Kandungan Dan Manfaat Albumin Minyak Ikan Gabus Bagi Kesehatan

kandungan dan manfaat albumin minyak ikan gabus bagi kesehatan
loading...

Predator yang mempunyai habitat di air tawar ini memiliki banyak sebutan yang berbeda disetiap daerah, seperti di Betawi disebut kocolan, Riau menyebutnya dengan bocek, ikan kutuk dari Jawa, bogo dari Sunda, sedangkan dalam bahasa Inggris disebut Common Snakehead.

Ikan yang kepalanya mirip dengan ular ini bisa ditemukan di sungai, danau, rawa dan saluran air, serta di persawahan. Tidak hanya di Indonesia, penyebaran ikan gabus ini juga terdapat di Pakistan, Nepal, Tiongkok, India, Bangladesh, Sri Lanka dan sebagian besar di wilayah Asia Tenggara.

Ikan gabus kini juga banyak dibudidayakan karena kandungan minyak ikan gabus sendiri sangatlah bermanfaat untuk kesehatan tubuh, selain dagingnya bisa dikonsumsi sebagai lauk.

Beragam Kandungan Dalam Ikan Gabus

Nah, berikut beberapa kandungan dalam ikan gabus yang baik untuk kesehatan:

1. Albumin Minyak Ikan Gabus

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Prof. Dr. Ir. Eddy Suprayitno, ikan gabus mengandung protein albumin yang sangat tinggi daripada jenis ikan tawar lainnya.

Kandungan protein ikan gabus juga lebih tinggi bila dibandingkan dengan sumber protein hewani lainnya seperti telur, daging sapi, dan daging ayam. Tidak hanya itu, kandungan protein kalogen pada ikan gabus daripada daging ternak ikan lainnya lebih empuk.

Menurut penelitian tersebut, albumin tersebut merupakan salah satu jenis protein yang bisa mencapai 60% dari total kebutuhan protein dalam darah manusia.

Sementara itu, kandungan albumin pada minyak ikan gabus mencapai 62,24 g/kg yang mana sangat berperan penting dalam perbaikan dan pembentukan jaringan sel pada tubuh manusia.

2. Kandungan Gizi Dalam Ikan Gabus

Tidak hanya kandungan albumin saja yang melimpah, minyak ikan gabus atau ikan kutuk juga memiliki banyak kandungan gizi yang bermanfaat dan dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan gizi tersebut antara lain protein, lemak, kalori, fosfor, kalsium, zat besi, vitamin A, vitamin B dan mineral.

Gizi tersebut sangat berperan penting untuk kesehatan mata, menjaga janin dan ibu hamil, menjaga kesehatan fungsi reproduksi pria dan indung telur wanita, meningkatkan daya tahan tubuh, serta membersihkan darah.

Manfat Minyak Ikan Gabus

Dengan kandungan albumin dan gizi yang tinggi pada minyak ikan gabus akan sangat membantu menjaga dan mengatasi berbagai masalah kesehatan tubuh, seperti:

1. Untuk Anak

Kandungan albumin yang tinggi pada minyak ikan gabus sangat membantu pertumbuhan dan kekuatan otot. Jika anak kekurangan protein albumin dalam tubuh, anak akan terlihat kurus dan tidak bugar.

Masa pertumbuhan emas anak pada kisaran usia 1-5 tahun, membutuhkan banyak asupan protein albumin untuk kesehatan tubuh dan kecerdasan otak. Minyak ikan gabus juga dapat menambah gizi dan menaikkan berat badan anak.

2. Untuk Ibu Hamil

Pada masa kehamilan, baik dari gaya hidup hingga pola makan haruslah diperhatikan untuk menjaga kesehatan dan keselamatan ibu dan janin. Salah satunya dengan memberi asupan gizi yang cukup lewat minyak ikan gabus.

Karena selain gizi, ikan gabus memiliki banyak kandungan lain yang bermanfaat pada masa kehamilan, beberapa diantaranya yakni:

  • Menjaga Fungsi Ginjal

Rutin mengonsumsi ikan gabus dapat membantu fungsi ginjal sebagai organ vital dalam tubuh. Salah satu cara menjaga kesehatan ginjal adalah dengan asupan protein albumin yang cukup, di mana albumin tersebut dapat ditemui pada Minyak Ikan Gabus.

  • Memenuhi Asupan Gizi

Gizi merupakan nutrisi penting yang sangat dibutuhkan untuk melancarkan sistem metabolisme tubuh dan menjaga fungsi organ lainnya seperti hati, ginjal, jantung, dan paru-paru. Terlebih lagi pada ibu hamil yang memerlukan kebutuhan gizi 2 kali lipat untuk tubuh ibu sendiri dan juga untuk janinnya.

