjadi saat folikel dalam ovarium gagal pecah dan melepaskan sel telurnya. Kista bersifat tidak normal karena ketidakseimbangan antara hormon  progesterone dan esterogen pada wanita.

Beberapa jenis kista ovarium antara lain:

  1. Kista fungsional
  2. Kista dermoid
  3. Kista denoma
  4. Kista endometrioma
  5. Polycystic ovarian disease
  6. Polycystic ovarian system (PCOS)

Mengingat bahayanya kista pada ovarium, maka harus segera ditangani agar tidak semakin parah. Salah satu alternatif pengobatannya yaitu dengan teh daun sirsak yang mengandung Acetogenins yang dapat bekerja 10.000 kali lebih baik dari kemoterapi dalam rahim.

Anda juga bisa membuat ramuan daun sirsak sendiri di rumah, caranya yaitu:

  • Ambil 15 lembar daun sirsak sedang (tidak terlalu tua atau muda) dan segar
  • Setelah dicuci bersih, rebus daun sirsak dengan 3 gelas air dan tunggu hingga mendidih
  • Sisakan air hanya satu gelas
  • Tunggu hingga dingin sebelum dikonsumsi

4. Membantu Mengatasi Miom

Kandungan senyawa Cytotoxic pada ekstrak teh daun sirsak dapat membunuh dan menghambat pertumbuhan sel-sel yang tidak normal dalam tubuh. Pengobatannya seperti halnya pada tumor jinak dan kanker.

Sebuah penelitian oleh Health Sciences Institute, Amerika Serikat yang dilakukan di laboratoriumnya menunjukkan bahwa daun sirsak dengan kandungan zat annonaceous acetogenins yang biasa digunakan pada kemoterapi dapat diaplikasikan juga pada penyakit miom.

Cara mengolahnya yakni:

  • Ambil daun sirsak segar secukupnya lalu cuci bersih
  • Kemudian rebus daun sirsak dengan air secukupnya
  • Tunggu hingga mendidih dan sisa air tinggal setengahnya
  • Lalu saring rebusan tersebut
  • Bisa juga dicampur dengan madu saat meminumnya
  • Untuk hasil maksimal, minumlah 2 kali sehari setiap pagi dan sore.

5. Mengobati Asam Urat

Bagi para penderita penyakit asam urat, untuk mengurangi peradangan yang diakibatkan oleh asam urat maka cobalah mengkonsumsi teh daun sirsak. Cara mengobati asam urat dengan daun sirsak tergolong mudah.

Cara mengolah daun sirsak untuk menyembuhkan asam urat adalah :

  • Siapkan 7-10 lembar daun sirsak segar dan bersihkan menggunakan air
  • Kemudian potong kecil-kecil daun sirsak agar sari yang terdapat didalamnya bisa bercampur dengan air
  • Lalu setelah itu rebus menggunakan 2 gelas air dan tunggu hingga mendidih
  • Setelah air rebusan tersisa 1 gelas, angkat dan tiriskan
  • Konsumsi teh daun sirsak tersebut setiap hari secara rutin

Artikel Terkait : Manfaat Daun Sirsak Untuk Mengobati Asam Urat

6. Membantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan kondisi di mana aliran darah pada pembuluh darah dari jantung memompa terlalu besar sehingga berakibat pada tekanan darah yang ikut membesar.

Dengan kandungan kumarin, phthalides dan apigenin di dalamnya, teh daun sirsak dapat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Bahkan penggunaan daun sirsak telah dipercaya dan digunakan oleh masyarakat dahulu.

Bagi Anda yang ingin meramunya sendiri obat herbal tersebut, berikut cara mengolah daun sirsak bagi penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi:

Jus daun sirsak

Caranya sangat mudah dan tidak beda dengan membuat jus buah lain, yakni:

  • Ambil 3-5 daun sirsak segar lalu cuci bersih
  • Siapkan juga ¼ buah mentimun yang sudah dikupas
  • Kemudian blender bahan tersebut dengan dicampurkan bersama ½ gelas air dan 2 sdm madu

Teh Daun Sirsak

Teh daun sirsak selain mudah membuatnya juga dipercaya sangat ampuh untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Nah berikut cara mengolahnya:

  • Ambil 5-7 daun sirsak, cuci bersih dan jemur hingga mengering
  • Kemudian rebus daun sirsak kering tersebut dengan 500 ml air
  • Tunggu hingga mendidih dan sisa air hanya setengahnya
  • Saring, lalu tuangkan pada gelas
  • Setelah dingin teh daun sirsak siap dikonsumsi

Apapun penyakitnya, Anda bisa mencoba mengatasinya dengan ramuan herbal dari ekstrak teh daun sirsak. Kandungan senyawa aktif di dalamnya juga bisa mengobati masalah kesehatan lainnya seperti meredakan nyeri punggung, mengobati masalah kulit, meningkatkan energi, mencegah infeksi bakteri dan jamur, serta masih banyak lagi.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*