Kandungan gizi pada setiap 100 gram ikan gabus dapat memenuhi kebutuhan gizi bagi ibu dan janin selama pada masa kehamilan selama dikonsumsi secara rutin.

  • Menjaga Daya Tahan Tubuh

Yang tidak kalah penting dari kebutuhan lain pada ibu hamil adalah kekebalan tubuh atau daya tahan tubuh ibu hamil. Karena pada masa kehamilan, ibu hamil akan mudah terserang penyakit atau virus seperti batuk dan flu.

Nah peran albumin dalam minyak ikan gabus dapat membantu dalam pembentukan sel darah putih. Dimana sel darah putih ini berperan penting untuk menjaga kekebalan tubuh.

  • Mencegah Dehidrasi atau Berkurangnya Cairan Tubuh

Pada proses metabolisme, tubuh sangat memerlukan cairan untuk mengangkut zat-zat penting ke seluruh tubuh. Sedangkan ibu hamil memerlukan cairan yang lebih banyak untuk menjaga sel-sel dalam tubuh tidak kekurangan cairan.

Untuk memenuhi kebutuhan cairan tersebut, ibu hamil bisa mengonsumsi minyak ikan gabus yang kaya akan mineral dan albumin yang berfungsi untuk menyerap cairan dan mencegah tubuh kekurangan cairan.

  • Mencegah Pembengkakkan

Hal yang sering dikeluhkan dalam masa kehamilan adalah kaki yang menjadi bengkak. Pembengkakkan tersebut disebabkan karena volume darah selama hamil cenderung meningkat karena pengaruh hormon kehamilan.

Pembengkakkan yang biasa disebut dengan edema itu bisa diatasi dengan banyak mengonsumsi minyak ikan gabus yang dapat membantu mengikat darah sehingga tidak terjadi pengendapan.

3. Untuk Kesehatan Jantung

Penyakit jantung merupakan kondisi pembuluh darah koroner yang bertugas menyuplai darah ke jantung mengalami kerusakan. Kerusakan tersebut biasanya terjadi penumpukan kolesterol atau plak.

Saat terjadi plak, pembuluh darah utama akan menyempit sehingga menghambat aliran darah serta suplai oksigen menuju jantung. Penyumbatan tersebut akan menyebabkan sesak nafas atau serangan jantung.

Mengingat bahayanya, penyakit jantung koroner ini menduduki peringkat pertama sebagai penyebab kematian tertinggi di seluruh dunia. Pencegahan dan pengobatannya selain menjaga gaya hidup sehat, harus diimbangi juga dengan pola makan yang sehat.

Salah satunya dengan mengonsumsi minyak ikan gabus yang mengandung albumin yang dapat memperlancar aliran darah.

4. Mengatasi Masalah Pencernaan

Kandungan albumin dan nutrisi yang tinggi pada minyak ikan gabus, dapat membantu mengatasi berbagai masalah pencernaan. Misalnya masalah maag, bagi Anda yang menderita sakit maag sebaiknya segera diobati sebelum menjadi maag akut. Dengan nutrisi yang cukup penyakit maag tersebut akan perlahan hilang jika dikonsumsi secara rutin.

Selain maag, manfaat albumin dan protein kolagennya dalam minyak ikan gabus juga bisa mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit. Dengan mengonsumsi minyak ikan gabus, pencernaan akan kembali normal.

Baca Juga : Cara Mengobati Susah Buang Air Besar Dengan Mudah Dan Alami

5. Mempercepat Penyembuhan Pasca Operasi

Banyak beredar di masyarakat pendapat bahwa setelah operasi dilarang mengonsumsi ikan atau daging. Namun sebenarnya terlepas dari semua itu, tubuh akan kekurangan protein jika tidak mengonsumsi ikan atau sejenisnya. Bahkan untuk penyembuhan luka juga membutuhkan asupan protein yang cukup.

Oleh karena itu, kandungan protein albumin yang tinggi pada minyak ikan gabus sangatlah membantu proses penyembuhan luka atau pasca operasi.

6. Memperbaiki Jaringan Sel

Jaringan sel organ yang telah mengalami kerusakan aus, biasanya terjadi pada orang yang sudah lanjut usia. Maka dari itu, seperti anak-anak, lansia pun sebaiknya mengonsumsi minyak ikan gabus untuk memenuhi protein albumin tubuh.

Bagi Anda yang tinggal di daerah pedesaan mungkin tidak sulit menemukan ikan gabus tersebut. Namun bagi Anda yang tinggal di daerah pesisir atau perkotaan, mungkin akan sedikit kesulitan mendapatkan ikan gabus. Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkan minyak ikan gabus yang sudah dalam kemasan untuk kebutuhan albumin tubuh.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*